Politisi PKB Ini Kritik Menkes

Abdullah Selasa, 12 September 2017 21:26 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Jakarta:  Anggota Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh menyatakan menkes sangat lamban dalam mengeluarkan statmen terkait masalah bayi Debora .

" ini menjadi kritik saya kepada Menteri Kesehatan, Saya sudah sampaikan bahwa Menteri Kesehatan (MENKES) lamban dalam  merespon persoalan-persoalan yang ada di masyarakat." hal tersebut dikatakannya dalam acara diskusi yang bertajuk 'Kasus Bayi Debora, Perlakukann RS Sesuai UU Kesehatan' di Media Center Gedung Nusantara III DPR RI, Kamis (12/9/2017).


Anggota Fraksi PKB ini juga meminta agar izin  Rumah Sakit (RS) Mitra Keluarga, Kalideres, Jakarta Barat, lebih baik dicabut dulu baru kemudian diadakan investigasi.

"Kalau saya pribadi mengatakan, lebih baik dicabut izinnya sekarang, baru melakukan investigasi," tandasnya.

Setelah investigasi lanjut dia baru dilihat, apakah rumah sakit tersebut bisa dibuka lagi atau tidak? Dan, membahayakan atau tidak?

"Seperti kasus vaksin, waktu ada pasien meninggal di RS Siloam, kita langsung obatnya yang kita stop, kejadiannya cuma dua, di satu rumah sakit tetapi seluruh peredaran di seluruh Indonesia kita stop, baru habis itu di di investigasi," tambanya lagi.

Menurut dia, Komisi IX DPR berencana membentuk panitia kerja (Panja), tentang kasus seperti bayi Debora, sebab kejadian serupa banyak terjadi di tempat lain. Kasus di RS Mitra Keluarga ini bukan hanya terjadi di satu titik, di banyak tempat juga terjadi hal-hal semacam itu.

Maka lewat Panja kata Nihayatul, Komisi IX DPR ingin menggali informasi secara komprehensif, apakah sebenarnya yang terjadi.

"Aparat kita terlalu gampang memberikan izin pembuatan rumah sakit, sehingga rumah sakit itu tidak care lagi dalam persoalan kemanusiaan. Bagaimana dengan di Papua, Kalimantan, Maluku, Ambon dan sebagainya, pasti banyak sekali," tambah Nihayatul.

Nantinya, Panja tidak hanya fokus pada persoalan atau kasus bayi Debora, tetapi hanya pintu masuk saja. Setelah itu bagaimana DPR sebagai pembuat undang-undang melihat, apa yang salah dari sistem yang ada.

Sebenarnya dalam UU kata politisi PKB ini, sudah menyediakan tentang peraturan-peraturan itu. Misalnya ketika rumah sakit seseorang mendapatkan izin, otomatis dia harus memahami kewajiban dan tanggung jawab yang harus diberikan, kewajiban yang harus di tanggung kekepa kepada masyarakat.

"Jadi ketika itu dilanggar maka disitulah yang perlu kita evaluasi," kata dia yang menyebut beberapa UU terkait Kesehatan.


(Mtc/Aam)
Editor: Amrizal

T#g:Politisi PKB Ini Kritik MenkesMatatelingaMyanmar
Komentar
Selasa, 26 Sep 2017 18:50Berita Sumut

Pemko Medan Terima Bantuan Tempat sampah

Pemerintah Kota Medan menerima bantuan tempat sampah dari PT Rifan Financindo Berjangka. Bantuan tempat sampah ini diterima melalui Program CSR yang dimiliki oleh PT Rifan itu sendiri

Selasa, 26 Sep 2017 18:35Berita Sumut

Walikota Medan Tinjau Lokasi TPA Milik Pemerintah Kota Medan

Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S,MSi didampingi Wakil Walikota Medan Ir.Akhyar Nasution,MSi meninjau beberapa lokasi Tempat Pembuangan Akhir

Selasa, 26 Sep 2017 18:20Berita Sumut

Gubernur : Pesparawi Salah Satu Kebanggaan Sumut

Pestival Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Wanita Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) merupakan Kebanggaan Sumatera Utara

Selasa, 26 Sep 2017 18:01Berita Sumut

Gubsu Tengku Erry Minta Kab/Kota Bersinergi dengan Provinsi

Gubernur Sumatera Utara Dr H T Erry Nuradi meminta kepada seluruh Bupati/walikota agar selalu berkoordinasi

Selasa, 26 Sep 2017 17:39Berita Sumut

Pemprovsu Siap Lakukan Kerjasama dengan Innovam Netherlands

Langkah Innovam Netherlands membuka Kantor perwakilan di Sumatera Utara diapresiasi Wakil Gubernur Sumut Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH. Wagubsu pun berharap Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu)

