• Home
  • Nasional
  • Panglima TNI Apresiasi Siswa SMP Panjat Tiang Bendera di Atambua

Panglima TNI Apresiasi Siswa SMP Panjat Tiang Bendera di Atambua

Amr/rel Sabtu, 18 Agustus 2018 07:34 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Jakarta:  Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menyampaikan apresiasi kepada Johannes Adekalla siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Silawan, Atambua, atas keberaniannya memanjat tiang bendera yang talinya putus saat upacara kemerdekaan HUT RI ke-73 tahun 2018, di Pantai Motaain Desa Silawan, Kec. Tasifeto Timur, Kab. Belu, Nusa Tenggara Timur.



"Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan apresiasi berupa Bea Siswa atas keberanian dan aksi heroik Johannes Adekalla, sehingga bendera Merah Putih dapat dikibarkan dalam upacara tersebut," kata Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah di Jakarta, Sabtu (18/8/2018).

Menurut Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah, aksi yang dilakukan secara sepontan oleh Johannes Adekalla pada saat pelaksanaan upacara kemerdekaan HUT RI ke-73 tahun 2018, dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Belu JT Ose Luan, sangat luar biasa  dan dapat menggugah rasa nasionalisme warga bangsa lainnya.



"Atas aksi heroiknya, Panglima TNI mengapresiasi dengan memberikan penghargaan kepada Johannes Adekalla berupa Bea Siswa hingga lulus SMA. Setelah lulus SMA akan mendapat prioritas apabila ingin menjadi Prajurit TNI serta mengundang Johannes ke acara pembukaan Asian Games ke-18 pada hari ini di Jakarta," kata Kapuspen TNI.

Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah juga mengatakan bahwa saat ini masyarakat Indonesia banyak yang mengapresiasi atas sikap yang ditunjukan Johannes Adekalla. "Mereka merasa terharu, meneteskan air mata dan bangga setelah melihat video aksinya yang viral di media sosial," ungkapnya.



Lebih lanjut Kapuspen TNI menyampaikan bahwa dilihat dari video kejadiaannya, bermula saat petugas  pengerek bendera mengalami kesulitan saat mengibarkan bendera Merah Putih karena ikatan bendera terlepas dan nyangkut diujung tiang.  "Disaat semua orang kebingungan karena kejadian tersebut, muncul dari barisan anak berpakaian seragam SMP tanpa ada yang menyuruhnya dengan gagah berani tanpa rasa takut langsung memanjat tiang bendera," ujarnya.

"Pemandangan mendebarkan pun disaksikan oleh ratusan peserta upacara. Remaja yang belum diketahui namanya ini pun perlahan-lahan memanjat tiang tinggi itu dan hanya membutuhkan waktu tidak sampai satu menit untuk mencapai puncak tiang serta membereskan masalah," tambahnya.

Selanjutnya Kapuspen TNI mengatakan bahwa saat hendak turun, peserta upacara pun bersorak dan bertepuk tangan. Para aparat telah menunggu di bawah untuk membantu anak kecil itu.  "Diketahui bahwa bocah kecil pemberani tersebut bernama Johannes Adekalla, pelajar kelas VII SMP Negeri Silawan putra dari Bapak Victorino Fahik Marschal dan Ibu Lorenca Gama. Atas keberaniannya tersebut akhirnya upacara 17 an dapat dilanjutkan dan sang Merah Putih dapat dikibarkan," tuturnya.

(Mtc/rel)

Editor: Amrizal

T#g:MatatelingaPanglima TNIPuspen TNITerini
Komentar
Kamis, 17 Jan 2019 07:44Lifestyle

Hironisnya, ini Alasan Remaja Wanita Begitu Rela & Mudah Lepas Ke Virginya

Seiring perkembangan zaman, keperawanan seorang wanita seolah menjadi tidak berarti. Pasalnya kini banyak remaja yang mudah melepas keperawanan, terlebih di Inggris.

Kamis, 17 Jan 2019 07:29Ekonomi

Presiden Jokowi: Pensiunan PNS Harus Lebih Inovatif

Presiden Joko Widodo mengimbau agar Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus berhati-hati dan cermat dalam mengelola tunjangan di hari tua.

Kamis, 17 Jan 2019 07:14Bola

Juventus Juarai Piala Super Italia 2018, Allegri: Ini Alasan Kami Datangkan Ronaldo

Juventus meraih gelar Piala Super Italia 2018 usai mengalahkan AC Milan dengan skor tipis 1-0 di Stadion King Abdullah Sport City, Kamis (17/1/2019).

Kamis, 17 Jan 2019 06:59Lifestyle

Menikah Dengan Bule, 3 Artis ini Blak - Blakan Beberkan Pengalaman Ranjangnya

Keputusan untuk menikah dengan seorang bule memang bukanlah hal mudah, namun berbeda dengan tiga selebriti dibawah ini yang lebih memilih hidup bersama bule. Mereka adalah Lia Waode, Baby Margaretha hingga Melaney Ricardo.

