• Home
  • Opini
  • 'Polisi Kita' Modernisasi Berantas Kejahatan dan Tingkat Kenyamanan

'Polisi Kita' Modernisasi Berantas Kejahatan dan Tingkat Kenyamanan

Amrizal Selasa, 04 Juli 2017 02:33 WIB
Penulis: Amrizal, SH, MINGGU, 5 Februari 2017. Berlokasi di Lapangan Merdeka, Medan. Hari itu bisa dikata merupakan langkah bersejarah bagi kepolisian. Terutama pengenaan program berbasis elektronik.  Ya, saat itu Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian meluncurkan aplikasi dengan konsep 'e-policing' atau istilah lain 'Polisi Kita' di jajaran Polda Sumatera Utara.

Peluncuran program itu disaksikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asmam Abnur, Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, Kasdam I Bukit Barisan Brigjen TNI Tiopan Aritonang, anggota Komisi III DPR RI Hasrul Azwar, dan sejumlah pejabat utama Mabes Polri. Kapolri menyampaikan apresiasi kepada Polda Sumut yang menyiapkan konsep e-policing untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari institusi kepolisian.

Program e-policing tersebut sesuai dengan isi poin pertama konsep nawacita yakni diusung Presiden Joko Widodo agar instrumen negara selalu hadir dalam kehidupan masyarakat. Dengan adanya program tersebut, ada keinginan untuk memenuhi kebutuhan mendasar dari masyarakat yakni adanya upaya cepat dari kepolisian atas pengaduan dan informasi yang diberikan.

Kata Kapolri, bahwa masyarakat tidak perlu repot-repot lagi ke kantor polisi, 2-3 jam menunggu, cukup menggunakan handpone, lalu pihaknya akan datang. Kapolri berharap adanya perubahan cara kerja di jajaran Polda Sumut sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Polri akan semakin meningkat. Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menjelaskan, program e-policing yang diberi nama 'Polisi Kita Sumatera Utara' itu juga dilaksanakan di 33 kabupatren/kota di Sumut.

Pelayanan secara elektronik itu adalah penjabaran dari arahan Presiden Joko Widodo dan program prioritas Kapolri untuk memudahkan masyarakat dalam menjangkau pelayanan kepolisian. Program e-policing itu terintegrasi dengan seluruh Polres di Sumut dan dapat diakses masyarakat secara mudah dengan menggunakan telepon genggam jenis android. Sungguh satu program luar biasa dalam meningkatkan pelayanan, rasa aman dan moderniasi beraplikasi android di abad ini.

Bahkan 'Polisi Kita' bisa meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada aparat berseragam coklat yang sempat luntur. Nah, untuk menuju polisi profesional, modern dan terpercaya (Promoter), Kapolri memberikan penjabaran.

Seperti halnya Profesional melingkupi meningkatkan kompetensi SDM Polri yang semakin berkualitas melalui peningkatan kapasitas pendidikan dan pelatihan, serta melakukan pola-pola pemolisian berdasarkan prosedur baku yang sudah dipahami, dilaksanakan, dan dapat diukur keberhasilannya.

Modern dalam artian melakukan modernisasi dalam layanan publik yang didukung teknologi sehingga semakin mudah dan cepat diakses oleh masyarakat, termasuk pemenuhan kebutuhan Almatsus dan Alpakam yang makin modern. Sedang Terpercaya dengan cara melakukan reformasi internal menuju Polri yang bersih dan bebas dari KKN, guna terwujudnya penegakan hukum yang obyektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan.

Selain itu ada 11 program menuju Polri Promoter. Yakni; (1)  Pemantapan reformasi internal Polri. (2) Peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbasis TI. (3) Penanganan kelompok radikal prokekerasan dan intoleransi yang lebih optimal. (4) Peningkatan profesionalisme Polri menuju keunggulan. (5) Peningkatan kesejahteraan anggota Polri.

Kemudian, (6) Tata kelembagaan, pemenuhan proporsionalitas anggaran dan kebutuhan Min Sarpras. (7) Bangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas. (8) Penguatan Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat). (9) Penegakan hukum yang lebih profesional dan berkeadilan. (10) Penguatan pengawasan dan terakhir (11) Quick Wins Polri.

Sebenarnya program Promoter telah dilaunching pada 2016 lalu. Yang tak kalah penting adalah membangun kembali mental aparat kepolisian.

'Kring Polisi'

Program 'Polisi Kita' yang kini dikatakan bisa membantu masyarakat patut diapresiasi. Dengan kata lain, 'Polisi Kita' atau untuk memudahkannya penulis menyebut 'Kring Polisi' memberi warna alias peningkatan keamanan serta kenyamanan masyarakat.

