• Home
  • Nasional
  • TNI Perlu Sikapi Ancaman Siber Terhadap Integritas NKRI

TNI Perlu Sikapi Ancaman Siber Terhadap Integritas NKRI

Faeza Kamis, 21 Februari 2019 14:35 WIB
mtc/ist
Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Mayjen TNI Joni Supriyanto pada saat membuka Rapat Koordinasi Bidang Komunikasi dan Elektronika (Rakorkomlek) TNI Tahun 2019 yang diikuti 121 peserta, bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur, Kamis
MATATELINGA, Jakarta:  Tentara Nasional Indonesia (TNI) perlu bergerak cepat dan bersinergi, untuk mampu menyikapi dinamika perubahan lingkungan strategis yang sedemikian cepat dan sulit diprediksi, dan tentunya agar tidak terdadak dengan hadirnya berbagai bentuk ancaman siber terhadap integritas NKRI.


Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Mayjen TNI Joni Supriyanto pada saat membuka Rapat Koordinasi Bidang Komunikasi dan Elektronika (Rakorkomlek) TNI Tahun 2019 yang diikuti 121 peserta, bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (21/2/2019).

Kasum TNI mengatakan bahwa Rakor Komlek TNI 2019, dengan tema "Meningkatkan Kemampuan Komlek TNI dengan Berpedoman pada Prioritas Kebijakan dan Penekanan Panglima TNI Guna Mendukung Tugas Pokok".  Tema ini saya anggap sangat tepat karena fenomena global yang berdampak pada munculnya ancaman kontemporer dengan teknologi yang semakin canggih, menjadi semakin sulit diprediksi untuk dihadapi berbagai negara di dunia termasuk Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan bahwa keberlanjutan TNI dalam mentransformasikan diri menjadi suatu organisasi yang profesional, modern, tangguh, berjiwa kesatria, militan, loyal dan manunggal dengan rakyat, diimbangi dengan kemajuan dan modernisasi Komlek TNI.  "Itu semua harus diwujudkan bersama secara berkesinambungan dan konsisten pada setiap generasi TNI", ucapnya.

[adsense

Menurut Mayjen TNI Joni Supriyanto, beberapa pemikiran strategis di bidang Komlek TNI perlu dikembangkan ke depan dalam membangun sistem Interoperabilitas Komando dan Pengendalian TNI dalam rangka mendukung Network Centric Warfare dan C4ISR.  "Hal ini menuntut adanya keterlibatan dan peran serta beberapa Kementerian, Lembaga dan Industri Strategis Nasional", ujarnya.

Di sisi lain, Kasum TNI mengatakan bahwa keberadaan Komlek TNI sebagai ujung tombak mata telinga TNI yang mampu menjangkau seluruh penjuru tanah air, ke depan masih perlu merumuskan kembali formulasi yang efektif tentang penggelaran Komlek TNI yang bercirikan kekhasan geografis NKRI, sehingga mampu menjawab tuntutan dan tantangan tugas TNI ke depan.

Ditambahkan pula bahwa Komlek TNI merupakan bagian penting dan strategis harus mampu mengimbangi dinamika ancaman yang berubah dengan cepat. "Komlek TNI tidak boleh bekerja sendiri dan harus bersifat multidimensional, sehingga dibutuhkan interoperabilitas Komlek TNI yang terintegrasi dan tergelar di seluruh wilayah NKRI guna mendukung efektivitas pencapaian tugas pokok TNI baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Milier Selain Perang (OMSP)", terangnya.


Kasum TNI Mayjen TNI Joni Supriyanto juga meyakini bahwa perubahan paradigma akan terjadi seiring dengan kemajuan teknologi, komunikasi, informasi, elektronika dan informatika sedemikian pesat yang akan berpengaruh juga terhadap teknologi militer dan doktrin pertempuran.

"Fenomena tersebut mendorong hadirnya ancaman kontemporer yang berupa ancaman asimetris, siber, biologi, dan kesenjangan sosial yang harus kita waspadai bersama", katanya. (mtc)
Editor: faeza

T#g:Ancaman SiberKasum TNIMayjen TNI Joni Supriyanto
Komentar
Minggu, 24 Mar 2019 22:29Berita Sumut

Kampanyekan Indonesia Bersih, Jajaran IAD Kejaksaan RI di Bantaran Sungai Babura

Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan RI di bawah pimpinan Ros Ellyana Prasetyo sebagai Ketua Umum IAD Pusat, terus mengkampanyekan Gerakan Indonesia Bersih, baik di pusat maupun pada sejumlah daerah di Indonesia.

