• Home
  • Nasional
  • Marwah dan Nama Baik NKRI Dipertaruhkan Dalam Pelantikan Presiden RI

Marwah dan Nama Baik NKRI Dipertaruhkan Dalam Pelantikan Presiden RI

faeza Kamis, 17 Oktober 2019 13:32 WIB
mtc/ist
Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapolri Jenderal Pol. Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dan Wakasau Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, S
MATATELINGA, Jakarta: Marwah dan nama baik Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dipertaruhkan dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. Dengan demikian, seluruh komponen bangsa harus turut serta dalam menjamin keberhasilan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Untuk itu, TNI dan Polri harus bahu membahu dengan seluruh Kementerian dan Lembaga serta seluruh lapisan masyarakat untuk memastikan kelancaran, keamanan, kenyamanan dan kesuksesan pelantikan tersebut.





[adx]


Demikian disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapolri Jenderal Pol. Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dan Wakasau Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H., M.Ds. pada "Apel Gelar Pasukan Pengamanan Dalam Rangka Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Tahun 2019" di lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2019).

"Laksanakan koordinasi ketat, baik dengan satuan atas, samping maupun satuan bawah. Laksanakan pula koordinasi yang baik dengan instansi-instansi terkait lainnya. Hilangkan ego sektoral yang sempit. Saatnya kita berbuat untuk kepentingan yang lebih besar, kepentingan bangsa dan negara," tegas Panglima TNI.

Panglima TNI menyampaikan bahwa bangsa Indonesia bersyukur atas perlindungan Allah SWT karena telah berhasil melaksanakan satu agenda politik nasional yang sangat besar, yaitu tahapan Pemilu Legislatif serta Presiden dan Wakil Presiden dalam keadaan tertib dan aman. "Puncak dari semua agenda tersebut adalah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI yang tinggal beberapa hari lagi," ucapnya.




[adx]


Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, semua itu tentu tidak lepas dari jerih payah seluruh prajurit TNI dan anggota Polri dimanapun berada dan bertugas. "Saya sangat bangga dan menyampaikan terima kasih yang tulus atas pelaksanaan tugas tersebut, yang tentu juga disertai pengorbanan dan doa dari keluarga di rumah. Kalian telah menunjukkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas, sekaligus menunjukkan bahwa TNI dan Polri akan selalu bersinergi dengan seluruh komponen bangsa," ungkapnya.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa apel gelar pasukan hari ini dilakukan untuk memeriksa kesiapan akhir seluruh satuan, personel, alat perlengkapan dan alutsista yang akan digunakan. "Saya yakin kalian telah mendapatkan perintah terkait tugas dan tanggung jawab perorangan dan satuan," ujarnya.

"Pahami dan kuasai rincian tugas tersebut serta aturan pelibatan dalam menghadapi setiap perkembangan situasi. Seluruh Komandan Satuan harus senantiasa memastikan anggotanya memahami siapa berbuat apa, agar tidak terjadi gangguan dalam pelaksanaan tugas," tegasnya.

Panglima TNI menekankan agar setiap personel yang terlibat untuk terus memelihara kewaspadaannya terhadap berbagai perkembangan situasi yang terjadi. "Cermati setiap informasi yang masuk dan olah informasi tersebut dengan cermat, agar kita tidak melewatkan intelijen sekecil apapun. Kegagalan memahami informasi akan menyebabkan pengambilan keputusan yang tidak tepat dan dapat membahayakan pelaksanaan tugas," terangnya.

[adx]






Sebagai insan hamba Tuhan, Panglima TNI memerintahkan kepada para prajurit TNI dan anggota Polri, mengajak keluarga dan masyarakat luas untuk bersama-sama berdoa, agar upacara pelantikan berjalan dengan khidmat dan membawa keberkahan bagi bangsa dan negara ini.  "Sampaikan pula untuk senantiasa tidak terpengaruh dengan ajakan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yang hanya bermaksud memprovokasi dan membuat rusuh. Kerusuhan dan kerusakan hanya akan membawa kerugian bagi kita sendiri," tuturnya.

"Sekali lagi saya selaku Panglima TNI mengucapkan terima kasih dan rasa bangga atas profesionalisme yang kalian tunjukkan. Kalian adalah kebanggaan seluruh rakyat Indonesia," tutup Panglima TNI.

Di hadapan awak media, Panglima TNI mengatakan bahwa pasukan yang ditugaskan dalam rangka mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI sebanyak 30 ribu personel.  

"Pengamanan mulai dilaksanakan hari ini, dimana pasukan yang terlibat sudah di insert ke wilayah-wilayah sesuai tanggung jawabnya.  Ring 1 dilaksanakan dan dibawah tanggung jawab Paspampres, Ring 2 dibawah tanggung jawab TNI dan Ring 3 dibawah tanggung jawab gabungan antara TNI, Polri dan unsur lainnya," jelasnya.





[adx]

Terkait pengamanan obyek vital, Panglima TNI mengatakan bahwa obyek yang akan diamankan diantaranya Presiden, Wakil Presiden dan keluarganya, tamu-tamu undangan baik luar negeri seperti Kepala Negara, Kepala Pemerintahan dan utusan khusus, mulai dari saat kedatangan, di perjalanan sampai dengan tempat hotel maupun wisma, hingga sampai ke gedung DPR/MPR.

Selanjutnya Panglima TNI mengatakan bahwa untuk pengamanan sarana prasaran dan tempat-tempat perekonomian menjadi konsentrasi dengan perimeter yang sudah ditentukan. "Beberapa titik kritis yang harus diperkuat diantaranya adalah gedung DPR/MPR, Istana Presiden, Bandara Soekarno-Hatta, Halim Perdanakusuma, PLN, Pertamina dan tempat-tempat lain yang dianggap perlu untuk diamankan termasuk Glodok dan Jembatan Tiga," jelasnya. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:Berita SumutblibliKapolriKlik MatatelingaMarwah dan Nama Baik NKRI Dipertaruhkan Dalam Pelantikan Presiden RIMatatelingaPelantikan Presiden RItniTerkiniTravelokaPanglima TNI
Komentar
Kamis, 09 Jul 2020 23:15Berita Sumut

Resedivis Merampok Sopir Truk di Tangkap Sat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan

Personel Satuan Reskrim Polres Pelabuhan Belawan berhasil meringkus residivis yang kerap merampok sopir truk di Jalan Pelabuhan Raya Pelabuhan Belawan Kelurahan Belawan Il Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kamis, 09 Jul 2020 23:00Berita Sumut

Edarkan Narkoba, Masuk Terali Besi Polsek Medan Area

Polsek Medan Area meringkus pengedar sabu yang kerap bertransaksi di kawasan Jalan Sei Kera. Dari tangan pengedar tersebut, polisi menyita 2 ons atau 200 gram sabu.

Kamis, 09 Jul 2020 22:15Nasional

Satgas Yonif 125/SMB Bersama Puskesmas Gelar Pelayanan Kesehatan Terpadu Bagi Lansia di Perbatasan

Sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan warga perbatasan sekaligus mempererat tali silaturahmi

Kamis, 09 Jul 2020 22:00Berita Sumut

Mencuri Sepeda Berdua, Temannya di Buron

Terduga berinisial DPM, warga Jalan Diponegoro,Kelurahan Teladan,Kecamatan Siantar Barat, Satu dari dua pelaku pencurian 1 unit Sepeda merk Pacific warna hitam diringkus unit reskrim Polsek Martoba.

Kamis, 09 Jul 2020 21:45Berita Sumut

KONI Padangsidimpuan Akan Bentuk Koordinator KONI Kecamatan

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) kota Padangsidimpuan memantapkan persiapan pembentukan Koordinator KONI Kecamatan di 6 Kecamatan se-Kota Padangsidimpuan sebagai perpanjangan tangan pemantauan dan pembinaan prestasi olahraga di kota Padangsidimpu

Kamis, 09 Jul 2020 21:15Berita Sumut

Inalum Serahkan Bantuan Sarana dan Prasarana RSUD Batu Bara

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum kembali menunjukkan kepeduliannya dalam melawan wabah COVID-19. INALUM menyerahkan bantuan sarana dan prasarana untuk RSUD Batu Bara berupa 10 unit kios, 2 unit MCK dan 1 unit sumur bor.

