• Home
  • Nasional
  • Panglima TNI Menyaksikan Latihan PPRC TNI 2018

Panglima TNI Menyaksikan Latihan PPRC TNI 2018

Amr/rel Minggu, 13 Mei 2018 04:59 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Jakarta:  Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., S.Sos., M.M. beserta pejabat Mabes TNI, menyaksikan Latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI tahun 2018 melalui video live streaming yang berlangsung di Selaru-Maluku Tenggara Barat, Morotai-Maluku Utara dan Timika-Papua, bertempat di Bandara Mozes Kilangin, Timika, Provinsi Papua, Sabtu (12/5/2018).

Dalam pengarahannya kepada seluruh peserta latihan PPRC TNI 2018 di Selaru, Morotai dan Timika, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melalui video call menyampaikan terima kasih kepada Prajurit TNI atas pelaksanaan kegiatan PPRC TNI tahun 2018, khususnya pada saat manuver lapangan yang telah dimulai tanggal 8 s.d. 12 Mei 2018. "Secara umum, saya menilai baik sekali dan kegiatan latihan sesuai dengan keinginan kita semua yaitu lancar, aman dan terkendali," ucapnya.

"Hal itu terlihat ketika melaksanakan manuver lapangan bahwa pimpinan lapangan sangat tepat untuk melaksanakan atau tidak dilaksanakan kegiatan pelatihan yang sudah direncanakan. Dalam setiap latihan selalu ditentukan hari 'H' atau jam 'J' serta faktor-faktor yang mempengaruhi, seperti cuaca dan medan," ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa kegiatan Latihan PPRC TNI 2018 sepenuhnya diserahkan kepada pelaku, sehingga komando latihan hanya bisa mengawasi dan menilai keputusan di lapangan.  Menurutnya, semua kegiatan yang dilaksanakan Prajurit TNI di lapangan sudah dilaksanakan dengan baik.  "Di Selaru saya nilai sangat baik, demikian juga untuk pendaratan Amfibi. Semua ini bisa dilaksanakan dengan baik dan sesuai rencana, termasuk kegiatan yang dilaksanakan di Morotai dan Timika," ungkapnya.

"Mari kita catat apa yang kita sudah laksanakan, dan ini adalah pelajaran yang sangat berharga bagi kita semua, sehingga untuk latihan-latihan yang akan datang kita sudah memiliki catatan-catatan penting untuk perbaikan," kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI menekankan kepada seluruh pelaku yang berada di tiga wilayah (Selaru, Morotai, Timika) untuk segera melaksanakan inventarisasi personel, peralatan dan lain-lain. "Cek dan catat semua kelengkapan dan kekurangan, baik komunikasi, dukungan logistik termasuk diantaranya adalah aturan-aturan latihan yang ditemukan di lapangan dan kita segera akan melaksanakan evaluasi, sehingga kegiatan tahun depan tentunya akan sangat lebih baik lagi,"  ujarnya.

"Terima kasih kepada seluruh Prajurit TNI yang telah melaksanakan kegiatan latihan, seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama dan komponen bangsa lainnya serta Kepolisian Negara Republik Indonesia, yang telah mendukung kegiatan ini sehingga sukses dengan baik," tutup Panglima TNI.

Dihadapan awak media, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa kegiatan latihan PPRC TNI 2018 bisa dilaksanakan dengan aman, lancar dan terkendali. Kegiatan ini merupakan latihan pertama yang dilakukan oleh TNI secara utuh. "Secara utuh maksudnya adalah kegiatan latihan dilaksanakan di tiga lokasi berbeda yaitu Selaru, Morotai dan Timika," ucapnya.

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, hal-hal yang diuji dalam latihan tersebut adalah hubungan komunikasi dan komando pengendali latihan di tiga lokasi tersebut, tentunya tidak mudah untuk menyamakan pengendalian karena dipengaruhi oleh situasi cuaca termasuk juga medan di masing-masing wilayah.

Panglima TNI menyampaikan bahwa dalam kegiatan latihan ini tentu ada kekurangan-kekurangan yang ditemukan di lapangan dan segera di evaluasi, sehingga kegiatan latihan berikutnya bisa dilaksanakan sesuai dengan keinginan. "Kita merencanakan latihan ini kurang dari enam bulan, namun saya nilai sukses karena semuanya mampu dilaksanakan sesuai dengan rencana," ungkapnya.

"Mudah-mudahan latihan di tahun 2019, kita juga akan mencari lokasi latihan di wilayah NKRI dengan asumsi tiga trouble spot yang kita akan mainkan. Hari ini adalah hari yang sangat baik, karena kita bisa mendapatkan beberapa pengalaman yang bisa kita tulis dan dapat kita evaluasi untuk kegiatan latihan-latihan berikutnya," kata Panglima TNI.

Latihan PPRC TNI 2018 diikuti oleh 8.018 prajurit TNI, terdiri dari 6.398 orang pelaku dan 1.620 orang penyelenggara. Alutsista yang dilibatkan antara lain dari Unsur Darat : Mortir-81, Hely Bell-412, Hely MI-17, Hely Fennec.  Unsur Laut : KRI klas Parchim, KRI LPD, KRI klas LST, KRI klas Sigma, KRI Klas BCM, Hely Bell, BVP-2, 8 LVTP-7, 17 BMP-3F, Kapa K-60, Howitzer 105 MM, BTR-50P (M). Unsur Udara melibatkan pesawat tempur F-16, EMB-314 Tucano, CN-295, C-130, B-737, Hely NAS-332/ES-725.

