• Home
  • Nasional
  • Panglima TNI : Jadilah Perwira Yang Mampu Membaca Arah Perubahan

Panglima TNI : Jadilah Perwira Yang Mampu Membaca Arah Perubahan

faeza Rabu, 14 Agustus 2019 17:18 WIB
Mtc/ist
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. saat memberikan pengarahan kepada 1.226 peserta Sesko TNI, Sespimti Polri, Sesko Angkatan dan Sespimmen Polri, pada acara Program Kegiatan Bersama (PKB) Kejuangan yang bertemakan ”SDM Unggul-Indonesia Maju”
MATATELINGA, Jakarta: Jadilah perwira yang memiliki kemampuan membaca arah perubahan. Artinya sebagai Perwira, Komandan, ataupun staf, harus mampu melihat perkiraan keadaan dengan memperhatikan trend perubahan.




[adx]


Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. saat memberikan pengarahan kepada 1.226 peserta Sesko TNI, Sespimti Polri, Sesko Angkatan dan Sespimmen Polri, pada acara Program Kegiatan Bersama (PKB) Kejuangan yang bertemakan "SDM Unggul-Indonesia Maju", bertempat di gedung Juang Yos Sudarso Sesko TNI , Cipulir, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2019).


"Apapun permasalahan yang mungkin terjadi di wilayah tanggung jawab kalian, dapat kalian antisipasi sebelumnya. Itulah pentingnya berkomunikasi, berkoordinasi, dan berkolaborasi dalam suatu upaya sinergis bersama kekuatan lain seperti Polri, Pemerintah Daerah, LSM, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta komponen bangsa lainnya," kata Panglima TNI.

Panglima TNI mengatakan bahwa perang di masa depan membentuk peran militer semakin kompleks. Memahami strategi militer saat ini, sama dengan memahami pertempuran di era hiperkonektivitas, evolusi teknologi yang semakin cepat, dengan adanya revolusi industri, serta munculnya perang hybrid dan asimetrik.



[adx]


"Indonesia adalah negara besar ditinjau dari luas wilayah, jumlah penduduk, ragam budaya dan kekayaan alamnya. Diperlukan upaya besar untuk memperjuangkan kemerdekaannya dan menjaga tetap dalam wadah persatuan dan kesatuan," ucap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga menyampaikan bahwa lingkungan strategis, tantangan dan ancaman akan terus berubah, sehingga peran TNI pun akan terus berubah, berevolusi menyesuaikan perkembangan jaman.

Menurut Panglima TNI, pelaku peperangan tidak lagi diidentifikasi sebagai kekuatan militer saja, tetapi pihak-pihak yang memiliki kekuatan fisik maupun non-fisik bisa melakukan peperangan. "Seperti perang politik, perang ideologi, perang media, perang informasi, perang opini, perang ekonomi atau perang dagang, perang hukum, dan lain-lain," jelasnya.

Di sisi lain Panglima TNI menyatakan bahwa peran militer masa depan akan lebih banyak selain tugas bertempur. Militer juga melakukan tugas keamanan membantu kepolisian, tuntutan misi kultural membangun pengaruh dan hubungan internasional yang semakin meningkat, seperti pengamanan jaringan logistik, pengamanan obyek vital, pasukan perdamaian PBB, penanggulangan bencana, dan mengatasi aksi terorisme bersama komponen bangsa lainnya.



[adx]

"TNI adalah tentara profesional yang dibangun untuk mencapai keunggulan-keunggulan secara kapasitas yaitu well educated (terdidik), well trained (terlatih), well organized (terorganisasi), well equiped (dilengkapi kebutuhannya), well lead (terpimpin), dan adaptif," ungkap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Adapun secara kapabilitas, TNI memiliki kemampuan operasi, dapat dikerahkan dengan cepat, dan mampu dibebani berbagai macam tugas. Sedangkan secara kompatibilitas, siap bersinergi dan bekerjasama dengan organisasi yang lebih kompleks.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berpesan bahwa TNI sebagai organisasi militer profesional harus terus menata diri, tentunya membutuhkan perwira-perwira yang kompeten seperti yang berada di sini. "Perwira-perwira lulusan Sesko TNI diharapkan menjadi figur-figur pemimpin TNI masa depan yang adaptif, tidak alergi dengan perubahan. Setiap saat kita harus siap berubah karena lingkungan di sekitar kita juga terus berubah," pungkasnya. (mtc)

Editor: faeza

T#g:blibliMarsekal TNI Hadi TjahjantoMatatelingamatatelinga.commatatelinga comPanglima TNIProgram Kegiatan Bersama (PKB) KejuanganProgram Kegiatan Bersama PKB KejuanganTerkiniTraveloka
Komentar
Sabtu, 30 Mei 2020 22:30Nasional

Cuci Tangan, Pakai Masker, dan Jaga Jarak Itu Sangat Penting

Kasus konfirmasi positif covid-19 di Indonesia masih memperlihatkan kurva kenaikan kasus. Per Sabtu 30 Mei 2020, angka kasus positif bertambah 557, sehingga total menjadi 25.773 kasus.