Minggu, 24 Mar 2019 22:00Berita Sumut

Ijeck Ajak UAS Silaturahmi ke Tuan Guru Babussalam X

Musa Rajekshah yang paham bahwa sahabatnya masih bersedih, ia pun membawa Ustadz Somad ke Babussalam untuk bersilaturahmi dengan Tuan Guru Babussalam X Syekh H. Hasyim Alsyarwani, Minggu (24/3).

Minggu, 24 Mar 2019 21:26Berita Sumut

Ketua Gemabudhi Sumut Minta Semua Elemen Jaga Keamanan dan Kerukunan

Menjelang perayaan Cheng Beng atau dikenal juga dengan sebutan sembahyang kubur merupakan tradisi bagi warga Tionghua dalam menghargai leluhurnya. Puncak peringatan Cheng Beng akan digelar, 5 April nanti, sebelum memasuki hari H puncak Cheng Beng, warga

Minggu, 24 Mar 2019 21:15Berita Sumut

Satu Dari Tiga Pelaku Penganiayaan Diringkus Tim Pegasus

,,RHP,, (34 ) warga jalan Rotan IX Prumnas Simalingkar Kecamatan Pancurbatu Kabupaten Deliserdang

Minggu, 24 Mar 2019 21:00Berita Sumut

Nenek 11 Cucu Terpaksa Nginap di "Hotel Prodeo"

Nenek ,,S,, (58) yang memiliki sebelas cucu warga Jalan SM Raja Kecamatan Medan Kota terpaksa

Minggu, 24 Mar 2019 20:45Berita Sumut

Muspika Namorambe Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Guna mensukseskan pesta demokrasi diwilayahnya, Muspika Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Minggu, 24 Mar 2019 20:29Berita Sumut

Nicko Perdana Putra Akan Atasi Banjir di Tebingtinggi Apabila Diberi Amanah Menjadi Wakil Rakyat

Nicko Perdana Putra Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Golkar Kota Tebingtinggi dengan nomor urut 5

Minggu, 24 Mar 2019 19:30Nasional

Pangdam I/BB "Berangkat tugas operasi adalah Tugas Mulia Bagi seorang Prajurit"

Panglima kodam I Bukit Barisan (Pangdam I/BB) Mayjen TNI M.Sabrar Fadhilah beserta rombongan dari Kodam I/BB

Minggu, 24 Mar 2019 19:15Lifestyle

WOW! Batuk dan Pilek Berkepanjangan Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya

Banyak masyarakat Indonesia yang mengalami gangguan pendengaran atau biasa disebut tuli

Minggu, 24 Mar 2019 19:15Nasional

GMNI: Hoax Hingga Terorisme adalah Politik kotor

Dalam menyikapi dinamika kehidupan bangsa saat ini, organisasi mahasiswa, termasuk Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)

Minggu, 24 Mar 2019 19:00Bola

Pascal Plancque: Van Dijk adalah Monster di Dunia Sepak Bola

Ketangguhan bek Liverpool, Virgil van Dijk, di dunia sepakbola tentu sudah tak perlu diragukan lagi.

Minggu, 24 Mar 2019 18:45Bola

Chelsea Rekrut Christian Pulisic, Legenda Amerika Serikat

Salah satu pemain legendaris Timnas Amerika Serikat, Brian McBride

Minggu, 24 Mar 2019 18:30Internasional

Bermotif Etnis, Sedikitnya 134 Tewas dalam Penyerangan

Sedikitnya 134 orang terbunuh dalam sebuah serangan di sebuah desa di selatan Mali yang tampaknya didorong motif etnis.

Minggu, 24 Mar 2019 18:15Internasional

Lebih Dari 1000 Penumpang Kapal Pesiar Dievakuasi

Tim penyelamat bekerja keras untuk mengevakuasi 1.300 orang dari sebuah kapal pesiar yang terdampar di pantai barat Norwegia.

Minggu, 24 Mar 2019 18:11Berita Sumut

Slank Hipnotis Milenial Medan di Acara Anti Narkoba Polda Sumut

Selamat siang milenial, sapa kaka yang mempunyai nama asli Akhadi Wira Satriaji vokalis grub band Slank. Setelah beberapa lagu dimainkan, Kaka pun meminta Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto untuk naik keatas panggung dan bernyanyi bersama.

Minggu, 24 Mar 2019 18:00Nasional

Didepan Pendukungnya, Pak Prabowo Orasikan Anggaran Negara Bocor

Capres 02, Prabowo Subianto dalam orasinya saat menghadiri kampanye terbuka