• Home
  • Nasional
  • Perkuat Sinergitas, Bakamla RI Bentuk Mekanisme Pertukaran Informasi

Perkuat Sinergitas, Bakamla RI Bentuk Mekanisme Pertukaran Informasi

Amrizal Senin, 22 Mei 2017 20:52 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Medan: Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pembuatan Mekanisme Pertukaran Informasi Tahun 2017 di Swiss-Belhotel, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2017).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari (22 24 Mei 2017) tersebut, didasari amanat Undang-Undang No. 32 Tahun 2014 dan Perpres No. 178 Tahun 2014, Bakamla RI memiliki tugas pokok melakukan patroli keamanan dan keselamatan laut di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia. Hal itulah yang mendasari pelaksanaan Rakernis yang dibuka secara resmi oleh Direktur Data dan Informasi Bakamla RI Laksma TNI Isbandi Andrianto, S.E., M.M. itu mengambil tema 'Pembuatan Mekanisme Pertukaran Informasi untuk Membangun Sinergitas Antar Instansi Berwenang di Laut', memiliki urgensi yang tinggi untuk dilaksanakan demi terjalinnya sinergitas dalam melakukan tindak pengamanan di laut.



"Untuk memudahkan pelaksanaan pertukaran informasi keamanan laut, perlu dibangun sebuah wadah atau mekanisme yang kongkrit dan jelas, sehingga dapat terjabarkan bagaimana pelaksanaannya serta dengan menggunakan media apa saja. Hal tersebut diperlukan karena mengingat sebagian besar informasi keamanan laut merupakan informasi yang terbatas atau rahasia", ujar Direktur Data dan Informasi Bakamla RI Laksma TNI Isbandi Andrianto, S.E., M.M. saat membuka kegiatan rakernis.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan dapat memetakan kebutuhan yang riil terhadap penyediaan data dan informasi di bidang maritim, serta terbangunnya mekanisme yang dapat dilaksanakan secara jelas dan rutin sehingga dapat dilakukan evaluasi dalam pelaksanaannya untuk peningkatan mutu pertukaran informasi di bidang maritim di masa mendatang.

Lebih lanjut, Laksma Isbandi mengatakan bahwa pembuatan mekanisme pertukaran informasi kamla ini merupakan langkah awal dari rencana pembangunan integrated surveillance system (ISS). "Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi cikal bakal terbentuknya fusion center yang ada di Bakamla RI ke depan", jelas Isbandi.



Rakernis ini turut mengundang stakeholder yang berkepentingan dalam memberikan informasi seputar keamanan dan keselamatan di laut, seperti perwakilan personel Puskodal AL, TNI AL; Puskodal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP); Infrastruktur Informasi Geospasial, Badan Informasi Geospasial; Pusat Data dan Informasi Basarnas; Kenavigasian Perhubungan Laut, Ditjen Perhubungan Laut; Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN); Sistem Informasi Statistik, Badan Pusat Statistik; Meteorologi Maritim, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG); dan Informasi Kepabeanan dan Cukai, Ditjen Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan.

Terlebih lagi kegiatan ini berlangsung dengan dinamis dan diwarnai dengan peran aktif peserta dengan mendatangkan narasumber yang ahli di bidangnya, seperti Kepala Pengelolaan Informasi dan Komunikasi, Kantor Staf Presiden Yan Adikusumo, S.Kom., M.Eng.; Kasubbag Bantuan Hukum Internasional, NCB-Interpol Indonesia AKP Yudhi S.; dan Kepala Pusat Informasi Maritim Kolonel Laut (P) Berkat Widjanarko, S.E.


