• Home
  • Nasional
  • Rombongan Wartawan Studi komparatif di Nusa Tenggara Barat

Rombongan Wartawan Studi komparatif di Nusa Tenggara Barat

Amrizal Senin, 09 Oktober 2017 07:02 WIB
ist
Puluhan wartawan unit DPRD Medan melakukan snorkeling di Giri Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat
MATATELINGA, Matateram:  Rombongan wartawan pos liputan DPRD Kota Medan saat melakukan studi komparatif di Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan kagum terhadap gerakan sadar wisata di provinsi itu, khususnya di Pulau Lombok yang melibatkan seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan terkait demi terciptanya sapta pesona wisata di wilayah tersebut.

"Masyarakat di wilayah ini (Pulau Lombok) tampaknya memahami betapa pentingnya sadar wisata dalam rangka memajukan objek wisata di daerah mereka," kata Koordinator Wartawan Unit DPRD Kota Medan, Satriadi Tanjung di Mataram, NTB, Kamis (5/10/2017).

Hal itu, menurut dia, terlihat dari keramahtamahan masyarakatnya saat menerima wisatawan asing dan domestik mengunjungi Lombok yang terkenal dengan julukan 'Pulau Seribu Masjid'.

Satriadi yang penasehat Kordinator Wartawan DPRD Medan, Rifki Warisan, mengungkapkan suasana keramahan sudah mulai terasa sejak rombongan wartawan asal Medan itu tiba di Bandara Internasional Lombok.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat lokal yang tergabung dalam kelompok sadar wisata terkesan turut berperan aktif menjaga kondusivitas keamanan di berbagai obyek wisata.

"Tekad dan kepedulian masyarakat di Lombok dalam hal mendukung pengembangan pariwisata seharusnya perlu ditiru oleh masyarakat dan insan pariwisata di Medan, karena Medan juga memiliki beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan," tuturnya.

Sementara salah seorang penggiat pariwisata di Lombok, Zulkarnain, membenarkan bahwa Pulau Lombok dewasa ini menjadi pilihan kunjungan favorit bagi wisatawan, baik dari mancanegara maupun nusantara.

 "Masyarakat, pelaku usaha, dan pengelola objek wisata di Lombok semakin memahami bahwa kenyamanan, keramahtamahan dan keamanan menjadi faktor penting dalam mendukung pengembangan setiap destinasi pariwisata," ucapnya.

Kesadaran wisata, menurut dia, memang harus dibangun sejak dari tingkatan paling kecil yaitu masing-masing individu, sehingga pada akhirnya membentuk masyarakat maupun kelompok yang lebih besar lagi yang memiliki kepedulian dan kesadaran tinggi terhadap pembangunan pariwisata di lingkungannya.

Zulkarnain menilai Pulau Lombok merupakan salah satu destinasi wisata di NTB yang selama ini tergolong relatif aman dan nyaman bagi para pelancong.

"Keamanan merupakan faktor penting untuk mewujudkan pariwisata yang kondusif. Karena itu, masyarakat dan para ketua adat setempat senantiasa ikut merasa memiliki rasa tanggung jawab dan peduli menciptakan suasana aman dan nyaman bagi setiap wisatawan selama berwisata di Lombok," paparnya.

Sistem keamanan swakarsa yang diterapkan penduduk desa di sekitar lokasi wisata tersebut, kata dia, cukup efektif membantu tugas kepolisian.

Kepedulian warga setempat untuk ikut menjaga kondusifitas wilayah itu, katanya, berkaitan erat dengan besarnya kontribusi sektor pariwisata terhadap peningkatkan kesejahteraan masyarakat di Lombok dan sejumlah pulau lain di Provinsi NTB.

Ia menambahkan, di kalangan warga Lombok umumnya juga ada perasaan takut ketika hendak melakukan tindakan kejahatan terhadap wisatawan, karena selain dapat dijatuhi hukuman penjara, pelakunya juga dikenakan sanksi adat berupa diusir dari kampungnya.

"Menurut sepengetahuan saya, jumlah tindakan kejahatan terhadap wisatawan di Lombok tergolong minim," kata warga yang bermukim di Kota Mataram itu.

Sebagaimana diketahui, Pulau Lombok memiliki potensi objek wisata yang beragam, antara lain wisata bahari, wisata religius, wisata pegunungan hingga atraksi seni dan budaya.

Pesona keindahan Lombok bukan hanya terkenal di seantero nusantara, melainkan indahnya pantai dan giri (pulau) di wilayah tersebut kini sudah kian populer di kalangan wisatawan Eropa dan Australia.