Yang jadi pertanyaan, akankah program ini berjalan? Satu sisi, ya, berjalan. Puaskah masyarakat? Nah, itu juga harus dipertanyakan. Namun sejauh ini hasilnya cukup positif. Cukup dengan menekan tombol aplikasi android, seketika polisi meluncur.

Bahkan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, baru-baru petugas Polsek Medan Baru menggendong seorang nenek bermarga Lubis. Saat itu sang nenek tersasar di Plaza Medan Fair. Seketika petugas Polsek Medan Baru berbincang dengan nenek yang katanya tinggal di kawasan Tembung.

Karena lelah, lalu polisi itu mengendong si nenek dan menaikkan ke dalam angkot. Kepada si supir angkot, sang polisi menitipkan si nenek dengan memberi alamat lengkapnya.
Tak kalah menarik pendekatan polisi dengan masyarakat untuk meningkatkan rasa kepercayaan serta kepedulian, seperti halnya dilakukan Polsek Sunggal.

Tepat dua hari Lebaran kemarin, petugas Polsek Sunggal bahu membahu bersama masyarakat memotong pohon tumbang yang melintang di Jalan TB Simatupang dekat Terminal Pinang Baris.
Nah, di situ tampak bahwa sikap polisi perlahan mulai berubah.

Tidak arogan dan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat sesuai profesionalisme. Padahal, selaiknya pohon tumbang tersebut merupakan tugas Dinas Pertamanan Kota Medan. Terbaru adalah seorang ibu yang melahirkan di Tol Cipali. Dengan sigap sejumlah polisi membantu sang ibu hingga akhirnya melahirkan buah hatinya. Hendaknya tindakan positif-positif itu patut ditiru. Penulis meyakini andai itu dilakukan tingkat kepercayaan kepada aparat berseragam coklat ini makin bertambah.

Di sisi lain, Polri memiliki keterbatasan sumber daya internal. Di luar persoalan dukungan anggaran dan sarana prasarana, ketersediaan jumlah personil Polri secara keseluruhan belumlah optimal.

Rasio polisi dan masyarakat berdasarkan data 2014 ialah 1:575, padahal rasio ideal menurut PBB ialah 1:300. Karena itu, partisipasi masyarakat melalui sistem atau jaringan kemitraan antara polisi dan masyarakat merupakan strategi utama dalam menjaga Kamtibmas. Upaya membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas memang merupakan salah satu program prioritas Kapolri terpilih. (***)

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba tulisan HUT POLRI KE-71




Editor: dongan

T#g:matatelinga.commatatelinga comOpiniPolisipromotertulisan
Komentar
Selasa, 26 Sep 2017 18:20Berita Sumut

Gubernur : Pesparawi Salah Satu Kebanggaan Sumut

Pestival Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Wanita Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) merupakan Kebanggaan Sumatera Utara

Selasa, 26 Sep 2017 18:01Berita Sumut

Gubsu Tengku Erry Minta Kab/Kota Bersinergi dengan Provinsi

Gubernur Sumatera Utara Dr H T Erry Nuradi meminta kepada seluruh Bupati/walikota agar selalu berkoordinasi

Selasa, 26 Sep 2017 17:39Berita Sumut

Pemprovsu Siap Lakukan Kerjasama dengan Innovam Netherlands

Langkah Innovam Netherlands membuka Kantor perwakilan di Sumatera Utara diapresiasi Wakil Gubernur Sumut Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH. Wagubsu pun berharap Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu)

Selasa, 26 Sep 2017 17:25Berita Sumut

Wakil Walikota Medan Buka Festival Nasyid/Seni Qasidah Tingkat Kota Medan

Wakil Walikota Medan, Ir.H.Akhyar Nasution MSi secara resmi membuka festival nasyid/seni qasidah tingkat Kota Medan tahun 2017, di Lap. Bola Rengas Pulau, Kec.Medan Marelan

Selasa, 26 Sep 2017 17:10Bola

Bertandang Ke Moscow, Liverpool Pincang

Klub Inggris, Liverpool bertekad untuk meraih puncak klasemen grup E Liga Champions. Untuk itu mereka harus meraih tiga poin saat menyambangi markas Spartak Moscow pada hari Rabu (27/09/2017) dini hari WIB.

