• Home
  • Nasional
  • Tenggak Polylab Etanol, Dua Pelajar Tewas dan Belasan Orang Terpaksa Dirawat

Tenggak Polylab Etanol, Dua Pelajar Tewas dan Belasan Orang Terpaksa Dirawat

Mtc/James Selasa, 23 Januari 2018 13:55 WIB
Ilustrasi minuman keras (miras) palsu mengandung Etil Alkohol. (ANTARA/Prasetia Fauzani)
MATATELINGA, Banjarmasin : Dua orang pelajar tewas serta belasan lainnya masih dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, diduga akibat menenggak cairan Polylab Etanol. 

Berdasarkan informasi yang didapat Selasa, diketahui pada Senin (21/1) sekitar jam 10.00 Wita, seorang remaja berstatus pelajar berinisial WHY (21) meninggal dunia diduga akibat mengonsumsi cairan Polylab Etanol dicampur minuman energi sebagai penambah rasa, sementara MN (17) rekan WHY menenggak cairan tersebut juga meninggal sekitar jam 16.30 Wita.


Dari data Kapolsek Batumandi Iptu Rudianto yang menangani kasus tersebut, tercatat sebanyak 14 anak yang meminum cairan Polylab Etanol tersebut.

"Hingga saat ini dua pelajar telah meninggal dunia, satu orang masih di ICU, yaitu ZL (20), kemudian MA di ruang perawatan anak karena masih berusia 15 tahun, serta delapan orang lainnya di IGD dan dua orang baru memeriksakan diri diantar pihak keluarga," jelasnya.


Sementara itu FS (16) dan WH (19) mengaku minum pada hari Sabtu (20/1), kemudian KH (19) mengaku minum pada hari Jumat (19/1), mengeluhkan sakit di bagian perut bagian bawah dan perut bagian sebelah kanan.

"Awal mula mereka mengalami bibir kering, pusing, sakit kepala berat, sakit pada perut bagian bawah apalagi saat kencing, sakit pada perut bagian kanan, mual, beberapa ada yang muntah," terang para korban.


Sebelumnya, sejak Kamis (18/1) mereka sudah minum namun efeknya tidak parah, ujar para korban. Namun karena mungkin kebanyakan minum sehingga efeknya bertambah berat. Saat ini para korban masih terus dirawat intensif di RSUD Balangan.

Untuk diketahui, cairan Polylab Etanol memang tidak mudah dijumpai di toko-toko obat di pasaran, bahkan di pusat kesehatan ataupun di rumah sakit. Cairan tersebut biasanya dibutuhkan untuk kegiatan praktek di laboratorium. Mtc/Ant
Editor: James P. Pardede

T#g:Polylab Etanoltewas
Komentar
Minggu, 24 Feb 2019 12:30Berita Sumut

Kantongi 5 Paket Diduga Sabu, Meringkuk di terali besi

Seorang pria bertempat tinggal seputaran Jalan Medan Binjai Km 10 Gg Dame, Desa Sei Senayang, Kecamatan Sunggal, Deliserdang, harus jerasakan dingin terlali besi. Pasalnya, dia ditangkap Tim Pegasus Polsek Sunggal Polrestabes Medan

Minggu, 24 Feb 2019 11:32Aceh

Kapolri Tekankan Pentingnya Keamanan Bagi Pembangunan Aceh

Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., tiba di Mapolda Aceh untuk meresmikan gedung Ditsamapta dan gedung Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung pertemuan dan ge

Minggu, 24 Feb 2019 10:46Berita Sumut

Camel "Petir" Ingin Berbagi dan Berjuang untuk Rakyat

Jelang masa kampanye Pileg dan Pilpres 17 April 2019 mendatang, Caleg DPR RI, Dapil Sumut 1 dari partai Golkar, Camellia Panduwinata Lubis akan melaksanakan ibadah umroh pada tanggal 25 Februari hingga 5 Maret 2019.

Minggu, 24 Feb 2019 10:33Internasional

Tembus Blokade Pemerintah Venezuela, AS Kirimkan Bantuan Kemanusian

Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido mengumumkan pengiriman bantuan kemanusiaan pertama telah tiba di Venezuela dari perbatasan selatan dengan Brazil.

