Praktis ! Bayar Iuran JKN-KIS Cukup Autodebit

Mtc/rel Rabu, 21 Agustus 2019 19:45 WIB
Hand Over\
JKN KIS
MATATELINGA, Jakarta : Agar tidak repot dan praktis. saat ini banyak masyarakat yang memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan menggunakan layanan berbasis online dalam kehidupan mereka sehari-hari. Sehingga tidak heran jika otomatisasi menjadi salah satu alternatif yang membuat pembayaran tagihan-tagihan menjadi lebih mudah.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pun mengembangkan metode pembayaran iuran menggunakan metode Autodebit Bank dan Non-Bank. Fitur ini, nantinya akan dihadirkan untuk peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) melalui aplikasi Mobile JKN.



Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma'ruf menjelaskan, layanan autodebit ini menawarkan sejumlah keunggulan dan kemudahan yang tak dimiliki alternatif pembayaran lainnya. Layanan ini juga memudahkan peserta dalam membayar iuran secara tepat waktu, meningkatkan kepatuhan peserta, serta membantu meningkatkan sustainibilitas Pogram JKN-KIS

"Pertama, karena otomatis terpotong dari nomor rekening atau melalui akun financial technology (fintech), maka peserta tidak perlu lagi khawatir lupa membayar iuran setiap bulan,"  ujar Iqbal, Senin (19/8/2019).

Dengan layanan autodebit tersebut, maka pembayarannya akan selalu tepat waktu, peserta pun terhindar dari risiko denda layanan yang bisa muncul jika terlambat membayar iuran.



"Kemudian peserta juga tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu ada gangguan sistem yang mengakibatkan tidak bisa membayar iuran, padahal ada kecenderungan peserta suka membayar iuran mendekati batas jatuh tempo. Kondisi-kondisi semacam ini bisa teratasi dengan autodebit," katanya.

Kemudian, layanan autodebit juga terbilang efektif dari segi waktu. Saat ini, fasilitas autodebit ini tidak hanya disediakan oleh sejumlah bank yang telah menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan, antara lain Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA, melainkan juga ada pilihan lainnya.

"Autodebit juga dapat dilakukan melalui fintech yang tersedia pada Mobile JKN. Yang paling mutakhir adalah bagi peserta yang tidak memiliki smartphone dan tidak memiliki rekening bank saat ini, peserta tetap dapat melakukan pendaftaran autodebit melalui telepon genggam (2G) dengan mengakses *141*999#," tandasnya.



Setelah itu, peserta dapat mengisi saldonya di seluruh Kantor Pos Indonesia maupun outlet Alfamart dengan menunjukkan nomor peserta JKN-KIS dan menyebutkan nomor telepon genggamnya.

Program kemudahan membayar iuran JKN-KIS melalui mekanisme autodebit ini sesungguhnya telah diperkenalkan sejak tahun 2017 lalu, di mana awalnya autodebit diedukasikan kepada peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), atau peserta mandiri, dan peserta Bukan Pekerja, terutama kelas 1 dan 2.

"Diberlakukannya autodebit untuk semua kelas per 1 Januari 2019 sesuai dengan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 6 Tahun 2018. Kalau dulu hanya khusus untuk pendaftaran peserta PBPU kelas 1 dan 2, meskipun ada juga peserta kelas 3 yang memanfaatkannya. Kalau sekarang seluruh peserta dari kelas manapun bisa memanfaatkan layanan tersebut,"  terangnya.



Salah satu syarat pendaftaran menjadi peserta JKN-KIS adalah mengisi formulir kesediaan pendaftaran autodebit untuk kesediaan dilakukannya proses autodebit pembayaran iuran pada rekening yang didaftarkan, secara rutin setiap bulan pada tanggal yang disepakati. Pemilik rekening autodebit boleh dari kepala keluarga, anggota keluarga dalam Kartu Keluarga (KK) maupun keluarga/penanggung di luar KK.

Jika pendaftaran autodebit dilakukan melalui akun fintech yang tersedia pada Mobile JKN, peserta cukup melakukan registrasi ke dalam Mobile JKN dan mendaftar layanan autodebit dengan mengikuti langkah-langkah yang tercantum pada aplikasi tersebut. Demi kelancaran proses autodebit, dia mengingatkan agar peserta memastikan saldo rekening atau saldo fintech mencukupi untuk didebit.



Iqbal menambahkan, peserta harus memastikan nomor rekeningnya benar sehingga tidak terjadi kesalahan pendebitan. Selain itu, nomor handphone yang didaftarkan peserta untuk mobile cash di Mobile JKN harus aktif. Pendaftaran autodebit juga bisa dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, yang mana selanjutnya BPJS Kesehatan akan menyampaikan ke bank mitra.

"Untuk peserta yang saat ini sudah terdaftar sebagai peserta PBPU dan Bukan Pekerja namun masih belum menggunakan metode autodebit, bisa langsung ke bank untuk mendaftar atau melalui Mobile JKN. BPJS Kesehatan juga secara proaktif menginformasikan kepada peserta terkait teknis pembayaran iuran secara autodebit," papar Iqbal
Editor: James P. Pardede

T#g:AutodebitJKN KISMudahPraktisTerkini
Komentar
Rabu, 19 Feb 2020 07:15Lifestyle

Mencegah Sakit Jantung, Coba Sarapan Kentang

Bila Anda ingin sehat, bisa memilih makanan untuk sarapan tidak harus nasi. Anda bisa memilih kentang sebagai menu sarapan yang sehat dan bergizi.

