• Home
  • Opini
  • 'Polisi Kita' Modernisasi Berantas Kejahatan dan Tingkat Kenyamanan

'Polisi Kita' Modernisasi Berantas Kejahatan dan Tingkat Kenyamanan

Amrizal Selasa, 04 Juli 2017 02:33 WIB
Penulis: Amrizal, SH, MINGGU, 5 Februari 2017. Berlokasi di Lapangan Merdeka, Medan. Hari itu bisa dikata merupakan langkah bersejarah bagi kepolisian. Terutama pengenaan program berbasis elektronik.  Ya, saat itu Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian meluncurkan aplikasi dengan konsep 'e-policing' atau istilah lain 'Polisi Kita' di jajaran Polda Sumatera Utara.

Peluncuran program itu disaksikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asmam Abnur, Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, Kasdam I Bukit Barisan Brigjen TNI Tiopan Aritonang, anggota Komisi III DPR RI Hasrul Azwar, dan sejumlah pejabat utama Mabes Polri. Kapolri menyampaikan apresiasi kepada Polda Sumut yang menyiapkan konsep e-policing untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari institusi kepolisian.

Program e-policing tersebut sesuai dengan isi poin pertama konsep nawacita yakni diusung Presiden Joko Widodo agar instrumen negara selalu hadir dalam kehidupan masyarakat. Dengan adanya program tersebut, ada keinginan untuk memenuhi kebutuhan mendasar dari masyarakat yakni adanya upaya cepat dari kepolisian atas pengaduan dan informasi yang diberikan.

Kata Kapolri, bahwa masyarakat tidak perlu repot-repot lagi ke kantor polisi, 2-3 jam menunggu, cukup menggunakan handpone, lalu pihaknya akan datang. Kapolri berharap adanya perubahan cara kerja di jajaran Polda Sumut sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Polri akan semakin meningkat. Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menjelaskan, program e-policing yang diberi nama 'Polisi Kita Sumatera Utara' itu juga dilaksanakan di 33 kabupatren/kota di Sumut.

Pelayanan secara elektronik itu adalah penjabaran dari arahan Presiden Joko Widodo dan program prioritas Kapolri untuk memudahkan masyarakat dalam menjangkau pelayanan kepolisian. Program e-policing itu terintegrasi dengan seluruh Polres di Sumut dan dapat diakses masyarakat secara mudah dengan menggunakan telepon genggam jenis android. Sungguh satu program luar biasa dalam meningkatkan pelayanan, rasa aman dan moderniasi beraplikasi android di abad ini.

Bahkan 'Polisi Kita' bisa meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada aparat berseragam coklat yang sempat luntur. Nah, untuk menuju polisi profesional, modern dan terpercaya (Promoter), Kapolri memberikan penjabaran.

Seperti halnya Profesional melingkupi meningkatkan kompetensi SDM Polri yang semakin berkualitas melalui peningkatan kapasitas pendidikan dan pelatihan, serta melakukan pola-pola pemolisian berdasarkan prosedur baku yang sudah dipahami, dilaksanakan, dan dapat diukur keberhasilannya.

Modern dalam artian melakukan modernisasi dalam layanan publik yang didukung teknologi sehingga semakin mudah dan cepat diakses oleh masyarakat, termasuk pemenuhan kebutuhan Almatsus dan Alpakam yang makin modern. Sedang Terpercaya dengan cara melakukan reformasi internal menuju Polri yang bersih dan bebas dari KKN, guna terwujudnya penegakan hukum yang obyektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan.

Selain itu ada 11 program menuju Polri Promoter. Yakni; (1)  Pemantapan reformasi internal Polri. (2) Peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbasis TI. (3) Penanganan kelompok radikal prokekerasan dan intoleransi yang lebih optimal. (4) Peningkatan profesionalisme Polri menuju keunggulan. (5) Peningkatan kesejahteraan anggota Polri.

Kemudian, (6) Tata kelembagaan, pemenuhan proporsionalitas anggaran dan kebutuhan Min Sarpras. (7) Bangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas. (8) Penguatan Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat). (9) Penegakan hukum yang lebih profesional dan berkeadilan. (10) Penguatan pengawasan dan terakhir (11) Quick Wins Polri.

Sebenarnya program Promoter telah dilaunching pada 2016 lalu. Yang tak kalah penting adalah membangun kembali mental aparat kepolisian.