Minggu, 24 Feb 2019 10:18Nasional

Terkait Kebakaran Kapal Nelayan, 7 Orang Saksi Diperiksa

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono menyebutkan polisi telah memeriksa tujuh tujuh orang saksi terkait kebakaran besar yang menghanguskan 18 kapal di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

Minggu, 24 Feb 2019 10:03Lifestyle

AS Ciptakan Robot Karena Kesulitan Cari Tenaga Kerja, Bagaimana Dengan Tanah Air

Industri pertanian dan agraria dunia diprediksi akan segera mengalami revolusi secara besar-besaran.

Minggu, 24 Feb 2019 09:30Internasional

Sejarah Terciptanya Angka Nol Hingga Kisah Revolusi Matematika di India

Seperti China, sejak lama India telah mendapatkan manfaat besar dari desimal atau sistem bilangan yang menggunakan basis sepuluh.

Minggu, 24 Feb 2019 08:52Nasional

Bolos Hamir 3 Bulan, Oknum ASN Dipecat

Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama membenarkan bahwa Hayati Syafri diberhentikan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Minggu, 24 Feb 2019 08:37Nasional

Terlibat Pesta "Kaca", 3 Oknum Polri dan 1 Wanita Mendekam di Balik Jeruji Besi

Ditresnarkoba Polda Sulsel mengungkap penyalahgunaan narkoba jenis sabu yang melibatkan tiga anggota Polri dan satu perempuan.

Minggu, 24 Feb 2019 08:22Ekonomi

WOW1 Ditengah Kisruh Perang Dagang, China Beli Produk AS, Kok Bisa...

Negosiasi perdagangan antara Amerika Serikat dengan Republik Rakyat China mendekati tahap akhir.

Minggu, 24 Feb 2019 08:07Lifestyle

Pentingnya Pendidikan, Pernah Drop Out, 5 Orang Sukses ini Kuliah Kembali

Dunia profesional tidak kekurangan tokoh sukses yang drop out dari universitas; Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Steve Jobs adalah beberapa contoh yang paling sering disebut dan pilihan hidup mereka ini kerap ditiru oleh mahasiswa-mahasiswa yang mengidola

Minggu, 24 Feb 2019 07:52Nasional

Orang Terkaya Nomor Satu Dunia ini Berikan Tips Kehidupan

Selain menjalankan yayasan amal swasta terbesar di dunia, Bill dan Melinda Gates adalah orang tua yang memiliki tiga anak yaitu, Jennifer (22), Rory (19), dan Phoebo (16).

Minggu, 24 Feb 2019 07:37Nasional

Halangi Jalur Lintas Pejalan Kaki, Laki - Laki ini Sontak Viral

Belum lama ini, beredar video viral di media sosial yang memperlihatkan ketika seorang laki-laki menginjak bagian atas mobil berwarna putih yang menghalangi sebagian jalur pejalan kaki atau zebra cross di sebuah jalan raya.

Sabtu, 23 Feb 2019 23:37Lifestyle

WOW! Luar Biasa, Siswa Farmasi Rakit Robot

Belajar tentang robotik tidak selalu menyulitkan. Pada orang-orang tertentu membuat program dan merakit bagian robot bisa menjadi kegiatan menyenangkan. Hal inilah yang dirasakan oleh seorang anak bernama Serlina.

Sabtu, 23 Feb 2019 23:29Lifestyle

Tidur Saat Rambut Basah Bisa Terkena Penyakit "Mematikan" Loh...

Mandi dan keramas di malam hari setelah seharian bekerja menjadi salah satu kebiasaan banyak orang. Badan yang lelah dan lengket dipenuhi keringat bakal kembali segar seusasi mandi.

Sabtu, 23 Feb 2019 23:24Lifestyle

Ingin Selalu "On" di Ranjang, Berikut 3 Obat Kuat dengan Bahan Alami

Semua pria tentu ingin terlihat gahar dan greng saat berada di atas ranjang. Namun sayangnya, masih banyak orang yang nekat menggunakan obat kuat berbahan kimia yang memiliki dampak negatif bagi kesehatan.