• Home
  • Nasional
  • Marwah dan Nama Baik NKRI Dipertaruhkan Dalam Pelantikan Presiden RI

Marwah dan Nama Baik NKRI Dipertaruhkan Dalam Pelantikan Presiden RI

faeza Kamis, 17 Oktober 2019 13:32 WIB
mtc/ist
Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapolri Jenderal Pol. Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dan Wakasau Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, S
MATATELINGA, Jakarta: Marwah dan nama baik Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dipertaruhkan dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. Dengan demikian, seluruh komponen bangsa harus turut serta dalam menjamin keberhasilan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Untuk itu, TNI dan Polri harus bahu membahu dengan seluruh Kementerian dan Lembaga serta seluruh lapisan masyarakat untuk memastikan kelancaran, keamanan, kenyamanan dan kesuksesan pelantikan tersebut.







Demikian disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapolri Jenderal Pol. Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dan Wakasau Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H., M.Ds. pada "Apel Gelar Pasukan Pengamanan Dalam Rangka Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Tahun 2019" di lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2019).

"Laksanakan koordinasi ketat, baik dengan satuan atas, samping maupun satuan bawah. Laksanakan pula koordinasi yang baik dengan instansi-instansi terkait lainnya. Hilangkan ego sektoral yang sempit. Saatnya kita berbuat untuk kepentingan yang lebih besar, kepentingan bangsa dan negara," tegas Panglima TNI.

Panglima TNI menyampaikan bahwa bangsa Indonesia bersyukur atas perlindungan Allah SWT karena telah berhasil melaksanakan satu agenda politik nasional yang sangat besar, yaitu tahapan Pemilu Legislatif serta Presiden dan Wakil Presiden dalam keadaan tertib dan aman. "Puncak dari semua agenda tersebut adalah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI yang tinggal beberapa hari lagi," ucapnya.






Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, semua itu tentu tidak lepas dari jerih payah seluruh prajurit TNI dan anggota Polri dimanapun berada dan bertugas. "Saya sangat bangga dan menyampaikan terima kasih yang tulus atas pelaksanaan tugas tersebut, yang tentu juga disertai pengorbanan dan doa dari keluarga di rumah. Kalian telah menunjukkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas, sekaligus menunjukkan bahwa TNI dan Polri akan selalu bersinergi dengan seluruh komponen bangsa," ungkapnya.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa apel gelar pasukan hari ini dilakukan untuk memeriksa kesiapan akhir seluruh satuan, personel, alat perlengkapan dan alutsista yang akan digunakan. "Saya yakin kalian telah mendapatkan perintah terkait tugas dan tanggung jawab perorangan dan satuan," ujarnya.

"Pahami dan kuasai rincian tugas tersebut serta aturan pelibatan dalam menghadapi setiap perkembangan situasi. Seluruh Komandan Satuan harus senantiasa memastikan anggotanya memahami siapa berbuat apa, agar tidak terjadi gangguan dalam pelaksanaan tugas," tegasnya.

Panglima TNI menekankan agar setiap personel yang terlibat untuk terus memelihara kewaspadaannya terhadap berbagai perkembangan situasi yang terjadi. "Cermati setiap informasi yang masuk dan olah informasi tersebut dengan cermat, agar kita tidak melewatkan intelijen sekecil apapun. Kegagalan memahami informasi akan menyebabkan pengambilan keputusan yang tidak tepat dan dapat membahayakan pelaksanaan tugas," terangnya.







Sebagai insan hamba Tuhan, Panglima TNI memerintahkan kepada para prajurit TNI dan anggota Polri, mengajak keluarga dan masyarakat luas untuk bersama-sama berdoa, agar upacara pelantikan berjalan dengan khidmat dan membawa keberkahan bagi bangsa dan negara ini.  "Sampaikan pula untuk senantiasa tidak terpengaruh dengan ajakan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yang hanya bermaksud memprovokasi dan membuat rusuh. Kerusuhan dan kerusakan hanya akan membawa kerugian bagi kita sendiri," tuturnya.

"Sekali lagi saya selaku Panglima TNI mengucapkan terima kasih dan rasa bangga atas profesionalisme yang kalian tunjukkan. Kalian adalah kebanggaan seluruh rakyat Indonesia," tutup Panglima TNI.

Di hadapan awak media, Panglima TNI mengatakan bahwa pasukan yang ditugaskan dalam rangka mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI sebanyak 30 ribu personel.  

"Pengamanan mulai dilaksanakan hari ini, dimana pasukan yang terlibat sudah di insert ke wilayah-wilayah sesuai tanggung jawabnya.  Ring 1 dilaksanakan dan dibawah tanggung jawab Paspampres, Ring 2 dibawah tanggung jawab TNI dan Ring 3 dibawah tanggung jawab gabungan antara TNI, Polri dan unsur lainnya," jelasnya.






Terkait pengamanan obyek vital, Panglima TNI mengatakan bahwa obyek yang akan diamankan diantaranya Presiden, Wakil Presiden dan keluarganya, tamu-tamu undangan baik luar negeri seperti Kepala Negara, Kepala Pemerintahan dan utusan khusus, mulai dari saat kedatangan, di perjalanan sampai dengan tempat hotel maupun wisma, hingga sampai ke gedung DPR/MPR.

Selanjutnya Panglima TNI mengatakan bahwa untuk pengamanan sarana prasaran dan tempat-tempat perekonomian menjadi konsentrasi dengan perimeter yang sudah ditentukan. "Beberapa titik kritis yang harus diperkuat diantaranya adalah gedung DPR/MPR, Istana Presiden, Bandara Soekarno-Hatta, Halim Perdanakusuma, PLN, Pertamina dan tempat-tempat lain yang dianggap perlu untuk diamankan termasuk Glodok dan Jembatan Tiga," jelasnya. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:Berita SumutblibliKapolriKlik MatatelingaMarwah dan Nama Baik NKRI Dipertaruhkan Dalam Pelantikan Presiden RIMatatelingaPelantikan Presiden RItniTerkiniTravelokaPanglima TNI
Komentar
Selasa, 19 Nov 2019 22:11Nasional

Perkokoh Sinergitas dan Silaturahmi, Pangdam I/BB Ramah Tamah dengan Kapolda Kepri

Guna memperkokoh sinergitas dan eratkan silaturahmi yang selama ini sudah terjalin dengan baik,Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah,menghadiri undangan ramah tamah dengan Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Rivianto

Selasa, 19 Nov 2019 21:51Berita Sumut

Keenakan Jambret di Jalanan,Dua Anak Baru Gede Ini Kesebelasnya Menuju Terali Besi

Dua penjahat jalan ini arus merasakan kerasnya pukulan massa, saat jambret Handphone milik korban yang kesebelas kalinya.

Selasa, 19 Nov 2019 21:44Nasional

Gowes Sinergitas Pangdam I/BB dan Kapolda Kepri di Lagoi Bintan

Sinergitas TNI-Polri sebagai benteng kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia terus dibangun Mayjen TNI MS Fadhilah di wilayah jajaran Kodam I/Bukit Barisan.

Selasa, 19 Nov 2019 21:39Berita Sumut

Polsek Medan Kota Lumpuhkan Pelaku Curas dengan Timah Panas

Petugas Unit Reskrim Polsek Medan Kota mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian dengan pemberatan (curat) di sejumlah tempat kejadian perkara (TKP) wilayah hukumnya.

