• Home
  • Nasional
  • Perwira Militer Lulusan Seko TNI, Harus Bisa Membaca Arah Perubahan

Perwira Militer Lulusan Seko TNI, Harus Bisa Membaca Arah Perubahan

Mtc Rabu, 14 Agustus 2019 20:41 WIB
Hand Over
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto
MATATELINGA, Jakarta:  Perwira militer terutama lulusan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI diminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto,  harus bisa membaca arah perubahan, karena perubahan dunia global sangat cepat dan tantangan ke depan semakin kompleks.






Hal itu disampaikan Hadi Tjahjanto saat memberikan pengarahan kepada 1.226 peserta Sesko TNI, Sespimti Polri, Sesko Angkatan dan Sespimmen Polri,di acara Program Kegiatan Bersama (PKB) Kejuangan bertajuk 'SDM Unggul-Indonesia Maju' di Gedung Juang Yos Sudarso Sesko TNI , Cipulir, Jakarta Selatan.

"Perwira-perwira lulusan Sesko TNI diharapkan menjadi figur-figur pemimpin TNI masa depan yang adaptif, tidak alergi dengan perubahan. Setiap saat kita harus siap berubah karena lingkungan di sekitar kita juga terus berubah," kata Hadi Tjahjanto, Rabu (14/8/2019).

Menurutnya perwira, komandan ataupun staf, harus mampu melihat perkiraan keadaan dengan memperhatikan trend perubahan. Selain itu, TNI-Polri diminta tetap saling berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pihak lain.






"Apapun permasalahan yang mungkin terjadi di wilayah tanggung jawab kalian, dapat kalian antisipasi sebelumnya. Itulah pentingnya berkomunikasi, berkoordinasi, dan berkolaborasi dalam suatu upaya sinergis bersama kekuatan lain seperti Polri, pemerintah daerah, LSM, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta komponen bangsa lainnya," katanya.

Tambah Panglima,  perang di masa depan membentuk peran militer semakin kompleks. Memahami strategi militer saat ini, sama dengan memahami pertempuran di era hiperkonektivitas, evolusi teknologi yang semakin cepat, dengan adanya revolusi industri, serta munculnya perang hybrid dan asimetrik.

"Indonesia adalah negara besar ditinjau dari luas wilayah, jumlah penduduk, ragam budaya dan kekayaan alamnya. Diperlukan upaya besar untuk memperjuangkan kemerdekaannya dan menjaga tetap dalam wadah persatuan dan kesatuan,"sebutnya.

Tambah Hadi, lingkungan strategis, tantangan dan ancaman akan terus berubah, sehingga peran TNI pun akan terus berubah, berevolusi menyesuaikan perkembangan zaman.

Pelaku peperangan tidak lagi diidentifikasi sebagai kekuatan militer saja, tetapi pihak-pihak yang memiliki kekuatan fisik maupun non-fisik bisa melakukan peperangan.

"Seperti perang politik, perang ideologi, perang media, perang informasi, perang opini, perang ekonomi atau perang dagang, perang hukum, dan lain-lain,"akunya.

Di sisi lain, Hadi menyatakan peran militer masa depan akan lebih banyak selain tugas bertempur. Militer juga melakukan tugas keamanan membantu kepolisian, tuntutan misi kultural membangun pengaruh dan hubungan internasional yang semakin meningkat, seperti pengamanan jaringan logistik, pengamanan obyek vital, pasukan perdamaian PBB, penanggulangan bencana, dan mengatasi aksi terorisme bersama komponen bangsa lainnya.

"TNI adalah tentara profesional yang dibangun untuk mencapai keunggulan-keunggulan secara kapasitas yaitu well educated (terdidik), well trained (terlatih), well organized (terorganisasi), well equiped (dilengkapi kebutuhannya), well lead (terpimpin), dan adaptif."

Secara kapabilitas, TNI memiliki kemampuan operasi, dapat dikerahkan dengan cepat, dan mampu dibebani berbagai macam tugas. Sedangkan secara kompatibilitas, siap bersinergi dan bekerjasama dengan organisasi yang lebih kompleks.
Editor: Amrizal

Sumber: Okezone

T#g:MatatelingaPanglima TNIPuspen TNISumutTerkiniTerkiniTraveloka
Komentar
Minggu, 25 Agu 2019 12:28Berita Sumut

Akademisi: Apresiasi Untuk Kapoldasu Menindak Tegas Begal

Menurut Dr. Dedi, apresiasi dari masyarakat atas kinerja Poldasu adalah karena masyarakat sangat membutuhkan rasa aman. Terutama mereka yang bekerja atau punya keperluan untuk berkendara di malam hari. Beberapa waktu belakangan ini muncul rasa was-was kar

