• Home
  • Nasional
  • Ratusan Orang Keracunan Makanan, Habis Buka Puasa

Ratusan Orang Keracunan Makanan, Habis Buka Puasa

Mtc Minggu, 26 Mei 2019 08:06 WIB
Hand Over
MATATELINGA, Kuala Kapuas:   Lebih kurang 254 orang korban keracunan makanan di Desa Narahan Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, sudah ditangani Rumah Sakit Umum Daerah dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas.



"Saat ini pasien Kejadian Luar Biasa (KLB) yang masuk ke rumah sakit tertangani ada sebanyak 254 orang, terdiri atas anak-anak sebanyak 93 orang dewasa sebanyak 161 orang. Berdasarkan rekam medis kita sekitar Sabtu (25/5/2019) pukul 12.24 WIB, total pasien yang masuk terdiri dari laki-laki 128 dan perempuan sebanyak 126 orang," kata Dirut RSUD dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas dr Agus Waluyo, di Kuala Kapuas, mengutip Antaranews, Sabtu (25/5/2019).



Guna menangani ratusan penderita keracunan makanan ini pihak RSUD setempat menerjunkan 12 dokter untuk menangani korban keracunan massal di Desa Narahan yang terjadi pada Kamis (23/5) malam.

Untuk pasien yang sudah mulai membaik, diperbolehkan pulang ke rumahnya masing-masing, ujarnya.



"Hingga sampai saat ini tim dokter yang menangani pasien keracunan massal masih terus berupaya menangani dan memantau kesehatan para pasien," ucap Agus.

Dari sejak Jumat hingga malam dan Sabtu pagi tadi, semuanya sudah dievakuasi ke rumah sakit dan bisa ditangani dengan baik, dan diharapkan Minggu besok semua bisa dipulangkan, demikian dr Agus Waluyo.

Sementara itu, salah satu warga Desa Narahan yang juga menjadi korban keracunan massal Aspul, mengaku, kondisi tubuhnya telah berangsur-angsur baik dan telah mampu berdiri dari sebelumnya kondisinya lemas.



Aspul di tenda penampungan korban keracunan massal RSUD Kapuas menceritakan, kejadian ini bermula dirinya bersama warga menghadiri acara buka puasa bersama di masjid setempat, yang dihadiri Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, beserta jajarannya.

"Untuk makanan berbuka yang kita makan saat itu, hanya kurma, air mineral dan nasi bungkus yang didalamnya berisikan masakan telur sambal merah," katanya.

Setelah itu, tambahnya, pada subuh hari saat bangun ingin sahur puasa Ramadhan, timbul rasa sakit di perut, pusing di kepala dan muntah-muntah disertai buang air besar (BAB).

"Itu terus-menerus, hingga kondisi tubuh saya lemas tak berdaya lagi. Saya kira hanya saya sendiri, ternyata semua warga di Handel Aya juga sama," katanya.

Editor: Amrizal

Sumber: Okezone

T#g:254 orang keracunan makanMatatelingamatatelinga.commatatelinga comTerkinihabis buka puasa keracunan makan
Komentar
Kamis, 09 Jul 2020 11:00Berita Sumut

Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Hadiri Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri Secara Virtual

Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah,MA,MSc mengikuti Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri dengan Kapolri dan Panglima TNI secara virtual bertempat di Dusun III Desa Pasar Bengkel,Kec. Perbaungan, K

Kamis, 09 Jul 2020 11:00Berita Sumut

Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Hadiri Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri Secara Virtual

Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah,MA,MSc mengikuti Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri dengan Kapolri dan Panglima TNI secara virtual bertempat di Dusun III Desa Pasar Bengkel,Kec. Perbaungan, K

Kamis, 09 Jul 2020 10:46Berita Sumut

Empat Orang Siswa Berprestasi Mendapat Laptop Dari Sampoerna Foundation

Empat orang siswa berprestasi yang telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa yang digelar oleh Poetra Sampoerna Foundation, mendapatkan hadiah berupa lap top.

