• Home
  • Nasional
  • Panglima TNI : Sinergi Dan Soliditas Mampu Cegah Potensi Timbulnya Permasalahan

Panglima TNI : Sinergi Dan Soliditas Mampu Cegah Potensi Timbulnya Permasalahan

Amr/rel Kamis, 19 April 2018 22:37 WIB
Matatelinga
Sholat Idul Adha 1439 H
MATATELINGA, Medan:  Terwujudnya sinergi, soliditas dan solidaritas antara TNI-Polri dengan Pemda, tokoh masyarakat; tokoh agama; tokoh adat dan tokoh daerah serta berbagai komponen masyarakat lainnya mampu mencegah potensi timbulnya permasalahan yang dapat menyebabkan terganggunya keamanan dan kenyamanan di wilayah.



Hal tersebut dikatakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. saat memberikan pengarahan dihadapan 3.000 personel TNI dan Polri se-wilayah Nanggroe Aceh Darusalam (NAD), diawali makan siang bersama prajurit, bertempat di Hall Harapan Bangsa Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh, Kamis (19/4/2018).

Lebih lanjut Panglima TNI menjelaskan bahwa sinergitas dan soliditas TNI dan Polri dengan komponen bangsa lainnya sangat terasa dimana situasi wilayah menjadi kondusif, rakyat merasa tenang dan aman dalam menjalankan kehidupannya, seluruh stake holder dapat menjalankan tugasnya masing-masing dengan lancar.



Panglima TNI menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga kepada segenap prajurit TNI-Polri di wilayah Aceh, karena mampu memberikan dharma bakti terbaik kepada Ibu Pertiwi. "Saya bangga dengan kalian Semua ini tidak lepas dari semangat, disiplin, tanggung jawab, militansi dan loyalitas kalian dengan tetap berpegang teguh kepada perintah atasan".

Selanjutnya Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa saat ini dunia berubah begitu cepat, lingkungan strategis global diwarnai berbagai dinamika yang sulit diantisipasi dampaknya yang  muncul sebagai ancaman nyata bangsa Indonesia seperti ancaman siber (cyber threats), ancaman biologis (bio threats) dan ancaman kesenjangan (inequality threats). "Ancaman siber diwujudkan dengan penyalahgunaan big data pengguna internet. Saat ini lebih dari 51 % penduduk dunia sudah terhubung dengan internet," imbuhnya.



"Seperti kita ketahui bakteri dan virus patogen dapat bermutasi secara alami menjadi kebal terhadap obat-obatan yang ada. Selain itu, teknologi rekayasa genetika telah memungkinkan diciptakannya agen-agen biologis baru yang lebih berbahaya," kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Panglima TNI juga mengatakan bahwa ancaman kesenjangan atau inequlity threats muncul diantaranya ketika terdapat negara yang menguasai teknologi serta negara yang tidak menguasai teknologi. "Negara yang menguasai teknologi akan menang, mereka bisa menciptakan dan menghasilkan apa saja secara melimpah, termasuk energi dan makanan," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Panglima TNI  kembali mengingatkan  bahwa kegiatan politik pada tahun 2018 ini akan dilaksanakan Pilkada Serentak di 171 wilayah seluruh Indonesia dan Tahapan Pemilu 2019 tentunya akan diwarnai dengan pengerahan massa dan kampanye.  Kegiatan tersebut rawan disusupi oleh berbagai isu negatif dan berpotensi untuk berkembang menjadi tindakan yang lebih ekstrim atau terjadinya tindakan anarkisme.

"Saya beserta Kapolri sepakat bahwa sudah menjadi tugas TNI dan Polri dalam Pilkada serentak 2018 maupun Tahapan Pemilu 2019 untuk menjamin kelancaran, keamanan, dan kesuksesannya. Tugas tersebut meliputi pengamanan distribusi logistik, kampanye, pelaksanaan dan penetapan, hingga pasca penetapan hasil Pilkada, yang harus berjalan tertib dan aman," kata Panglima TNI.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa TNI-Polri harus memegang teguh netralitas dan bagi prajurit TNI hanya ada satu komando tegak lurus dari Panglima TNI. "TNI-Polri sebagai aparat negara, masih mendapatkan kepercayaan yang sangat tinggi dari rakyat dalam menjaga pertahanan dan keamanan di Bumi Pertiwi. Oleh karena itu, apapun yang dilakukan oleh TNI-Polri harus senantiasa tetap menjaga kehormatan, nama baik, kepercayaan dan amanah dengan sungguh-sungguh," tegasnya.

Di hadapan awak media, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa prajurit TNI-Polri tetap solid dan profesional untuk menjunjung netralitas. "Tentunya kita melaksanakan komunikasi antara TNI dan Polri untuk menjaga keamanan dalam pesta demokrasi," katanya.    

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa Polri juga sudah mengeluarkan perintah yang cukup detail kepada anggota untuk larangan-larangan pada saat proses Pilkada. "Kalau ada anggota Polri yang melanggar pasti mendapatkan sanksi internal  mulai kode etik dan lain-lain, disamping itu juga bisa dikenakan sanksi yang terkait dalam aturan undang-undang," ujarnya.

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:MatatelingaPanglima TNIPuspen TNI
Komentar
Minggu, 19 Agu 2018 17:29Berita Sumut

Buku 'Kita Telah Mati', Keresahan Dadang Darmawan akan Degradasi Pancasila

Dadang Darmawan Pasaribu, mantan aktivis dan merupakan salah seorang bakal calon anggota DPD RI asal Sumatera akan merilis buku berjudul 'Kita Telah Mati. Buku ini akan mengupas soal ideologi Pancasila lewat kacamata kritis.