Selasa, 26 Sep 2017 17:25Berita Sumut

Wakil Walikota Medan Buka Festival Nasyid/Seni Qasidah Tingkat Kota Medan

Wakil Walikota Medan, Ir.H.Akhyar Nasution MSi secara resmi membuka festival nasyid/seni qasidah tingkat Kota Medan tahun 2017, di Lap. Bola Rengas Pulau, Kec.Medan Marelan

Selasa, 26 Sep 2017 17:10Bola

Bertandang Ke Moscow, Liverpool Pincang

Klub Inggris, Liverpool bertekad untuk meraih puncak klasemen grup E Liga Champions. Untuk itu mereka harus meraih tiga poin saat menyambangi markas Spartak Moscow pada hari Rabu (27/09/2017) dini hari WIB.

Selasa, 26 Sep 2017 16:59Bola

Klik Di Sini...Oret-oret Kans Pertandingan Champions Dini Hari WIB

Sejumlah pertandingan kembali digelar Rabu (27/09/2017) dini hari WIB. Dari sembilan laga yang dihelat, ada tiga pertarungan yang jadi perhatian. Di antaranya Dortmund vs Real Madrid (0 : 0), Man City vs Shaktar Donetsk (0 : 2) dan Spartak Moscow vs Liver

Selasa, 26 Sep 2017 16:51Bola

Data & Fakta Dortmund Vs Real Madrid, Penampilan 150 CR7

Walau handicap 0:0, namun Borussia Dortmund lebih diunggulkan saat meladeni laga ke sembilan mereka melawan Real Madrid. Bahkan, pertarungan ini merupakan penampilan ke-150 sang mega bintang El Real, Cristiano Ronaldo.

Selasa, 26 Sep 2017 16:43Bola

Live SCTV, Dortmund Vs Real Madrid, Dulang Point

Real Madrid berhadapan dengan Borussia Dortmund pada laga Grup H Liga Champions di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Rabu (27/9/2017) dini hari WIB, disiarkan live SCTV.

Selasa, 26 Sep 2017 16:45Berita Sumut

Dihadapan Kapolrestabes, Keluarga Tersangka Pembunuhan Driver Grab Car Minta Hal Ini

Ada pemandangan berbeda saat Kapolda Sumut memaparkan kasus pembunuhan driver Grab di RS Bhayangkara Medan pada Selasa (26/9/2017). Sejumlah kerabat dari salah seorang tersangka hadir disana dan meminta agar polisi segera mengembalikan jenajah tersangka b

Selasa, 26 Sep 2017 16:30Berita Sumut

Sergai Serahkan Hibah Tanah Petapakan Untuk Pembangunan Gedung PN dan PA

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman, Selasa (26/9) melakukan Penandatanganan Penyerahan Hibah Tanah Petapakan untuk Pembangunan Gedung Pengadilan Negeri (PN) dan Pengadilan Agama (PA) bertempat di Ruang VIP Bandara Kuala Namu Kecamatan Berin

Selasa, 26 Sep 2017 16:15Berita Sumut

Ungkap Kasus Pembunuhan Rekannya, Driver Grab Bike di Medan Apresiasi Kinerja Polisi

Driver Grab di Medan mengapresiasi kinerja polisi yang cepat mengungkap kasus pembunuhan dua rekannya, Ridwan Limbong dan David Juhler Simanjuntak.

Selasa, 26 Sep 2017 16:10Berita Sumut

Wabup Darma Wijaya : Tingkatkan Pelayanan dan Jaga Kekompakan Dalam Melaksanakan Tugas

Akreditasi Rumah Sakit merupakan suatu jalan untuk meningkatkan mutu pelayanan, karena didalamnya terdapat standar-standar yang dipergunakan untuk membangun, membuat alur pelayanan yang memperhatikan keselamatan pasien rumah sakit

Selasa, 26 Sep 2017 15:55Berita Sumut

63 Petani Kelapa Sawit UD Lestari Terima Sertifikasi RSPO

Kelompok Petani Kelapa Sawit Mandiri, UD Lestari menerima sertifikasi sawit berkelanjutan atau RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil) yang pertama di Sumatera Utara. Penyerahan sertifikasi RSPO itu dilakukan di Sei Suka, Batu Bara pada Rabu, 20 Septe

Selasa, 26 Sep 2017 15:40Berita Sumut

Walikota Medan: Kita Dipersatukan oleh Bhineka Tunggal Ika

Kita dipersatukan oleh Bhineka Tunggal Ika. Ungkapan tersebut ditegaskan Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si diwakili Kepala Badan Kesbang Pol Kota Medan Ceko Wakhda Ritonga,SH ketika secara resmi membuka Seminar Penguatan Pemahaman Bhineka Tungga