• Home
  • Nasional
  • Wiranto Bakal Tindak Tegas Pelaku Kerusuhan Pilkada 2018

Wiranto Bakal Tindak Tegas Pelaku Kerusuhan Pilkada 2018

Fidel W Rabu, 11 Juli 2018 06:15 WIB
Wiranto menegaskan pihaknya bakal mengambil langkah tegas terhadap pengacau di pilkada 2018
MATATELINGA, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menegaskan pihaknya bakal mengambil langkah tegas terhadap kelompok yang membuat kekacauan dan kegaduhan diluar koridor hukum terkait hasil Pilkada serentak 2018.

"Kalau ke sana [berbuat kekacauan], berarti berhadapan dengan aparat keamanan dan kita akan tindak tegas itu. Tindak tegas kepada siapapun yang berusaha untuk melakukan upaya di luar kaidah hukum," tegas Wiranto di salah satu hotel di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (10/7).

Hal itu ia sampaikan sekaligus untuk merespon berbagai polemik yang muncul usai pelaksanaan Pilkada serentak 2018, seperti friksi antarkelompok pendukung dan penundaan pemungutan suara di beberapa daerah akibat konflik.

Wiranto lantas mengingatkan agar para pihak atau kelompok yang tak puas dengan hasil Pilkada serentak 2018 tak membuat kekacauan dan kegaduhan di daerahnya masing-masing.

"Jadi jangan cari ruang lain yang akan mengacaukan [Pilkada] yang akan membuat kegaduhan atau membuat masalah keamanan akan menjadi terganggu,"

Mantan Panglima ABRI [saat ini TNI] itu turut mengimbau kepada kelompok-kelompok yang tak puas atas hasil Pilkada untuk menempuh mekanisme hukum resmi yang telah ditentukan pemerintah.

"Jika ada pihak yang kalah untuk terus melakukan upaya ada mekanismenya, ada wadahnya, ada ruangnya, hanya saya ingatkan bahwa ruang yang ada itu, ruang yang memang bertumpu kepada hukum," ujarnya.

Wiranto lantas berharap agar para pemangku kepentingan dapat menjaga kondisi keamanan dan daerah-daerah yang masih rawan konflik usai Pilkada.

Ia pun meminta kepada para pemangku kepentingan untuk tanggap terhadap situasi di wilayahnya masing-masing agar tetap kondusif seperti pada hari pencoblosan di tanggal 27 Juni 2018. Saat itu, kata Wiranro, situasi pencoblosan dapat berjalan aman dan lancar karena semua pihak mengikuti aturan yang berlaku.

"Kalau semua taat kepada itu saya yakin pemilu 2019 akan dapat dilaksanakan dengan baik dengan berhasil dengan aman dengan sukses seperti Pilkada kemaren," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menyatakan penundaan pemungutan suara Pilkada serentak 2018 terjadi di 14 kabupaten/kota di empat provinsi, yang paling banyak terjadi di Papua.

Di Papua, tepatnya Kabupaten Paniai, pemilihan bupati ditunda lantaran ada permasalahan pencalonan yang berimplikasi pada aspek keamanan. Akibatnya, distribusi logistik pemilu tidak tersalurkan sebagaimana mestinya.

"Untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua di Paniai tetap dilaksanakan," ucap Arief.

Masalah berbeda terjadi di Kabupaten Nduga, Papua. Di wilayah tersebut terjadi konflik sehingga logistik hanya tersalurkan di ibukota kabupaten dan mengakibatkan penundaan pemungutan suara.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:Hukum dan KeamananMenteri Koordinator Bidang PolitikWirantopelaku kerusuhan pemiluPilkada 2018
loading...
Loading...
Komentar
Selasa, 17 Jul 2018 16:45Berita Sumut

Lomba B2SA Cara Pemkab Sergai Kampanyekan Menu Sehat

Tim PKK Pemkab Sergai menggelar lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) di Halaman Dinas Ketahanan Pangan Komplek Perumahan Bumi Sergai Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Selasa (17/7/2018). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemk

Selasa, 17 Jul 2018 16:30Berita Sumut

Forwaka Meriahkan Turnamen Futsal Kejati Sumut

Tim Forum Wartawan Kejaksaan (Forwaka) Sumut ikut memeriahkan pelaksanaan turnamen futsal dalam rangka Hari Bakti Adhyaksa (HBA) Kejati Sumut. Turnamen berlangsung di lapangan Village Futsal Jalan Abdul Hakim, Medan, Selasa (17/7/2018).

