• Home
  • Nasional
  • Meski Diblokir Karena Terjerat Korupsi, 2.357 PNS Masih Terima Gaji

Meski Diblokir Karena Terjerat Korupsi, 2.357 PNS Masih Terima Gaji

Fidel W Jumat, 14 September 2018 10:57 WIB
Meski Diblokir Karena Terjerat Korupsi, 2.357 PNS Masih Terima Gaji / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta:  Kementerian Dalam Negeri (‎Kemendagri) mengeluarkan surat edaran baru yang berisikan pemecatan untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi (tipikor).

Surat tersebut diterbitkan dan ditanda tangani oleh Mendagri Tjahjo Kumolo pada 10 September 2018 yang ditujukan untuk seluruh Bupati dan Wali Kota di seluruh Indonesia dengan nomor surat edaran 180/6867/SJ.

Dalam surat edaran tersebut, tertulis bahwa tindak pidana korupsi merupakan extra ordinary crime, dengan demikian korupsi merupakan kejahatan yang pemberantasannyaharus dilakukan secara luar biasa dan sanksi yang tegas bagi yang melakukan khususnya dalam hal ini Apartur Sipil Negara, untuk memberikan efek jera.

Kemudian, poin kedua surat tersebut bertuliskan memberhentikan dengan tidak hormat Aparatur Sipil Negara yang melakukan tindak pidana korupsi dan telah mendapatkan putusan Pengadilan Negeri yang berkekuatan hukum tetap/inkracht sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selanjutnya, dengan terbitnya surat edaran itu, maka surat edaran lama nomor 800/4329/SJ tanggal 29 Oktober 2012 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. Demikian surat edaran yang diterbitkan oleh Kemendagri.

Menanggapi terbitnya surat edaran baru tersebut, KPK mengapresiasi Kemendagri. KPK berharap surat edaran dari Kemendagri tersebut dapat dilaksanakan oleh para kepala daerah yakni dengan memecat 2.357 PNS yang terbukti korupsi.

"Kami apresiasi penerbitan SE Mendagri tersebut yang secara paralel seharusnya dipatuhi oleh para kepala daerah selaku PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian)," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah melalui pesan singkatnya, Kamis (13/9/2018).

‎Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sendiri telah memblokir 2.357 PNS koruptor yang masih aktif. Namun, 2357 PNS koruptor tersebut belum dipecat dan‎ masih menerima gaji dari negara.

Pemecatan terhadap PNS koruptor sendiri merupakan tanggung jawab kementerian atau kepala daerah masing-masing dalam kapasitasnya sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).‎ Hal itu, untuk mencegah kerugian negara yang lebih besar.

Dari data BKN yang diperoleh KPK, ada 14 daerah yang mencetak banyak PNS korupsi. 14 daerah tersebut yakni, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Jakarta, Medan, Palembang, Banjarmasin, Jayapura, Denpasar, Manado, Pekanbaru, Banda Aceh‎, dan Manokwari.

BKN sendiri mengungkapkan, dari 14 daerah tersebut, total ada 2357 PNS yang terlibat korupsi dan masih aktif.‎ Sedangkan PNS yang telah dipecat atau diberhentikan secara tidak hormat hanya sekira 317 orang.


Editor: Fidel W

Sumber: okz

T#g:korupsiKPKPNSpns korupsi
Komentar
Selasa, 19 Feb 2019 22:52Berita Sumut

Komisi C : Minta PD Pasar Segera Akomodir Pedagang Belum Dapat Lapak

Komisis C DPRD Medan meninjau Pasar Marelan di Jalan Marelan Raya dan meminta PD Pasar untuk mendata kembali 57 pedagang pasar tradisional Marelan yang tidak mendapatkan meja atau lapak untuk berjualan.

Selasa, 19 Feb 2019 22:37Berita Sumut

Kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan, Tanggung Jawab Dinkes

Hingga hari ini kepesertaan penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang menjadi tanggungjawab Dinas Kesehatan (Dinkes) Medan belum juga selesai. Alhasil, Pemko Medan kehilangan pendapatan dana kapitasi dari BPJS Kesehatan.

Selasa, 19 Feb 2019 22:19Berita Sumut

Komisi B: Minta Data Kepesertaan PBI Segera Dikirimkan Dinkes ke BPJS

Anggaran sebesar Rp112 miliar untuk menampung masyarakat kurang mampu untuk terdaftar kepesertaan BPJS Kesehatan, pihaknya sudah mengalokasikan, hall tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinskes Kota) Medan Edwin Efendi Lubis.

Selasa, 19 Feb 2019 22:01Berita Sumut

Gudang Tempat Penyimpan Ban Bekas dilalap Sijago Merah

Sebuah gudang PT Baja Deli di Jalan Seruwai Kelurahan Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan, Gudang tempat penyimpanan ban bekas diamuk si jago merah, Selasa (19/2/2019).

Selasa, 19 Feb 2019 21:46Berita Sumut

Dua Pimpinan DPRD Medan, Sahuti Keluhan Masyarakat Pintu Air IV

Dua pimpinan dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Medan meninjau infrastruktur rusak di Jalan Pintu Air IV, Kelurahan Kwala Belaka, Kecamatan Medan Johor, Selasa (19/2/2019). Kedua pimpinan DPRD Medan itu mendesak Pemko Medan segera memperbaiki.

Selasa, 19 Feb 2019 21:35Berita Sumut

Kodam I/BB Komunikasi Sosial Dengan Keluarga Besar TNI

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS. Fadhilah bersilahturahmi dan Laksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Keluarga Besar TNI (KBT) yang dilaksankan di Gedung Balai Prajurit Makodam I/BB Jl. Jend. Gatot Subroto Km 7,5 Medan Selasa (19/2/2019).

Selasa, 19 Feb 2019 21:13Internasional

Tabrakan di Udara Hingga Satu Orang Pilot Tewas Seketika

Dua pesawat angkatan udara India bertabrakan di udara saat melakukan latihan untuk pertunjukan akrobat pada Selasa. Insiden yang terjadi di Negara Bagian Karnataka di selatan India itu menewaskan seorang pilot dan melukai dua orang lainnya.

Selasa, 19 Feb 2019 20:59Lifestyle

Warga Net Terharu "Guguk" ini Rela Mati Demi Majikannya

Kesetiaan merupakan suatu tindakan yang tidak bisa dinilai dengan segalanya. Kesetiaan muncul dari hati terdalam suatu individu. Kesetiaan bukan hanya dimiliki oleh manusia, melainkan makhluk hidup lainnya, misalkan hewan peliharaan terhadap majikannya.

Selasa, 19 Feb 2019 20:29Berita Sumut

Sosialisasi Pemilu di Lapas Tanjung Gusta, KPU Minta Warga Binaan harus Sadar Hak Pilihnya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan melakukan sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) kepada warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1A Tanjung Gusta Medan.

Selasa, 19 Feb 2019 20:12Berita Sumut

Luncurkan Website Dekranasda, Gubsu Desak Kabupaten/Kota Kembangkan Ekonomi Kreatif

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Nawal Edy Rahmayadi mendorong seluruh Dekranasda Kabupaten/Kota untuk memiliki kreatifitas tinggi, sehingga nantinya dapat memberikan sumbangsih dalam pembangunan daerah y

Selasa, 19 Feb 2019 19:54Berita Sumut

Wali Kota Sambut Baik & Dukung Penuh MIS Open 2019

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menyambut baik dan mendukung penuh digelarnya Kejuaraan Indonesia Skate Series II Medan Inline Skate (MIS) Open 2019 di Lapangan Cadika Pramuka yang dijadwalkan awal April mendatang. Selain untuk mengembangkan

Selasa, 19 Feb 2019 19:33Berita Sumut

Akhyar Tinjau Sejumlah Titik Genangan Air di Medan

Guna mengatasi sekaligus meminimalisir genangan air yang acap kali tergenang di beberapa wilayah kota Medan, Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi melakukan peninjauan di sejumlah titik yang diduga sering mengalami banjir akibat drainase yang yang ters

Selasa, 19 Feb 2019 18:49Berita Sumut

Polsek Medan Kota Sergap Terduga Pengedar Sabu Saat Kendarai Ojek Online

Sejumlah personil Polsek Medan Kota menyergap seorang terduga pelaku pengedar narkotika di kawasan Jalan Brigjen Katamso, tepatnya di depan pusat perbelanjaan Ace Hardware, Senin (18/2) siang.

Selasa, 19 Feb 2019 18:15Berita Sumut

Kawal Kinerja ASN, Pemko Medan & Kejari Medan Tandatangani MoU

Pemko Medan dan Kejari Medan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Penanganan/Penyelesaian Kasus Hukum Terkait Perdata dan Perkara Tata Usaha Negara wilayah Pemko Medan di DíHeritage Grand Aston City Hall Medan, Selasa (19/2/2019) pagi. Tuju

Selasa, 19 Feb 2019 18:00Berita Sumut

Kapolres Asahan : Peran Jurnalis Sangat Berarti Bagi Tugas Kepolisian

Peran jurnalis sangat berarti bagi tugas keseharian kepolisian, khususnya yang berada di wilayah hukum Polres Asahan. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Asahan AKBP.Faisal Florentinus Napitupulu saat pembukaan lomba karya penulisan berita kepolisian.

Selasa, 19 Feb 2019 17:45Berita Sumut

Pemilik PT Maqbuul Tersangka Kasus Penipuan Jamaah Umroh

Pemilik PT Maqbuul berinsial MAS warga Binjai ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan jamaah umroh oleh penyidik Polda Sumut. Dia diduga telah menipu 53 orang jamaah umroh.