• Home
  • Nasional
  • Nasib Malang Terpa Guru ini, Setelah Unggah Posting Malah Berurusan dengan Polisi

Nasib Malang Terpa Guru ini, Setelah Unggah Posting Malah Berurusan dengan Polisi

Mtc Jumat, 12 Juli 2019 08:00 WIB
Hand Over
Ilustrasi
MATATELINGA, Jakarta: Guru les bernama Asteria Fitriani akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolisian Polres Metro Jakarta Utara dalam kasus ujaran kebencian di laman media sosial.



Asteria ditetapkan sebagai tersangka lantaran mengunggah ajakan untuk tidak memasang foto Presiden di sejumlah media sosial.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Budhi Herdi Susianto, mengatakan Asteria ditetapkan sebagai tersangka setelah dilakukan penyelidikan yang melibatkan ahli ITE, ahli bahasa, dan ahli pidana.

"Adapun peristiwa ini dilakukan melalui media sosial, yakni oleh tersangka AF tanggal 26 Juni 2019 dengan cara mengunggah di laman facebook-nya dan media sosial lain milik yang bersangkutan," kata Budhi dalam konferensi pers di Mapolres Metro Jakarta Utara, Kamis 11 Juli 2019.

Kemudian, pada 1 Juli 2019, unggahan Asteria tersebut dilaporkan oleh warga berinisial TCS dengan dugaan adanya pelangggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Atas peristiwa tersebut, kami berpendapat, tersangka AF patut diduga melakukan pelanggaran pidana, baik UU ITE maupun UU hukum pidana," ujarnya.

Pasal yang dikenakan terhadap tersangka adalah Pasal 28 Ayat 2 Jo Pasal 45 huruf A ayat 2 UU RI No.19 tahun 2016 sesuai perubahan UU RI No.11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo pasal 14 ayat 1 atau ayat 2 atau pasal 15 UU RI no 1 tahun 46 tentang Peraturan Hukum Pidana atau pasal 160 KUHP atau pasal 207 KUHP.



"Ancaman hukuman pidana paling lama 6 tahun penjara atau denda maksimal Rp1 miliar," kata Budhi.

Dijelaskannya, karena ancaman hukumannya di atas lima tahun, maka tersangka dapat dilakukan penahanan.

"Oleh karena itu, saat tersangka ditangkap hari Selasa, ini sudah 1x24 jam. Sudah masuk penahanan," katanya.

Adapun unggahan tersangka adalah, "Kalau boleh usul di sekolah-sekolah tidak usah lagi memajang foto Presiden & Wakil Presiden. Turunin aja foto-fotonya. Kita sebagai guru nggak mau kan mengajarkan anak-anak kita tunduk mengikuti dan membiarkan kecurangan dan ketidakadilan. Cukup pajang foto GOODBENER kita aja, Gubernur Indonesia Anies Baswedan."

Sebelumnya, tersangka sempat diduga sebagai seorang guru di sebuah sekolah di Jakarta, namun setelah diperiksa, tersangka diketahui bukan guru sekolah.

Asteria bukan guru di sekolah, dia diketahui sebagai wali murid di sekolah tersebut yang mengaku sebagai guru saat mengunggah.

"Yang bersangkutan juga berprofesi sebagai guru, tapi guru les bimbingan belajar," ujar Kombes Budhi.

Dijelaskan Budhi, tersangka mengaku terperngaruh dengan lingkungan sekitar, terutama kondisi pasca-pemilu.

"Dia masih terbawa emosi, belum bisa menahan diri, sehingga mengunggahnya," katanya.



Asteria Fitriani yang juga dihadirkan saat konferensi pers di Mapolres Metro Jakarta Utara menyampaikan penyesalan dan permintaan maaf atas unggahannya di media sosial.

"Bersama ini, saya ingin menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat atas unggahan saya per tanggal 26 Juni 2019 yang membuat keresahan di masyarakat," kata Asteria.

Dia mengaku menyesal tidak bijak berucap di media sosial dan tidak mempertimbangkan dampak unggahanya.

"Saya tidak ada niat sama sekali untuk menghasut atau mengajak orang melakukan sesuatu yang seperti disangkakan masyarakat," tuturnya.

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:Guru LesITEKebencianMatatelingaPenyebaranTerkinitersangkaUu iteUjaranmatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Kamis, 22 Agu 2019 23:05Berita Sumut

Tak Senang Ditegur, Langsung Tikam Teman Sekampung dengan Senjata Tajam

Hanya persoalan sepele berujung masuk tahanan sel tahanan Kepolisian Sektor Sei Kepayang, itulah yang dirasakan Sy ,35, warga dusun IV desa Bagan Asahan Baru Kecamatan Sei Kepayang Asahan, lantaran menikam perut Budi ,40, warga sekampung tersangka yang

Kamis, 22 Agu 2019 23:00Berita Sumut

Hj Rita Maharani: Jambore PKK Wadah Tingkatkan Kualitas Dan Aktualisasi Diri

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH

Kamis, 22 Agu 2019 20:15Berita Sumut

Belasan Jurnalis Sumut Berkunjung ke Perusahaan PT Toba Pulp Lestasi

Belasan jurnalis dari berbagai media cetak, Online yang ada di Sumatera Utara (Sumut) melakukan kunjungan ke operasional perusahaan pulp, PT Toba Pulp Lestari (TPL), Tbk, Kamis (22/8/2019).

