Redaksi Matatelinga Selamat hari Raya Idulfitri 1439 H
  • Home
  • Nasional
  • Partai Demokrat Usung Capres-Cawapres Baru Di Luar Nama Jokowi Dan Prabowo

Partai Demokrat Usung Capres-Cawapres Baru Di Luar Nama Jokowi Dan Prabowo

Fidel W Senin, 23 April 2018 08:35 WIB
Susilo Bambang Yudhoyono/windowarta.com
MATATELINGA, Jakarta: Partai Demokrat hingga kini belum menentukan arah dukungan kepada calon presiden dan wakil presiden di pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Namun, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono akan mengisyarakatkan akan mengusung capres cawapres di luar nama Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Nama capres dan cawapres yang akan diusung itu akan diumumkan setelah SBY melakukan safari politik ke sejumlah daerah.

"Saya akan pasangkan nanti, capres-cawapres yang mengerti keinginan rakyat. Insya Allah nanti ada pemimpin baru yang amanah, cerdas dan memikirkan rakyat banyak," kata SBY di hadapan ratusan ulama, santri dan masyarakat Kota Cilegon, Banten, Minggu (24/4).


SBY tidak melanjutkan penjelasan soal kemungkinan nama yang akan diusung partai berlambang bintang mercy itu.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan saat ini Partai Demokrat sedang memainkan sebuah strategi cantik jelang Pilpres. Dia mengibaratkan Pilpres sebagai permainan sepakbola.

"Terus tik tok tik tok [Menggiring giring bola] sampai depan gawang. Ini sudah babak kedua. Kalau hanya mengumumkan capres-nya saja belum lengkap. Kami akan selesaikan dulu Pilkada sampai Juni, Juli bercakap-cakap ke situ [Pilpres], kemudian Agustus akan kami ambil langkah," kata Hinca.

Hinca menambahkan capres yang diusung atau berkoalisi dengan Demokrat akan memiliki tiga keuntungan. "Istilahnya, beli satu dapat tiga," kata Hinca.

Pertama, calon tersebut memperoleh suara 10 persen pendukung Demokrat. Kedua, mendapatkan pengalaman SBY yang pernah menjadi Presiden selama dua periode, dan ketiga, mendapatkan dukungan politik dari 100 juta pemilih milenial yang merupakan pendukung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Jadi koalisi bukan soal siapa cawapresnya, tapi kami akan berkoalisi dengan program yang kami terima," ujarnya.

Dongkrak Elektabilitas

Partai Demokrat, menurut Hinca, akan terus mendongkrak elektabilitas AHY sebagai cawapres, yang saat ini menurut lembaga survei Cyrus Network mencapai 15 persen. Demokrat menginginkan elektabilitas AHY mencapai 20 persen hingga Agustus 2018.

"Survei terakhir, AHY naik mencapai 15 persen. Kami yakin akan naik lagi," kata Hinca.

Survei Cyrus yang dirilis 19 April 2018 silam, menunjukkan AHY merupakan calon pendamping paling potensial Jokowi. Ketua Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) untuk Pilkada 2018 dan Pilpres 2019 Partai Demokrat itu memiliki elektabilitas 15 persen, unggul atas nama-nama lain seperti Gatot Nurmantyo (10 persen), Prabowo Subianto (9,1 persen), Anies Baswedan (9,1 persen) dan Hary Tanoesodibjo (8,8 persen).

Survei tersebut dilaksanakan pada 27 Maret-3 April 2018. Metode survei menggunakan multistage random sampling. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka. Total responden sebanyak 1.230 orang yang berasal dari 123 desa/kelurahan di 34 provinsi se-Indonesia dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Survei Indobarometer juga menempatkan nama AHY sebagai cawapres potensial untuk Jokowi. Namun, survei Indobarometer hanya dilakukan di wilayah Jawa Timur. Berdasarkan survei yang dilakukan pada 29 Januari hingga 4 Februari 2018 di 38 kabupaten/kota di wilayah Jatim, elektabilitas AHY mencapai 15,1 persen.

AHY, menurut Indobarometer, unggul atas Anies Baswedan (13,1 persen), Gatot Nurmantyo (7,9 persen), Ridwan Kamil (6 persen) dan Muhaimin Iskandar (5,3 persen).

Menurut Hinca, target untuk mendongkrak elektabilitas AHY kemungkinan akan mudah diraih. Sejauh ini, Demokrat telah melakukan langkah-langkah strategis untuk menaikan elektabilitas putras sulung SBY itu, diantaranya melalui safari politik ke sejumlah wilayah.

"Kami yakin bisa kembali ke 2004 dan 2009. Mana ada partai yang turun ke bawah naik bus, karena kami tidak punya uang untuk beli pesawat," katanya.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:ahycapresdemokratjokowiPartai DemokratPemiluPilprespolitikPrabowosby
Komentar
Rabu, 20 Jun 2018 12:20Nasional

Laporan Dugaan Diskriminasi, Ombudsman Tinjau Bandara Soetta

Ombudsman Republik Indonesia (ORI) mendapati dugaan diskriminasi pelayanan di Bandara Soekarno Hatta. Diskriminasi pelayanan tersebut ditemukan dalam proses pemeriksaan badan pada penumpang di Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta.