'Kring Polisi'

Program 'Polisi Kita' yang kini dikatakan bisa membantu masyarakat patut diapresiasi. Dengan kata lain, 'Polisi Kita' atau untuk memudahkannya penulis menyebut 'Kring Polisi' memberi warna alias peningkatan keamanan serta kenyamanan masyarakat.

Yang jadi pertanyaan, akankah program ini berjalan? Satu sisi, ya, berjalan. Puaskah masyarakat? Nah, itu juga harus dipertanyakan. Namun sejauh ini hasilnya cukup positif. Cukup dengan menekan tombol aplikasi android, seketika polisi meluncur.

Bahkan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, baru-baru petugas Polsek Medan Baru menggendong seorang nenek bermarga Lubis. Saat itu sang nenek tersasar di Plaza Medan Fair. Seketika petugas Polsek Medan Baru berbincang dengan nenek yang katanya tinggal di kawasan Tembung.

Karena lelah, lalu polisi itu mengendong si nenek dan menaikkan ke dalam angkot. Kepada si supir angkot, sang polisi menitipkan si nenek dengan memberi alamat lengkapnya.
Tak kalah menarik pendekatan polisi dengan masyarakat untuk meningkatkan rasa kepercayaan serta kepedulian, seperti halnya dilakukan Polsek Sunggal.

Tepat dua hari Lebaran kemarin, petugas Polsek Sunggal bahu membahu bersama masyarakat memotong pohon tumbang yang melintang di Jalan TB Simatupang dekat Terminal Pinang Baris.
Nah, di situ tampak bahwa sikap polisi perlahan mulai berubah.

Tidak arogan dan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat sesuai profesionalisme. Padahal, selaiknya pohon tumbang tersebut merupakan tugas Dinas Pertamanan Kota Medan. Terbaru adalah seorang ibu yang melahirkan di Tol Cipali. Dengan sigap sejumlah polisi membantu sang ibu hingga akhirnya melahirkan buah hatinya. Hendaknya tindakan positif-positif itu patut ditiru. Penulis meyakini andai itu dilakukan tingkat kepercayaan kepada aparat berseragam coklat ini makin bertambah.

Di sisi lain, Polri memiliki keterbatasan sumber daya internal. Di luar persoalan dukungan anggaran dan sarana prasarana, ketersediaan jumlah personil Polri secara keseluruhan belumlah optimal.

Rasio polisi dan masyarakat berdasarkan data 2014 ialah 1:575, padahal rasio ideal menurut PBB ialah 1:300. Karena itu, partisipasi masyarakat melalui sistem atau jaringan kemitraan antara polisi dan masyarakat merupakan strategi utama dalam menjaga Kamtibmas. Upaya membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas memang merupakan salah satu program prioritas Kapolri terpilih. (***)

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba tulisan HUT POLRI KE-71




Editor: dongan

T#g:matatelinga.commatatelinga comOpiniPolisipromotertulisan
Komentar
Jumat, 23 Feb 2018 09:25Berita Sumut

Eramas Peduli Korban Kebakaran Simpang Gambir Madina

Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah menyampaikan keprihatinan mendalam atas musibah kebakaran di Simpang Gambir, Mandailing Natal pada Senin (19/2/2018) sore.

Jumat, 23 Feb 2018 08:05Berita Sumut

Napoli menghadapi Leipzig di Red Bull Arena

Napoli menghadapi Leipzig di Red Bull Arena dalam pertandingan leg II babak 32 besar, Jumat (23/2/2018) dinihari WIB. Di leg I, Leipzig sukses menumbangkan Napoli dengan skor 3-1.

Jumat, 23 Feb 2018 07:50Bola

Mourinho Meminggirkan Pogba, Kurang Oke di Rumput Hijau

Pogba masuk dari bangku cadangan saat MU bermain imbang tanpa gol di markas Sevilla dalam pertandingan leg I babak 16 besar Liga Champions

Jumat, 23 Feb 2018 07:35Berita Sumut

Tiga Unit Damkar Padamkan Dapur Sutarmi

Warga masyarakat jalan Pramuka gang Setia mendadak heboh dikarenakan dapur rumah Sutarmi terbakar pada bagian atapnya

Jumat, 23 Feb 2018 07:20Berita Sumut

Gubsu Erry Sempatkan Cicipi Kopi Arabica Jawa Barat

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Ir. HT. Erry Nuradi MSi sempatkan mencicipi kopi arabica Jawa Barat disela - sela acara Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (Rakernas APPSI) ke-3 di Trans Luxury Hotel, Bandung, Jawa Bar