Kamis, 09 Jul 2020 21:00Berita Sumut

Patah Setir Truck Tronton Seruduk Tembok Pagar Rumah Warga

Akibat patah stang stir, mobil truck tronton yang bermuatan pupuk seruduk tembok pagar rumah warga

Kamis, 09 Jul 2020 20:30Berita Sumut

Bawa Kabur Septor dan Pengedar Sabhu Serta Tampung Barang Curian di Tangkap

Petualangan jahat tersangka AMM alias Median alias Marbun ,29, warga dusun I desa terusan tengah kecamatan Tinggi Raja Asahan, kini telah sirna setelah di bekuk opsnal Reskrim Polsek Kota Kisaran saat berada di rumahnya

Kamis, 09 Jul 2020 20:15Berita Sumut

7 Tahun Ditinggal Istri ke Malaysia, Cemburu dan Minta Balik Uang Kencan

Kakek berinisial SL ,59, saat dilakukan paparan di Mako Polrestabes Medan, tidak tahu harus menjawab apa ketika ditanya bagaimana perasaannya setelah membunuh

Kamis, 09 Jul 2020 20:00Berita Sumut

Ketika Kakek di Bandar Baru Cemburu, Nyawa Kekasihnya Pun Melayang, Begini Kronologinya

Hanya gara-gara cemburu, seorang kuli bangunan berinisial SL alias Kakek ,59, tega membunuh P ,53, di rumahnya di Desa Bandar Baru, Sibolangit, Deli Serdang dengan cara mencekik dan menginjaknya.

Kamis, 09 Jul 2020 19:45Berita Sumut

Kapoldasu Resmikan Pembangunan Gedung Sat Reskrim Polres Sergai

Dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Serdangbedagai, Kapolda Sumut, Irjen Martuani Sormin, meresmikan pembangunan Gedung Sat Reskrim Polres Sergai.

Kamis, 09 Jul 2020 19:30Nasional

Jamuan Makan Malam dengan Puan, Pimpinan DPD RI Minta Hasil Kinerja Lembaganya Ditindaklanjuti DPR

Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattaliti didampingi Wakil Ketua DPD RI, Sultan Bachtiar Najamudin, menghadiri undangan makan malam bersama Ketua DPR RI Puan Maharani

Kamis, 09 Jul 2020 19:15Berita Sumut

Kapolda Sumut dan Ketua Bhayangkari Disambut Atraksi Paskibraka dan Yel-Yel TNI-Polri

Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin,M.Si bersama Ketua Bhayangkari Daerah Sumut Ny. Risma Martuani melaksanakan kunjungan kerja ke Polres Sergai, Kamis (9/7/2020)

Kamis, 09 Jul 2020 19:00Berita Sumut

Terima Tali Asih, Warga Desa Bingkat Apresiasi Kunker Kapoldasu

Warga Desa Bingkat, Kecamatan Pengajahan, Kabupaten Serdangbedagai, mengapresiasi kunjungan kerja Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin

Kamis, 09 Jul 2020 18:45Aceh

Sopir Mobil Box Meninggal Dunia dan Kernet Luka Ringan

Satu unit mobil box menabrak pembatas jalan mengakibatkan sopirnya meninggal dunia. Kecelakaan lalu lintas tunggal ini terjadi di lintas jalan nasional Calang-Banda Aceh

Kamis, 09 Jul 2020 18:30Berita Sumut

Kasus Penganiayaan Saksi, Enam Oknum di Periksa Diantaranya Kapolsek

Terkait dugaan penganiayaan terhadap seorang saksi pembunuhan yang terjadi di sel tahanan Polsek setempat, Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Percut Sei Tuan Kompol Otniel Siahaan diperiksa.