Rabu, 19 Feb 2020 07:00Nasional

Direktur Strategi Bakamla RI Berkunjung ke Kantor Bea Cukai dan Kemenkominfo

Direktur Strategi Bakamla RI Laksma Bakamla Sandy M. Latief melaksanakan kunjungan ke Kantor Bea Cukai serta Kementerian Komunikasi dan Informatika, beberapa hari lalu.

Rabu, 19 Feb 2020 06:45Berita Sumut

Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019

Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 pada 18 Sekolah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), yang dilaksanakan di SD Negeri 101956 Sukaramai, Dusun IX Sukaramai Desa Celawan Kec. Pantai Cermin

Rabu, 19 Feb 2020 06:15Nasional

Panglima TNI : 11 Pucuk Senjata Kecelakaan Mi-17 Kemungkinan Diamankan Masyarakat

Sejumlah 11 pucuk Senjata milik Prajurit TNI AD yang gugur dalam kecelakaan pesawat Heli Mi-17 beberapa bulan yang lalu di Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, kemungkinan masih diamankan oleh masyarakat. Aparat TNI dan Polri masih melakukan pendekatan kep

Rabu, 19 Feb 2020 06:00Berita Sumut

Gelar Pertandingan Bulu Tangkis Antar Satker

Dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-74 TNI Angkatan Udara tahun 2020, TNI AU Di Medan Gelar berbagai Pertandingan, diantaranya pertandingan Bulu Tangkis Antar Satker bertempat dilapangan bulu tangkis Melky Way Lanud Soewondo

Selasa, 18 Feb 2020 22:34Nasional

Presiden Ingin Dana Desa Secepatnya Dikirimkan Ke Desa

Dana Desa yang jumlahnya mencapai 72 triliun rupiah harus secepatnya diterima oleh desa. Oleh karena itu, Pemerintah memutuskan mekanisme pencairannya kini langsung ke desa. Langsung ke rekening desa. Perubahan pencairan Dana Desa ini agar tidak ada lagi

Selasa, 18 Feb 2020 22:15Berita Sumut

Berkas Para Tersangka Pembunuh Jamaluddin Dilimpahkan Ke Kejari Medan

Penyidik Sat Reskrim Polrestabes Medan akhirnya merampungkan berkas Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kasus pembunuhan terhadap Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jamaluddin (55).

Selasa, 18 Feb 2020 20:05Berita Sumut

Putu: Polres Tanjungbalai Tak henti Hentinya Membrantas Jaringan Narkoba

Tim gabungan Polres Tanjungbalai yang terdiri dari Polsek, dalam lebih kurang sepekan mengungkap tiga kasus Narkoba dengan meringkus 4 orang tersangkanya dari lokasi yang berbeda.

Selasa, 18 Feb 2020 18:25Berita Sumut

Musda Partai Beringin, Ijeck Mampu Jadikan Golkar Sumut Bermartabat

Ketua Kosgoro Sumut Riza Fakhrumi Tahir menilai hanya sosok H. Musa Rajekshah (Ijeck) yang mampu membuat Golkar Sumut menjadi Golkar yang Bermartabat. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, Golkar butuh Ijeck untuk membenahi partai. Hal itu disampaikan

Selasa, 18 Feb 2020 18:10Berita Sumut

Edy Rahmayadi Ingatkan Satpol PP Tidak Hanya ‘Anggar’ Otot

Selain melakukan penertiban dan menegakkan Peraturan Daerah (Perda), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) juga bertugas memelihara ketentraman, ketertiban umum dan memberikan rasa aman pada masyarakat. Karena itu dalam bertugas Satpol PP tidak bisa hany

Selasa, 18 Feb 2020 17:40Nasional

Panglima TNI : Evakuasi Korban Heli Mi-17 Butuh Profesional dan Skill

Pelaksanaan evakuasi korban Heli Mi-17 di pegunungan Bintang tidak mudah karena berada pada ketinggian lebih dari 12.000 ft dengan kemiringan sampai dengan 90 derajat, butuh suatu profesional, skil dan tekad untuk melaksanakan evakuasi.

Selasa, 18 Feb 2020 17:20Nasional

Panglima TNI Hadiri Upacara Militer Pelepasan Jenazah Kecelakaan Helikopter Mi-17

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. menghadiri upacara penyerahan dan pelepasan jenazah empat prajurit TNI AD korban musibah kecelakaan Helikopter Mi-17, di Pegunungan Mandala, Distrik Oksob, Kab. Pegunungan Bintang, Provinsi Papua

Selasa, 18 Feb 2020 17:02Berita Sumut

Pemko Medan & Forkopimda Susur dan Bersih Bersih Sungai Deli

Pelaksana tugas Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Arjuna Sembiring bersama Kapolrestabes Medan Kombes Jhonny Edizon Isir beserta unsur Forkopimda Kota Medan lainnya menggelar sus

Selasa, 18 Feb 2020 16:45Berita Sumut

Kompol Muhammad Firdaus Dipromosikan Jabat Kasat Reskrim Polresta Deliserdang

Kompol Muhammad Firdaus dipromosikan menjabat sebagai Kasat Reskrim Polresta Deliserdang. Promosi jabatan ini sebagaimana tertuang dalam Surat Telegram (ST) tertanggal 17 Februari 2020 yang dikeluarkan Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin.