Technical Meeting Inacraft 2018,

Pengunjung Bakal Merasakan Berada di Sumut

Amr/rel Rabu, 21 Maret 2018 08:58 WIB
Matatelinga
Sholat Idul Adha 1439 H
MATATELINGA, Jakarta:   Persiapan penyelenggaran Inacraft tahun 2o18 sudah semakin matang.  Pihak panitia menyakinkan bahwa pengunjung yang akan datang ke even tersebut bakal merasakan berada di Provinsi Sumatera Utara.



Hal itu terungkap saat Technical Meeting Inacraft 2018 yang dihadiri beberapa provinsi dan seluruh unsur yang terlibat dalam penyelenggaraan Inacraft 2018, Selasa (20/3/2018) di Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Centre.

"Penampilan dan suasananya kita bikin seperti di Sumut dan para SPG juga memakai pakaian daerah Sumut  sehingga pengunjung yang datang bakal merasakan berada di Sumut," kata Hadi Sunarno selaku Project  Officer Inacraft.



Hadir dalam rapat tersebut Ketua umum Ashepi Thamrin Bustami, Ketua bidang Promosi dan Kelembagaan Asephi Gusmardi Bustami, Direktur PT Mediatama Binakreasi Umi Noor, Wakil Ketua BPP Asephi Muchsin Ridjan serta seluruh perwakilan Kabupaten/kota dan Provinsi seluruh Indonesia. Dari Sumatera Utara hadir  yang mewakili  Dinas Perindag, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Dinas Kebidayaan dan Pariwisata, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas S Sitorus, Biro Pemerintahan dan perwakilan kabupaten/kota Se Sumut.   

Umi Noor Selaku Direktur PT Mediatam Binakreasi saat itu menyampaikan bahwa dalam memasuki dua dekade penyelengaran ke 20 Inacraft  dan pada kesempatan ini pemerintah Provinsi Sumut akan menampilkan kebudayakan dan seluruh produk hasil kerajiannya sebagai ikon.  "Alhamdulilah walaupun pemerintah lagi getol-getolnya membangun infrastruktur tapi tetap memperhatikan juga perkembanagn dan kemajuan sektor kerajinan," katanya.



Sementara Ketua Umum Ashepi dalam kesempatan yang sama menyatakan penyelengaran Inacraft menjadi istemewa karena sekaligus memperingati 20 tahun Inacraft juga menampilkan ikon provinsi Sumut. "Mari sama-sama kita berharap dengan kegiatan ini mampu memberikan kesuksesan  kepada seluruh peserta  dengan peningkatan transaksi dan kontak dagang  serta memperkuat kecintaan masyarakat dengan produk dalam negeri ," harapnya.

 Inacraft merupakan pameran yang bertujuan mempromosikan dan mendongkrak nilai jual produk kerajinan serta mengenalkan seni dan budaya daerah. Hingga saat ini, Inacraft sudah diselenggarakan sebanyak 19 kali dan secara bergantian 19 provinsi telah terpilih menjadi ikon.

Adapun provinsi yang pernah menjadi ikon yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Papua, NTT, Sulawesi Selatan, Jakarta, Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Jawa Timur dan Sumatera Barat.

Sumut sendiri akan memiliki berbagai keuntungan dengan terpilih menjadi ikon pameran. Keuntungan itu antara lain mendapatkan stand yang paling strategis di areal lobi utama dengan luas 180m2 atau setara dengan 20 stan di paviliun daerah.

Selain itu, gambar desain ikon diaplikasikan ke semua media promosi Inacraft. Dengan begitu, Sumut dapat terpromosikan ke seluruh dunia sehingga dapat mengangkat seni dan budaya daerah ke kancah nasional dan internasional. Pelaksanaan Inacraft 2018 digelar pada 25-29 April 2018  dengan jam buka mulai pukul 10.00-22.00 WIB dengan fokus produk kerajiann Indonesia  dengan tema From Smart village to Glaobal Market dan sub tema 20 tahun Inacraft mewarnai dunia. Pembukaan pameran dilakukan pada Rabu (25/4) bertempat di Assembly Hall 1, Jakarta Convention Canter yang direncanakan akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko widodo.  

Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu, Ilyas Sitorus yang mewakili Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam rapat tersebut menyampaikan apresiasi Gubernur Sumatera Utara HT Tengku Erry Nuradi sekaligus mendukung sumut yang telah dipercaya menjadi tuan rumah pelaksaan Inacraft  tahun 2018.  

"Gubsu sangat mengapresiasi terpilihnya Sumut menjadi ikon pelaksaan Inacraft 2018 ini akan menjadi keuntungan tersendiri untuk mempromosikan produk-produk UMKM dan juga kesenian Sumut di kancah nasional," ujarnya.

Ilyas juga manambahkan bahwa Inacraft yang  setiap tahunnya digelar di Jakarata  itu merupakan ajang pameran kerajianan dan produk kreatif bergengsi yang tentunya diikuti seluruh daerah di Indonesia. Untuk itu, dia berharap momentum ini  bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan produk kerajinan  yang dihasilkan Provinsi berbilang kaum ini.

Selain Gubsu, lanjut Ilyas,  Ketua Dewan Kerajianan Nasional (Dekranasda) Sumut Ny. Hj. Evi Diana Erry juga mengatakan hal yang sama. Karena  Sumut telah menunggu 20 tahun lamanya baru mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah Inacraft. "Ini yang pertama kalinya Sumut menjadi tuan rumah dan D ekranasda dapat ikut andil dalam mengisi  produk-produk yang akan dipamerkan nantinya. ," kata Ilyas menirukan ucapan Evi Diana beberapa waktu lalu.

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:Danau tobaGubsuMatatelingaTechnical Meeting Inacraft 2018Pemprovsu
Komentar
Selasa, 21 Agu 2018 22:51Berita Sumut

ASN Pemkab.Asahan Qurban 95 Ekor Hewan Ternak Lembu dan 30 Ekor Kambing

Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Asahan pada hari raya Idhul Adha 1439 H

Selasa, 21 Agu 2018 22:05Berita Sumut

Bus Sentosa Masuk Jurang Di Tobasa,8 Meninggal, 14 Selamat

Pencarian korban kecelakaan bus Sentosa yang terperosok kedalam jurang di Desa Lumban Rau Tengah diantara Kecamatan Habinsaran dan Kecamatan Nassau Km 24 25, Kabupaten Toba Samosir

Selasa, 21 Agu 2018 21:50Berita Sumut

BD Narkoba Diduga Berlindung Dibalik Kalapas

Proses pembinaan para narapidana nampaknya tak se seram yang dibayangkan. Apalagi terhadap para gembong narkoba perusak generasi bangsa, disebut-sebut kerap mendapatkan keistimewaan di Lapas Narkotika Klas III Langkat

Selasa, 21 Agu 2018 21:41Berita Sumut

Komisi A DPRD Medan BKOW Sumut Layak Pertahankan Lahan Wisma Kartini

Ketua Komisi A DPRD Medan,Andi Lumban Gaol SH menyampaikan dukungan sepenuhnya terhadap Badan Kerjasama Organisasi Wanita(BKOW) Sumut yang mempertahankan lahan Wisma Kartini,untuk tetap dijadikan sebagai tempat berhimpunya Organisasi Wanita di Sumut

Selasa, 21 Agu 2018 21:30Berita Sumut

PDAM Tirtanadi Sedekahkan 13 Ekor Lembu di Hari Raya Idul Adha 1439 H

Sambut Hari Raya Idul Adha 1439 H Tahun 2018 ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Sumut), sedekahkan 13 ekor Lembu kepada masyarakat yang berada disekitar Sumber Air dan Instalasi Pengolahan Air PDAM Tirtanadi