Kamis, 09 Jul 2020 10:45Internasional

Amerika Serikat Resmi Umumkan Akan Keluar dari WHO

Amerika Serikat (AS) secara resmi memberikan pemberitahuan untuk keluar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di saat kasus virus corona di negara itu melonjak tajam. Pemberitahuan itu disampaikan secara resmi oleh Gedung Putih kepada Persatuan Bangsa-Ban

Kamis, 09 Jul 2020 09:45Internasional

Presiden Brasil Jair Bolsonaro Positif Covid-19, Tapi Tak Jalani Isolasi

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro pada Rabu (8/7/2020) mengatakan bahwa dia “baik-baik saja” setelah terinfeksi virus corona. Bolsonaro yang dikonfirmasi positif Covid-19 sehari sebelumnya tidak menjalani isolasi, dan tetap melakukan pertemuan d

Kamis, 09 Jul 2020 09:00Nasional

Maria Pauline Lumowa DPO Penegak Hukum Selama 17 Tahun

Maria Pauline Lumowa masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) atau buronan aparat penegak hukum Indonesia. Maria Lumowa dikabarkan terbang ke Singapura pada September 2003 atau sebulan sebelum ditetapkan sebagai tersangka oleh tim khusus yang dibentuk Mab

Kamis, 09 Jul 2020 08:00Nasional

Ini Penjelasan PLN, Terhindar Dari Korsleting di Rumah

Jangan dianggap sepele, masalah kelistrikan ini riskan dan bisa merenggut nyawa seseorang.

Kamis, 09 Jul 2020 07:00Bola

Silva Sedang Menunjukkan Kelasnya Sebagai Gelandang Terbaik di Dunia

Pada laga ini, Silva memang menunjukkan kelasnya sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia. Pasalnya selain mencetak gol, mantan pemain Valencia tersebut memang menyumbangkan dua assist untuk gol Jesus dan Sterling.

Kamis, 09 Jul 2020 06:45Ekonomi

Hari ini, Prediski Rupiah Menguat dengan Pelemahan Bursa AS

Rupiah menguat 0,20% ke Rp 14,410 per dollar AS. Sementara, kurs tengah Bank Indonesia (BI) mencatat rupiah melemah tipis 0,03% ke Rp 14.460 per dollar AS.

Kamis, 09 Jul 2020 06:00Bola

Pelatih Barcelona Belum Puas, Meski Timnya Bermain Bagus

Meski meraih poin penuh, namun Pelatih Barcelona, Quique Setien, menilai timnya tidak bermain bagus. Barcelona meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0 saat menghadapi Espanyol dalam lanjutan jornada ke-35 Liga Spanyol 2019-2020.

Rabu, 08 Jul 2020 23:15Aceh

Disdikbud Aceh Singkil Mulai Memberlakukan Jam PAI

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Singkil mulai memberlakukan penambahan jam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk sekolah formal mulai tahun ajaran baru tahun ini.

Rabu, 08 Jul 2020 23:00Internasional

Sepele Bahaya Virus Corona, Presiden Brazil Jair Borsalino Ini Tak Berdaya

Berulang kali meremehkan bahaya Virus Corona, Presiden Brazil, Jair Borsalino terkonfirmasi positof Covid-19, setelah hasil tesnya dipublikasikan

Rabu, 08 Jul 2020 22:30Lifestyle

Marshanda Dipanggil Polisi Sebagai Saksi Kematian Anak Karen Pooroe

Polisi mengabarkan perkembangan kasus kematian anak Karen Pooroe, Zefania. Dijelaskan Kanit Krimum Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Ricky Pranata, penyidik bakal memanggil beberapa saksi.

Rabu, 08 Jul 2020 22:00Nasional

Sebelas Pejabat Tinggi Naik Pangkat di Gelar Rupatama Mabes Polri

Upacara kenaikan pangkat sebanyak 11 anggota golongan pejabat tinggi Polri, langsung dipimpin Kapolri Jendral Polisi Idham Azis di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan

Rabu, 08 Jul 2020 21:45Ekonomi

Harga Emas Makin Sore, Melejit Mencapai US$ 1.800,14 per ons troi

Sentimen utama bagi si kuning datang karena permintaan safe haven didukung oleh kekhawatiran tentang lonjakan kasus Covid-19