Mengusung Tema "The Loftiness of North Sumatera"

Wapres Jusuf Kalla Membuka Inacraft 2018

Amrizal Rabu, 25 April 2018 22:18 WIB
Matatelinga
Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla beserta istri didampingi Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, memukul gordang sebagai pertanda dibukanya INACRAFT Ke 20 di gedung Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta
MATATELINGA, Jakarta:  Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Ibu Negara Mufidah Kalla membuka secara resmi pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2018 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (25/4/2018). Inacraft ke-20 yang akan berlangsung 25-29 April 2018 ini akan menampilkan produk kerajinan, seni, dan atraksi budaya Sumatera Utara sebagai ikon pameran bertemakan "The Loftiness of North Sumatera".



Dalam sambutannya, Wapres Jusuf Kalla mengatakan, penyelenggaraan Inacraft menjadi penting bagi industri kerajinan tangan Indonesia untuk meningkatkan perekonomian kreatif. Karena ini hasil dari orang-orang rajin, kalau tidak rajin tidak bisa menghasilkan karya yang baik, inacraft atau handcraft ini memberikan dampak yang baik, karena mendorong perekonomian dan tentunya membuka lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan bagi masyarakat.

"Itu artinya apa, kerajinan tangan memberikan dampak yang luas. Dan ini sebagian besar dikerjakan pelaku usaha kecil. Dan kerajinan tangan ini dalam rangka menjaga budaya, karena kerajinan ini berasal dari daerah setempat," katanya.



Dicontohkannya, jika dulu setiap acara orang-orang pakai jas sekarang hampir tidak ada lagi. Bahkan kini setiap acara banyak orang memakai, Songket, Tenun, Batik dan inovasi batik itu sendiri. Ini mengindikasikan hasil suatu karya yang dibuat oleh masyarakat memberikan dampak ekonomi yang luas.

Wapres juga mendorong para pelaku usaha kerajinan tangan untuk memanfaatkan e-commerce dalam mengembangkan usahanya dan meningkatkan penjualan produknya. Namun, pelaku usaha harus meningkatkan kualitas produknya terlebih dahulu. "Sekarang mengenal e-commerce, produk kerajinan tangan harus berubah mengikuti zaman. Industri Kerajinan harus inovatif sehingga hasilnya mudah dijual," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi menyampaikan Inacraft merupakan even yang sangat ditunggu oleh para pecinta dan kolektor kerajinan daerah. Tahun 2018 ini merupakan penyelenggaraan yang ke 20 dengan mengangkat tema  "The Loftiness of Sumatra Utara", yang menghadirkan keragaman seni dan budaya Provinsi Sumatera Utara (Provsu).



Dikatakannya, Sumut dikenal dengan negeri "berbilang kaum". Ada 8 etnis asli lokal di Sumut yang  masing-masing mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. "Produk-produk seni dan budaya yang dihasilkan merupakan aset yang tidak ternilai bagi Sumatera Utara," ujarnya.

Disampaikan juga, bahwa produk-produk kerajinan tenunan seperti ulos dan songket merupakan hasil karya putra-putri Sumatera Utara dengan menghadirkan berbagai motif dan warna, yang memiliki makna tersendiri. Sumut juga memiliki berbagai kerajinan lain, seperti gerabah, anyaman dan ukiran kayu dan sebagainya, yang telah mendapat apresiasi dari berbagai kalangan masyarakat.

"Karena itu, kami berharap kegiatan ini dapat memacu kegiatan untuk menghasilkan karya-karya seni yang indah, yang mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari semua pihak," harapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum 3 Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) Thamrin Bustami, Inacraft tahun ini diikuti 1408 stand  peserta dari seluruh pelosok tanah air. Terdiri dari para perajin, pengusaha, produsen, dan eksportir kerajinan.

Pameran yang akan berlangsung selama lima hari, 25-29 April ini juga ditargetkan akan dikunjungi sedikitnya 200.000 orang. "Kita targetkan sedikitnya 200.000 orang pengunjung," ujarnya.

Pada kesempatan itu, ASEPHI selaku penyelenggara Inacraft juga menerbitkan buku sejarah 20 tahun perjalanan Inacraft. Dari 120 stand di tahun pertama di tahun 1999, hingga menjelma menjadi lebih 1.408 stand tahun 2018. Dengan traksaksi lokal Rp 200 juta tahun 1999, menjadi Rp 136 miliar tahun 2018.

Usai pembukaan Incaraft 2018, Wapres didampingi Ibu Negara Mufidah Kalla, Gubsu Erry Nuradi, Ketua Umum Dekranasda Provsu Hj Evi Diana Erry dan rombongan sempat meninjau stan pameran yang menampilkan produk kerajinan dari seluruh Indonesia. Tampak sesekali Wapres maupun Ibu Negara berdialog dengan para penjaga stan, tentang produk yang dipamerkan.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Menteri Koperasi dan UKM AA Gede Ngurah Puspayoga, Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Hj Mufidah Jusuf Kalla, Ketua Umum Dekranasda Provsu Hj Evi Diana Erry, para kepala daerah dari seluruh Indonesia, termasuk para bupati/walikota se Sumut, para OPD Provsu, para pelaku usaha dari dalam dan luar negeri, serta undangan lainnya.

