• Home
  • Nasional
  • Papua Konvoi Dan Kibarkan Bendera Israel, Boy Rafli Sebut Cuma Tradisi

Papua Konvoi Dan Kibarkan Bendera Israel, Boy Rafli Sebut Cuma Tradisi

Fidel W Jumat, 18 Mei 2018 11:06 WIB
Konvoi bendera israel
MATATELINGA, Jayapura:  Tak berselang lama setelah Amerika Serikat meresmikan kantor Kedutaan Besarnya di Yerussalem, sebagai bentuk mendukung Ibu Kota baru Israel, netizen dihebohkan dengan beredarnya rekaman video warga Papua yang mengibarkan bendera negara zionis tersebut.

Setidaknya ada dua video yang beredar terkait aksi pengibaran bendera Israel yang diduga dilakukan dalam acara Kebaktian Budaya Bangsa ke-12 di Gedung Olahraga (GOR) Waringin Kotaraja Jayapura.

Video yang tersebar pertama, berdurasi 1.41 menit memperlihatkan sejumlah warga Papua dengan berpakaian rapi mengelu-elukan nama Israel yang diduga juga dicampur dengan bahasa Papua dengan diiringi musik khas Indonesia timur bertempo cepat.


Mereka yang didominasi orang dewasa itu juga mengelilingi GOR sambil berjoget, ada yang berpasang-pasangan, sembari mengibarkan bendera Israel dalam ukuran sedang dan besar.

Sementara video kedua, berdurasi 45 detik, pengibaran bendera Israel dilakukan secara beriring-iringan menggunakan truk, mobil jenis minibus, hingga bus berkapasitas penumpang 43 kursi.

Dalam video tersebut juga terdengar seorang pria sedang bernarasi hanya di Papua orang dengan bebas bisa mengibarkan bendera Israel dengan konvoi disaat semua pihak mengancam aksi kebrutalan negara yang sudah membunuh banyak warga Palestina.




Kecaman terhadap video singkat yang sudah dibenarkan oleh Kapolda Papua Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar itu pun datang dari berbagai kalangan. Beberapa di antara mereka mengkritik sikap diamnya pemerintah dan aparat hukum karena membiarkan konvoi yang disebut sudah menjadi budaya itu.

Kritik soal ketidakadilan hukum di Indonesia pun mengemuka. Beberapa netizen menuding jika pemerintah dan aparat akan bereaksi keras jika konvoi yang digelar menggunakan bendera bertulis kalimat Tauhid dan menuding telah mengancam prinsip Pancasila. Dalam poin itu, netizen mempertanyakan diamnya kelompok yang selama ini mengklaim berada di garis depan membela NKRI.

Kecaman juga datang dari Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Dia mengkritik warga Papua yang membela negara Israel yang jelas-jelas menurutnya adalah negara teroris.

"Polisi kita sedang jadi target teroris, mestinya laku kibarkn bendera teroris israel harusnya tak dibiarkan," kicau politikus PKS itu lewat akun @hnurwahid, Kamis (17/5).

Kapolda Papua Boy Rafli mengatakan konvoi ini dilakukan oleh komunitas Sion Kids. Menurutnya, mereka menggelar acara peringatan budaya yang sudah menjadi tradisi.

"Pengibaran bendera Israel di Jayapura peringatan dari komunitas Sion Kids, ini komunitas masyarakat. Itu sudah seperti tradisi dan merupakan budaya," ujar Boy.

Boy mengatakan acara peringatan ini tidak memiliki kepentingan politik apapun. Boy menyebut komunitas ini mengagungkan budaya Israel yang berasal dari keturunan Adam. Boy mengatakan kegiatan mereka tidak mencerminkan dukungan terhadap Israel sebagai sebuah negara.

"Mereka dulu ada sejarah dengan pendeta Israel yang dulu pernah berdakwah datang ke Indonesia. Itu sekarang sudah jadi tradisi dan budaya. Itu saja tidak ada kepentingan lain," kata Boy.


Kapolda Papua / photo by nasional.tempo.co

Boy berharap masyarakat tidak berpersepsi bahwa acara budaya ini sebagai bentuk dukungan terhadap negara Israel.

"Jauh sekali dengan bentuk dukungan terhadap Israel. Tidak ada maksud dukungan untuk Israel. Intinya ini hanya acara peringatan," ujar Boy.

Aksi Sion Kids di Papua itu juga pernah menyebar melalui akun Youtube Pillar of Fire pada 21 Mei 2016 lalu. Dalam video berdurasi hampir 10 menit itu, perserta yang juga banyak diikuti anak muda Papua itu melakukan konvoi dan membentangkan spanduk memperingati satu dasawarsa Sion Kids Centre, di dalam memperingati visi misinya bagi Israel.

Selain itu, dalam spanduk juga tertulis 'Baik di Mata Tuhan, Untuk Memberkati Israel'. Di tengah-tengah konvoi dengan bendera Israel itu, beberapa warga tampak menari dengan menggunakan pakaian adat Papua.

Dari berbagai informasi yang dihimpun dari media lokal, Sion Kids Center merupakan gerakan untuk mengembalikan kembali Alkitab ke akar-akar Yahudi. Menurut klaim mereka, jika Alkitab dibaca dengan teliti maka Tuhan hanya membedakan dua golongan yakni Yahudi dan non Yahudi. Dengan demikian iman kepada Tuhan Yesus tidak bisa terlepas dari perjanjian Tuhan kepada bangsa Yahudi Israel dengan Abraham, Ishaq dan Yakub.

Kebaktian budaya bangsa ke-12 di GOR dan lapangan Trikora beberapa waktu lalu itu disebut sebagai puncak HUT ke-70 tahun kemerdekaan bangsa Israel. Dalam acara tersebut, Papua disebut harus bangkit untuk memberkati Israel. Dengan begitu, Papua akan diberkati juga oleh Israel yang menurut mereka merupakan bangsa yang diberkati Tuhan.

Dalam perayaan yang diklaim dihadiri oleh 4.700 orang itu, mereka mengapresiasi Komando Daerah Militer XVIII/Cenderawasih, Kapolda Papua dan tim gabungan TNI-Polri yang sudah mengawal jalannya kebaktian. 
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:benderabendera israelboy rafliisraelpapuapapua jahat
Komentar
Kamis, 21 Jun 2018 21:11Berita Sumut

DPP N4J Rayakan HUT Ke-57 Presiden Jokowi

Dewan Pimpinan Pusat Nusantara Untuk Jokowi (N4J) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Presiden Jokowi di kantor Sekretariat DPP N4J Jalan Nibung II No.12 Medan. Hadir dalam acara itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat N4J Dr RE Nainggolan MM

Kamis, 21 Jun 2018 21:00Berita Sumut

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lokasi Tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian. Ph.D., bersama-sama dengan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., Kepala Basarnas Marsdya TNI Syaugi, S.Sos., M.M., dan Direktur Jenderal Perhubun

Kamis, 21 Jun 2018 20:45Berita Sumut

Polsek Medan Kota Tangkap Tiga Penggilir Gadis di Bawah Umur

Tiga tersangka pencabulan terhadap gadis 17 tahun sebut saja Bunga, warga Jalan Tri Murti No 56, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang berhasil ditangkap petugas Polsek Medan Kota dari tempat yang sama.

Kamis, 21 Jun 2018 20:41Berita Sumut

Plh Gubsu Minta Pemda Perketat Standar Pengawasan Angkutan Penyeberangan

Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi meminta kepada pemerintah daera

Kamis, 21 Jun 2018 20:35Berita Sumut

Korban Penipuan Rp 1 Miliar Laporkan Majelis Hakim PN Medan ke Mahkamah Agung Gara-gara Hal Ini

Merasa dirugikan dengan kebijakan majelis hakim PN Medan yang mengeluarkan dua terdakwa kasus penipuan dari tahanan, Suhendra, korban penipuan berencana melapor ke Mahkamah AGung dan Pengadilan Tinggi Medan.

Kamis, 21 Jun 2018 20:24Berita Sumut

Apel Gabungan Idul Fitri 1439 H Tahun 2018

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH memimpin Apel gabungan perdana di lingkungan pemerintah Kabupaten Karo setelah libur bersama Idul Fitri 1439 H Tahun 2018 di halaman Kantor Bupati Karo

Kamis, 21 Jun 2018 19:13Berita Sumut

Relawan Djoss Bantu Pencarian Korban KMP Sinar Bangun

MATATELINGA, Tigaras:  Masih banyaknya warga yang menjadi korban musibah Kapal Motor Penumpang (KMP) Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba menggugah empati dari sejumlah pihak.

Kamis, 21 Jun 2018 19:00Berita Sumut

Lagi, Maling Uang Kotak Infaq Diamankan Polisi

Tim Penanganan Gangguan Khusus (Pegasus) Polsek Medan Baru menangkap pelaku pencurian kotak infaq di Mesjid Istiqomah Lantai II Pasar Petisah, Kamis 21 Juni 2018.

Kamis, 21 Jun 2018 17:00Berita Sumut

Usai Libur Lebaran, Kehadiran ASN Pemprovsu Capai 99 % dan Pelayanan Publik Lancar

Kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) pada hari pertama kerja usai libur panjang Lebaran mencapai 99 %. Pelayanan publik terhadap masyarakat di sejumlah instansi juga sudah berlangsung normal da

Kamis, 21 Jun 2018 16:42Berita Sumut

Plh Gubsu: ASN Diminta Tingkatkan Keselamatan Kerja

Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Hj R Sabrina meminta seluruh Aparatur Sipil Negara Pemprovsu meningkatkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Hal tersebut dilakukan agar para ASN dapat memberikan pelayanan se

Kamis, 21 Jun 2018 16:27Berita Sumut

Wali Kota Sidak Disdukcapil & RSUD Dr Pirngadi

Usai memimpin apel pagi di Balai Kota Medan, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi segera sidak mendatangi dua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan yang berkaitan langsung dengan pelayanan masyarakat, Kamis (21/6). Kedua OPD i

Kamis, 21 Jun 2018 16:12Berita Sumut

Kapolri Pastikan Periksa Dinas Perhubungan Soal Kapal Karam di Danau Toba

Kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap Dinas Perhubungan Kabupaten dan Provinsi terkait peristiwa tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara. Hal tersebut diungkapkan Kapolri Tito Karnavian saat mengunjungi Pelabu

Kamis, 21 Jun 2018 15:10Berita Sumut

Sihar Kecewa Debat Kandidat Pilgub Sumut dengan Mahasiswa Batal Digelar

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sihar Sitorus menyayangkan batalnya debat pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara bersama mahasiswa. Awalnya debat ini dijadwalkan akan digelar di Gelanggang Mahasiswa USU

Kamis, 21 Jun 2018 15:05Nasional

Panglima TNI : TNI Miliki Peran Penting Dalam Sukseskan Program Nasional

Seluruh prajurit TNI harus mampu menunjukkan peran penting sebagai komponen utama pertahanan negara mulai dari unit terkecil sampai dengan masing-masing individu berbaur dan menjadi bagian dari masyarakat dalam menyebarkan pemahaman positif untuk bersama

Kamis, 21 Jun 2018 15:00Berita Sumut

Spesialis Pencuri Uang Kotaq Infak Ini Babak Belur Dihajar Massa

Seorang pelaku spesialis kasus pencurian uang dalam kotak Amal di Mesjid Nurul Imam sepuataran Jl Anggrek empat Helvetia Kota Medan, tertangkap tangan oleh Nazir Mejid dan menjadi bulan bulan massa, Rabu (20/6) sekitar pukul 14 00.

Kamis, 21 Jun 2018 14:55Nasional

Bakamla RI Siap Sambut Kapal Jepang

Bakamla RI siap menyambut Kapal Tsugaru-02 milik Japan Coast Guard (JCG) yang dijadwalkan tiba di Pelabuhan JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, 9 Juli mendatang.