(Mtc/Rel)
Editor: Amrizal

T#g:MataMatatelingaPemprovsuSintregritasMatapertukaran informasi
Komentar
Senin, 25 Mar 2019 08:45Internasional

Pemilu Pertama Thailand sejak Kudeta, Partai Promiliter Unggul

Partai Phalang Pracharat, yang menjagokan Jenderal Prayuth Chan-ocha sebagai perdana menter

Senin, 25 Mar 2019 08:30Bola

Casemiro: Real Madrid Rindu Cristiano Ronaldo

Gelandang Real Madrid, Casemiro, mengakui bahwa Los Blancos merindukan sosok

Senin, 25 Mar 2019 08:15Nasional

Kawal Pemilu 2019, Prabowo-Sandiaga Luncurkan Strategi Jitu

Sejumlah cara dilakukan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi untuk menutup potensi kecurangan dalam Pemilihan Umum 2019

Senin, 25 Mar 2019 08:00Nasional

Kampanye Terbuka, BPN: Kami Siapkan Strategi Total Football

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menyiapkan strategi

Senin, 25 Mar 2019 07:45Ekonomi

Pertama di Indonesia, MRT Resmi Beroprasi

MRT Jakarta akhirnya diresmikan

Senin, 25 Mar 2019 07:30Bola

Mattia Perin Kiper Juventus Alami Cedera

Kiper Juventus, Mattia Perin, bernasib sial kala membela Tim Nasional (Timnas) Italia.

Senin, 25 Mar 2019 07:15Bola

Rumor Striker Atletico Madrid Kian Bergeming, Umtiti Pun Angkat Bicara

Rumor mengenai hengkangnya striker Atletico Madrid, Antoine Griezmann, ke Barcelona dalam beberapa waktu belakangan kembali berkembang.

Senin, 25 Mar 2019 07:00Bola

Jose Mourinho Prediksi Partai Final Liga Champions 2018-2019

Mantan Manajer Manchester United, Jose Mourinho, memprediksi tim yang akan melaju ke partai final Liga Champions 2018-2019

Senin, 25 Mar 2019 06:45Lifestyle

Aksi Kocak Aliando Syarief Undang Gelak Tawak Netizen

Sekuel anyar film komedi laris Indonesia, Warkop DKI Reborn, kembali diproduksi

Senin, 25 Mar 2019 06:30Ekonomi

Sederet Kota Termahal Dunia Hingga Mencapai Biaya Hidup Pantastis

Menjadi negara termahal di dunia, bisa dibayangkan berapa besar biaya hidup yang harus dikeluarkan

Minggu, 24 Mar 2019 22:39Berita Sumut

Pelaku Pencurian Dibekuk Pihak Kepolisian

Seorang remaja laki - laki berinisial ,,M,, Desa pudun julu kec. Psp Batunadua kota padangsidimpuan harus berurusan

Minggu, 24 Mar 2019 22:24Berita Sumut

Jajaran IAD Kejaksaan RI Aksi Bersih-bersih di Bantaran Sungai Babura

Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan RI di bawah pimpinan Ros Ellyana Prasetyo sebagai Ketua Umum IAD Pusat, terus mengkampanyekan Gerakan Indonesia Bersih, baik di pusat maupun pada sejumlah daerah di Indonesia.

Minggu, 24 Mar 2019 22:00Berita Sumut

Ijeck Ajak UAS Silaturahmi ke Tuan Guru Babussalam X

Musa Rajekshah yang paham bahwa sahabatnya masih bersedih, ia pun membawa Ustadz Somad ke Babussalam untuk bersilaturahmi dengan Tuan Guru Babussalam X Syekh H. Hasyim Alsyarwani, Minggu (24/3).

Minggu, 24 Mar 2019 21:26Berita Sumut

Ketua Gemabudhi Sumut Minta Semua Elemen Jaga Keamanan dan Kerukunan

Menjelang perayaan Cheng Beng atau dikenal juga dengan sebutan sembahyang kubur merupakan tradisi bagi warga Tionghua dalam menghargai leluhurnya. Puncak peringatan Cheng Beng akan digelar, 5 April nanti, sebelum memasuki hari H puncak Cheng Beng, warga

Minggu, 24 Mar 2019 21:15Berita Sumut

Satu Dari Tiga Pelaku Penganiayaan Diringkus Tim Pegasus

,,RHP,, (34 ) warga jalan Rotan IX Prumnas Simalingkar Kecamatan Pancurbatu Kabupaten Deliserdang

Minggu, 24 Mar 2019 21:00Berita Sumut

Nenek 11 Cucu Terpaksa Nginap di "Hotel Prodeo"

Nenek ,,S,, (58) yang memiliki sebelas cucu warga Jalan SM Raja Kecamatan Medan Kota terpaksa