MARHABAN YA RAMADHAN

Sail Nias Tahun 2019 Resmi Diluncurkan,

Wagub Sumut : Nias Akan Segera Bangkit

Mtc Jumat, 15 Maret 2019 07:24 WIB
Matatelinga
Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) Puan Maharani selaku Wakil Ketua Panitia Pengarah, dan mewakili Menteri Pariwisata Republik Indonesia yak
MATATELINGA, Jakarta:  Sail Nias Tahun 2019 resmi diluncurkan di Grand Ballroom Hotel Sultan Jakarta, Kamis malam (14/3/2019). Peluncuran Sail Nias Tahun 2019 yang mengusung tema "Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia" ditandai dengan pemukulan gendang alat musik khas Nias 'Fodrahi'.



Gendang 'Fodrahi' dipukul bersama-sama oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah dan Bupati Nias Selatan Hilarius Duha selaku tuan rumah, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly selaku Ketua Panitia Pusat Sail Nias Tahun 2019, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) Puan Maharani selaku Wakil Ketua Panitia Pengarah, dan mewakili Menteri Pariwisata Republik Indonesia yakni Penasehat Kehormatan Menteri Pariwisata Indroyono Susilo.

Wagub Musa Rajekshah atau yang akrab disapa dengan Ijeck menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepercayaan dan dipilihnya Sumatera Utara, khususnya Nias, sebagai tuan rumah untuk ajang tahunan wisata bahari pada tahun 2019. Menurutnya, dengan dipilihnya Nias sebagai tuan rumah, akan membantu mempercepat pembagunan dan kebangkitan Nias.



"Saya yakin Nias akan segera bangkit. Khususnya dengan adanya kegiatan Sail Nias ini. Sesuai dengan tema untuk tahun ini, yakni Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia, mudah-mudahan bisa terwujud melalui event ini. Mari bersama-sama, kita sukseskan Sail Nias Tahun 2019," ucap Ijeck dalam sambutannya.

Ijeck meyakini bahwa Sail Nias Tahun 2019 merupakan strategi pariwisata yang tepat, mendatangkan banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang tentunya akan memberi kontribusi devisa dan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Nias dan Sumut secara khusus, serta Indonesia secara umum.



"Dengan melihat meriahnya launching hari ini, saya optimis kita bisa suskeskan Sail Nias Tahun 2019. Mudah-mudahan sinergi seperti ini akan terus berlanjut," harapnya.

Sebelumnya, mengawali acara Ijeck menyematkan pakaian khas Nias kepada Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menko PMK Puan Maharani, Penasehat Kehormatan Menteri Pariwisata Indroyono Susilo, dan Duta Besar Iran Valiollah Muhammadi mewakili negara sahabat.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly sebagai Ketua Panitia Pusat Sail Nias 2019 menyampaikan bahwa Sail Nias 2019 akan berlangsung pada bulan Juli hingga September 2019 di lima kabupaten/kota Nias dengan 17 rangkaian kegiatan. Puncak acara direncanakan terlaksana pada bulan September di Teluk Dalam, Nias Selatan.



"Adapun beberapa rangkaian diantara 17 kegiatan yakni World Surf League Nias, Wonderful Expo, Parade Kapal Nelayan Tradisional, Seminar Warisan Budaya Nias, Kuliner, Festival Lompat Batu (Fahombo Batu), Ekspedisi, Fetival Kepulauan, Atraksi Terjun Payung, dan lainnya," jelas Laoly.

Sementara itu, Menko PMK Puan Maharani selaku Wakil Ketua Panitia Pengarah Sail Nias 2019 menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya ajang tahunan wisata bahari ini adalah untuk mengukuhkan kembali identitas Indonesia sebagai negara bahari, mengembangkan rute-rute pelayaran, serta sebagai strategi pariwisata.

"Untuk menyukseskan Sail Nias ini, tentunya diperlukan sinergi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah. Ini merupakan momentum strategis bagi Nias, saya harapkan impian kita untuk melakukan pengembangan Nias sebagai destinasi wisata dunia bukan hanya sebatas tahun 2019 ini, tetapi juga berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya," pesan Puan.

