Perakit Senpi "Senjata Makan Tuan"

Mtc Senin, 07 Januari 2019 19:47 WIB
google
Seorang remaja bernama Ade Raihan Muslim (19) harus mendapat perawatan di rumah sakit lantaran tertembak peluru senjata api (Senpi). Saat kejadian, Ade dan teman-temannya tengah mabuk akibat minuman keras.
MATATELINGA, Tangsel: Seorang remaja bernama Ade Raihan Muslim (19) harus mendapat perawatan di rumah sakit lantaran tertembak peluru senjata api (Senpi). Saat kejadian, Ade dan teman-temannya tengah mabuk akibat minuman keras.



Peristiwa itu terjadi di depan Apartemen Altiz, Jalan Raya Bintaro, Pondok Karya, Pondok Betung, Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu 30 Desember 2018 sekira pukul 02.00 WIB. Ade yang dalam kondisi mabuk, secara tidak sengaja meletuskan senjata api rakitan yang dibawanya.

Karena mengalami luka tembak dibagian kaki, Ade kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Sari Asih Ciledug, Kota Tangerang. Disana, Ade dibantu teman-temannya mengarang cerita jika mereka menjadi korban penembakan oleh pelaku kejahatan.

Sejurus kemudian, pihak rumah sakit lantas melaporkan penanganan medis itu ke kepolisian. Guna melakukan penyelidikan atas informasi tersebut, pihak kepolisian dari Tim Vipers mendatangi rumah sakit dan meminta keterangan Ade dan saksi lainnya.



"Ini cukup menarik kasusnya, karena awalnya tersangka ini mengaku sebagai korban yang ditembak oleh orang yang tak diketahui sehingga dia dirawat di rumah sakit," terang AKBP Ferdy Irawan, Kapolres Tangsel, Senin (7/1/2019).

Namun rupanya, saat polisi mengecek ke tempat kejadian perkara tak ditemukan adanya fakta-fakta yang mengarah pada adanya tindak kejahatan. Hal itu diketahui dari keterangan warga yang berada di sekitar TKP saat kejadian.

"Dari penyelidikan ternyata diketahui, bahwa korban ini luka tembak akibat perbuatannya sendiri. Dimana korban ternyata memiliki senjata api rakitan. Saat kejadian tersangka sedang mabuk dengan teman-temannya," jelas Ferdy.

Menurut Ferdy, senpi dan peluru itu dirakit sendiri oleh Ade secara otodidak dengan arahan teknisnya bersumber dari internet. Hingga saat ini, Senpi digunakan pelaku hanya untuk gagah-gagahan dan untuk membela diri saat terjadi aksi kejahatan.



"Alasan dari tersangka memiliki senjata api ini hanya untuk menjaga diri dan gagah-gagahan," imbuhnya.

Polisi menyita sepucuk Senpi yang dibawa pelaku Ade, lengkap dengan beberapa butir peluru. Setelah dilakukan pengembangan, kembali didapati sepucuk Senpi rakitan lain di kediamannya.

"Senpi ini tidak diperjual belikan oleh tersangka, hanya dikuasai sendiri," tukas Ferdy.

Dari bentuk fisik, Senpi rakitan milik pelaku terbilang lebih kecil dan ringan dari Senpi standar Polri maupun TNI. Begitupun dengan diameter pelurunya yang hanya separuh dari ukuran peluru standar. Meski begitu jika diletuskan, maka efeknya bisa sangat berbahaya dan menghilangkan nyawa orang lain.



"Buatnya seminggu bisa jadi satu pucuk," ujar pelaku Ade di Mapolres Tangsel.

Atas kepemilikan Senpi rakitan itu, Ade dijerat dengan Undang-Undang (UU) Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Penyalahgunaan Senjata Api. Ancaman hukumannya, maksimal mencapai 20 tahun kurungan penjara.

(Mtc/Okz)
Editor: Fjr

Sumber: Okezone

T#g:blibliMatatelingaPerakit SenpiPolres Tangselsenjata api rakitanSenpiTerkini
Komentar
Minggu, 21 Apr 2019 10:30Berita Sumut

Sepasang Kekasih Kompak Mencuri dan Masuk Terali Besi

Dua pasangan sejoli ini, harus merasakan dinginnya terali besi Polsek Medan Area. Pasalnya, pasangan kekasih yang masih berusia remaja kedapatan mencuri 12 potong celana jeans di toko pakaian Indah Fashion, di Jalan Denai No 47, Kelurahan Tegal Sari Manda

Minggu, 21 Apr 2019 10:15Berita Sumut

Anak Jalanan Pengamen dan Pembersih Mobil, Adu Jotos

Dua pemuda sebagai pembersih dan pengamen cekcok, dan aksi kejar-kejaran dan saling pukul, di Jalan Tritura, Medan, Sabtu (20/4/2019), sehingga warga yang melintas di mendadak heboh melihat antara dua pemuda tersebut.

