• Home
  • Nasional
  • NasDem Perkuat Posisi sebagai Parpol Papan Atas

NasDem Perkuat Posisi sebagai Parpol Papan Atas

Mtc Sabtu, 23 Maret 2019 09:00 WIB
MATATELINGA
Ketua DPP NasDem Bidang Hukum, Advokasi dan HAM, Taufik Basari
MATATELINGA, Jakarta: Partai NasDem semakin memperkuat posisinya sebagai parpol papan atas. Keputusan terbaru Komisi Pemilihan Umum  (KPU) membuktikan itu.



NasDem termasuk salah satu dari sedikit parpol yang tidak mendapatkan sanksi dari KPU berupa pembatalan kepesertaan parpol di daerah dalam Pemilu 2019 karena tidak menyerahkan laporan awal dana kampanye (LADK). Seluruh kepengurusan NasDem dari DPP, DPW hingga DPD mematuhi aturan main sehingga tidak ada kepengurusan yang dibatalkan KPU.

''Ini menunjukkan NasDem sangat siap mengikuti Pemilu 2019. NasDem merupakan partai modern yang dikelola secara serius, sungguh-sungguh dan penuh idealisme,'' kata Ketua DPP NasDem Bidang Hukum, Advokasi dan HAM, Taufik Basari dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/3/2019).

Sebelumnya diberitakan KPU membatalkan kepesertaan sejumlah partai politik di daerah dalam Pemilu 2019. Alasannya parpol-parpol tersebut tidak menyerahkan LADK. Pemilu 2019 diikuti 20 parpol yakni 16 parpol nasional dan 4 parpol lokal Aceh. Hanya lima dari 16 parpol nasional yang tidak mendapatkan sanksi KPU. Selain NasDem, ada pula PDIP, Golkar, Demokrat dan Gerindra.

NasDem, kata Taufik Basari yang akrab disapa Tobas, serius menghadapi Pemilu 2019 karena yakin melalui kemenangan di pemilu, NasDem akan berkontribusi lebih banyak dalam merestorasi bangsa ini ke depan. Karena itu tidak ada pilihan bagi NasDem kecuali mengikuti secara cermat dan teliti semua peraturan yang ada.



''Idealisme NasDem tercermin dalam berbagai langkah dan kebijakan. Salah satunya mengikuti semua aturan KPU (dan Bawaslu) sehingga tidak ada satu pun kepengurusan NasDem di daerah dibatalkan sebagai peserta Pemilu 2019. Sebelumnya NasDem juga sudah menunjukkan bahwa tidak ada satu pun caleg NasDem merupakan bekas koruptor,'' katanya lagi.

Menurut Tobas, kepatuhan NasDem pada peraturan KPU, Bawaslu, serta sikap tegas politik tanpa mahar semakin terarah membawa NasDem ke posisi politik yang lebih baik sebagai partai politik papan atas.

''Kami tidak ragu sedikitpun. Ke depan NasDem akan menjadi parpol papan atas,'' tegas Ketua DPP Badan Advokasi Hukum (BAHU) NasDem itu.

Dia juga mengapresiasi sikap tegas KPU karena keputusan itu sekaligus mencerminkan rasa keadilan. Jangan sampai parpol yang membuat LADK dan tidak membuat LADK diperlakukan sama. Setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan pada peraturan harus ada punishmentnya, itulah keadilan.



Menurut Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Lampung itu, pada usia yang baru delapan tahun, Partai NasDem telah melakukan perubahan-perubahan signifikan dalam arus besar perpolitikan Tanah Air. Selain memelopori politik tanpa mahar di tengah arus deras politik transaksional, NasDem juga menolak dana parpol dan dana saksi, misalnya. Semuanya itu diyakini perlahan akan mengubah budaya politik transaksional itu.''

Dalam usia delapan tahun, NasDem sudah menunjukkan kiprahnya di panggung politik nasional. Pengakuan-pengakuan akan terus berdatangan dari masyarakat. Keputusan KPU ini tidak bisa dinilai lain kecuali adanya pengakuan bahwa NasDem sangat siap menghadapi Pemilu 2019,'' kata Tobas lagi.

Dengan adanya pengakuan dari KPU tersebut, upaya NasDem merestorasi yakni memperbaiki, mengembalikan, memulihkan dan mencerahkan kehidupan berbangsa dan bernegara, semakin mendapatkan tempat di hati publik. ''Waktulah yang akan membuktikan idealisme NasDem ini. Dan itu sebentar lagi,'' kata Caleg DPR RI dari NasDem Dapil Lampung Nomor Urut 1 itu  lagi.

(Mtc)
Editor: FJR

T#g:blibliMatatelingaNasdemNasdem Perkuat Sebagai Parpol Papan Ataspartai nasdemPemilu 2019Pilpers 2019Terkini
Komentar
Selasa, 18 Jun 2019 11:29Berita Sumut

Halal Bi Halal dengan Warga, Bupati Sergai Sampaikan Sejumlah Pesan

Bupati Serdangbedagai Soekirman menggelar halal bi halal dengan masyarakat di Kecamatan Perbaungan dan Pantai Cermin, Senin (17/6/2019). Dalam kesempatan itu, Soekirman menyampaikan banyak pesan untuk para warga dan OPD.

