• Home
  • Nasional
  • Viral, Peristiwa E-Tilang Menggelitik Warga Net

Viral, Peristiwa E-Tilang Menggelitik Warga Net

Mtc Rabu, 20 Februari 2019 08:39 WIB
GOOGLE
Penerapan electronic traffic law enforcement (ETLE) atau e-tilang di Kota Solo, Jawa Tengah, membuat para pengguna jalan panik. Sistem baru tersebut telah menjerat beberapa pengendara yang kedapatan melanggar aturan lalu lintas.
MATATELINGA, Solo: Penerapan electronic traffic law enforcement (ETLE) atau e-tilang di Kota Solo, Jawa Tengah, membuat para pengguna jalan panik. Sistem baru tersebut telah menjerat beberapa pengendara yang kedapatan melanggar aturan lalu lintas.



Salah satu pelanggar yang mendapat surat konfirmasi tilang dari Satlantas Polresta Surakarta berbagi kisah kepada warganet. Kisah unik tersebut dibagikan oleh pemilik akun Instagram @agendasolo pada Selasa 19 Februari 2019.

Dalam unggahan itu, pelanggar menceritakan kisah unik yang dialaminya menjadi korban sistem e-tilang. Kala itu, dia yang mengendarai mobil Mitsubhisi Colt tertangkap kamera pengawas tidak mengenakan sabuk pengaman. Hal itulah yang membuatnya dikirimi surat tilang.

"Aku kena di bangjo Komplang. Sekarang canggih banget, bisa tau nomor HP istriku segala. Istriku di-SMS, biaya tilang Rp150.000," tulis unggahan si pelanggar berbagi kisahnya, sebagaimana dilansir oleh wartawan.

Kisah unik yang viral tersebut langsung direspons warganet. Melalui kolom komentar, mereka saling mengingatkan kepada pengendara untuk berhati-hati dan selalu tertib berlalu lintas. Apalagi, saat ini Satlantas Polresta Surakarta menerapkan sistem e-tilang yang ditunjang kamera pengintai canggih.

"Salah satu cara menghindari tilangan yaitu dengan cara tertib (lengkap surat STNK, helm, sabuk pengaman, dll), yang kedua, belok jalan lain alias menghindari bangjo atau jalan yang ada CCTV-nya. Semoga selamat sampai tujuan teman," komentar @dhek_yulii.



"Mata elang kalah tajam ini jelas. Yang penting jangan keterlaluan. Soalnya orang khilaf itu perlu diperingatkan, dikasih tahu dulu. Jangan langsung eksekusi," imbuh @bektihm.

"Udah ada aturan kenapa harus dilanggar sih? Beli mobil sama motor saja sanggup, tapi otak enggak punya," imbuh @kiky_yogi.

Sementara itu, sejumlah netizen lainnya menilai, penerapan e-tilang tidak adil. Pengguna jalan merasa terus diawasi yang terkadang membuat mereka ketakutan, sekalipun tidak melanggar aturan.

"Makin sedikit polisi yang ada di jalan. Karena pilih lihat CCTV daripada mangkal di perempatan," komentar @om_condro.

"Harusnya ada situs atau akun media sosial lain yang khusus dari Polantas untuk menginformasikan siapa saja yang melanggar. Jangan cuma disurati saja di pemilik STNK. Lha kita yang tangan kedua dan belum balik nama kan enggak tau," imbuh @didit_riyant.

"Sebenarnya CCTV-nya lebih bagus lagi kalau ada speaker langsung. Jadi, yang melanggar langsung dihalo-halo," timpal @mitojo19.    

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:blibliE-TilangMatatelingaTerkiniUji Coba E-Tilangviral
Komentar
Jumat, 22 Mar 2019 14:50Berita Sumut

Harga Cabai Sentuh Rp 25 Ribu/Kg, Bakal Capai Inflasi Tinggi

Sumatera Utara (Sumut) diperkirakan akan mencetak inflasi besar di bulan Maret ini. Ada kenaikan harga cabai merah yang dari sebelumnya sekitar Rp 15 ribuan per Kg, saat ini dijual dikisaran Rp 25 ribu per Kg. kenaikannya lebih dari 50%.

Jumat, 22 Mar 2019 14:30Berita Sumut

Pagelaran Pesona Budaya Sergai di PRSU Promosikan Seni dan Budaya

Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya menghadiri pentas Seni Malam Pagelaran Pesona Budaya Kabupaten Sergai pada Pekan Raya Sumatera Utara PRSU ke-48 Tahun 2019, Kamis (21/3). Kegiatan ini dilaksanakan di Open Stage PRSU Jl Gatot Subroto Tapian Daya Medan.