Minggu, 19 Agu 2018 15:51Berita Sumut

Merampok dan Memberikan Perlawanan di Bedil Polisi

Tersangka berinisial MJ Alias Jefri ,21, Jalan Selebes Gang 17 Kampung Salam Kel.Belawan II Kec.Medan Belawan, terpaksa di lumpuhkan dengan timah panas

Minggu, 19 Agu 2018 15:50Berita Sumut

Tim Evakuasi Temukan Satu Lagi Jasad Korban Bus Masuk Jurang di Tobasa

Pada pencarian lanjutan hari ini Minggu (19/8/18), tim evakuasi berhasil menemukan satu jasad korban bus masuk jurang di Tobasa.

Minggu, 19 Agu 2018 14:48Berita Sumut

Wali Kota Ingin Wujudkan Medan Bagian Utara Jadi Ekowisata Mangrove & Bahari

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dan Wakil Wali kota or Akhyar Nasution MSi bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan menanam sebanyak 2018

Minggu, 19 Agu 2018 13:44Berita Sumut

Pasukan Garuda UNIFIL Gelar Upacara HUT RI ke-73 di Lebanon Selatan

Prajurit TNI yang tergabung dalam Pasukan Garuda UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) misi perdamaian dunia menggelar upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018, bertempat di Lapangan Soekarno, Markas Indobatt UNP 7-1 Adchits

Minggu, 19 Agu 2018 12:30Berita Sumut

Gasak Harta Benda Tetangga, Pemuda Ini Meringkuk Dibui

Seorang pemuda berinisial SB (19) warga Dusun III Desa cinta Dame Kecamatan Percut Seituan diamankan warga karena menggasak harta benda milik tetangganya Timbul Sinaga (39), Sabtu (18/8/2018) malam. Saat ini tersangka sudah diamankan di Polsek Percut Seit

Minggu, 19 Agu 2018 11:52Nasional

Milad ke-20, Wakil Ketum FPI Teriakkan Kader Harus Tunduk pada Ulama dan Siap Bertempur Demi Ulama

Wakil Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Ja'far Shodiq menggemakan wacana 2019 Ganti Presiden di acara ulang tahun atau Milad ke-20 FPI di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (19/8) pagi.

Minggu, 19 Agu 2018 11:46Berita Sumut

Pemuda Ini Menjambret untuk Belikan Sang Adik Kado Ulangtahun

Keinginan AY,22, untuk membelikan kado ulangtahun untuk sang adik kandas. Bahkan dia nyaris tewas dihajar warga di kawasan Jalan Perjuangan Desa Bandar Setia kec. Percut Seituan, Sabtu (18/8/2018) malam yang emosi melihat aksi Ayub dan rekanny

Minggu, 19 Agu 2018 11:22Berita Sumut

HUT Proklamasi di PTPN IV Kebun Balap Berlangsung Meriah, Karyawan Kebun Jadi Tim Paskibra

Pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke 73 Republik Indonesia di PTPN IV Kebun Balap, Desa Kuala Batahan, Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal berlangsung meriah dan berbeda dari tahun - tahun sebelumnya. Mengapa

Minggu, 19 Agu 2018 11:03Internasional

Presiden Palestina Ancam Akan Tinjau Kesepakatan Damai dengan Israel

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengancam akan meninjau kembali seluruh perjanjian damai yang pernah disepakati dengan Israel jika Tel Aviv terus melanggar aturan internasional.

Minggu, 19 Agu 2018 11:00Internasional

Fiji Diguncang Gempa Berkekuatan 8,2 SR

Gempa berkekuatan 8,2 SR yang kuat melanda Fiji pada Minggu, (19/8).

Minggu, 19 Agu 2018 10:56Internasional

Qatar Tuduh Arab Saudi Halangi Warganya Berhaji

Pemerintah Qatar menuduh Arab Saudi telah menghalangi masyarakat mereka untuk menunaikan ibadah haji pada 2018 ini.

Minggu, 19 Agu 2018 10:51Lifestyle

Perhelatan Asian Games, Ini Dia Hal-hal yang Diharamkan Ketika Memasuki Stadion GBK

Upacara pembukaan Asian Games 2018 tinggal beberapa jam lagi. Acara megah tersebut akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Sabtu (18/8) pukul 19.00 WIB.

Minggu, 19 Agu 2018 10:47Lifestyle

Penerbangan Danau Toba-Malaysia Resmi Beroperasi, Malindo Air jadi Maskapai Pembuka

Penerbangan internasional pertama Bandara Silangit resmi dilakukan maskapai Malindo Air, Jumat (17/8) dengan menghubungkan Bandara Sultan Abdul Aziz Shah, Subang, Malaysia, dengan Bandara Silangit.

Minggu, 19 Agu 2018 10:34Nasional

Kapolri: Saya Paham Kebebasan Berpendapat, Tapi Dilarang Demonstrasi Selama Perhelatan Asian Games

Kepolisian Republik Indonesia mengeluarkan maklumat pelarangan demonstrasi selama penyelenggaraan Asian Games 2018 pada 18 Agustus hingga 2 September.

Minggu, 19 Agu 2018 10:30Ekonomi

Lira Terpuruk, Erdogan Tantang Pihak yang Permainkan Ekonomi Turki

Presiden Turki Tayyip Erdogan menyatakan siap meladeni semua pihak yang mempermainkan ekonomi Turki.