Kamis, 17 Jan 2019 06:44Berita Sumut

Empat Komplotan Pembobol ATM, Terkapar di Terjang Timah Panas

Tim unit jatanras Polres Asahan melumpukan empat komplotan pembobol kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dengan modus mengganjal slot (tempat kartu ATM) di mesin, dengan timah panas dibagian kaki, karena berusaha melawan melarikan diri saat hendak dilakuka

Kamis, 17 Jan 2019 06:30Bola

Meski Kalah 0-1 Atas Leganes, Real Madrid Tetap Lolos ke perempatfinal

Real Madrid harus mengakui keunggulan Leganes di leg II 16 besar Copa del Rey 2018-2019 dengan kalah 0-1, pada Kamis (17/1/2019) dini hari WIB. Akan tetapi meski kalah di laga tersebut, Madrid tetap dipastikan lolos ke perempatfinal lantaran menang agrega

Kamis, 17 Jan 2019 06:29Internasional

14 Orang Militan Bersenjata Tewas di tangan Pasukan Keamanan Kenya

Sedikitnya 14 orang militan yang menyerang hotel mewah di Ibu Kota Nairobi tewas ditangan Pasukan keamanan Kenya, dalam aksi teror yang terjadi sejak Selasa, 15 Januari itu. Kelompok militan Al Shabaab yang berafiliasi dengan Al Qaeda mengklaim bertanggun

Kamis, 17 Jan 2019 06:15Lifestyle

Sarapan Super Praktis dan Bergizi, ini 2 Tips & Rekomendasinya

Apakah pola hidup sehat termasuk dalam daftar resolusi Anda di tahun 2019? Jika benar, Anda bisa memulainya dengan membiasakan diri menyantap menu sarapan sehat. Salah satu resep makanan super praktis dan sehat adalah pancake.

Rabu, 16 Jan 2019 21:30Ekonomi

Terus Meningkat, Penerimaan Negara dari Hulu Migas Capai Rp246,7 Triliun

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat, penerimaan negara dari industri hulu migas di tahun 2018 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Rabu, 16 Jan 2019 21:15Lifestyle

Sakit atau Sehatnya Kita Bisa di Ungkap dari Kondisi Kaki, ini Faktanya

Sementara ada beberapa orang yang rutin melakukan general check up yang harganya tidak murah, ternyata kaki Anda bisa mengungkapkan kesehatan dengan mata telanjang!

Rabu, 16 Jan 2019 21:00Internasional

Kelompok Bersenjata Serang Hotel,Sejumlah Orang Tewas

Sejumlah pria yang diduga anggota kelompok milisi menyerang sebuah hotel mewah di Nairobi, Kenya, sehingga menewaskan sedikitnya enam orang.Sejumlah orang, beberapa di antara mereka bersimbah darah, dituntun polisi meninggalkan tempat kejadian perkara

Rabu, 16 Jan 2019 21:00Internasional

Setahun Abu Sayyaf Sandera Nelayan Indonesia Akhirnya di Bebaskan

Seorang sandera warga negara Indonesia (WNI) yang tampak meminta tolong pada sebuah video yang beredar pada awal bulan ini telah dibebaskan di Jolo, Filipina pada Selasa, 15 Januari.

Rabu, 16 Jan 2019 20:45Ekonomi

Menkeu Sri Mulyani: Impor Minyak Pertamina Kian Tumbuh Hingga 13,5%

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah akan memperbaiki transaksi berjalan (current account deficit/CAD) dan neraca perdagangan di 2019. Salah satunya dengan pelaksanaan B20.

Rabu, 16 Jan 2019 20:30Nasional

Panglima TNI : Program Kerja Mabes TNI Prioritaskan Modernisasi Alutsista dan Kekuatan Integratif

Program kerja Mabes TNI tahun 2018 disusun dengan diprioritaskan modernisasi alutsista dan penggunaan kekuatan integratif, sedangkan Mabes Angkatan memiliki program prioritas yaitu modernisasi Alutsista, peningkatan profesionalisme prajurit dan dukungan k

Rabu, 16 Jan 2019 20:30Lifestyle

Berikut 3 Durian Terlezat di Dinia, Indonesia Termasuk Gak Ya...

Hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah mencicipi kelezatan durian. Meski pada akhirnya sebagian orang memilih untuk tidak mengonsumsi buah tersebut karena aromanya cenderung tajam, tidak dapat dipungkiri bahwa durian merupakan salah satu buah tropis fa

Rabu, 16 Jan 2019 20:15Lifestyle

Kota Cirebon Gaet Wisatawan Domestik & Manca Negara Hingga 2 Juta Pengunjung, ini Triknya

Selama ini masih ada sebagian orang yang beranggapan jika Kota Cirebon hanya menjadi tempat persinggahan semata. Padahal di setiap sudutnya, kota ini menyimpan banyak keunikan yang tidak dimiliki oleh kota lain di Jawa Barat. Hal itu tercermin dari banyak