Selasa, 17 Jul 2018 16:15Berita Sumut

Tangkap Bandar Narkoba, Polisi Amankan 193 Butir Pil Exstasi

Sat Narkoba Polres Labuhanbatu berhasil mengamankan Seorang Bandar Narkotik IS beserta barang bukti 193 butir Ekstasi dan 5 orang temanya dalam pengrebekan saat hendak "Party" di Fiesta Karaoke Aeknabara Kecamatan Bilah Hulu,Kabupaten Labuhanbat

Selasa, 17 Jul 2018 16:00Nasional

Panglima TNI Berikan Penghargaan kepada Lima Babinsa Berprestasi

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kasad Jenderal TNI Mulyono memberikan penghargaan kepada 5 (lima) personel Babinsa (Bintara Pembina Desa) berprestasi, bertempat di PT Dirgantara Indonesia (Persero) Jalan Pajajaran, Husen Sastr

Selasa, 17 Jul 2018 15:42Berita Sumut

Ibunya Dihina, Pria Ini Tikam Rekannya

Disinyalir berkaitan dengan ketidaksenangan aksi memburuk-burukkan itu temannya, Tetenafe Lase alias Denah (33) warga Dusun Aek Gambir, Desa Sibargot, Kecamatan Bilah Barat, Labuhanbatu tewas ditikam, Minggu (15/7) sore.

Selasa, 17 Jul 2018 15:40Berita Sumut

Seribuan Murid MAN 4 Melakukan Aksi Demo

Para murid Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Medan, yang berlokasi di Martubung Kecamatan Medan Labuhan di protes Ratusan siswa/siswi berdemo di halaman sekolah

Selasa, 17 Jul 2018 15:15Berita Sumut

Dengan Bebek, Warga Tangkap Buaya yang Resahkan Warga

Seorang warga berhasil menangkap satu ekor buaya di aliran Sungai Deli, tepatnya di Gang Nasional, Lingkungan 10, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun sekitar pukul 14. 00 WIB, Selasa, (17/7). Buaya yang ditangkap diduga merupakan salah satu buaya y

Selasa, 17 Jul 2018 15:00Berita Sumut

Pemko Medan Naikkan Anggaran BPJS Rp 25 Miliar

Pemerintah Kota Medan dan DPRD Medan telah menyepakati penambahan anggaran di 2018 untuk Penerima Bantuan Iuran

Selasa, 17 Jul 2018 14:53Berita Sumut

Tirta Berceloteh Chong Diborgol Polisi

Sat.Res Narkoba Polres Asahan akhirnya dapat membekuk tersangka CH ,29, warga jalan Sei Ismail lingkungan IV kelurahan teladan kisaran timur,

Selasa, 17 Jul 2018 13:59Berita Sumut

Mengajak Adu Tenaga, Denah Lase Tewas Ditikam Temannya

Disinyalir berkaitan dengan ketidaksenangan aksi memburuk-burukkan itu temannya

Selasa, 17 Jul 2018 12:14Berita Sumut

Dua Pemuda Memiliki Narkoba Berujung ke Terali Besi

Polsek Medan Labuhan berhasil menangkap dua pelaku Kasus Narkotika jenis Sabu di Jalan Yos sudarso Gang Bom lama kelurahan Pekan labuhan kecamtan Medan labuhan

Selasa, 17 Jul 2018 11:57Nasional

Panglima TNI : Cyber Narcoterorism Gunakan Dunia Maya Biayai Terorisme

Seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, telah muncul kelompok baru yaitu “Cyber Narcoterorism”

Selasa, 17 Jul 2018 10:53Berita Sumut

Lurah Glugur Kota Polisikan 3 Pria

Lurah Glugur Kota Afriwinata Lubis didampimngi sejumlah kepala lingkungan berhasil menciduk tiga orang pria yang tengah merusak median jalan di Jalan Kol L Yos Sudarso , persis depan Kantor Monspace Indonesia

Selasa, 17 Jul 2018 09:48Berita Sumut

Polisi Bekuk Pelaku Pencabulan Anak

Polisi akhirnya meringkus KG ,30, warga Gang Mushola, Kelurahan Selawan, Kisaran Timur Asahan , pria yang mencabuli anak tirinya, SA yang masih berusia 7 tahun. dirungkus personel Unit PPA Polres Asahan di rumahnya

Selasa, 17 Jul 2018 08:40Nasional

Hari Ini, Pendaftaran Caleg 2019 Resmi Ditutup

MATATELINGA, Jakarta:  Sekitar 15 partai politik akan berbondong-bondong mendaftarkan bakal calon legislatif mereka ke Komisi Pemilihan Umum pada hari ini, Selasa (17/7), yang merupakan hari

Selasa, 17 Jul 2018 08:08Lifestyle

Ngebet pengen Cepat Punya Anak? Kamu Harus Melakukannya di Pagi Hari

Memiliki anak jadi dambaan mereka yang telah menikah. Beragam usaha dilakukan hingga rajin konsultasi ke dokter kandungan.