• Home
  • Nasional
  • Sumbar Diterjang Longsor dan Banjir Bandang, 5 Orang Tewas

Sumbar Diterjang Longsor dan Banjir Bandang, 5 Orang Tewas

Fidel W Jumat, 12 Oktober 2018 10:07 WIB
Sumbar Diterjang Longsor dan Banjir Bandang, 5 Orang Tewas / photo: ist
MATATELINGA, Padang: Hujan yang mengguyur wilayah Sumatera Barat (Sumbar) sejak Kamis 11 Oktober 2018 mengakibatkan lima kabupaten yakni Tanah Datar, Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Pasaman dan Pasaman Barat diterjang banjir bandang serta longsor yang menewaskan lima orang.

Bencana diawali di Kotong Toboh, Nagari Parit Malingtang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman sore, mengakibatkan tiga orang bersaudara yang tinggal di pondok pembakaran batu bata tertimbun longsor.

Menurut Wali Nagari Paritmalintang Syamsuardi, total semua yang berada di pondok itu ada enam, lima orang tertimbun longsor. Saat kejadian itu pemilik rumah bernama Wisnu (42) ada di tempat pembakaran batu bata. Enam orang yang berada di pondok tersebut tertimbun material longsoran.

Foto: Rus Akbar/Okezone

"Saat kejadian Wisnu mencoba memberikan pertolongan kepada istri dan anaknya, namun yang bisa dibantu itu hanya istrinya Ratnawati (33) dan mertuanya Rasman, sedangkan anaknya Nando (9), Restu (5) dan Raka (lima bulan) tidak dapat diselamatkan," katanya, Jumat (12/10/2018).

Warga setempat membantu menggali tiga korban yang kemudian ditemukan dalam kondisi meninggal. Sebelum dibawa ke kampung halamannya, ketiga korban yang tewas sempat dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Padang Pariaman untuk divisum.

(Baca juga: Banjir Bandang Terjang Solok, 1 Orang Tewas dan 7 Luka-Luka)

Sementara di Kabupaten Tanah Datar di wilayah Kecamatan Lintau Buo Utara diterjang banjir bandang di daerah Jorong Piubuh, Nagari Tanjuang. Berdasarkan laporan dari Kapolres Tanah Datar, tiga orang tertimbun longsor, dua diperkirakan meninggal dunia dan satu selamat. "Korban itu ada di dua rumah warga, tiga orang tertimbun longsor. Dua di antaranya diduga meninggal dunia. Satu orang selamat," kata Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayu Aji.

Selain itu banjir bandang juga menerjang lima rumah dan satu unit heuler , kemudian tanah longsor menimpa sepeda motor dua penumpang di jalan umum Kalo-Kalo, satu orang selamat dan satu orang tertimbun tanah dan sedang dievakuasi.

Sementara di Kabupaten Pesisir Selatan akibat curah hujan yang tinggi terjadi banjir di Kecamatan Bayang di Nagari Gurun Panjang Selatan. Banjir terjadi karena hujan yg sangat deras dan bersamaan dengan air laut sedang naik pasang, sehingga air dengan ketinggian 40-70 sentimeter merendam rumah warga.

Di Kecamatan IV Jurai tepatnya di kampung Sianik, Nagari Sago, banjir lumpur dan sampah yang terbawa arusmerendam sawah milik warga. Sedangkan di Kampung Bukit Putus Nagari Painan utara, terjadi longsor yang menimbun sebagian badan jalan. Akibatnya jalan Padang-Painan terhambat sekitar 50 menit dan saat ini sudah bisa dilewati.

Sementara di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat bedasarkan laporan Kodim 0305 Pasaman, telah terjadi banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah kecamatan yang ada diwilayah Kodim 0305Pasaman, baik di wilayah Kabupaten Pasaman maupun di wilayah Kabupaten Pasaman Barat akibat tingginya curah hujan yang turun di kedua wilayah Kabupaten sejak pukul 15.00 WIB.

Adapun wilayah yang sudah terpantau mengalami banjir dan tanah longsor yakni Jorong Jambak Nagari Ganggo Ilia, Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman sekira Pukul 20.00 WIB. Banjir menyebabkan terendamnya pemukiman penduduk dengan ketinggian air 50 sentimeter sampai 1,5 meter. Banjir ini akibat meluapnya sungai Batang Manggani yang juga menyebabkan putusnya satu unit jembatan (rajang) yang melintasi sungai tersebut.

Masih di Kecamatan Bononjol tepatnya din Jorong Pasar Kumpulan dan Jorong Lungguak Batu Nagari Kumpulan, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, banjir menggenangi pemukiman penduduk serta badan jalan

Di Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Batang Ampu ke badan jalan melewati jembatan yang mengakibatkan arus lalu lintas Simpang Empat Pasaman Barat-Padang tidak dapat dilalui.

Jorong Enam Koto Selatan, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman juga mengalami banjir dan tanah tongsor yang menimpa badan jalan lintas Simpang Empat Pasaman Barat-Padang, mengakibatkan arus lalu lintas terputus menunggu air surut.

Di wilayah Nagari Lingkuang Aur, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat dilaporkan beberapa pemukiman masyarakat mengalami kebanjiran sampai satu meter.

Di Jorong kampung Alang, Nagari Muara Kiawai, banjir bahkan hingga setinggi 2 meter, warga yang terkena banjir sementara menumpang di rumah yang lebih tinggi. Jorong Limpato, Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat mengalami tanah longsor membuat tumbangnya tiang listrik.

Editor: Fidel W

Sumber: okz

T#g:Banjir BandangLongsorsumbar
Komentar
Selasa, 18 Jun 2019 11:29Berita Sumut

Halal Bi Halal dengan Warga, Bupati Sergai Sampaikan Sejumlah Pesan

Bupati Serdangbedagai Soekirman menggelar halal bi halal dengan masyarakat di Kecamatan Perbaungan dan Pantai Cermin, Senin (17/6/2019). Dalam kesempatan itu, Soekirman menyampaikan banyak pesan untuk para warga dan OPD.

Selasa, 18 Jun 2019 11:14Nasional

569 Atlet Panahan Bersaing Rebut Piala Panglima TNI Open Tahun 2019

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P membuka Kejuaraan Panahan Piala Panglima TNI Open tahun 2019 di lapangan Pusjaspermildas TNI, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (18/6/2019).

Selasa, 18 Jun 2019 11:06Berita Sumut

Apel Hari Kesadaran Nasional Kota Binjai 2019

Pemerintah Kota (Pemko) Binjai rutin melaksanakan upacara Hari Kesadaran Nasional, yang dilaksanakan setiap tanggal 17 setiap bulannya. Bertindak sebagai pemimpin upacara Walikota Binjai yang diwakili Staff Ahli Pemko Binjai Drs. Afwan, Apt.MM dan turut d

Selasa, 18 Jun 2019 10:59Berita Sumut

Tim Verifikasi Tertib Administrasi Pusat Kunjungi Binjai

Ketua TP PKK, Hj Lisa Andriani Idaham didampingi Asisten I Otto Harianto,SH , beserta pimpinan OPD, dan anggota PKK, menyambut kehadiran tim verifikasi lapangan lomba pelaksanaan terbaik tingkat nasional tertib administrasi dalam rangka Hari Kesatuan Ger

Selasa, 18 Jun 2019 10:55Berita Sumut

Puluhan Pelajar Diamankan Polsek Medan Baru

Petugas Polsek Medan yang dipimpin Kanit Reskrim Iptu Philip Purba, Antonio Purba SH MH didampingi Pawas Panit 3 Sabhara Ipda Carles BA, mengamankan puluhan pelajar dari berbagai sekolah dari salah satu rumah makan samping Power Salon Jalan Darussalam, Se

Selasa, 18 Jun 2019 10:35Nasional

34 Perwira Tinggi TNI Dipromosi Jabatan Baru

Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi

Selasa, 18 Jun 2019 10:20Berita Sumut

Berkali-kali Beraksi, 3 Orang Pelaku Perampokan Rumah di Medan Dilumpuhkan Polisi

Tim Pegasus Polrestabes Medan meringkus 3 orang kawanan pelaku perampokan rumah yang sudah beraksi berkali-kali. Ketiganya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas lantaran melawan petugas saat penangkapan.

Selasa, 18 Jun 2019 08:30Bola

Chelsea Tolak Tawaran Dua Klub Besar Dunia untuk Willian Borges

Hanya menyisakan masa kontrak selama satu tahun lagi bersama Chelsea membuat Willian Borges

Selasa, 18 Jun 2019 08:15Lifestyle

Positif Hamil, Shandy Aulia Sempat Tak Percaya Hingga Gunakan 10 Testpack

Kehamilan aktris Shandy Aulia setelah 7,5 tahun menikah, tentu menambah bahagia biduk

Selasa, 18 Jun 2019 08:00Berita Sumut

Pangdam I/BB Harapkan Satgas Yonif 132/BS Mampu Menjaga Keutuhan NKRI Di Perbatasan Timor Leste

Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan Mayor Jenderal (Mayjen) TNI MS.Fadillah memimpin secara langsung Upacara Pembukaan Latihan Pratugas Satuan Tugas

Selasa, 18 Jun 2019 07:45Internasional

Dibalik Jeruji Besi, Mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi Meninggal Dunia

Mantan Presiden Mohammed Morsi meninggal dunia pada usia 67 tahun setelah pingsan di balik

Selasa, 18 Jun 2019 07:30Nasional

Hari ini, MK Kembali Gelar Sidang Lanjutan Gugatan Sengketa Pilpres 2019, Berikut Agendanya

Sidang lanjutan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2019 yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Selasa, 18 Jun 2019 07:15Ekonomi

Syarifuddin: Tahun Depan Tukin dan Insentif Tak Dinikmati PNS lagi

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah menerima insentif tidak diperbolehkan menerima

Selasa, 18 Jun 2019 07:00Ekonomi

Menanti Pejabat Baru PLN, Menteri Rini Siapkan 5 Kandidat

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno disebut sudah menyiapkan

Selasa, 18 Jun 2019 06:45Bola

Meski Dianggap Pengkhianat Juve, Fabio Capello Tetap Bela Antonio Conte

Keputusan Antonio Conte untuk melatih Inter Milan nyatanya mendapat banyak kritik, yang utamanya

Selasa, 18 Jun 2019 06:30Lifestyle

Memasuki Babak Baru, Kriss Hatta Protes Usai Dituntut 4 Tahun Penjara

Sidang kasus pemalsuan dokumen pernikahan yang dilakukan oleh aktor sekaligus presenter Kriss Hatta