Selasa, 18 Jun 2019 11:14Nasional

569 Atlet Panahan Bersaing Rebut Piala Panglima TNI Open Tahun 2019

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P membuka Kejuaraan Panahan Piala Panglima TNI Open tahun 2019 di lapangan Pusjaspermildas TNI, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (18/6/2019).

Selasa, 18 Jun 2019 11:06Berita Sumut

Apel Hari Kesadaran Nasional Kota Binjai 2019

Pemerintah Kota (Pemko) Binjai rutin melaksanakan upacara Hari Kesadaran Nasional, yang dilaksanakan setiap tanggal 17 setiap bulannya. Bertindak sebagai pemimpin upacara Walikota Binjai yang diwakili Staff Ahli Pemko Binjai Drs. Afwan, Apt.MM dan turut d

Selasa, 18 Jun 2019 10:59Berita Sumut

Tim Verifikasi Tertib Administrasi Pusat Kunjungi Binjai

Ketua TP PKK, Hj Lisa Andriani Idaham didampingi Asisten I Otto Harianto,SH , beserta pimpinan OPD, dan anggota PKK, menyambut kehadiran tim verifikasi lapangan lomba pelaksanaan terbaik tingkat nasional tertib administrasi dalam rangka Hari Kesatuan Ger

Selasa, 18 Jun 2019 10:55Berita Sumut

Puluhan Pelajar Diamankan Polsek Medan Baru

Petugas Polsek Medan yang dipimpin Kanit Reskrim Iptu Philip Purba, Antonio Purba SH MH didampingi Pawas Panit 3 Sabhara Ipda Carles BA, mengamankan puluhan pelajar dari berbagai sekolah dari salah satu rumah makan samping Power Salon Jalan Darussalam, Se

Selasa, 18 Jun 2019 10:35Nasional

34 Perwira Tinggi TNI Dipromosi Jabatan Baru

Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi

Selasa, 18 Jun 2019 10:20Berita Sumut

Berkali-kali Beraksi, 3 Orang Pelaku Perampokan Rumah di Medan Dilumpuhkan Polisi

Tim Pegasus Polrestabes Medan meringkus 3 orang kawanan pelaku perampokan rumah yang sudah beraksi berkali-kali. Ketiganya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas lantaran melawan petugas saat penangkapan.

Selasa, 18 Jun 2019 08:30Bola

Chelsea Tolak Tawaran Dua Klub Besar Dunia untuk Willian Borges

Hanya menyisakan masa kontrak selama satu tahun lagi bersama Chelsea membuat Willian Borges

Selasa, 18 Jun 2019 08:15Lifestyle

Positif Hamil, Shandy Aulia Sempat Tak Percaya Hingga Gunakan 10 Testpack

Kehamilan aktris Shandy Aulia setelah 7,5 tahun menikah, tentu menambah bahagia biduk

Selasa, 18 Jun 2019 08:00Berita Sumut

Pangdam I/BB Harapkan Satgas Yonif 132/BS Mampu Menjaga Keutuhan NKRI Di Perbatasan Timor Leste

Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan Mayor Jenderal (Mayjen) TNI MS.Fadillah memimpin secara langsung Upacara Pembukaan Latihan Pratugas Satuan Tugas

Selasa, 18 Jun 2019 07:45Internasional

Dibalik Jeruji Besi, Mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi Meninggal Dunia

Mantan Presiden Mohammed Morsi meninggal dunia pada usia 67 tahun setelah pingsan di balik

Selasa, 18 Jun 2019 07:30Nasional

Hari ini, MK Kembali Gelar Sidang Lanjutan Gugatan Sengketa Pilpres 2019, Berikut Agendanya

Sidang lanjutan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2019 yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Selasa, 18 Jun 2019 07:15Ekonomi

Syarifuddin: Tahun Depan Tukin dan Insentif Tak Dinikmati PNS lagi

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah menerima insentif tidak diperbolehkan menerima

Selasa, 18 Jun 2019 07:00Ekonomi

Menanti Pejabat Baru PLN, Menteri Rini Siapkan 5 Kandidat

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno disebut sudah menyiapkan

Selasa, 18 Jun 2019 06:45Bola

Meski Dianggap Pengkhianat Juve, Fabio Capello Tetap Bela Antonio Conte

Keputusan Antonio Conte untuk melatih Inter Milan nyatanya mendapat banyak kritik, yang utamanya

Selasa, 18 Jun 2019 06:30Lifestyle

Memasuki Babak Baru, Kriss Hatta Protes Usai Dituntut 4 Tahun Penjara

Sidang kasus pemalsuan dokumen pernikahan yang dilakukan oleh aktor sekaligus presenter Kriss Hatta