• Home
  • Nasional
  • Rombongan Wartawan Studi komparatif di Nusa Tenggara Barat

Rombongan Wartawan Studi komparatif di Nusa Tenggara Barat

Amrizal Senin, 09 Oktober 2017 07:02 WIB
ist
Puluhan wartawan unit DPRD Medan melakukan snorkeling di Giri Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat
MATATELINGA, Matateram:  Rombongan wartawan pos liputan DPRD Kota Medan saat melakukan studi komparatif di Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan kagum terhadap gerakan sadar wisata di provinsi itu, khususnya di Pulau Lombok yang melibatkan seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan terkait demi terciptanya sapta pesona wisata di wilayah tersebut.

"Masyarakat di wilayah ini (Pulau Lombok) tampaknya memahami betapa pentingnya sadar wisata dalam rangka memajukan objek wisata di daerah mereka," kata Koordinator Wartawan Unit DPRD Kota Medan, Satriadi Tanjung di Mataram, NTB, Kamis (5/10/2017).

Hal itu, menurut dia, terlihat dari keramahtamahan masyarakatnya saat menerima wisatawan asing dan domestik mengunjungi Lombok yang terkenal dengan julukan 'Pulau Seribu Masjid'.

Satriadi yang penasehat Kordinator Wartawan DPRD Medan, Rifki Warisan, mengungkapkan suasana keramahan sudah mulai terasa sejak rombongan wartawan asal Medan itu tiba di Bandara Internasional Lombok.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat lokal yang tergabung dalam kelompok sadar wisata terkesan turut berperan aktif menjaga kondusivitas keamanan di berbagai obyek wisata.

"Tekad dan kepedulian masyarakat di Lombok dalam hal mendukung pengembangan pariwisata seharusnya perlu ditiru oleh masyarakat dan insan pariwisata di Medan, karena Medan juga memiliki beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan," tuturnya.

Sementara salah seorang penggiat pariwisata di Lombok, Zulkarnain, membenarkan bahwa Pulau Lombok dewasa ini menjadi pilihan kunjungan favorit bagi wisatawan, baik dari mancanegara maupun nusantara.

 "Masyarakat, pelaku usaha, dan pengelola objek wisata di Lombok semakin memahami bahwa kenyamanan, keramahtamahan dan keamanan menjadi faktor penting dalam mendukung pengembangan setiap destinasi pariwisata," ucapnya.

Kesadaran wisata, menurut dia, memang harus dibangun sejak dari tingkatan paling kecil yaitu masing-masing individu, sehingga pada akhirnya membentuk masyarakat maupun kelompok yang lebih besar lagi yang memiliki kepedulian dan kesadaran tinggi terhadap pembangunan pariwisata di lingkungannya.

Zulkarnain menilai Pulau Lombok merupakan salah satu destinasi wisata di NTB yang selama ini tergolong relatif aman dan nyaman bagi para pelancong.

"Keamanan merupakan faktor penting untuk mewujudkan pariwisata yang kondusif. Karena itu, masyarakat dan para ketua adat setempat senantiasa ikut merasa memiliki rasa tanggung jawab dan peduli menciptakan suasana aman dan nyaman bagi setiap wisatawan selama berwisata di Lombok," paparnya.

Sistem keamanan swakarsa yang diterapkan penduduk desa di sekitar lokasi wisata tersebut, kata dia, cukup efektif membantu tugas kepolisian.

Kepedulian warga setempat untuk ikut menjaga kondusifitas wilayah itu, katanya, berkaitan erat dengan besarnya kontribusi sektor pariwisata terhadap peningkatkan kesejahteraan masyarakat di Lombok dan sejumlah pulau lain di Provinsi NTB.

Ia menambahkan, di kalangan warga Lombok umumnya juga ada perasaan takut ketika hendak melakukan tindakan kejahatan terhadap wisatawan, karena selain dapat dijatuhi hukuman penjara, pelakunya juga dikenakan sanksi adat berupa diusir dari kampungnya.

"Menurut sepengetahuan saya, jumlah tindakan kejahatan terhadap wisatawan di Lombok tergolong minim," kata warga yang bermukim di Kota Mataram itu.

Sebagaimana diketahui, Pulau Lombok memiliki potensi objek wisata yang beragam, antara lain wisata bahari, wisata religius, wisata pegunungan hingga atraksi seni dan budaya.

Pesona keindahan Lombok bukan hanya terkenal di seantero nusantara, melainkan indahnya pantai dan giri (pulau) di wilayah tersebut kini sudah kian populer di kalangan wisatawan Eropa dan Australia.

(Mtc/rel)
T#g:Rombongan Wartawan Studi komparatif di Nusa Tenggara Barat
Komentar
Jumat, 27 Apr 2018 09:20Berita Sumut

Wali Kota Apresiasi Road Show Komunitas Penulis Donasi 1.000 Buku

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengapresiasi dan mendukung penuh Komunitas Penulis Kota Medan yang memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap dunia perbukuan dan literasi di Kota Medan.