(Mtc/rel)
T#g:JKMatatelingaPemprovsu
Komentar
Selasa, 18 Jun 2019 11:29Berita Sumut

Halal Bi Halal dengan Warga, Bupati Sergai Sampaikan Sejumlah Pesan

Bupati Serdangbedagai Soekirman menggelar halal bi halal dengan masyarakat di Kecamatan Perbaungan dan Pantai Cermin, Senin (17/6/2019). Dalam kesempatan itu, Soekirman menyampaikan banyak pesan untuk para warga dan OPD.

Selasa, 18 Jun 2019 11:14Nasional

569 Atlet Panahan Bersaing Rebut Piala Panglima TNI Open Tahun 2019

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P membuka Kejuaraan Panahan Piala Panglima TNI Open tahun 2019 di lapangan Pusjaspermildas TNI, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (18/6/2019).

Selasa, 18 Jun 2019 11:06Berita Sumut

Apel Hari Kesadaran Nasional Kota Binjai 2019

Pemerintah Kota (Pemko) Binjai rutin melaksanakan upacara Hari Kesadaran Nasional, yang dilaksanakan setiap tanggal 17 setiap bulannya. Bertindak sebagai pemimpin upacara Walikota Binjai yang diwakili Staff Ahli Pemko Binjai Drs. Afwan, Apt.MM dan turut d

Selasa, 18 Jun 2019 10:59Berita Sumut

Tim Verifikasi Tertib Administrasi Pusat Kunjungi Binjai

Ketua TP PKK, Hj Lisa Andriani Idaham didampingi Asisten I Otto Harianto,SH , beserta pimpinan OPD, dan anggota PKK, menyambut kehadiran tim verifikasi lapangan lomba pelaksanaan terbaik tingkat nasional tertib administrasi dalam rangka Hari Kesatuan Ger

Selasa, 18 Jun 2019 10:55Berita Sumut

Puluhan Pelajar Diamankan Polsek Medan Baru

Petugas Polsek Medan yang dipimpin Kanit Reskrim Iptu Philip Purba, Antonio Purba SH MH didampingi Pawas Panit 3 Sabhara Ipda Carles BA, mengamankan puluhan pelajar dari berbagai sekolah dari salah satu rumah makan samping Power Salon Jalan Darussalam, Se

Selasa, 18 Jun 2019 10:35Nasional

34 Perwira Tinggi TNI Dipromosi Jabatan Baru

Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi

Selasa, 18 Jun 2019 10:20Berita Sumut

Berkali-kali Beraksi, 3 Orang Pelaku Perampokan Rumah di Medan Dilumpuhkan Polisi

Tim Pegasus Polrestabes Medan meringkus 3 orang kawanan pelaku perampokan rumah yang sudah beraksi berkali-kali. Ketiganya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas lantaran melawan petugas saat penangkapan.

Selasa, 18 Jun 2019 08:30Bola

Chelsea Tolak Tawaran Dua Klub Besar Dunia untuk Willian Borges

Hanya menyisakan masa kontrak selama satu tahun lagi bersama Chelsea membuat Willian Borges

Selasa, 18 Jun 2019 08:15Lifestyle

Positif Hamil, Shandy Aulia Sempat Tak Percaya Hingga Gunakan 10 Testpack

Kehamilan aktris Shandy Aulia setelah 7,5 tahun menikah, tentu menambah bahagia biduk

Selasa, 18 Jun 2019 08:00Berita Sumut

Pangdam I/BB Harapkan Satgas Yonif 132/BS Mampu Menjaga Keutuhan NKRI Di Perbatasan Timor Leste

Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan Mayor Jenderal (Mayjen) TNI MS.Fadillah memimpin secara langsung Upacara Pembukaan Latihan Pratugas Satuan Tugas

Selasa, 18 Jun 2019 07:45Internasional

Dibalik Jeruji Besi, Mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi Meninggal Dunia

Mantan Presiden Mohammed Morsi meninggal dunia pada usia 67 tahun setelah pingsan di balik

Selasa, 18 Jun 2019 07:30Nasional

Hari ini, MK Kembali Gelar Sidang Lanjutan Gugatan Sengketa Pilpres 2019, Berikut Agendanya

Sidang lanjutan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2019 yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Selasa, 18 Jun 2019 07:15Ekonomi

Syarifuddin: Tahun Depan Tukin dan Insentif Tak Dinikmati PNS lagi

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah menerima insentif tidak diperbolehkan menerima

Selasa, 18 Jun 2019 07:00Ekonomi

Menanti Pejabat Baru PLN, Menteri Rini Siapkan 5 Kandidat

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno disebut sudah menyiapkan

Selasa, 18 Jun 2019 06:45Bola

Meski Dianggap Pengkhianat Juve, Fabio Capello Tetap Bela Antonio Conte

Keputusan Antonio Conte untuk melatih Inter Milan nyatanya mendapat banyak kritik, yang utamanya

Selasa, 18 Jun 2019 06:30Lifestyle

Memasuki Babak Baru, Kriss Hatta Protes Usai Dituntut 4 Tahun Penjara

Sidang kasus pemalsuan dokumen pernikahan yang dilakukan oleh aktor sekaligus presenter Kriss Hatta