• Home
  • Nasional
  • Walau Tak Disukai Rakyatnya, Preseden Jokowi Tetap Lakukan ini Untuk Rakyatnya

Walau Tak Disukai Rakyatnya, Preseden Jokowi Tetap Lakukan ini Untuk Rakyatnya

Mtc Kamis, 10 Januari 2019 21:05 WIB
google
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Bunyi sila kelima dalam Pancasila itu benar-benar ingin diwujudkan Joko Widodo (Jokowi) ketika terpilih menjadi Presiden RI pada Pilpres 2014 lalu dalam menjalankan roda pemerintahan.
MATATELINGA: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Bunyi sila kelima dalam Pancasila itu benar-benar ingin diwujudkan Joko Widodo (Jokowi) ketika terpilih menjadi Presiden RI pada Pilpres 2014 lalu dalam menjalankan roda pemerintahan.



"Adil bagi rakyat menurut saya adalah bukan sekedar membagikan hadiah atau stimulus rata pada rakyat sehingga yang senang semakin senang dan yang miskin bisa tertawa. Tidak," ujar Jokowi seperti dikutip Okezone dari buku bertajuk "Jokowi Menuju Cahaya", Kamis (10/1/2019).

Dalam buku karya Alberhiene Endah tersebut dituliskan, adil menurut Jokowi adalah peka melihat persoalan di setiap wilayah, bahkan yang terpencil sekalipun dan berusaha mengantarkan mereka pada keadaan kondusif untuk meraih kehidupan lebih baik.

Lantas, langkah apa yang diambil Jokowi agar keadilan di negeri ini dapat terwujud?

Pembangunan yang merata adalah salah satu cara yang diambil Jokowi agar seluruh masyarakat Indonesia bisa mudah mendapat akses dalam menjalankan roda perekonomian mereka.



Contoh, ketika petani di pedalaman susah menjual hasil buminya lantaran jalan di tempat tinggalnya masih buruk. Pupuk dan bibit yang mereka beli untuk melanjutkan pertanian pun didapat dengan harga mahal lantaran mahalnya biaya logistik.

"Saya juga melihat Indonesia yang masih gemar memelihara birokrasi yang ruwet," kata Jokowi.

Karena itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun terus melakukan perbaikan dengan memangkas segala perizinan yang menurutnya tidak perlu sehingga perekonomian bisa berjalan dengan cepat.

Dan yang harus direnungkan saat ini, sambungnya, apakah potensi yang melimpah di negeri ini tidak bisa menyelesaikan masalah?

"Yang kita perlukan adalah strategi yang tepat dibarengi niat positif dan kedisiplinan yang teguh. Saya tidak pernah percaya bahwa ada masalah yang tidak mungkin ketemu solusinya," uajrnya.



Reformasi di banyak hal pun dilakukan. Mulai dari memandang pembangunan, budaya kerja, sampai reformasi daalam cara memimpin atau memerintah.

Dalam mencipakatan pembaruan tersebut, Jokowi sadar kesulitan terberat yang akan menghadangnya adalah mengawali prosesnya. Misalnya, soal infrastruktur.

Dalam gambarannya, dengan adanya infrastruktur yang memadai, masyarakat bisa menembus batas jarak untuk menghidupkan ekonomi.



Itu mimpinya. Tapi realisasinya, dirinya paham bahwa pembangunan jalan modern memakan waktu lama dan menyedot dana besar. Sepanjang proses pasti melahirkan banyak protes.

"Risikonya saya bisa tidak disukai atau tidak disetujui. Mana yang saya pilih? Memimpin untuk disukai atau memimpin untuk memperbaiki hidup rakyat? Saya pilih yang kedua," tegasnya.

Agar bisa mewujudkan segala impiannya yang dibangun sejak masih jadi rakyat kecil itu, ia sadar membutuhkan "pasukan" yang kuat.

"Saya membutuhkan anak buah yang tangguh untuk menciptakan perubahan," tandasnya.

(Mtc/Okz)
Editor: Fjr

Sumber: Okezone

T#g:blibliMatatelingaPresiden JokowiRakyatTerkiniUntuk
Komentar
Kamis, 23 Jan 2020 21:39Nasional

Putri Tanjung Tokoh Milenial Yang Akan Tampil di HPN Kalsel 2020

Pertemuan Staf Khusus Presiden Joko Widodo yang juga CEO dan Founder Creativepreneur Putri Indahsari Tanjung, serta Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari di Kantor PWI Pusat, Lantai 4 Gedung Dewan Pers

Kamis, 23 Jan 2020 21:34Berita Sumut

Kasat Narkoba AKP Rasmaju Tarigan SH : Ini Ungkapan Selama Dua Bulan

Polres Tanah Karo terus membelah dan mempersempit ruang gerak para pelaku penyalah gunaan narkotika. Ini terbukti dari dua bulan terakhir, melalui Satuan Narkoba berhasil mengamankan sebanyak 13 pelaku penyalah gunaan narkotika tersebut

Kamis, 23 Jan 2020 20:06Berita Sumut

Optimalkan Serapan Garam Negeri, Tataniaga Impor Garam Harus Diubah

Serapan garam dalam negeri hingga kini belum optimal, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pun menyarankan pemerintah melakukan perubahan tataniaga impor garam industri.