Selasa, 19 Nov 2019 21:05Berita Sumut

Wagub Harapkan Objek Wisata dan Desa Jadi Prioritas

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah berharap General Manager (GM) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut yang baru M Irwansyah Putra dapat meningkatkan pelayanan kelistrikan di Sumut. Objek wisata dan desa diharapkan dapa

Selasa, 19 Nov 2019 20:55Berita Sumut

Pekerja Jl Jamin Ginting Tewas Dengan Luka Koyak Diwajah

Kembali kecelakaandi Jl Jamin Ginting menelan korban jiwa tewas. Kali ini yang menjadi korban nya, Sunarto (36) warga Dusun III, Desa Namo Simpur, Kec. Pancur Batu, Kab. Deli Serdang. Kecelakaan yang menewaskan korban tersebut

Selasa, 19 Nov 2019 20:47Berita Sumut

Tim Gabugan Datang, Padagang Kemas Daganganya

Tim gabungan Pemko Padangsimpuan melakukan penertiban terhadap ratusan Pedagang kaki lima (K5)

Selasa, 19 Nov 2019 19:15Berita Sumut

DPRD Minta Pemko Medan Tuntaskan Program Kerja 2019

Semua program kerja Pemko Medan yang tertampung di APBD 2019 dapat diselesaikan sebelum berakhirnya tahun anggaran, hal tersebut dikatakan Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Ihwan Ritonga. Karena saat ini telah memasuki akhir tahun penganggaran.

Selasa, 19 Nov 2019 19:00Berita Sumut

Tim Densus 88 Kembali Melakukan Penggerebekan Rumah Terduga Jaringan Teroris

Tim Densus 88 kembali mengerebek rumah yang diduga terlibat jaringan teroris di jalan tambak Lingkungan XX Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan

Selasa, 19 Nov 2019 18:45Berita Sumut

Tak Ada Halangan, DPRD Medan Sahkan Tatib dan Penetapan AKD, Pekan Depan

Draf Tatib saat ini sudah diajukan ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) untuk dieksaminasi.

Selasa, 19 Nov 2019 18:30Nasional

Kepala Bakamla RI Menerima Courtesy Call Komandan Indian Coast Guard Ship Shaurya

Kepala Bakamla RI Laksdya Bakamla A. Taufiq R., menerima Courtesy Call Komandan Indian Coast Guard Ship (ICGS) Shaurya Deputy Inspector General Jyotindra Singh di ruang rapat pimpinan Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No.56, Menteng, Jakarta Pusat

Selasa, 19 Nov 2019 18:15Opini

Relawan Bertuhan Sumut : Maunya Tidak Hanya Warga Sumut Yang Merasakan Pengabdian Yang Tulus itu

Tidak terasa 1 tahun 3 bulan lebih Kapoldasu dijabat oleh figur pemimpin yang humanis, bersahaja, tegas, murah senyum dan mampu bergaul dengan segala kalangan masyarakat tanpa canggung dan bukan pencitraaan.

Selasa, 19 Nov 2019 18:00Berita Sumut

Tanggapi Aksi Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan, Gubsu: Orang Sakit Jiwa itu

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menegaskan aksi bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan merupakan tindakan orang sakit jiwa. Dia menyebutkan jika pemahaman yang dipakai para pelaku sangat salah.

Selasa, 19 Nov 2019 17:40Berita Sumut

Pungli Resahkan Para Ka UPT SDN Kec Medan Helvetia, Kadisdik dan Plt Walikota Diminta Bertindak

Sejumlah Ka UPT SDN dikawasan Kecamatan Medan Helvetia mengaku resah dengan tindakan oknum Koordinator Kecamatan (Korcam) Medan Helvetia, Dra.Lisiana Rahmadani MM yang diduga kerap melakukan pungutan liar (Pungli) mengatasnamakan dinas pendidikan Medan.

Selasa, 19 Nov 2019 17:06Berita Sumut

DPRD Dukung Pelaksanaan Pesparawi Kota Medan

Ketua DPRD Medan Hasyim SE mendukung sepenuhnya pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) I yang dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi (LPPD) Kota Medan. Sebagai bentuk dukungannya Hasyim berjanji akan hadir pada pembuk

Selasa, 19 Nov 2019 16:51Berita Sumut

Pemkab Sergai Terima DIPA dan TKDD 2020

Wabup Sergai Darma Wijaya menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2020 dari Gubsu Edy Rahmayadi. Penyerahan digelar di Aula Raja Inal Siregar, Komplek Kantor Gubsu, Medan, Selasa (19/11/2019).