Sabtu, 30 Mei 2020 22:15Lifestyle

Terkait Laporan Forbes Soal Kekayaannya, Kylie Jenner Menertawakannya

Kylie Jenner menanggapi laporan terbaru yang dirilis Forbes terkait statusnya sebagai ‘miliuner self-made termuda’ di dunia. Lewat Twitter dia terlihat menertawakan laporan tersebut.

Sabtu, 30 Mei 2020 22:00Nasional

Terapkan Protokol Kesehatan, Kemendikbud Dorong PPDB Dilakukan Secara Online

Kementerian Pendidikan mendorong sekolah untuk menggelar penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online. Sebab penyebaran corona masih terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Sabtu, 30 Mei 2020 21:45Nasional

Hati-Hati! Virus Corona Bisa Menyebar Sangat Cepat di Satu Tempat

Sejumlah negara berencana melonggarkan upaya pembatasan jarak sosial. Di sisi lain, para ahli terus mengingatkan bahwa kehati-hatian perlu terus ditingkatkan untuk mencegah peristiwa yang disebut dengan penyebaran super virus corona.

Sabtu, 30 Mei 2020 21:29Berita Sumut

Pemprov Sumut Siapkan Wisma Atlet Untuk Tenaga Medis Covid-19

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meninjau kesiapan Wisma Atlet Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut di Jalan Willem Iskandar, Deliserdang yang akan digunakan untuk penginapan tenaga medis yang menangani Corona Virus Disease (Cov

Sabtu, 30 Mei 2020 21:14Nasional

Soal Logo Covid -19, RSO Ikut Mengecam

Presiden National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari mengecam adanya logo Olimpiade digabungkan dengan gambar virus Corona atau Covid pada sampul sebuah majalah.

Sabtu, 30 Mei 2020 20:49Nasional

Inovasi Teknologi Cegah COVID-19, TNI AD Gunakan Helmet Thermal KC Wearable

Pertegas komitmennya dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19, TNI AD akan menggunakan helm berteknologi terbaru helmet thermal KC wearable.

Sabtu, 30 Mei 2020 20:25Ekonomi

Pergerakan NIlai Tukar Rupiah berhasil di Tutup, Menguat Akhir Depan

Dipengaruhi oleh perkembangan hubungan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Sabtu, 30 Mei 2020 20:10Ekonomi

Hari ini Harga Emas Naik Rp 1.000 Menjadi Rp 914.000 per gram

Biasanya harga per gram emas Antam akan berbeda tergantung berat batangnya. Logam Mulia Antam menjual emas dan perak batangan dalam beberapa ukuran berat (misalnya 1 gram, 2 gram, dan 500 gram).

Sabtu, 30 Mei 2020 19:52Lifestyle

Bila Anda ke Jepang, Jangan Ketinggalan Mencicipi Makan Jepang

Di Jepang tidak cuma Kota Osaka yang terkenal dengan kuliner dan jajanannya.

Sabtu, 30 Mei 2020 19:37Berita Sumut

Horeee,,, Pelayanan SIM, STNK, dan BPKB Dibuka Kembali

Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) kembali dibuka.

Sabtu, 30 Mei 2020 19:22Internasional

Pemulangan 4.800 TKI Indonesia, Pakai Dana Malaysia Apa Dana Indonesia..?

Sebanyak 4.800 Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) yang berada di Depo Tahanan Imigrasi (DTI) Malaysia akan dipulangkan secara bertahap.

Sabtu, 30 Mei 2020 19:07Berita Sumut

Akhyar Kunjungi Anak Kurang Gizi, Pastikan Pelayanan Kesehatan Berjalan Baik

Mendengar kabar bahwa salah satu warganya mengalami kekurangan gizi, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi langsung mendatangi warga tersebut

Sabtu, 30 Mei 2020 18:22Berita Sumut

Akhyar Tekankan Jangan Ada Bantuan yang Tumpang Tindih

Bantuan Sosial (bansos) tahap II terus digulirkan kepada masyarakat Kota Medan yang membutuhkan terutama yang terdampak Covid-19.

Sabtu, 30 Mei 2020 18:07Berita Sumut

Akhyar Ingatkan Seluruh Kantor Pelayanan Pemerintahan Terapkan Protokol Kesehatan

Penyaluran bantuan sosial (bansos) tahap kedua Pemko Medan kepada masyarakat berupa 20kg beras dan 2kg gula pasir terus dipantau langsung Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi

Sabtu, 30 Mei 2020 17:52Berita Sumut

Akhyar Minta Warga Dilayani Dengan Baik

Proses penyaluran bantuan tahap kedua dari Pemko Medan kepada warga yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Lingkungan VI dan XII, Kelurahan Pasar Merah, Kecamatan Medan Area berlangsung tertib dan lancar