• Home
  • Nasional
  • Lagi, Kini Giliran Mustofa Nahra Diboyong Polisi

Lagi, Kini Giliran Mustofa Nahra Diboyong Polisi

Mtc Senin, 27 Mei 2019 08:00 WIB
GOOGLE
Mustofa Nahrawardaya
MATATELINGA, Jakarta: Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengapresiasi penahanan yang dilakukan pada anggota BPN Prabowo-Sandiaga, Mustofa Nahrawardaya, dan berharap tindakan ini dapat mengurangi penyebaran hoax dan provokasi melalui media sosial. Demikian disampaikan juru bicara PSI, Sigit Widodo, di Jakarta, Senin (27/5/2019).



Mustofa dicokok polisi di rumahnya di Kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, pada Minggu (26/5/2019) pagi. Caleg DPR-RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana kebencian berdasarkan SARA dan penyebaran berita bohong melalui Twitter.

Sigit mengatakan, Mustofa memang kerap mengeluarkan cuitan-cuitan kontroversial. "Sejak kerusuhan 21-22 Mei lalu hingga sekitar satu jam sebelum ditahan, akun Twitter milik Mustofa terus-menerus mencuit provokasi yang menyudutkan aparat keamanan," kata Sigit.

Masih menurut Sigit, pada 24 Mei akun @AkunTofa milik Mustofa, mencuit tentang tewasnya Harun akibat disiksa oleh oknum polisi. Dalam cuitan itu, Mustofa menampilkan foto polisi tengah menangkap seseorang dengan foto jenazah Harun diletakkan di sudut kiri foto.

"Ketika diketahui foto polisi tersebut bukan penangkapan Harun, Mustofa kemudian menghapus cuitannya. Namun jejak digitalnya sudah menyebar dan mudah ditemukan," jelas Sigit.

Sehari sebelumnya, Mustofa juga melalukan provokasi dengan menyebarkan video seorang anak tengah mengata-ngatai tokoh-tokoh pendukung Prabowo-Sandi.



"Mustofa kemudian menampilkan screenshot kaos seragam olahraga si anak dan mempertanyakan lambing salib yang ada di kaos itu," ungkap Sigit.

Para pengikut Mustofa merespon dengan menyebut kaos tersebut adalah seragam Sekolah Katolik Ricci II di Bintaro. Utas cuitan Mustofa itu kemudian banyak ditimpali jawaban-jawaban yang bernada SARA dan mengancam keselamatan anak tersebut dan sekolah Ricci.

"Meski Mustofa cukup berhati-hati dengan tidak menggunakan kalimat-kalimat ajakan langsung, namun cuitannya jelas diarahkan untuk mengajak follower-nya melakukan persekusi pada si anak dengan menggunakan isu SARA," kata Sigit.

Akibat posting Mustofa itu, sekolah Ricci II menghentikan aktivitas belajar-mengajarnya selama dua hari pada 24-25 Mei 2019.

Kegeraman warganet pada Mustofa melahirkan tagar #TangkapMustofaNahra yang sempat menjadi trending topic pada 25 Mei 2019. "Saat berita penahanan Mustofa diketahui publik, banyak warganet yang menyatakan bersyukur dan berterima kasih pada polisi yang bertindak tegas dan cepat," kata Sigit.

PSI berharap, penanahanan Mustofa dapat menjadi pelajaran untuk semua pihak untuk tidak melakukan provokasi dan menyebarkan berita bohong di media sosial.

"Sejak lama kami selalu mengajak kepada semua pihak, terutama kepada para politisi, untuk tidak melakukan provokasi di media massa. Semoga penahanan Mustofa bisa menjadi shock therapy dan membuat media sosial di Indonesia lebih sejuk menjelang Lebaran," ujar Sigit.  

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:bliblihoaxMatatelingaMustofa NahrawardayaPasca Pemilu 2019Terkini
Komentar
Rabu, 26 Jun 2019 12:44Berita Sumut

Jenasah Nek Saminem Dimakamkan, Polres Asahan Sedang Buru Pelaku

Saminem yang kerab disapa dengan panggilan Wak Gedek ,57, warga dusun III desa Sidomulyo Kecamatan Pulo Bandring Asahan korban pembakaran yang dilakukan “Jum” anak tiri korban pada Selasa (25/6/2019) sekira pukul 09.30 Wib, akhirnya meninggal dunia setela

Rabu, 26 Jun 2019 11:53Berita Sumut

Pasangan Menikah di Polsek Medan Timur, Keluarga Kedua Mempelai Menangis Tersedu Sedu

Suasana haru mewarnai pernikahan keluarga Jefri ,25, dan kekasihnya Ayu Winda Puspita Sari ,24, Rabu (26/6/2019).