Jumat, 27 Apr 2018 09:13Nasional

Polisi Bekuk Pria Pembuat Video Hina Nabi Muhammad

Polda Jawa Timur bersama Polres Mojokerto menangkap seorang warga diduga menghina Nabi Muhammad S.A.W., Rendra Hadi Kurniawan (39). Lelaki itu juga sempat membikin heboh jagat media sosial karena video yang berisi hinaannya terhadap ulama dan Nabi Muhamm

Jumat, 27 Apr 2018 09:05Berita Sumut

Jajaki Kerjasama, Wagubsu dan Asosiasi Tiongkok Langsung Road Show

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menyambut baik kerjasama mutualisme yang dilakukan oleh Asosiasi One Belt One Road Si Chuan. Bahkan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Dr Hj Nurhajizah Marpaung, SH MH yang menerima rombongan dalam aud

Jumat, 27 Apr 2018 09:02Ekonomi

BPKM Janji Perketat Pengawasan Jumlah TKA

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berjanji bakal memperketat pengawasan terkait jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang diajukan oleh pemberi kerja di Indonesia.

Jumat, 27 Apr 2018 08:52Ekonomi

Rupiah Sekarat IHSG Merosot

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan sesi satu anjlok 1,85 persen hingga jatuh ke level 5.967, seiring masih adanya kekhawatiran pelemahan rupiah.

Jumat, 27 Apr 2018 08:50Berita Sumut

Wali Kota Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Toba 2018 di Lapangan KS Tubun Mapoldasu,

Jumat, 27 Apr 2018 08:40Ekonomi

Utang Indonesia Tembus 4 Triliun, Rizal Ramli Tantang Sri Mulyani Debat Terbuka

Mantan Menteri Koordinator bidang Maririm dan Sumber Daya Rizal Ramli mengaku siap gelar debat terbuka terkait utang luar negeri dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI).

Jumat, 27 Apr 2018 08:35Berita Sumut

Wali kota Ajak Umat Kristiani Kota Medan Hadiri Paskah Oikumene Pemko Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Medan Hanalore Simanjuntak mengajak seluruh umat Kristiani di Kota Medan untuk menghadiri perayaan Paskah Oikumene Pemko Medan

Jumat, 27 Apr 2018 08:31Ekonomi

Harga Minyak Dunia Mulai Menguat

Harga minyak dunia menanjak pada perdagangan Kamis (27/4), waktu Amerika Serikat (AS), meski kurs dolar AS menguat. Kenaikan harga dipicu oleh risiko pengenaan sanksi AS terhadap Iran, menurunnya produksi Venezuela, serta penguatan permintaan minyak glob

Jumat, 27 Apr 2018 08:22Ekonomi

Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Resiko Utang Indonesia Bakal Menumpuk

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro mengingatkan risiko utang RI usai menjadi tuan rumah di ajang olah raga Asian Games 2018. Jika tidak hati-hati, ekonomi Indonesia akan terbebani oleh tumpukan utang dan saran

Jumat, 27 Apr 2018 08:20Nasional

Bakamla RI-Bapeten Tindak Kapal Penyelundup Zat Radio Aktif

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) melakukan penindakan terhadap kapal penyelundup Zat Radioaktif (ZRA), di Perariran Batam, Kepulauan Riau

Jumat, 27 Apr 2018 08:17Lifestyle

Kontrol Konsumsi Gulamu Agar Terhindar Dari Penyakit Ini

Gula tidak bisa lepas dari kehidupan kita, di mana bahan satu ini selalu dibutuhkan. Baik untuk bahan makanan, maupun sebagai pelengkap minuman.

Jumat, 27 Apr 2018 08:05Berita Sumut

Wali Kota Terima Audiensi Pengurus DPD Partai Nasdem Kota Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima audiensi pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kota Medan di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan

Jumat, 27 Apr 2018 07:50Berita Sumut

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Nasional

Pemerintah Kabupaten Karo menggelar peringatan hari kesiapsiagaan nasional 2018, di halaman kantor Bupati Karo,

Jumat, 27 Apr 2018 07:35Nasional

Panglima TNI : Antisipasi Dampak Negatif Kemajuan Teknologi Terhadap Persatuan dan Kesatuan

Kemajuan teknologi membawa dampak positif mempercepat arus informasi dan mempermudah akses terhadap informasi

Jumat, 27 Apr 2018 07:20Berita Sumut

Istri Wapres Kagumi & Apresiasi Stand Dekranasda Kota Medan

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan mengikuti pameran produk kerajinan internasional atau Internasional Handicraft Trade Fair (INACRAFT) ke-20 tahun 2018 di Jakarta Convention Center