Rabu, 20 Jun 2018 12:05Lifestyle

Putri Kedua Zara Tindall Jadi Anggota Baru Keluarga Kerajaan Inggris

Zara Tindall, cucu Ratu Elizabeth dan anak Putri Anne, melahirkan putri kedua bersama suaminya, Mike Tindall pada Senin (18/6). Hal itu dikonfirmasi oleh Istana Buckingham.

Rabu, 20 Jun 2018 11:45Berita Sumut

Ini Dia Daftar Korban KM Sinar Bangun, Pencarian Hari Ketiga Sudah 2 Korban Ditemukan

Hari ketiga pasca tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Tim gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan instansi lainnya tetap berusaha untuk menemukan korban yang hilang dari ratusan korban ya

Rabu, 20 Jun 2018 11:20Lifestyle

Duet Steven Spielberg dan Sam Mendes Bakal Hasilkan Film Perang Dunia I

Sineas kondang Steven Spielberg menggandeng sutradara Sam Mendes untuk menggarap film drama soal Perang Dunia I, 1917.

Rabu, 20 Jun 2018 11:05Lifestyle

Malas Ngantor Sehabis Liburan Panjang? Kamu Bisa Mengatasinya Dengan Cara Ini

Libur panjang hampir berakhir, saatnya orang harus kembali ke rutinitas kerja.

Rabu, 20 Jun 2018 10:50Internasional

Buntut Kebijakan Trump, Anak Imigran Menangis Karena Dipisahkan dari Orangtua

Rekaman suara tangisan putus asa dari 10 anak-anak Amerika Tengah, terpisah dari orang tua mereka beredar luas, viral di media sosial, Senin (18/6). Rekaman tersebut diduga berasal dari dalam otoritas imigrasi di perbatasan Amerika Serikat. Ratapan anak-a

Rabu, 20 Jun 2018 10:35Berita Sumut

Dikunjungi Tamu Berlebaran, Pariono Gantung Diri

Warga bermukim di Jl. Citra Indah, Desa Cinta Rakyat, Kec. Percut Sei Tuan pada Selasa (19/6/20118) sekira pukul 14.30 wib mendadak heboh. Pasalnya, salah seorang warga bernama Pariono ,30,) ditemukan tewas gantung diri di rumahnya.

Rabu, 20 Jun 2018 10:20Berita Sumut

Hari Ketiga Pencarian, Tim Gabungan Evakuasi Satu Jenajah Kapal Karam Sinar Bangun

Tim gabungan dari TNI/Polri, SAR, Basarnas dan BPBD pada Rabu (20/6/2018) pagi menemukan satu jenazah di perairan Danau Toba. KUat dugaan, jenajah itu merupakan bagian dari penumpang KM Sinar Bangun yang karam di perairan Danau Toba pada Senin kemarin.

Rabu, 20 Jun 2018 10:05Internasional

Tantang Erdogan, Meral Aksener Lahirkan Revolusi Yemeni

Menurut tradisi Turki, perkelahian antar pria berakhir saat perempuan melemparkan kerudungnya ke tanah. Karena itulah, kandidat Presiden Meral Aksener, mengunjungi satu kota ke kota lainnya, mengumpulkan kerudung warna-warni yang di Turki dikenal sebagai

Rabu, 20 Jun 2018 09:50Berita Sumut

Pelaku Jambret Pelajar Nyaris Tewas di Hajar Massa

Pelaku jambret yang beraksi di Jalan Sriwijaya Medan berhasil diamankan Unit Reskrim Polsek Medan Baru yang sedang melakukan patroli keliling di seputaran Jalan Sriwijaya Medan, Selasa malam (19 Juni 2018).

Rabu, 20 Jun 2018 09:35Internasional

Gagal Buat Dewan HAM PBB Bertekuk Lutut, AS Pilih Keluar

Amerika Serikat menyatakan keluar dari keanggotaan dari Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dianggap munafik pada Selasa (19/6).

Rabu, 20 Jun 2018 09:20Ekonomi

BI Siap Naikkan Suku Bunga Acuan Dalam Waktu Dekat

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memperkuat sinyal bahwa lembaganya akan kembali menaikkan suku bunga acuan, 7 Day Reverse Repo Rate pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang akan dilaksanakan 27-28 Juni mendatang.

Rabu, 20 Jun 2018 09:05Ekonomi

Jadi Pilihan Pemudik, Pertamax Meningkat 17 Persen

Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2018 PT Pertamina (Persero) mencatat, per Selasa (19/6) atau H+4 Lebaran, penjualan Pertamax menembus 18 ribu kiloliter (kl) atau melonjak 17 persen dari penyaluran normal, 15 ribu kl. Jika dibandingkan

Rabu, 20 Jun 2018 08:50Ekonomi

Peningkatan Produksi Minyak Rusia Khawatirkan Negara OPEC

Usulan Rusia untuk meningkatkan produksi minyak melalui forum pertemuan OPEC+ diproyeksi akan memberikan tekanan secara signifikan terhadap harga minyak.

Rabu, 20 Jun 2018 08:35Bola

Samurai Biru Taklukkan Kolombia 2-1

Samurai Biru julukan Timnas Jepang- sukses mengandaskan Kolombia dengan skor tipis 2-1. Jepang sukses meraih kemenangan atas Kolombia laga perdana Grup H Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Mordovia Arena

Rabu, 20 Jun 2018 08:20Berita Sumut

Edy Tegaskan Ijeck Bersih dari Korupsi

Dalam debat ketiga yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat kembali membahas kasus korupsi yang sempat terangkat beberapa tahun lalu.