Perakit Senpi "Senjata Makan Tuan"

Mtc Senin, 07 Januari 2019 19:47 WIB
google
Seorang remaja bernama Ade Raihan Muslim (19) harus mendapat perawatan di rumah sakit lantaran tertembak peluru senjata api (Senpi). Saat kejadian, Ade dan teman-temannya tengah mabuk akibat minuman keras.
MATATELINGA, Tangsel: Seorang remaja bernama Ade Raihan Muslim (19) harus mendapat perawatan di rumah sakit lantaran tertembak peluru senjata api (Senpi). Saat kejadian, Ade dan teman-temannya tengah mabuk akibat minuman keras.



Peristiwa itu terjadi di depan Apartemen Altiz, Jalan Raya Bintaro, Pondok Karya, Pondok Betung, Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu 30 Desember 2018 sekira pukul 02.00 WIB. Ade yang dalam kondisi mabuk, secara tidak sengaja meletuskan senjata api rakitan yang dibawanya.

Karena mengalami luka tembak dibagian kaki, Ade kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Sari Asih Ciledug, Kota Tangerang. Disana, Ade dibantu teman-temannya mengarang cerita jika mereka menjadi korban penembakan oleh pelaku kejahatan.

Sejurus kemudian, pihak rumah sakit lantas melaporkan penanganan medis itu ke kepolisian. Guna melakukan penyelidikan atas informasi tersebut, pihak kepolisian dari Tim Vipers mendatangi rumah sakit dan meminta keterangan Ade dan saksi lainnya.



"Ini cukup menarik kasusnya, karena awalnya tersangka ini mengaku sebagai korban yang ditembak oleh orang yang tak diketahui sehingga dia dirawat di rumah sakit," terang AKBP Ferdy Irawan, Kapolres Tangsel, Senin (7/1/2019).

Namun rupanya, saat polisi mengecek ke tempat kejadian perkara tak ditemukan adanya fakta-fakta yang mengarah pada adanya tindak kejahatan. Hal itu diketahui dari keterangan warga yang berada di sekitar TKP saat kejadian.

"Dari penyelidikan ternyata diketahui, bahwa korban ini luka tembak akibat perbuatannya sendiri. Dimana korban ternyata memiliki senjata api rakitan. Saat kejadian tersangka sedang mabuk dengan teman-temannya," jelas Ferdy.

Menurut Ferdy, senpi dan peluru itu dirakit sendiri oleh Ade secara otodidak dengan arahan teknisnya bersumber dari internet. Hingga saat ini, Senpi digunakan pelaku hanya untuk gagah-gagahan dan untuk membela diri saat terjadi aksi kejahatan.



"Alasan dari tersangka memiliki senjata api ini hanya untuk menjaga diri dan gagah-gagahan," imbuhnya.

Polisi menyita sepucuk Senpi yang dibawa pelaku Ade, lengkap dengan beberapa butir peluru. Setelah dilakukan pengembangan, kembali didapati sepucuk Senpi rakitan lain di kediamannya.

"Senpi ini tidak diperjual belikan oleh tersangka, hanya dikuasai sendiri," tukas Ferdy.

Dari bentuk fisik, Senpi rakitan milik pelaku terbilang lebih kecil dan ringan dari Senpi standar Polri maupun TNI. Begitupun dengan diameter pelurunya yang hanya separuh dari ukuran peluru standar. Meski begitu jika diletuskan, maka efeknya bisa sangat berbahaya dan menghilangkan nyawa orang lain.



"Buatnya seminggu bisa jadi satu pucuk," ujar pelaku Ade di Mapolres Tangsel.

Atas kepemilikan Senpi rakitan itu, Ade dijerat dengan Undang-Undang (UU) Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Penyalahgunaan Senjata Api. Ancaman hukumannya, maksimal mencapai 20 tahun kurungan penjara.

(Mtc/Okz)
Editor: Fjr

Sumber: Okezone

T#g:blibliMatatelingaPerakit SenpiPolres Tangselsenjata api rakitanSenpiTerkini
Komentar
Sabtu, 16 Feb 2019 17:53Berita Sumut

Kapoldasu Melepas 2000 NgeGas Bareng Komunitas Trail Polda Sumut 2019

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto melepas 2.000 rider dalam acara NgeGas Bareng Komunitas Trail Polda Sumut 2019, bertempat di Lapangan KS Tubun Markas Polda Sumut, Jalan Sisingamangaraja KM 10,5 Medan, Sabtu (16/2/2019)

Sabtu, 16 Feb 2019 17:28Berita Sumut

Belasan Rumah Terbakar di Dairi, Warga Harap Bantuan Pemerintah

Sebanyak 14 unit rumah warga di Desa Lae Parira, Kecamatan Lae Parira, Kabupaten Dairi pada Jumat (15/2/2019) siang ludes diamuk si jago merah. Saat ini korban kebakaran mengharapkan bantuan dari pemerintah.

Sabtu, 16 Feb 2019 15:15Berita Sumut

JPU : Kompol Fahrizal Sudah Dieksekusi ke Rumah Sakit Jiwa

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Randy Tambunan mengungkapkan Kompol Fahrizal yang dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana pembunuhan sudah diserahkan ke Rumah Sakit Jiwa. Hal ini sebagaimana perintah majelis hakim PN Medan dalam amar putusan.