Acara Launching Sail Nias Tahun 2019 berlangsung meriah. Sepanjang acara diwarnai dengan penampilan seni dan budaya khas Nias. Salah satunya yang paling menarik ialah atraksi Fahombo Batu yang ditampilkan secara langsung di dalam Ballroom Hotel Sultan. Adapun beberapa tarian yang ditampilkan dalam acara tersebut yakni tarian selamat datang Fame Amo, Fataelusa, dan Tarian Maena.

Selain itu, dalam acara tersebut, dilakukan pula teleconference dengan jajaran Pemerintah Provinsi Sumut dan masyarakat Nias di Gunungsitoli serta Bawomataluwo terkait antuasisme dalam menyambut dan mendukung event Sail Nias Tahun 2019. Tampak Asisten Administrasi Umum dan Aset Sumut Zonny Waldi berbicara di layar dari Kantor Gubernur Sumut, Medan. "Kami selaku Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan tentunya masyarakat Sumatera Utara siap bersinergi sukseskan acara ini. Sail Nias Tahun 2019, suksek!" ujarnya memberikan dukungan lewat video telekomunikasi.

Acara berakhir dan ditutup dengan menarikan bersama Tarian Maena. Tampak Wagub Sumut Musa Rajekshah juga turut bergabung dan menikmati tarian. Kemudian, dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan hiburan.

Turut hadir di penghujung acara Menteri Pariwisata Arief Yahya. Kemudian, mewakili beberapa kabinet kerja, para duta besar dan organisasi internasional. Turut mendampingi Wagub yakni Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Wan Hidayati, Bupati dan Walikota se-Kepulauan Nias, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, dan Forkopimda Sumut.
Editor: Amrizal

T#g:MatatelingaSail Nias Tahun 2019TerkiniWagubsu ijeckdiluncurkan
Komentar
Senin, 20 Mei 2019 18:15Berita Sumut

Edy Rahmayadi Bakal Pugar dan Renovasi Taman Makam Pahlawan

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahyamadi bersama rombongan Forkopimda Sumut dan tokoh masyarakat mengadakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan SM Raja Medan, Senin (20/5), dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111

Senin, 20 Mei 2019 18:00Berita Sumut

Pertama Kali Kunker ke Gunungsitoli, Ijeck : Semoga Memberikan Manfaat Pada Masyarakat

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah melakukan kunjungan kerja ke Gunungsitoli, Senin (20/5). Wagub bertatap muka dan bersilahturahmi dengan Forkopimda dan OPD Pemko Gunungsitoli.

Senin, 20 Mei 2019 17:45Berita Sumut

Gelar Operasi Pekat, Jajaran Polda Sumut Ringkus 1.239 Tersangka

Selama pelaksanaan Operasi Pekat Toba mulai 3 sampai dengan 17 Mei, jajaran Polda Sumut berhasil mengungkap 870 kasus tindak pidana dengan 1.239 tersangka.

Senin, 20 Mei 2019 17:30Berita Sumut

Belasan Anggota Geng Motor Penyerang SMAN 5 Medan Diciduk Polisi

Belasan anggota geng motor yang menyerang dan merusak SMA Negeri 5 Medan pada Rabu (8/5/2019) lalu berhasil diciduk polisi. Total ada 12 orang yang diringkus, termasuk ketua komplotan geng motor yang bernama 234SC Medan Area.

Senin, 20 Mei 2019 17:15Berita Sumut

Masyarakat Diimbau Tetap Bersatu Setelah Pesta Demokrasi

Seluruh rakyat Indonesia diimbau untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan setelah pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2019. Serta bersama-sama menunggu pengumuman hasil Pemilu pada 22 Mei 2019.

Senin, 20 Mei 2019 17:00Berita Sumut

Disisa Masa Jabatan, Irsal Fikri Dorong Pemko Medan Bangun Rumah Singgah bagi ODHA

Pemerintah Kota (Pemko) Medan diminta untuk membangun Rumah Singgah khusus bagi Orang Dengan Penderita HIV/AIDS (ODHA). Terkait penganggaranya, DPRD Medan siap untuk mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Rumah Singgah tersebut.

