• Home
  • Nasional
  • Panglima TNI : Kopassus Harus Mampu Berinovasi Sikapi Perkembangan Jaman

Panglima TNI : Kopassus Harus Mampu Berinovasi Sikapi Perkembangan Jaman

Amr/rel Senin, 16 April 2018 20:08 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Jakarta:  Prajurit Kopassus hendaknya mampu mengantisipasi berbagai perkembangan yang terkait dengan bidang tugasnya dan jangan mudah berpuas diri serta larut dalam kebanggaan semata, karena setiap tugas yang dipercayakan kepada Kopassus ibaratnya pertaruhan besar bukan hanya bagi TNI melainkan juga bagi bangsa Indonesia.
 
Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dalam sambutannya pada acara Syukuran HUT ke-66 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dengan tema "Mewujudkan Prajurit Kopassus Yang Disiplin, Profesional dan Dicintai Rakyat Dengan Dilandasi Akhlak, Moralitas dan Integritas", bertempat di Gedung Balai Komando, Cijantung, Jakarta Timur, Senin (16/4/2018).
 
"Untuk itu, Kopassus harus mampu dan terus berinovasi serta beradaptasi menyikapi berbagai perkembangan jaman. Prajurit Kopassus harus menjadi pelopor dan berada di ujung terdepan dalam hal inovasi-inovasi terkait operasi khusus di tubuh TNI," kata Panglima TNI.
 
Panglima TNI mengungkapkan bahwa 66 tahun yang lalu, Kopassus lahir dari sebuah tekad dan pemikiran seorang Slamet Riyadi pemuda berusia 23 tahun dengan analisa kritisnya telah mampu memikirkan arti penting dimilikinya suatu satuan kecil berkemampuan khusus.  "Saat ini, mungkin kita tidak terlalu menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang luar biasa. Namun demikian, jika dikaitkan dengan konteks yang terjadi saat itu, maka pemikiran Slamet Riyadi pada hakekatnya merupakan lompatan inovatif di jamannya," ujarnya.
 
Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa Prajurit Kopassus harus mampu memadukan kekuatan mental dan fisik prajurit Komando dengan penerapan teknologi mutakhir. Menurutnya, kekuatan mental dan fisik adalah kapital dasar yang standarnya harus senantiasa dipelihara, namun dengan tetap memiliki daya inovasi dan adaptasi.  "Dengan memelihara kemampuan mental dan fisik serta menerapkan teknologi maju secara tepat, maka kita telah memberikan peluang terbaik bagi anggota Pasukan Khusus untuk berhasil dalam melaksanakan berbagai misi," katanya.
 
Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI mengatakan bahwa selama 66 tahun perjalanan pengabdian, satuan Kopassus telah menorehkan catatan tinta emas dalam mengemban setiap misi yang dipercayakan oleh negara, diantaranya Penumpasan DI/TII, PRRI/Permesta, Operasi Dwikora, Operasi Trikora, Penumpasan G 30 S/PKI, Operasi Woyla, Operasi Mapenduma, Operasi Somalia, Operasi Tinombala, sampai pada Operasi Pembebasan Sandera di Banti Papua akhir tahun 2017 yang lalu.  "Keberhasilan pada berbagai palagan tersebut mencerminkan kualitas perorangan maupun satuan Kopassus yang dilandasi nilai-nilai ksatria, militansi, loyalitas, dan tentunya profesionalisme," ucapnya.
 
Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, selama ini prajurit-prajurit Kopassus memiliki tiga hal yang menjadi prinsip dalam bertindak yaitu Berani, Benar dan Berhasil. Berani karena memiliki jiwa Ksatria dan Militansi yang tinggi, Benar karena Loyalitas yang tegak lurus dalam rantai komando dan Berhasil karena selama 66 tahun Kopassus selalu menerapkan profesionalisme sebagai suatu nilai yang tidak ditawar-tawar lagi, baik dalam setiap kegiatan operasi maupun latihan.
 
"Saya berpesan agar prajurit-prajurit Kopassus tidak menjadi prajurit yang tinggi hati dan jauh dari rakyat dengan segala kecakapan dan semua prestasi yang telah diraih. Ingatlah, bahwa seluruh keberhasilan dan prestasi Kopassus tidak mungkin diraih tanpa dukungan dan doa dari seluruh rakyat Indonesia," kata Panglima TNI.
 
"Dirgahayu Kopassus, Tribuana Chandraca Satya Dharma"

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:
Komentar
Selasa, 24 Apr 2018 18:16Ekonomi

Tenaga Kerja Asing Yang Tidak Trampil Bakal Diberi Sanksi Oleh Kemenaker

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memastikan tenaga kerja asing (TKA) yang dapat masuk ke Indonesia hanya yang memiliki keterampilan dan memenuhi syarat pendidikan. Hal ini menjadi wajib, meski sudah ada aturan baru berupa Peraturan Presiden Nomor 2

Selasa, 24 Apr 2018 18:05Ekonomi

Sri Mulyani Curhat Soal Perang Dagang Di Spring Meeting IMF

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan kekhawatirannya terhadap perang dagang antara Amerika Serikat dengan China, termasuk risiko kenaikan suku bunga acuan The Federal Reserve, yang membuat Indonesia harus lebih waspada menjaga momentum per

Selasa, 24 Apr 2018 16:52Berita Sumut

Harta Kekayaan Calon Kepala Daerah: Sihar Tertinggi, Djarot Terendah

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sihar Sitorus tercatat memiliki kekayaan terbanyak dibandingkan calon lainnya, dengan jumlah Rp 350.887.340.551.

