• Home
  • Nasional
  • Sestama Bakamla RI Pimpin Rapat Finalisasi Grand Design

Sestama Bakamla RI Pimpin Rapat Finalisasi Grand Design

Amr/rel Kamis, 22 Februari 2018 21:45 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Jakarta:  Sekretaris Utama Bakamla RI Marsda TNI Widiantoro, M.B.A. memimpin Rapat Finalisasi Grand Design Bakamla RI, di Ruang Rapat Lt. 2 Kantor Pusat Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No. 56, Kamis (22/2/2018).



Hadir selaku pemapar,  Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia Prof Melda Kamil Ariadno, S.H., LL.M., Ph.D dan  Dr. Jupriyanto, S.T., M.T., yang merupakan Dosen Fakultas Teknologi Pertahanan, Unhan. Keduanya tergabung sebagai tenaga ahli dalam tim penyusunan Grand Design di Lingkungan Bakamla RI TA. 2018. Berdasarkan Keputusan Kepala Bakamla RI Nomor 34 tahun 2018, Prof Melda Kamil sebagai tenaga ahli bidang Organisasi dan Tata Kerja, dan Dr. Jupriyanto selaku tenaga ahli bidang Teknologi dan Sarpras. Hadir pula Perencana Muda, Bappenas, Bogat Widyatmoko, S.E., M.A. sebagai anggota tim ahli bidang Organisasi dan Tata Kerja.

Grand design Bakamla RI disusun dengan mempertimbangkan dua hal, yaitu dalam rangka mencapai tujuan pembangunan nasional di bidang pertahanan dan keamanan khususnya keamanan laut, serta untuk lebih mempertajam pelaksanaan pembangunan keamanan laut yang berkualitas, lengkap, akurat, relevan, mutakhir, dan berkesinambungan sebagai acuan dasar dalam perencanaan pembangunan nasional.



Sejak ditetapkan pada 2 Februari 2018, dalam waktu singkat tim penyusun telah berhasil merumuskan konsep Grand Design Bakamla, dan dibahas dalam rapat finalisasi tersebut dengan garis besar pokok-pokok Grand Design Bakamla RI meliputi tiga hal yaitu :

Pertama tentang Organisasi dan Manajemen, mencakup tugas pokok, fungsi dan kewenangan Bakamla RI, visi, misi, dan tujuan Bakamla RI, struktur organisasi, serta sasaran strategis 2018 – 2045.
Kedua tentang Grand Design Sumber Daya Manusia Bakamla RI dalam rentang 2018 – 2045 yang dibagi kedalam roadmap empat hingga tujuh tahunan dengan implikasi akhir  terbinanya pegawai dengan caliber tinggi yang dapat menjadi asset organisasi.

Ketiga yaitu Teknologi dan Sarana Prasarana, yang mencakup empat tingkat kemampuan operasional, yaitu kemampuan menerima dan menganalisis semua kejadian yang berlangsung di zona perairan, memberikan saran penindakan ke pemangku kepentingan lain di zona perairan, mengendalikan keamanan di zona perairan, dan kemampuan memberikan pelayanan public bersama dengan pemangku kepentingan lain di zona perairan.

Rapat dihadiri pula oleh Deputi Jakstra Irjen Pol Arifin, M.H., Inspektur Brigjen Pol Drs. Sarono, M.H. , Kepala Biro Sarpras Laksma TNI Tugas Eko Santoso, Direktur Strategi Laksma TNI Muspin Santoso, S.H., M.Si (Han), Direktur Latihan Laksma TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., Direktur Hukum Brigjen TNI Sulendra, S.H., Direktur Operasi Udara Maritim Laksma TNI Guntur Wahyudi, serta beberapa pejabat eselon 3 dan 4 terkait.

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:BakamlaPanglima TNIPuspen TNIrapat
Komentar
Jumat, 21 Sep 2018 21:01Berita Sumut

Polsek Medan Baru Makan Nasi Bungkus Bersama Tokoh Agama dan Masyarakat

Personel Polsek medan Baru melaksanakan Jum'at Barokah yaitu berbagi nasi dan makan bersama pengurus masjid nurul muslimin dan tokoh agama serta masyarakat di jalan T.D Pardede Kelurahan Petisah Hulu kecamatan medan Baru

Jumat, 21 Sep 2018 20:36Berita Sumut

Poldasu Ringkus DPO Perampokan Truk Getah

Seorang tersangka perampokan truk getah (palet) yang sudah sekira tujuh bulan masuk daftar pencarian orang (DPO) berhasil ditangkap di Jalan Yos Sudarso Km 11,3 Gang Husni, Medan

Jumat, 21 Sep 2018 20:32Berita Sumut

Prayer Manik Temukan Handphone Dibalut Buku di Kamar Dahlia

Sebuah handphone yang dibalut dengan buku ditemukan di Kamar Dahlia Blok Tahanan Lapas Pakam.