Sabtu, 16 Feb 2019 14:49Berita Sumut

Kawanan Preman yang Videonya Viral Saat Peras Pedagang Ayam Potong Diciduk Polisi

Kawanan preman yang videonya viral di media sosial saat memeras pedagang ayam di salah satu pajak di kawasan Marendal akhirnya diringkus polisi. Ada tiga orang pelaku yang diduga terlibat pemerasan diringkus Polsek Patumbak.

Sabtu, 16 Feb 2019 13:43Berita Sumut

Merubah Pandangan Masyarakat, Yayasan Dwiwarna Gelar Pameran Karya Inovasi Terbaik Siswa/Siswi

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Pertama ( SMP) Yayasan Pendidikan Dan Sosial Dwiwarna Medan Jl. Gedung Arca No. 52 Medan, gelar Pameran Hasil Karya Inovasi Siswa/i, yang berlangsung selama dua hari berturut -

Sabtu, 16 Feb 2019 13:03Berita Sumut

Rektor USU Apresiasi Penutupan 9 PTS di Sumut

Langkah Kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi (Kemenristekdikti) menutup sembilan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera Utara karena tidak adanya dosennya yang mengajar di PTS tersebut diapresiasi Rektor USU Prof. Runtung Sitepu.

Sabtu, 16 Feb 2019 11:11Berita Sumut

Kabintal Kodam I/BB Binroh Kepada Personil dan Ibu Persit KCK Kodim 0204/DS

Kabintal Kodam I Bukit Barisan, Kolonel Kav Sugeng Waskito Aji memberikan pencerahan Bintal Rohani dan Mental Ideologi kepada personil dan ibu-ibu Persit KCK Cabang XXXIII Kodim 0204/DS. Kegiatan tersebut berlangsung di aula Kodim 0204/DS, Jumat (15/02/20

Sabtu, 16 Feb 2019 10:51Berita Sumut

Tiga Rumah di Simalingkar Terbakar, Satu Orang Tewas

Kebakaran dahsyat yang melalap tiga unit rumah yang dijadikan sebagai tempat usaha di Jalan Karet Raya, Lingkungan IX, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan pada Sabtu (16/2/2019) dini hari menyebabkan satu orang meninggal dunia. Korban diketahui be

Sabtu, 16 Feb 2019 10:15Bola

Tim PSSA U 15 Asahan Raih Sejumlah Prestasi dalam Piala Soeratin

Tim sepak bola kebanggaan masyarakat Asahan pulang dari medan laga dengan membawa prestasi yang dinantikan masyarakat. Pasalnya, tim yang dimotori oleh Armen Margolang ini berhasil meraih sejumlah prestasi dengan membawa pulang beberapa piala diantaranya

Sabtu, 16 Feb 2019 08:25Lifestyle

Apakah Sudah Lanjut Usia Masih Bisa Mimpi Basah, Berikut Faktanya

Salah satu hal penting dalam sejarah hidup seorang pria adalah perubahan diri. Dari yang awalnya anak-anak menjadi remaja dan kemudian dewasa. Proses ini biasanya menentukan bagaimana karakter pria tersebut.

Sabtu, 16 Feb 2019 08:10Nasional

Manjakan Warganya, Mobil Mewah Wabup Bandung Disulap

Wakil Bupati Bandung Hengky Kurniawan, memposting kesempatan bagi warganya yang ingin meminjam mobil dinasnya untuk mobil pengantin bagi para warganya.

Sabtu, 16 Feb 2019 07:55Bola

Frosinone Harus Menelan pil Pahit Usai Ditaklukkan Juventus 3-0

Juventus masih terlalu kuat untuk tim penghuni zona degradasi, Frosinone, Sabtu (16/2/2019) dini hari WIB. Pada laga pekan ke-24 Liga Italia 2018-2019 tersebut, Giorgio Chiellini dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Canarini dengan skor 3-0.

Sabtu, 16 Feb 2019 07:40Bola

Sami Hyypia Yakin Liverpool Dapat Menyabet Dua Gelar Juara Sekaligus

Salah satu legenda Liverpool, Sami Hyypia, memberikan komentar terkait peluang mantan klubnya itu dalam meraih gelar Liga Inggris serta Liga Champions musim 2018-2019. Hyypia yakin bahwa Liverpool mampu mengawinkan dua gelar tersebut di musim ini.

Sabtu, 16 Feb 2019 07:31Ekonomi

Garda Oto Pertahankan Gelar Top Brand Asuransi Mobil

Asuransi Astra tetap komit mengembangkan layanan produk asuransi mobilnya yakni Garda Oto hingga membuat namanya berhasil melekat di hati masyarakat sampai saat ini.

Sabtu, 16 Feb 2019 07:25Bola

Usai Taklukkan Frosinone, Allegri Targetkan Anak Asuhnya Dalam Laga Tandang Kamis Mendatang

Juventus kembali meraup tiga poin kala menjamu tim penghuni zona degradasi, Frosinone, pada pekan ke-24 Liga Italia 2018-2019, Sabtu (16/2/2019) dini hari WIB. Kemenangan tersebut membuat La Vecchia Signora punya modal berharga jelang lawatan ke markas At

Sabtu, 16 Feb 2019 07:10Internasional

Potret di Balik Kisah Menakjubkan Tentang Perang dan Kemiskinan

Selagi pameran foto karya Don McCullin digelar di London, Fiona Macdonald menyaksikan beragam potret menakjubkan tentang perang dan kemiskinan yang diciptakan salah satu fotografer terandal Inggris.