Selasa, 24 Apr 2018 16:52Berita Sumut

Mendagri akan Beri Sanksi kepada Kepala Daerah yang Melanggar Aturan

"Kalau memang ada laporan, saya minta untuk dipertimbangkan atau segera diganti," sebut Tjahjo Kumolo, Selasa (24/4/2018), menanggapi perihal perekrutan tenaga pendukung ataupun tenaga honorer yang dilakukan oleh Pemprovsu dalam Anggaran Tahun

Selasa, 24 Apr 2018 16:15Berita Sumut

Optimis Sumut Jadi Tuan Rumah PON, Edy Bakal Bangun Stadion di Kualanamu

Sesuai rencana, hari ini, Selasa (24/4/2018) penetapan daerah pelaksanaan PON 2024 akan diumumkan. Provinsi Sumatera Utara dan Aceh berduet untuk menjadi tuan rumah event olahraga terbesar di Indonesia itu.

Selasa, 24 Apr 2018 16:00Nasional

Bakamla RI Cermati Perpindahan Zat Radioaktif Melalui NKRI

Berkembangnya isu perpindahan zat radioaktif secara ilegal melalui laut Indonesia menuju Korea Utara, mencuri perhatian Bakamla RI dalam upaya pengamanan potensi radiasi di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia. Hal ini dibahas dalam kunjungan Directo

Selasa, 24 Apr 2018 15:43Berita Sumut

Coca-Cola Amatil Indonesia Tanam Mangrove Di Peringatan Hari Bumi

Dalam rangka peringatan Hari Bumi, Coca-Cola Amatil Indonesia NSO Medan bekerjasama pramuka belawan melakukan aksi tanam 3000 pohon mangrove .

Selasa, 24 Apr 2018 15:37Berita Sumut

Estafet, Sihar Terima Keluhan Warga 3 Desa

Persoalan jembatan penghubung, kondisi kerusakan jalan, perlengkapan dan peralatan nelayan tradisional menjadi keluhan yang dilontarkan warga Desa Karang Gading Kec Labuhan Deli Kabupatrn Deliserdang, Desa Pantai Gading dan Desa Selotong Kecmatan Secangg

Selasa, 24 Apr 2018 15:15Nasional

Panglima TNI Tinjau Gladi Upacara Militer Apel Bersama Wanita TNI

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Ketua Umum Dharma Pertiwi dan para Asisten Panglima TNI serta Kabalakpus TNI menghadiri Gladi Bersih Upacara Militer Apel Bersama Wanita TNI, Polwan dan wanita komponen bangsa, yang bertemakan “Wan

Selasa, 24 Apr 2018 15:00Nasional

16 CPNS Baru Perkuat Kapal Patroli Bakamla RI

Sedikitnya 16 personel Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) turut memperkuat kapal patroli Bakamla RI di Batam. Ke-16 Pegawai baru tersebut berdinas di KN. Bintang Laut – 4801 berjumlah empat orang, sementara 11 CPNS lainnya diproyeksikan sebagai ABK dari KN

Selasa, 24 Apr 2018 14:13Berita Sumut

Viral di Medsos, Pengendara Motor Peremas Payudara Siswi SMA Diringkus

Pelaku pelecehan seksual terhadap sejumlah pelajar SMA yang viral di media sosial akhirnya dibekuk polisi. Dalam aksinya pelaku yang menggunakan sepeda motor meremas payudara siswi SMA. Aksinya ini terekam sebuah kamera dan menjadi viral di media sosial.

Selasa, 24 Apr 2018 13:30Berita Sumut

Mendagri dan KPK Beri Petuah untuk Seluruh Cakada di Sumut

Pimpinan KPK Saut Situmorang dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberi pembekalan kepada para pasangan calon kepala daerah yang bertarung dalam Pilkada di Sumatera Utara, Selasa 24 April 2018 di Aula Raja Inal Kantor Pemprov Sumut.

Selasa, 24 Apr 2018 13:15Berita Sumut

Malam Ini Jalur ke Brastagi akan Dialihkan, Ini Jalur Alternatif yang Disiapkan

Satlantas Tanah Karo mulai Selasa (24/4/2018) pukul 23.00 Wib akan mengalihkan arus lalu lintas menuju Kota Brastagi dan sebaliknya. Pengalihan arus lalu lintas berkaitan dengan perbaikan saluran drainase melintang (cross drain) di badan jalan nasional

Selasa, 24 Apr 2018 12:07Berita Sumut

FITRA Sumut Nilai Biro Humas Pemrprovsu Langgar SE Mendagri No. 814.1/169/SJ

Dua bulan terakhir, proses penerimaan dan perekrutan tenaga pendukung di jajaran Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu, mendapat reaksi dari Direktur Eksekutif Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran Sumatera Utara (FITRA Sumut) Rurita Ningrum.

Selasa, 24 Apr 2018 09:02Internasional

Usai Lahirkan Anak Ketiganya, Kate Pulang Ke Istana

Kate Middleton selesai menjalani proses lahiran anak ketiganya yang berjenis kelamin laki-laki. Kate, bersama Pangeran William, lalu meninggalkan rumah sakit tempat bersalinnya.

Selasa, 24 Apr 2018 08:45Internasional

Tambah Jumlah Korban, Kali Ini ISIS Penggal Tiga Bersaudara Di Afghanistan

Kelompok teroris ISIS dilaporkan memenggal tiga warga bersaudara di timur Provinsi Nagarhar, Afghanistan, pada akhir pekan lalu. Ketiga korban tersebut berprofesi sebagai petugas medis di wilayah itu.