Jumat, 21 Sep 2018 20:18Berita Sumut

Lapas Pakam Amankan 600 Handphone Ruang Tahanan

Sebanyak 600 unit handphone berbagai jenis diamankan dari ruang tahanan yang ada di Lapas Pakam, razia yang dilakukan dalam kurun waktu tiga bulan yang dipmpin Kalapas Pakam Prayer Manik

Jumat, 21 Sep 2018 19:35Berita Sumut

Akhyar : Terminal Liar Membandel Segera Dibongkar

Pemko Medan segera menertibkan kembali terminal dan pool-pool bus liar yang ada di Kota Medan. Selain untuk penataan Kota, Penertiban ini juga dilakukan dalam rangka untuk mengurai kemacetan. Pasalnya, selama ini bus Angkutan Antar Kota Dalam Provins

Jumat, 21 Sep 2018 19:20Berita Sumut

Edy Minta Warga Tobasa Jangan 'Tidur' untuk Danau Toba

Bertemu dengan warga Tobasa di Balige, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta masyarakat untuk tidak 'tidur' dalam mengembangkan kawasan pariwisata Danau Toba. Kekayaan dan keindahan alam yang luar biasa, harus serius dikelola.

Jumat, 21 Sep 2018 19:10Berita Sumut

Ratusan Kapal Nelayan Tradisional 'Serbu' Mako Ditpolair Polda Sumut, Ini Tuntutannya

HNTI (Himpunan Nelayan Tradisionil Indonesia) mendukung tindakan Kapolda Sumatera Utara memberantas oprasinya kapal-kapal pukat harimau yang menyalahi peraturan Pemerintah Inpres no.71.

Jumat, 21 Sep 2018 18:58Berita Sumut

Besok, Api Obor Asian Para Games Tiba di Medan, Ini Rangkaian Kegiatannya

Dalam Rangka menyambut Torch Relay Asian Para Games tahun 2018, Api Obor Asian akan sampai di Kota Medan Sabtu 22 September 2018 tiba di Kantor gubernur Sumatera Uitara pukul 14.00 Wib. Hal ini terungkap pada saat rapat Finalisasi Persiapan penyambutan Ap

Jumat, 21 Sep 2018 18:31Berita Sumut

Kandas di PN Medan, 4 Anggota DPRD Sumut Ini Kembali Prapidkan KPK di PN Jaksel

Empat orang anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara yang telah diproses Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka telah mengajukan praperadilan di PN Jakarta Selatan. Sebelumnya, keempat anggota DPRD Sumut itu mempraperadilankan KPK ke PN Medan.

Jumat, 21 Sep 2018 18:13Berita Sumut

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto : Jangan Pernah Mencoba Narkoba

Kapolrestabes Kota Medan Kombes Pol Dr. Dadang Hartanto menjadi penceramah pada acara Pengenalan Program Pendidikan dan Studi (P3S) kepada mahasiswa baru Universitas Methodist Indonesia (UMI) Medan di Kampus II Jalan Setia Budi Pasar II Tanjung Sari Meda

Jumat, 21 Sep 2018 18:00Berita Sumut

Wali Kota Medan & Tanggerang Tandatangani MoU Terkait Smart City

Pemko Medan dan Pemko Tanggerang melakukan kerjasama di bidang smart city. Sebab, Pemko Medan tertarik dengan program smart city yang telah diterapkan Pemko Tanggerang saat ini. Dengan kerjasama yang dilakukan tersebut, Pemko Medan akan mengadopsi sekalig

Jumat, 21 Sep 2018 17:00Nasional

Kejurnas Karate Piala Panglima TNI Sebagai Wadah Penyiapan Atlet TNI

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala Panglima TNI diharapkan dapat digunakan sebagai wadah penyiapan atlet TNI dan atlet umum dalam menghadapi pertandingan karate tingkat dunia, termasuk diantaranya Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

Jumat, 21 Sep 2018 16:45Berita Sumut

ICTAP dan SFN Diharapkan Lahirkan Ide Bermanfaat Bagi Masyarakat Sumut

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah membuka acara Seminar “The 8th International Conference On Theoretic And Applied Physics (ICTAP 8) dan Simposium Fisika Nasional (SFN) - XXXI, Jumat (21/9) di Grand Inna Hotel Medan. Diharapkan ke

Jumat, 21 Sep 2018 16:20Berita Sumut

Ijeck Ajak Masyarakat Shalat Subuh Berjamaah Setiap Hari

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah bersilaturahmi dan melaksanakan shalat subuh berjamaah bersama masyarakat di Masjid Khairiyah, Kecamatan Karang Berombak, Medan, Jumat (21/9). Masyarakat Sumut diajak bersama-sama memakmurkan mas

Jumat, 21 Sep 2018 15:57Berita Sumut

Ini Solusi Kapolda Sumut Tangani Over Kapasitas di Lapas dan Rutan

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto memberi solusi guna menangani permasalah over kapasitas di lembaga pemasyarakatan maupun rumah tahanan .

Jumat, 21 Sep 2018 15:20Berita Sumut

650 Pelari Ikuti Samosir Lake Toba Ultra Marathon 2018

Sebanyak 650 orang pelari tercatat akan mengikuti event Samosir Lake Toba Ultra Marathon 2018, pada 22 September 2018 mendatang. Para peserta berasal dari 8 negara.