• Home
  • Nasional
  • Panglima TNI Terima Brevet Kehormatan Hiu Kencana

Panglima TNI Terima Brevet Kehormatan Hiu Kencana

Amr/rel Kamis, 11 Januari 2018 09:05 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Jakarta:   Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., menerima Brevet Kehormatan Hiu Kencana yang disematkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A. melalui upacara bawah air di dalam Lambung Kapal Selam KRI Nagapasha-403 Cambogo Class yang berlayar di bawah permukaan laut, di perairan Benoa, Selat Badung, Bali, Rabu (10/1/2018).



Penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana juga di terima para Petinggi Negara yaitu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi,  Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Kasad Jenderal TNI Mulyono, sebagai Warga Kehormatan Kapal Selam TNI AL. Kegiatan tersebut merupakan wujud soliditas antara TNI-Polri dan lembaga negara lainnya.

Sebelum menerima Brevet Kehormatan Hiu Kencana,  para pejabat tinggi tersebut mendapat kesempatan untuk berlayar menggunakan Kapal Selam KRI Nagapasha-403 Cambogo Class dengan Komandan Kapal Selam Letkol Laut (P) Heri S. yang akan melaksanakan penyelaman  dikedalaman 30 meter di bawah permukaan laut perairan Benoa, Selat Badung, di wilayah Bali.



Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI dan para pejabat melaksanakan peran berlayar dan bertempur di Kapal Selam, serta menyaksikan langsung bagaimana sebuah kapal selam beroperasi, salah satu diantaranya mendeteksi posisi kawan dan lawan melalui periskop, serta mencoba mengoperasikan alat-alat yang ada di kapal selam seperti alat deteksi dan navigasi lainnya.

Penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana merupakan salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan dari TNI AL khususnya Satuan Kapal Selam kepada pejabat tinggi negara, TNI dan Polri, seluruh tokoh nasional, warga masyarakat yang telah memiliki jasa, perhatian, perjuangan, maupun pengorbanan khususnya kejayaan TNI Angkatan Laut, utamanya berpartisipasi demi kemajuan pengembangan kapal selam, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Brevet Hiu Kencana merupakan simbol pengakuan terhadap profesionalisme prajurit kapal selam, dalam taktik dan teknik peperangan bawah permukaan laut, yang dapat menumbuhkan kebanggaan dan jiwa korsa bagi para pemakainya. Demikian juga personel pengawak di kapal selam, memerlukan berbagai kriteria khusus yang harus dipenuhi, baik dari aspek fisik, kesehatan, kejiwaan dan kesamaptaan jasmani serta mampu bekerja sama sebagai team work yang solid. Tuntutan kriteria ini, menjadi pembeda antara prajurit kapal selam dengan prajurit yang berdinas di tempat lainnya. Atas dasar tersebut, pemimpin TNI Angkatan Laut memberikan penghargaan bagi personel pengawak kapal selam dengan atribut kebanggaan yaitu Brevet Hiu Kencana.

Usai melaksanakan kegiatan tersebut, dihadapan wartawan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa menaiki kapal selam lebih tajam sensasinya karena banyak prosedur yang harus dilakukan dengan ruangannya sempit begitu  masuk ke dalamnya, apa yang harus dilakukan di sana. "Para crew kapal selam lebih baik menyelam daripada di permukaan, karena kalau di dalam sama sekali tidak ada ombak, kita rasakan nyaman, tetapi kita hanya ikut menyelam beberapa menit saja merasakan dan prajurit kapal selam ini harus mendapat perhatihan khusus," ujarnya.


(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:
Komentar
Sabtu, 21 Apr 2018 10:15Nasional

Rumah Baca Baru untuk Anak-Anak Desa Limboro

Tak mudah bagi anak-anak Desa Limboro, Majene, Sulawesi Barat untuk dapat mengakses pendidikan yang baik. Sulitnya medan yang harus ditempuh untuk menuju pusat kabupaten membuat sebagian besar anak harus puas mengenyam pendidikan sebatas bangku sekolah me

Sabtu, 21 Apr 2018 08:55Lifestyle

Jadi Pacar Posesif Itu Gak Baik Loh! Please, Beri Ruang Untuk Orang Yang Kamu Sayang

Personal space dikenal sebagai elemen yang paling penting dalam suatu hubungan.

Sabtu, 21 Apr 2018 08:47Internasional

Avicii, Pelantun tembang 'Wake Me Up' Tewas di usia 28

Penyanyi, Disk Jockey (DJ) sekaligus produser asal Swedia Tim Bergling alias Avicii dikabarkan meninggal dunia di Muscat, Oman, Jumat (21/4).

Sabtu, 21 Apr 2018 08:38Nasional

Darmin Akan Gelar Rapat Pantau Harga Beras Sepekan Jelang Ramadhan

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan akan segera menggelar rapat seminggu sebelum ibadah bulan Ramadan untuk mengantisipasi harga beras yang hingga saat ini belum menuju Harga Eceran Tertinggi (HET).

Sabtu, 21 Apr 2018 08:27Nasional

PLT Dirut Pertamina Jamin Ketersediaan BBM Selama Ramadhan Dan Lebaran

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati tak ingin melakukan perubahan drastis setelah mengemban jabatan barunya di perseroan. Dalam jangka pendek, Nicke ingin fokus menjamin ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) selama

Sabtu, 21 Apr 2018 08:26Berita Sumut

Apresiasi Kinerja Wali Kota Media DR Group Akan Beri Award

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi masuk satu dari 19 tokoh di Sumatera Utara yang akan mendapatkan award dari Media DR Group. Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja yang telah dilakukan orang nomor satu di Pemko Medan

Sabtu, 21 Apr 2018 08:12Nasional

ICW: Pemilukada Lewat DPRD Tak Cegah Politik Uang

Peneliti Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW) Almas Sjafrina meragukan sistem pilkada melalui DPRD bisa menekan risiko dalam pelaksanaan pilkada langsung.

Sabtu, 21 Apr 2018 08:11Berita Sumut

Wali Kota Medan Terima Award Tokoh Peduli Panti Asuhan

Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S M.Si menerima Award Tokoh Peduli Panti Asuhan dari Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Panti Sosial Asuhan Anak

Sabtu, 21 Apr 2018 08:05Nasional

AMAN: KPK Harus Awasi Sektor Kehutanan

Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meningkatkan pengawasan di sektor sumber daya alam, termasuk kehutanan. Sebab potensi korupsi di sektor tersebut cukup besar.

Sabtu, 21 Apr 2018 08:00Internasional

Larang Warga Palestina Dekati Gaza, Israel Sebar Poster

Israel dilaporkan menyebarkan poster di Jalur Gaza berisi peringatan kepada warga Palestina agar tidak mendekati pagar perbatasan.

Sabtu, 21 Apr 2018 07:53Berita Sumut

Obor Paskah Nasional Tiba di Medan

Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si, menerima Obor Paskah dari Ketua Harian Paskah Nasional Pemprovsu

Sabtu, 21 Apr 2018 07:53Internasional

Warga Palestina Ditembak Mati Pasukan Israel Di Gaza

Pasukan Israel menembak mati seorang warga Palestina di Jalur Gaza pada Jumat (20/4) waktu setempat. Juru bicara Kementerian Kesehatan di Gaza, Ashraf al-Qudra, mengatakan bahwa pria bernama Ahmad Abu Aqel itu tewas akibat luka tembakan dari pasukan di

Sabtu, 21 Apr 2018 07:48Berita Sumut

Wali Kota Medan Tutup Diklat Pelayanan Publik Berorientasi Inovasi di lingkungan Pemko Medan

MATATELINGA, Medan:   Wali Kota Medan, Drs. H.T Dzulmi Eldin S,M.Si diwakili Kepala Kaban Kepegawaian Daerah dan Pengembangan SDM Lahum, SH.MH secara resmi menutup diklat pelayanan publik be

Sabtu, 21 Apr 2018 07:45Internasional

Moon Jae In: Korut Melunak, Program Nuklir Akan Dihentikan

Presiden Moon Jae-in mengklaim bahwa Korea Utara tak lagi menuntut penarikan pasukan Amerika Serikat dari Korea Selatan sebagai timbal balik denuklirisasi.

Sabtu, 21 Apr 2018 07:38Nasional

Panglima TNI : Kokohnya Sinergitas dan Soliditas TNI-Polri Dapat Mewaspadai Dampak Global

Perubahan lingkungan strategis global diwarnai berbagai dinamika yang sangat sulit diantisipasi dampaknya, khususnya terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI

Sabtu, 21 Apr 2018 07:33Internasional

Pria Tertua Di AS Dihukum Mati Dengan Cara Euthanasia

Negara Bagian Alabama, Amerika Serikat mengeksekusi Walter Leroy Moody, 83 tahun, yang divonis bersalah atas pembunuhan seorang hakim federal dehgah bom pipa pada 1989.