Rabu, 26 Jun 2019 11:01Berita Sumut

Jajaran Kepolisian Poldasu Jelang Keputusan MK Sidang Pikpres, Personil di Siagakan

Sejumlah personil Poldasu disiagakan untuk melakukan pengamanan saat sidang putusan sengketa Pilpres 2019 yang jatuh pada Kamis (27/6/2019). Hal itu dikatakan Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmadja.

Rabu, 26 Jun 2019 10:49Nasional

Dandim 0415/Batanghari Siapkan Posko Media TMMD

Kelancaran pemberitaan terkait program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019, Komando Distrik Militer

Rabu, 26 Jun 2019 09:15Ekonomi

Jatuhnya Bursa Saham AS, Harga Emas Naik

Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange mengalami kenaikan. Hal tersebut dipicu oleh jatuhnya pasar saham Amerika Serikat (AS).

Rabu, 26 Jun 2019 09:00Bola

Siapa Calon Pemenang Ballon dOr Menggantikan Dua Bintang sepak Bola Dunia

Eks gelandang Timnas Portugal, Paulo Futre, yakin Bernardo Silva adalah penerus yang tepat untuk Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Ketika Ronaldo dan Messi pensiun

Rabu, 26 Jun 2019 08:45Nasional

Kunjungan Imigrasi Kelas II, SPKKL Tual Tunjukkan Surveillance System

Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tual Bakamla menunjukkan kemampuan surveillance system yang dimiliki, saat mendapat kunjungan jajaran Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual, di Kantor SPKKL Tual

Rabu, 26 Jun 2019 08:30Berita Sumut

Gubernur Sumut Hadiri Halalbihalal Alumni Smansa

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menghadiri Halalbihalal Forum Silaturahmi Lintas Angkatan Smansa Medan (FSLASM), di Wisma Benteng, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Selasa sore (25/6/2019). Diharapkan forum silaturahmi dapat menjadi sarana bagi an

Rabu, 26 Jun 2019 08:15Berita Sumut

Gubernur: Republik Ini Ada di Pundak Kalian

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memberikan motivasi kepada ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Masyarakat Sumatera Utara (FMMSU) di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Jalan Willem Iskandar, Pasar V, Percut Sei

Rabu, 26 Jun 2019 08:00Berita Sumut

Edy Rahmayadi Sambut Baik Tawaran Pembangunan Aerotrain di Sumut

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyambut baik tawaran pembangunan Indonesia Aerotrain atau kereta layang generasi baru di Sumut. Apalagi, hal tersebut dapat mendukung transportasi massal di daerah ini.

Rabu, 26 Jun 2019 07:00Nasional

Komandan PMPP TNI Terima Kunjungan Kehormatan Wakil Sekjen PBB urusan Pasukan Perdamaian

Komandan Pusat Misi Pasukan Perdamaian TNI (PMPP TNI) Brigjen TNI Victor H. Simatupang, M.Bus menerima kunjungan kehormatan United Nation Under Secretary General Peacekeeping Operation (UN USG PKO)- Wakil Sekretaris Jenderal PBB Urusan Pasukan Pemelihara

Rabu, 26 Jun 2019 06:00Nasional

Seamlet Tew Bakamla Paparkan Tren Penyelundupan hingga Teknologi Surveillance

Enam negara yang menjadi peserta dalam kegiatan South East Asia Maritime Law Enforcement Initiative (SEAMLEI) Technical Expert Workshop (TEW), mendapatkan ilmu baru. Mulai dari tren penyelundupan, sampai dengan teknologi surveillance, yang di bawakan lang

Selasa, 25 Jun 2019 20:36Nasional

Kasal Beri Sambutan Pengantar Pada Pembukaan Konferensi Internasional ICRC 2019

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memberikan sambutan pengantar pada acara pembukaan Konferensi Internasional Committee of Red Cross (ICRC) Dalam Misi Perdamaian

Selasa, 25 Jun 2019 20:21Berita Sumut

Bea dan Cukai Sumut Gagalkan Penyeludupan 40 Ton Rotan Ke Malaysia

Dalam rangka oprasi Laut terpadu, Jaring Sriwijaya 2019 kapal patroli BC 10002 menangkap kapal KM Bintang Kejora bermuatan rotan mentah sebanyak 40 ton yang akan diseludupan ke Malaysia

Selasa, 25 Jun 2019 20:06Berita Sumut

Akhyar Terima Kunjungan Dubes Kanada

Wakil Wali Kota Medan Ir. H Akhyar Nasution, MSi menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Kanada Peter Mac Arthur di Balai Kota

Selasa, 25 Jun 2019 19:51Nasional

TNI-USPACOM Laksanakan Konferensi FPC Latma Gema Bakti di Jakarta

Delegasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan United States Indo-Pacific Command (USINDOPACOM) mengadakan pertemuan Final Planning Conference Gema Bhakti 2019 (FPC GB 19) pada tanggal 24 s.d. 27 Juni 2019 di Hotel Raffles, Mega Kuningan, Jakarta.