Selasa, 21 Agu 2018 21:26Berita Sumut

Polda Sumut Tetapkan Dua Tersangka

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) resmi menetapkan 2 orang tersangka dalam kasus Operasi Tangkap Tangan

Selasa, 21 Agu 2018 21:00Berita Sumut

Dua Pegawai BP2RD Gelapkan Uang Negara Rp 31 Juta

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) akhirnya memberikan keterangan resmi terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan terhadap dua pegawai Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Meda

Selasa, 21 Agu 2018 20:52Berita Sumut

Dinas Pariwisata Petakan Potensi Industri Kreatif di Medan

Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata tengah melakukan pemetaan potensi ekonomi kreatif di ibu kota Sumatra Utara ini

Selasa, 21 Agu 2018 19:05Berita Sumut

Dinas PPKB & PP PA Asahan Kurban Tiga Ekor Lembu

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB & PP PA) Kabupaten Asahan, dalam rangka menyambut kedatangan hari raya Idhul Adha 1439 H, menyembelih tiga ekor lembu yang berkualitas baik serta seh

Selasa, 21 Agu 2018 16:40Berita Sumut

Produksi Padi Sumut Diharapkan Capai 7 Ton/Tahun

Program Upaya Khusus (Upsus) Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) diharapkan dapat meningkatkan produksi padi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Produksi padi tahun 2017 yang mencapai 5,1 ton diharapkan terus meningkat menjadi 7 ton/tahun.

Selasa, 21 Agu 2018 16:00Berita Sumut

Protes Azan Hingga Picu Keributan, Meiliana Dihukum 18 Bulan Penjara

Perbuatan Meiliana ,44, yang memprotes suara azan hingga memicu kerusuhan SARA di Tanjungbalai pada dua tahun lalu diganjar dengan 1 tahun 6 bulan penjara. Putusan ini sama dengan tuntutan yang diajukan oleh tim JPU dari Kejari Tanjungbalai.

Selasa, 21 Agu 2018 15:30Berita Sumut

Pemprovsu Dukung Pengumpulan Koleksi Kayu Indonesia

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendukung kegiatan pengumpulan koleksi kayu yang ada di Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi sumbangsih kepada berbagai kalangan termasuk akademisi, industri, dan masyarakat.

Selasa, 21 Agu 2018 14:30Berita Sumut

Mayjen TNI MS Fadillah : "Mauliate Godang Rekan Media"

Pangdam I BB Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah mengucapkan Mauliate Godang atas sambutan dan penerimaan dari teman-teman media yang ada di jajaran Kodam I Bukit Barisan. Penegasan ini disampaikan Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadh

Selasa, 21 Agu 2018 14:00Berita Sumut

Bajing Loncat di Jalan Letsu Ditangkap

Seorang pelaku bajing loncat yang kerap beraksi di kawasan Jalan Letda Sujono, Medan diringkus tim Pegasus Polrestabes Medan. Tersangka berinisial SK ,31, ini diringkus setelah aksinya menjarah sebuah truk viral di media sosial.

Selasa, 21 Agu 2018 13:29Berita Sumut

Sobek-sobek Alqur'an, Brigadir Tommy Dituntut 16 Bulan Penjara

Brigadir Tomi, oknum anggota Polri yang menjadi terdakwa dalam kasus penistaan agama dituntut dengan hukuman 1 tahun dan 4 bulan penjara.

Selasa, 21 Agu 2018 12:55Berita Sumut

Soekirman Minta Peserta Gala Siswa Indonesia Tiru Semangat Joni si Pemanjat Tiang Bendera

Bupati Sergai Ir H Soekirman resmi membuka Gala Siswa Indonesia (GSI) Tingkat SMP se-Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Tahun 2018 berlangsung sukses bertempat di Stadion Mini Desa Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin, Senin (20/8) sore.