Minggu, 21 Apr 2019 10:00Lifestyle

Bikin Betah di Kelas! Berikut 4 Guru Cantik Idola para Murid

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Berkat ilmu darinya lah akhirnya generasi penerus bangsa bisa menjadi sosok yang berkualitas, tidak hanya intelektuakitas tetapi juga kepribadiannya.

Minggu, 21 Apr 2019 09:45Bola

Rumor Hengkngnya Tagliafico Semakin Deras, Arsenal atau Inter?

Agen dari Nicolas Tagliafico, Ricardo Schlieper, mengomentari rumor kliennya yang bakal bergabung dengan Arsenal.

Minggu, 21 Apr 2019 09:30Internasional

Mesir Gelar Pemilu Untuk Perubahan Amandemen Konstitusi

Warga Mesir yang tinggal di luar negeri mulai memberikan suara pada hari Jumat 19 April 2019 mengenai perubahan konstitusional

Minggu, 21 Apr 2019 09:15Lifestyle

4 Wanita Tangguh Indonesia yang Disegani Dunia, Siapa Saja Mereka?

Pada 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional. Indonesia bukanlah negara yang selalu di kenal dengan para pendemo dan para koruktornya saja

Minggu, 21 Apr 2019 09:00Internasional

Diduga Terlibat Kasus Khashoggi, Turki Tangkap Dua Intelijen

Otoritas Turki dikabarkan telah menahan dua agen intelijen yang mengaku mengintai warga negara-negara Arab untuk kepentingan Uni Emirat Arab

Minggu, 21 Apr 2019 08:45Lifestyle

Elly Sugigi Tolak Pacaran Settingan Meski Ditawar Rp100 Juta

Hubungan asmara di kalangan selebriti memang cukup menarik untuk dibahas. Sayangnya,

Minggu, 21 Apr 2019 08:30Nasional

Semburkan Kolom Abu hingga 2.000 M, Gunung Agung Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita

Minggu, 21 Apr 2019 08:15Bola

Ditanyakan Dukung Ajax atau Spurs Juarai Liga Champions 2018-2019, Mourinho Beberkan Pendapatnya

Gelaran Liga Champions musim 2018-2019 memang menghadirkan dua klub yang berhasil membuat kejutan

Minggu, 21 Apr 2019 08:00Bola

Real Sociedad Harus Menelan Pil Pahit Usai Takluk 2-1 Atas Barcelona

Barcelona menghadapi Real Sosciedad dalam laga lanjutan pekan 33 Liga Spanyol 2018-2019 di Camp Nou, Minggu (21/4/2019), dini hari WIB

Minggu, 21 Apr 2019 07:45Nasional

Ingin Perdamaian Pasca Pilpres, Mahfud MD Berikan Kuncinya

Tim Kampanye Nasional (TKN), Jokowi-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno

Sabtu, 20 Apr 2019 23:51Bola

Pelatih Ajax, Tottenham Hotspur Tantangan Fantastis Bagi Kami

Pelatih Ajax Amsterdam, Erik Ten Hag, mengakui Tottenham Hotspur bukanlah lawan yang mudah untuk timnya di semifinal Liga Champions 2018-2019

Sabtu, 20 Apr 2019 18:29Berita Sumut

Kapolrestabes Medan Pantau Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto turun langsung memantau rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 untuk Tingkat Panitia pemilihan Kecamatan(PPK) Kecamatan Medan Sunggal di aula Kantor Lurah Tanjung Rejo jalan

Sabtu, 20 Apr 2019 17:45Berita Sumut

Menyusuri Sungai Babura, Gubsu Prihatin Banyak Sampah

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution dan rombongan menyusuri Sungai Babura, Sabtu (20/4). Kegiatan susur sungai yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut dan Badan Wilayah Sungai (B

Sabtu, 20 Apr 2019 17:32Berita Sumut

Wong Chun Sen Apresiasi Masyarakat yang Datang ke TPS

Ketua Generasi Muda Buddhis Indonesia (Gemabudhi) Sumut Drs. Wong Chun  Sen, M.PdB, Sabtu (20/4/2019) menyampaikan apresiasinya kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah menyalurkan hak politiknya dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara pada tangg