Kamis, 22 Agu 2019 19:26Nasional

Jokowi Akan Undang Tokoh Agama/Tokoh Adat Papua dan Papua Barat

Dalam waktu dekat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengundang para tokoh agama dan tokoh adat di Papua dan Papua Barat setelah adanya insiden demonstrasi masyarakat Papua yang berujung kerusakan sejumlah fasilitas umum di Tanah Cendrawasih.

Kamis, 22 Agu 2019 19:02Ekonomi

Rebut Simpati Generasi Millenial, Asuransi Astra Segera Hadirkan Otocare 5.0

Untuk merebut simpati generasi millenial, PT Asuransi Astra siap menghadirkan pembaruan aplikasi Garda Mobile Otocare ke versi 5.0 pada September 2019 mendatang.

Kamis, 22 Agu 2019 18:49Berita Sumut

Terdakwa Kredit Fiktif di BRI Agroniaga Dituntut 14 Tahun Penjara

PNS di Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara, Mulyono (52) dituntut selama 14 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 6 bulan. Warga Desa Tanjung Sarang Elang, Kec Panai Hulu, Kab Labuhanbatu itu dinilai bersalah dalam kasus korupsi kredit fiktif d

Kamis, 22 Agu 2019 18:16Berita Sumut

Ini Jawaban Pemko Medan Atas Pemandangan Umum Fraksi DPRD Tentang RAPBD 2020

Pemko Medan telah melakukan sejumlah langkah guna mengatasi permasalahan sanitasi dan air bersih di Kota Medan. Salah satunya dengan pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) regional Mebidang yang melibatkan pemerintah pusat, pemerintah Provinsi Sum

Kamis, 22 Agu 2019 18:03Ekonomi

Muliawansyah : Kesadaran Masyarakat Berasuransi Masih Sangat Rendah

Menurut Branch Manager Asuransi Astra Cabang Medan, Muliawansyah dalam acara Media Gathering di Hotel Adi Mulia Jalan Diponegoro Medan, Senin (19/8/2019) pangsa pasar otomotif di bawah bendera Astra, di antaranya Toyota, Isuzu dan Daihatsu, turut memberik

Kamis, 22 Agu 2019 17:45Berita Sumut

Hari Ketiga Normalisasi, Prajurit Kodam I/BB Bersihkan Bangunan di Sempadan Sei Badera

Pelaksanaan normalisasi alur Sei Badera di Kompleks Bumi Asri, Jln Asrama, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, sudah memasuki hari ketiga pada Kamis (22/8/2019).

Kamis, 22 Agu 2019 17:12Berita Sumut

Razia Kasih Sayang di Belawan, Polisi Sita Berbagai Senjata Tajam dari Pelajar

Personil Polres Pelabuhan Belawan menjaring 20 pelajar dalam operasi kasih sayang yang digelar pada Kamis (22/8). Selain mengamankan pelajar yang berasal dari tingkatan SMP hingga SMA ini, polisi juga menyita berbagai senjata tajam yang dipegang pelajar.

Kamis, 22 Agu 2019 16:49Berita Sumut

Tak Pindahkan Napi Kasus Narkoba, Karutan Tanjung Gusta Perlu Dievaluasi

Meski sudah berstatus narapidana, Kepala Rutan Tanjung Gusta tak kunjung memindahkan ZA ke Lapas Tanjung Gusta Medan. Saat ini ZA masih menghuni Rutan Tanjung Gusta. Persoalan ini pun menjadi sorotan media massa.

Kamis, 22 Agu 2019 16:31Berita Sumut

1.300 Mahasiswa Baru UNPAB Ikuti Pengenalan Kehidupan Kampus di Makodam I/BB

Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto memimpin Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru UNPAB (Universitas Pembangunan Panca Budi) pada acara kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Pembangunan Panca Budi di Lapangan Upacara Makod

Kamis, 22 Agu 2019 16:01Berita Sumut

Martil Wajah Kekasih, Ucok Berakhir di Bui

NP alias Ucok (55) warga Dusun I, Desa Kuala, Sibolangit Deliserdang terpaksa berurusan dengan polisi. Pria ini tega menganiaya wajah sang kekasih Inawati br Ketaren (42) dengan menggunakan martil.

Kamis, 22 Agu 2019 15:46Berita Sumut

Duh !!, Anggota Dewan Banyak 'Menghilang', Perda PUD Pasar Pun Batal Disahkan

Meski sudah di skors lebih dari 45 menit sejumlah anggota DPRD Medan masih belum tampak hadir di ruang sidang Paripurna, Kamis (22/08/2019). Akibatnya rapat lanjutan pengesahan Rancangan Peraturan Daerah Perusahaan Umum Daerah Pasar Kota Medan kembali mol

Kamis, 22 Agu 2019 15:31Berita Sumut

Sidang Ke 15 HLC Malindo, Forum Strategis Indonesiaa dan Malaysia

Sidang ke-15 High Level Committee Malaysia-Indonesia (HLC Malindo) merupakan forum yang bernilai strategis bagi kedua negara dalam menghadapi spektrum ancaman yang semakin kompleks.

Kamis, 22 Agu 2019 15:16Berita Sumut

Soal Informasi Pelayanan Publik, KIP Apresiasi Pemko Medan

Seluruh aplikasi dan sarana informasi yang dimiliki Pemko Medan bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menjangkau setiap informasi terlebih mengenai pelayanan publik yang dilakukan Pemko Medan. Selain itu juga, menjadi wadah untuk dapa