Jumat, 23 Feb 2018 07:05Nasional

Kapuskersin Terima Kunjungan Staf Athan Australia Bahas Kegiatan Ausindo HLC 2018

Kapuskersin TNI Laksamana Pertama TNI Tatit Eko Witjaksono, S.E.,M.Tr.(Han) diwakili Kepala Bidang (Kabid) Kerjasama Non Asean Pusat Kerjasama Internasional (Puskersin) TNI Letkol Mar Didiet Hendra Wijaya, M.MP.,

Jumat, 23 Feb 2018 06:50Berita Sumut

Bongkar PT Asuransi Jiwa Recapital Berujung ke Terali besi

Petugas unit reskrim Polsek Medan Barat membongkar dan meringkus seorang dari tiga tersangka pembobol kantor PT Asuransi Jiwa Recapital

Kamis, 22 Feb 2018 21:51Berita Sumut

Puluhan Tekong Kapal Ikan Pukat Trawl Minta Agar Mereka Bisa Melaut

Puluhan tekong kapal ikan pukat Trawl yang berpangkalan di Pelabuhan Perikanan Samudra Gabion Belawan

Kamis, 22 Feb 2018 21:48Nasional

Kasum TNI : Ulama Berperan Penting Jaga ke-Bhinneka-an

Perjuangan mewujudkan dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, tidak lepas dari peran para Ulama/Kyai dan Santri di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini para Ulama/Kyai dan Santri bersama-sama dengan TNI berperan penting dalam men

Kamis, 22 Feb 2018 21:45Nasional

Sestama Bakamla RI Pimpin Rapat Finalisasi Grand Design

Sekretaris Utama Bakamla RI Marsda TNI Widiantoro, M.B.A. memimpin Rapat Finalisasi Grand Design Bakamla RI, di Ruang Rapat Lt. 2 Kantor Pusat Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamas

Kamis, 22 Feb 2018 21:42Berita Sumut

Walikota Medan Terima Kunker DPRD Kabupaten Sambas

Walikota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili Staf Ahli Walikota Medan Bidang Pemerintahan, Hukum, Sulaiman Harahap, menerima kunjungan kerja Komisi B DPRD Kabupaten Sambas di Kantor Walikota Medan

Kamis, 22 Feb 2018 21:39Nasional

Gubsu Tandatangani Mou Kerjasama Perdagangan Antar Daerah Untuk Penguatan Ekonomi Nasional

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Ir. HT. Erry Nuradi MSi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka mewujudkan kelancaran arus distribusi komoditas produk unggulan dalam rangka mendukung terpenuhinya kebutuhan masing-masing daerah

Kamis, 22 Feb 2018 21:36Nasional

Panglima TNI : Pembentukan Markas Komando Pasmar 3 di Sorong Masih Tahap Proses

Sampai saat ini, proses pembentukan dan pengorganisasian Markas Komando Pasmar 3 Korps Marinir yang berlokasi di Kabupaten Biak, Sorong, masih tahap proses dan terus berjalan untuk segera diajukan kepada Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melalui Kementerian

Kamis, 22 Feb 2018 21:32Berita Sumut

Wakil Wali Kota Hadiri Lepas Sambut Dandenpom I/5 Medan

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution memakaikan kain songket dan topi khas Melayu kepada Dandenpom I/5 Medan yang baru Letkol CPM Sudarso di acara Lepas Sambut Dandenpom I/5 Medan di halaman Kantor Dandenpom I/5 Jalan Suprapto Medan. Pemberian i

Kamis, 22 Feb 2018 21:28Nasional

Ketum Dharma Pertiwi Tinjau Posyandu dan TK Kartika Ceria Pusdik Arhanud

Ketua Umum (Ketum) Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto melakukan peninjauan ke Posyandu Kemuning Pusdik Arhanud dan Pos Gebyar TK Kartika Ceria 2018 yang bertema Menanamkan Cinta Tanah Air Sejak Usia Dini Demi Terwujudnya Generasi Emas Yang Gemilang

Kamis, 22 Feb 2018 18:51Berita Sumut

PKPA Perluas Pengalaman Diversi dan Keadilan Restoratif di Sumatera Utara

Pelaksanaan diversi dan keadilan restoratif yang merupakan subtansi penting UU No. 11/2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak yang dilakukan Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) atas dukungan Asian Trust Community (ACT) Jepang, sejak tahun