Kamis, 23 Jan 2020 19:47Berita Sumut

Sepuluh Kali Beraksi, Spesialis Curat Terkapat di Terjang Timah Panas

Polsek Medan Kota melakukan tindakan tegas terukur terhadap seorang tersangka spesialis pencurian dengan pemberatan (curat) sasaran sepeda motor yang sudah 10 kali beraksi.

Kamis, 23 Jan 2020 19:19Berita Sumut

Empat Pelaku Pencurian di Tembak Petugas Unit Jatanras Polres Asahan

Empat pelaku bongkar rumah dan pencurian hp di kios ponsel dibekuk petugas Unit Jatanres Sat Reskrim Polres Asahan. Ke empat nya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas dibagian kakinya karena berusaha melawan petugas dan melarikan diri saat hendak ditan

Kamis, 23 Jan 2020 19:00Nasional

Kemendagri Serahkan DP4 ke KPU untuk Pilkada 2020

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) untuk Pilkada Serentak Tahun 2020. Penyerahan DP4 dilakukan langsung

Kamis, 23 Jan 2020 18:45Berita Sumut

Pengangkatannya Digugat di PTUN- kan, Ini Tanggapan Plt Dirut PD Pasar

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Umum (Dirut) PD Pasar Kota Medan Nasib menegaskan, dirinya bersama Plt Dirut Operasional Gelora KP Ginting akan tetap menjalankan tugas seperti biasanya di perusahaan milik Pemko Medan yang menangani seluruh pasar di Kota Me

Kamis, 23 Jan 2020 18:30Berita Sumut

Kantongi Sabu Paket Rp50 Ribu, Dua Pria Ini Berakhir di Jeruji Polsek Patumbak

Polsek Patumbak menyita barang bukti satu paket narkotika jenis sabu-sabu seharga Rp 50 ribu dari dua pria, masing-masing berinisial IS (34), warga Jalan Pasar X Tembung dan MR (35), warga Jalan Prof HM Yamin Gang Ulung, Medan Perjuangan, Senin (20/1) so

Kamis, 23 Jan 2020 18:15Berita Sumut

Pangdam I/BB Hadiri Rakorpim Kemhan RI TA 2020

Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah turut menghadiri Rapat Koordinasi Pimpinan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Rakorpim Kemhan RI) TA 2020 yang digelar di Gedung Kemhan RI, Jln Medan Merdeka Barat, Kamis (23/1/2020).

Kamis, 23 Jan 2020 18:00Berita Sumut

Jelang Imlek, MPW PP Sumut Beri Santunan ke Warga Asia Mega Mas

MPW PP Sumut menggelar bakti sosial (baksos) dalam rangka memperingati perayaan Imlek 2020 dengan membagikan 400 paket sembako kepada kaum dhuafa di Komplek Asia Mega Mas, Jln Asia Medan, Kamis (20/1/2020).

Kamis, 23 Jan 2020 17:45Berita Sumut

Seluruh Warga Medan Diminta Dukung Pelaksanaan SP 2020

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mendukung penuh pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) 2020 yang akan berlangsung mulai 15 Februari sampai 31 Maret mendatang. Untuk itu seluruh warga Kota Medan diajak ikut serta proaktif menduku

Kamis, 23 Jan 2020 17:00Berita Sumut

Seluruh Jaringan Kabel di Kota Medan Bakal Dipindahkan Ke Bawah Tanah

Apresiasi disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyusul akan ditertibkannya seluruh jaringan kabel yang ada di kota Medan. Seluruh jaringan kabel yang selama ini berada di udara akan dipindahkan ke bawah tanah denga

Kamis, 23 Jan 2020 16:30Berita Sumut

Penyandang Disabilitas Turut Serta Ramaikan Pendaftaran PPK Medan

Menjadi panitia pemilihan umum tak harus normal. Orang dengan kebutuhan khusus juga bisa menjadi panitia jika lulus seleksi.

Kamis, 23 Jan 2020 16:00Berita Sumut

Pemkab Sergai Sosialisasi Program Penghapusan Sanksi Administrasi PBB Tahun 2020

Pemkab Sergai menggelar sosialisasi Program Penghapusan Sanksi Administrasi PBB Tahun 2020 di Balai Karyawan Desa Sei Bamban Estate Kecamatan Sei Bamban, Kamis, 23 Januari 2020. Hadir dalam kegiatan itu Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman, Wakil Bupati

Kamis, 23 Jan 2020 15:35Berita Sumut

Kajatisu Amir Yanto Silaturahmi ke DPRD Sumut

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Dr Amir Yanto, SH, MM, MH bersilaturahmi dengan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting (F-PDI Perjuangan) di kantor DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis (23/1/2020).

Kamis, 23 Jan 2020 14:51Berita Sumut

Akhyar Dukung Pengembangan UINSU

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menerima rombongan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) di Rumah Dinas Wali Kota Medan Jl. Sudirman, Kamis (23/1). Kedatangan rombongan yang dipimpin Ketua Senat UINSU Prof DR H Mu