Minggu, 25 Agu 2019 12:10Berita Sumut

Kloter VII MES Capai Gua Hira

Berbagai kegiatan dapat dilakukan untuk menambah ilmu dan pengalaman tentang sejarah Islam di Makkah. Dengan dipimpin langsung Ketua Kloter H.Syarif Husin beserta TPIHI H.Sarifuddin Daulay, dan H.Amir B Siregar serta TKIHI, tepat jam 7.30 WAS berhasil m

Minggu, 25 Agu 2019 11:41Berita Sumut

Kapoldasu Turunkan Tim Cek Kualitas Air Danau Toba

Isu soal lingkungan Danau Toba menjadi salah satu topik pembahasan dalam rapat koordinasi soal pengembengan destinasi superprioritas Danau Toba, Sabtu (24/8) yang digelar Polda Sumut di Samosir. Salah satu yang dibahas mengenai soal pencemaran yang berdam

Minggu, 25 Agu 2019 11:25Berita Sumut

Kapolda Sumut Komitmen Kawal Pembangunan di Danau Toba

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto memastikan pihaknya komitmen untuk mengawal proses pembangunan di kawasan wisata danau toba. Hal ini dilakukan supaya pembangunan yang ditarget 2020 rampung, tidak molor.

Minggu, 25 Agu 2019 09:00Lifestyle

Masalah Jodoh, Benarkah Gading Minta Tolong Carikan oleh Mantan Istri

Soal pasangan hidup, putra Roy Marten ini mengaku bahwa dirinya memiliki kriteria khusus yang harus dimiliki oleh wanita tersebut

Minggu, 25 Agu 2019 08:45Nasional

Stadion Kelas Dunia Segera Dibangun di Jakarta, Medan Kapan ?

Jakarta tak lama lagi akan memiliki fasilitas olah raga kelas dunia. Selain Gelora Bung Karno, di Jakarta International Stadium (JIS) atau dikenal Stadion BMW.

Minggu, 25 Agu 2019 08:30Nasional

Lomba Publikasi Berita Online Jajaran Kodim 0308/Prm, Koramil 02/Sungai Limau Raih Juara I

Guna meningkatkan kinerja dan mendukung tugas satuan, Kodim 0308/Pariaman Korem 032/Wbr Kodam I/BB menggelar perlombaan publikasi media online dan cetak bagi jajaran Koramil

Minggu, 25 Agu 2019 08:15Bola

Liga Spanyol 2019-2020, ini Hasil Laganya Minggu 25 Agustus 2019

Liga Spanyol 2019-2020 pada Sabtu 24 Agustus 2019 hingga Minggu (25/8/2019) dini hari WIB. Sejumlah pertandingan menarik baru saja berlangsung di pekan kedua.

Minggu, 25 Agu 2019 08:00Bola

Liga Italia 2019-2020, ini Hasil Laganya Sabtu 24 Agustus

Membuka tirai Liga Italia 2019-2020. Kebetulan, Dua tim kandidat juara bermain tandang dan mampu meraih hasil positif dari lawatan tersebut.

Minggu, 25 Agu 2019 07:45Bola

Liga Inggris 2019-2020, ini Hasil Laganya Sabtu 24 Agustus

Pekan ketiga Liga Inggris 2019-2020. Sebanyak enam pertandingan digelar pada Sabtu 24 Agustus malam WIB dan menghasilkan 21 gol

Minggu, 25 Agu 2019 07:30Nasional

Mobil Mini Bus Ludes Dilalap Sijago Merah

Interchange, Cawang, Jakarta Timur. Sebuah mobil mini bus sedan berwarna putih ludes dilalap sijago merahi pada Sabtu, 24 Agustus 2019

Minggu, 25 Agu 2019 07:15Lifestyle

Lembah Surga yang Terabaikan

Ar Rauha merupakan tempat yang sangat sarat dengan nilai sejarah Islam. Tempat ini juga sangat sakral

Minggu, 25 Agu 2019 07:00Lifestyle

Sering Terlalai, ini Hukumnya jika Pria Meninggalkan Shalat Jum'at

Kadang manusia lupa menjalankannya. Misalnya saat ibadah shalat Jum'at tiba. Kadang-kadang manusia sering lalai dalam menjalankan perintah Allah SWT.

Minggu, 25 Agu 2019 06:45Nasional

WOW! Bawa Kabur 17 Sepeda Motor, Pelaku Curanmor Berhasil Diringkus

Merupakan target operasi dari Polrestabes Bandung. Unit Reserse Kriminal Polsek Andir Kota Bandung, berhasil meringkus pelaku pencurian kendaraan motor.

Minggu, 25 Agu 2019 06:30Bola

Real Madrid Gagal Raup Poin Penuh Usai Ditahan Imbang Real Valladolid

Pekan ketiga Liga Spanyol 2019-2020. Real Madrid gagal meraih poin penuh saat tampil

Minggu, 25 Agu 2019 06:15Bola

Juventus Menang Tipis atas Parma 1-0

Pekan perdana Liga Italia 2019-2020, Minggu (25/8/2019) dini hari WIB. Juventus mengawali langkah mereka mempertahankan gelar juara