Senin, 20 Mei 2019 16:45Berita Sumut

Edy Imbau Masyarakat Dewasa Sikapi Hasil Pemilu

Jelang pengumuman hasil Pemilu pada 22 Mei 2019 mendatang, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengimbau seluruh masyarakat Sumut agar dewasa menyikapi apapun yang menjadi hasil nantinya. Bagaimanapun, Sumut merupakan rumah bersama yang harus di

Senin, 20 Mei 2019 16:30Berita Sumut

Soal Pembatalan PBI BPJS, DPRD Wacanakan Interpelasi Walikota Medan

Terkait proses pembatalan 12 ribu warga Medan menjadi peserta Program Bantuan Iuran Badan Penyelanggaran Jaminan Sosial (PBI BPJS) Kesehatan, Komisi II DPRD Medan berencana melakukan hak interpelasi kepada Walikota Medan.

Senin, 20 Mei 2019 16:15Berita Sumut

Irup Harkitas, Plt Bupati Asahan Sampaikan Pesan Menkominfo

Plt Bupati Asahan H.Surya, BSc bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 111, Senin (20/5/2019) di halalaman kantor bupati Asahan.

Senin, 20 Mei 2019 16:00Berita Sumut

Wali Kota Sahur Bersama Ratusan Masyarakat di Masjid Al Amin

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH kembali melaksanakan Safari Subuh, Senin (20/5). Di dampingi Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM beserta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di ling

Senin, 20 Mei 2019 15:45Berita Sumut

Jadi Irup Harkitnas 2019, Gubsu Ajak Masyarakat Bangkitkan Semangat Gotong Royong

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019 menjadi momen bagi seluruh rakyat Indonesia untuk membangkitkan semangat persatuan dan gotong-royong. Hal itu penting dalam upaya mengisi pembangunan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indon

Senin, 20 Mei 2019 15:28Berita Sumut

Tanggapi Aksi 22 Mei, Polda Sumut : Masyarakat Jangan Resah, Kondisi di Sumut Kondusif

Polda Sumatera Utara memastikan kondisi di Sumatera Utara kondusif menjelang tanggal 22 Mei 2019 mendatang. Polisi memberikan jaminan kenyamanan bagi warga yang beraktifitas.

Senin, 20 Mei 2019 15:00Berita Sumut

13.002 Personil Polri Disiagakan Saat Aksi 22 Mei di Medan

Polda Sumatera Utara mengerahkan 13.002 personil Polri untuk mengantisipasi adanya aksi unjuk rasa pada tanggal 22 Mei 2019 mendatang. Fokus pengamanan akan dilakukan di Kantor Bawaslu dan KPU Sumut.

Senin, 20 Mei 2019 14:07Berita Sumut

Dukung Penyelenggara Pemilu, Mahasiswa di Medan Serahkan Seratus Ribu Tandatangan Untuk Bawaslu

Seratusan mahasiswa di Medan menggeruduk Kantor Bawaslu Sumut di Jalan Adam Malik, Senin (20/5/2019). Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sumut Jaga Persatuan Indonesia ini menyatakan dukungan terhadap pelaksanaan Pemilu di Indonesia yang di

Senin, 20 Mei 2019 13:45Berita Sumut

Pao Ditemukan Tewas Membusuk dalam Rumah Penangkaran Walet

Seorang lelaki yang diketahui bernama Syahrial Sitorus alias Pao (23) warga jalan HOS.Cokroaminoto Kisaran, ditemukan tewas dalam kondisi sudah mulai menebarkan aroma tidak sedap, Senin (20/5/2019) sekira pukul 09.00 wib.

Senin, 20 Mei 2019 13:14Berita Sumut

Hampir 4 Tahun Sandang Level IV, Gunung Sinabung Turun Status

Status aktivitas Gunungapi Sinabung yang sejak tahun 2015 berpredikat level IV (Awas) diturunkan menjadi level III (Siaga). Penurunan status ini sebagaimana urat nomor 948/45/BGL.V/2019 dari Kementerian ESDM Badan Geologi.