(Mtc/rel)
T#g:Rombongan Wartawan Studi komparatif di Nusa Tenggara Barat
Komentar
Jumat, 17 Nov 2017 23:07Berita Sumut

Rapat Kordinasi Pemuthakiran Data Pemilih tahun 2018 Se Sumut

KPUD Sumut menggelar kegiatan rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih tahun 2018 se-Sumut

Jumat, 17 Nov 2017 22:49Berita Sumut

Pendekatan Persuasif, Tim Terpadu Tertibkan PK5 di Medan Petisah

Dengan menggunakan pendekatan persuasif, Tim Terpadu Penertiban PK 5 Pemko Medan yang dibantu dengan unsur TNI Polri berhasil melakukan Operasi Penertiban Pedagang Kaki Lima (PK 5) yang ada di Kecamatan Medan Petisah,

Jumat, 17 Nov 2017 22:33Opini

TNI Meredam OPM Dengan Humanis Dan Budaya

Dalam sepekan ini, aksi kekerasan di Papua kembali meningkat 1.300 warga Papua di Desa Kimbely dan Desa Banti, Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua disandra oleh kelompok Bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Jumat, 17 Nov 2017 22:17Berita Sumut

DPRD Nilai "Andar Gagal Pimpin Kota Padangsidimpuan"

PRD Kota Padangsidimpuan gelar rapat paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) akhir masa jabatan Walikota Padangsidimpuan, Andar Amin Harahap tahun 2013 - 2017,

Jumat, 17 Nov 2017 22:11Berita Sumut

Satres Narkoba Polrestabes Medan Ringkus 2 Pengedar Sabu dan Ganja

Satres Narkoba Polrestabes Medan meringkus 2 tersangka pengedar narkoba jenis sabu dan ganja berinisial BKL (44) dan S (45), keduanya warga Jalan Besar Delitua Gang Melur, Medan, belum lama ini

Jumat, 17 Nov 2017 22:05Berita Sumut

Dinas PU Terus Perbaiki Jalan Rusak

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan terus melakukan perbaikan jalan rusak di Kota Medan

Jumat, 17 Nov 2017 22:00Berita Sumut

Ketua Tim Penyelamat Mesjid Taqwa Polonia : Zulkarnain Bongkar Akte Ikrar Wakaf Palsu

Ketua Tim Pembela Masjid Taqwa Polonia, Zulkarnain, S.S, dalam konferensi pers

Jumat, 17 Nov 2017 21:54Berita Sumut

Polsek Petumbak Amankan Pengguna Narkoba

Menindaklanjuti keresahan warga masyarakat tentang maraknya peredaran narkona, personel reskrim Polsek Patumbak mengamankan seorang pengguna narkoba dari salah satu rumah di kawasan Jalan Pertahanan, Gang Harmoni, Patumbak

Jumat, 17 Nov 2017 21:46Berita Sumut

Kapolri Mutasi Kapolrestabes dan Kasat Reskrim

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) mengeluarkan Telegram Rahasia (TR) mutasi pejabat menegah sejajaran Polda Sumut

Jumat, 17 Nov 2017 21:43Berita Sumut

Diduga Terkejut Melihat Patroli Polisi Honda Mobili Tabrak Kios Sepatu

Masyarakat desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli kamis (16/11/2017) malam di kejutkan oleh suara benturan keras.

Jumat, 17 Nov 2017 21:29Nasional

Bakamla RI Bersama Pemkab Sambas Fasilitasi Forkom Kamkesla

Dalam rangka memfasilitasi pembentukan Forum Komunikasi Keamanan dan Keselamatan Laut (Forkom Kamkesla), Bakamla RI bekerjasama dengan Pemkab Sambas menggelar rapat koordinasi di Hotel Sambas Indah, Kab. Sambas, Kalimantan Barat

Jumat, 17 Nov 2017 21:24Berita Sumut

Bupati Sergai Lepas Peserta Jalan Santai dan Senam Sehat Tahun 2017

Berolahraga merupakan aktivitas untuk melatih tubuh agar badan menjadi sehat, bugar dan kuat baik secara jasmani maupun rohani. Dengan berolahraga juga akan mempengaruhi dan meningkatkan metabolisme serta fungsi kelenjar di dalam tubuh untuk memproduksi s

Jumat, 17 Nov 2017 21:20Berita Sumut

Bupati Asahan Segera Lantik Empat Pimpinan Tinggi Pratama Yang Tertunda

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Sinatupsng,MAP akan segera mrlantik empat pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan yang akan menduduki jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di empat Instansi Pemerintah.

Jumat, 17 Nov 2017 21:08Berita Sumut

Perampok Merintih Kesakitan di Polsek sunggal

Keberingasan pelaku bernama BS alias Budi, 34, satu dari tiga pembobol Smile Karaoke tak terlihat lagi diwajahnya. Dia menjerit tak karuan saat digiring petugas Polsek Sunggal. Pasalnya, kedua kakinya membengkak setelah ditembus timah panas petugas dan

Jumat, 17 Nov 2017 20:50Berita Sumut

Sepmor Pintar Polsek Perdagangan Kunjungi SD Alwasliyah

Siswa/i SD Alwasliyah Nagori Pematang Kerasaan Kecamatan Bandar,Kabupaten Simalungun, Jumat (17/17) sangat antusias menyambut Kunjungan Sepeda Motor Pintar (Sepmop)

Jumat, 17 Nov 2017 20:45Berita Sumut

Banjir di Asahan Terkendali

Banjir yang melanda beberapa kawasan di Asahan sudah dikendalikan.