Jumat, 22 Mar 2019 14:14Berita Sumut

Tim Supervisi PKK Sumut Berkunjung ke Binjai

Tim Supervisi Kelurahan Pelaksanaan tertib administrasi PAAR cinta kasih, UP2K PKK, hatinya PKK, Iva test, Kesrag PKK KB Kes, posyandu, PHBS, LBS, dan PTP2WKSS tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2019 berkunjung ke Kota Binjai.

Jumat, 22 Mar 2019 13:55Berita Sumut

Poldasu Ciduk Penghina Presiden di Medsos

Personil Ditkrimsus Polda Sumut menciduk seorang pelaku penghina Presiden Joko Widodo di media sosial. Pelaku berinisial ZA (25) dicokok dari kediamannya di Dusun 1 Desa Sipare-pare Kecamatan Air Putih, Batubara, Kamis (21/3).

Jumat, 22 Mar 2019 12:30Berita Sumut

Penyerang Loket Koperasi Bintang Tapanuli Diringkus Polisi

Sebanyak 4 orang pelaku penyerangan dan penganiayaan di loket angkutan umum Koperasi Bintang Tapanuli (KBT) jln. SM. Raja kel. Harjosari 1 kec. Medan Amplas berhasil diringkus Personil Polsek Patumbak. Sisanya 4 pelaku lainnya masih diburu polisi.

Jumat, 22 Mar 2019 12:00Berita Sumut

Kodam I/BB Kerahkan 20 Ribu Personil Bantu Polri Kawal Pemilu 2019

Untuk membantu Polri dalam mengamankan Pemilu 2019, Kodam I/Bukit Barisan mengerahkan personilnya. Sembilan diantaranya diperbantukan di Sumatera Utara.

Jumat, 22 Mar 2019 11:31Berita Sumut

13 Ribu Personil Gabungan Dikerahkan Kawal Pemilu 2019 di Sumut

Sebanyak 13.002 orang personil gabungan dari jajaran Polda Sumatera Utara dan Kodam I Bukit Barisan dikerahkan untuk mengamankan proses tahapan inti dalam Pemilu 2019. Dua pertiga diantaranya merupakan perbantuan dari TNI.

Jumat, 22 Mar 2019 11:15Berita Sumut

Pemkab Asahan Berikan Apresiasi Kepada Polisi Atas Pelimpahan Berkas Penyebar HOAX Ke JPU

Sat.Resrim Polres Asahan telah melengkapi serta menyerahkan seluruh berkas dan tersangka penyebar HOAX

Jumat, 22 Mar 2019 11:01Berita Sumut

Polisi Ringkus Dua Pelaku Penyebar Video Hoax Surat Suara Tercoblos di Sumut, Ini Motifnya

Personil Ditkrimsus Polda Sumatera Utara akhirnya berhasil meringkus dua pelaku penyebar video hoax surat suara 01 tercoblos di Sumatera Utara. Keduanya merupakan warga Provinsi Jawa Barat.

Jumat, 22 Mar 2019 11:00Berita Sumut

Wakil Bupati Asahan Hadiri Takjiah Malam Ketiga Amarhumah Ibunda UAS

Wakil bupati Asahan H.Surya.BSc bersama ribuan warga masyarakat Asahan mengahadiri takjiah malam ketiga almarhumah ibunda Ustadz Abdul Somad (UAS)

Jumat, 22 Mar 2019 10:43Berita Sumut

Kapolrestabes Medan Hadiri Apel Gelar Pasukan Dilapangan Benteng Medan

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi menghadiri kegiatan Apel gelar pasukan yang dilaksanakan di lapangan Benteng jalan pengadilan Medan, Jum'at (22/03/2019).

Jumat, 22 Mar 2019 10:02Nasional

NasDem Kian Optimistis Hadapi Pemilu 2019

Partai NasDem kian optimistis menatap Pemilu 2019 karena yakin akan masuk tiga besar dengan perolehan minimal 100 kursi DPR.

Jumat, 22 Mar 2019 08:15Lifestyle

Pedangdut Siti Badriah Resmi Dilamar Sang Kekasih

Rasa bahagia kini tengah menyelimuti pedangdut Siti Badriah

Jumat, 22 Mar 2019 08:00Nasional

Sadis, Bayi Ditemukan Telanjang dan Ditutupi Genteng

Warga Kampung Poncol Nomor 67 RT 09 RW 16, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jumat, 22 Mar 2019 07:45Lifestyle

Di Isukan Sudah Menikah Lagi, Lucinta Luna Umbar "Foto Hotnya"

Penyanyi penuh kontroversi Lucinta Luna kembali menghebohkan publik

Jumat, 22 Mar 2019 07:30Bola

Tak Dapat Hazard Madrid Akan Beli Pemain West Ham

Real Madrid tengah gencar mencari pemain yang akan direkrut pada awal musim depan