Tema yang diangkat dalam Latihan PPRC TNI Tahun 2018 ini adalah "PPRC TNI Menghancurkan Kekuatan Musuh di Pulau Selaru, Timika dan Morotai Dalam Rangka Menegakkan Kedaulatan Wilayah Nasional".  Latihan PPRC TNI ini memiliki nilai strategis atau Deterent Effect, dalam bentuk suatu satuan TNI yang mampu bergerak cepat untuk menjangkau potensi ancaman yang lebih dari satu trouble spot yang terjadi di seluruh wilayah NKRI.

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:MatatelingaPanglima TNIpasukan TNI
Komentar
Jumat, 19 Apr 2019 21:15Nasional

Jokowi-Ma'ruf 54,99% dan Prabowo-Sandi 45,01% di Real Count KPU 3%

Situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus memperbaharui perolehan suara Pilpres 2019. Setidaknya, hingga pukul 19.45 WIB

Jumat, 19 Apr 2019 21:00Nasional

Pasca Keluarkan "Surat Cinta" BPN Tepis Isu Perpecahan Dengan SBY

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade

Jumat, 19 Apr 2019 20:45Berita Sumut

Ikut Amankan Pemilu 2019, Kapolres Binjai Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat

Kapolres Binjai, AKBP Nugroho Tri Nuryanto mengucapkan terimakasih kepada masyarakat

Jumat, 19 Apr 2019 20:30Nasional

Diperiksa Tim Dokter, Begini Kondisi Sandiga Uno

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiga Uno memeriksa kondisi kesehatannya

Jumat, 19 Apr 2019 20:15Bola

Kepindahan Eden Hazard Tinggal Menghitung Hari

Real Madrid tampaknya sebentar lagi bakal mengumumkan kedatangan satu pemain bintang di bursa transfer musim panas 2019 nanti

Jumat, 19 Apr 2019 20:00Internasional

Siswi Bangladesh Dibakar Hidup-Hidup Usai Laporkan Pelecehan Seksual

Nusrat Jahan Rafi, seorang remaja berusia 19 tahun tewas pada 10 April, lima hari setelah dia disiram bensin

Jumat, 19 Apr 2019 18:50Berita Sumut

Kodam I/BB Apresiasi Serka Nur Habibah Lubis Sebagai Babinsa Kowad Pertama di Jajaran Korem 032/Wbr

Kodam I/Bukit Barisan memberikan apresiasinya kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis yang merupakan Bintara Pembina Desa (Bibinsa)

Jumat, 19 Apr 2019 17:35Berita Sumut

Kapolda: Terimakasih Warga Sumatera Utara

Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada 17 April kemarin, telah berlangsung dengan damai dan kondusif. Bahkan, antusias masyarakat untuk mengikuti pesta demokrasi tersebut, juga terbilang begitu tinggi.

Jumat, 19 Apr 2019 17:30Nasional

Prabowo Subianto Dapat Hadiah dari Para Habaib & Kiyai

Dalam acara sujud syukur kemenangan terdapat sebuah ucapan yang menarik dari calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto

Jumat, 19 Apr 2019 17:26Berita Sumut

Berkumpul di Mesjid Al-Jihad, Ribuan Warga Sumut Gelar Syukuran Kemenangan Prabowo-Sandi

Ribuan warga Sumatera Utara memadati Mesjid Al-Jihad Jalan Abdullah Lubis Medan seusai menggelar Ibadah Shalat Jumat, (19/4/2019). Mereka berkumpul dalam rangka syukuran atas kemenangan Prabowo-Sandi.

Jumat, 19 Apr 2019 17:15Nasional

Jokowi Ingin Bertemu Prabowo!

PDI Perjuangan (PDIP) mengapresiasi langkah calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)

Jumat, 19 Apr 2019 17:00Nasional

Tabung Gas 3 Kg Kembali Meledak, 4 Tukang Bakso Jadi Korbannya

Empat orang menjadi korban gas melon berukuran tiga kilogram, yang alami kebocoran di salah satu rumah kontrakan di Jalan Cigelereng, Kota Bandung, pada Jum'at (19/4/2019).

Jumat, 19 Apr 2019 16:45Ekonomi

5 Blok Migas di Lelang

Pemerintah melelang lima wilayah kerja (WK) migas konvensional tahap I 2019. Sejak dibuka tanggal 21 Februari 2019 lalu

Jumat, 19 Apr 2019 16:30Internasional

Pria ini Rela Potong Jarinya Usai Salah Pilih Partai

Seorang peserta pemilihan umum di India mengatakan bahwa dia telah memotong jari telunjuknya setelah menyadari dia telah memberikan suaranya kepada partai politik yang salah.

Jumat, 19 Apr 2019 16:15Nasional

Real Count Hanya untuk Publikasi, Bukan Hasil Pemilu, Tegas KPU!

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menegaskan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) atau real count KPU

Jumat, 19 Apr 2019 16:00Lifestyle

Sering Dibuly Netizen, Aurel Hermansyah Angkat Bicara

Aurel Hermansyah menjadi salah satu anak artis yang banyak menyita perhatian publik. Sayangnya