Selasa, 26 Sep 2017 16:59Bola

Klik Di Sini...Oret-oret Kans Pertandingan Champions Dini Hari WIB

Sejumlah pertandingan kembali digelar Rabu (27/09/2017) dini hari WIB. Dari sembilan laga yang dihelat, ada tiga pertarungan yang jadi perhatian. Di antaranya Dortmund vs Real Madrid (0 : 0), Man City vs Shaktar Donetsk (0 : 2) dan Spartak Moscow vs Liver

Selasa, 26 Sep 2017 16:51Bola

Data & Fakta Dortmund Vs Real Madrid, Penampilan 150 CR7

Walau handicap 0:0, namun Borussia Dortmund lebih diunggulkan saat meladeni laga ke sembilan mereka melawan Real Madrid. Bahkan, pertarungan ini merupakan penampilan ke-150 sang mega bintang El Real, Cristiano Ronaldo.

Selasa, 26 Sep 2017 16:43Bola

Live SCTV, Dortmund Vs Real Madrid, Dulang Point

Real Madrid berhadapan dengan Borussia Dortmund pada laga Grup H Liga Champions di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Rabu (27/9/2017) dini hari WIB, disiarkan live SCTV.

Selasa, 26 Sep 2017 16:45Berita Sumut

Dihadapan Kapolrestabes, Keluarga Tersangka Pembunuhan Driver Grab Car Minta Hal Ini

Ada pemandangan berbeda saat Kapolda Sumut memaparkan kasus pembunuhan driver Grab di RS Bhayangkara Medan pada Selasa (26/9/2017). Sejumlah kerabat dari salah seorang tersangka hadir disana dan meminta agar polisi segera mengembalikan jenajah tersangka b

Selasa, 26 Sep 2017 16:30Berita Sumut

Sergai Serahkan Hibah Tanah Petapakan Untuk Pembangunan Gedung PN dan PA

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman, Selasa (26/9) melakukan Penandatanganan Penyerahan Hibah Tanah Petapakan untuk Pembangunan Gedung Pengadilan Negeri (PN) dan Pengadilan Agama (PA) bertempat di Ruang VIP Bandara Kuala Namu Kecamatan Berin

Selasa, 26 Sep 2017 16:15Berita Sumut

Ungkap Kasus Pembunuhan Rekannya, Driver Grab Bike di Medan Apresiasi Kinerja Polisi

Driver Grab di Medan mengapresiasi kinerja polisi yang cepat mengungkap kasus pembunuhan dua rekannya, Ridwan Limbong dan David Juhler Simanjuntak.

Selasa, 26 Sep 2017 16:10Berita Sumut

Wabup Darma Wijaya : Tingkatkan Pelayanan dan Jaga Kekompakan Dalam Melaksanakan Tugas

Akreditasi Rumah Sakit merupakan suatu jalan untuk meningkatkan mutu pelayanan, karena didalamnya terdapat standar-standar yang dipergunakan untuk membangun, membuat alur pelayanan yang memperhatikan keselamatan pasien rumah sakit

Selasa, 26 Sep 2017 15:55Berita Sumut

63 Petani Kelapa Sawit UD Lestari Terima Sertifikasi RSPO

Kelompok Petani Kelapa Sawit Mandiri, UD Lestari menerima sertifikasi sawit berkelanjutan atau RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil) yang pertama di Sumatera Utara. Penyerahan sertifikasi RSPO itu dilakukan di Sei Suka, Batu Bara pada Rabu, 20 Septe

Selasa, 26 Sep 2017 15:40Berita Sumut

Walikota Medan: Kita Dipersatukan oleh Bhineka Tunggal Ika

Kita dipersatukan oleh Bhineka Tunggal Ika. Ungkapan tersebut ditegaskan Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si diwakili Kepala Badan Kesbang Pol Kota Medan Ceko Wakhda Ritonga,SH ketika secara resmi membuka Seminar Penguatan Pemahaman Bhineka Tungga

Selasa, 26 Sep 2017 15:29Berita Sumut

Dinas PU Normalisasi Gorong Gorong Jalan Bilal

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan menormalisasi gorong-gorong di Jalan Bilal, Medan, Selasa (26/9). Normalisasi ini dilakukan dalam bentuk pengorekan gorong-gorong yang selama ini tersumbat oleh lumpur dan sampah. Tak pelak penyumbatan itu menyebabk

Selasa, 26 Sep 2017 15:17Berita Sumut

Pemkab Sergai Terima Bantuan Hibah 4 Unit Micro Bus

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya dan Kadis Perhubungan Drs. Herlan Panggabean menerima bantuan hibah berupa kenderaan jenis Micro Bus sebanyak 4 (empat) unit dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertingg