• Home
  • Opini
  • 'Polisi Kita' Modernisasi Berantas Kejahatan dan Tingkat Kenyamanan

'Polisi Kita' Modernisasi Berantas Kejahatan dan Tingkat Kenyamanan

Amrizal Selasa, 04 Juli 2017 02:33 WIB
Penulis: Amrizal, SH, MINGGU, 5 Februari 2017. Berlokasi di Lapangan Merdeka, Medan. Hari itu bisa dikata merupakan langkah bersejarah bagi kepolisian. Terutama pengenaan program berbasis elektronik.  Ya, saat itu Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian meluncurkan aplikasi dengan konsep 'e-policing' atau istilah lain 'Polisi Kita' di jajaran Polda Sumatera Utara.

Peluncuran program itu disaksikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asmam Abnur, Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, Kasdam I Bukit Barisan Brigjen TNI Tiopan Aritonang, anggota Komisi III DPR RI Hasrul Azwar, dan sejumlah pejabat utama Mabes Polri. Kapolri menyampaikan apresiasi kepada Polda Sumut yang menyiapkan konsep e-policing untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari institusi kepolisian.

Program e-policing tersebut sesuai dengan isi poin pertama konsep nawacita yakni diusung Presiden Joko Widodo agar instrumen negara selalu hadir dalam kehidupan masyarakat. Dengan adanya program tersebut, ada keinginan untuk memenuhi kebutuhan mendasar dari masyarakat yakni adanya upaya cepat dari kepolisian atas pengaduan dan informasi yang diberikan.

Kata Kapolri, bahwa masyarakat tidak perlu repot-repot lagi ke kantor polisi, 2-3 jam menunggu, cukup menggunakan handpone, lalu pihaknya akan datang. Kapolri berharap adanya perubahan cara kerja di jajaran Polda Sumut sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Polri akan semakin meningkat. Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menjelaskan, program e-policing yang diberi nama 'Polisi Kita Sumatera Utara' itu juga dilaksanakan di 33 kabupatren/kota di Sumut.

Pelayanan secara elektronik itu adalah penjabaran dari arahan Presiden Joko Widodo dan program prioritas Kapolri untuk memudahkan masyarakat dalam menjangkau pelayanan kepolisian. Program e-policing itu terintegrasi dengan seluruh Polres di Sumut dan dapat diakses masyarakat secara mudah dengan menggunakan telepon genggam jenis android. Sungguh satu program luar biasa dalam meningkatkan pelayanan, rasa aman dan moderniasi beraplikasi android di abad ini.

Bahkan 'Polisi Kita' bisa meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada aparat berseragam coklat yang sempat luntur. Nah, untuk menuju polisi profesional, modern dan terpercaya (Promoter), Kapolri memberikan penjabaran.

Seperti halnya Profesional melingkupi meningkatkan kompetensi SDM Polri yang semakin berkualitas melalui peningkatan kapasitas pendidikan dan pelatihan, serta melakukan pola-pola pemolisian berdasarkan prosedur baku yang sudah dipahami, dilaksanakan, dan dapat diukur keberhasilannya.

Modern dalam artian melakukan modernisasi dalam layanan publik yang didukung teknologi sehingga semakin mudah dan cepat diakses oleh masyarakat, termasuk pemenuhan kebutuhan Almatsus dan Alpakam yang makin modern. Sedang Terpercaya dengan cara melakukan reformasi internal menuju Polri yang bersih dan bebas dari KKN, guna terwujudnya penegakan hukum yang obyektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan.

Selain itu ada 11 program menuju Polri Promoter. Yakni; (1)  Pemantapan reformasi internal Polri. (2) Peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbasis TI. (3) Penanganan kelompok radikal prokekerasan dan intoleransi yang lebih optimal. (4) Peningkatan profesionalisme Polri menuju keunggulan. (5) Peningkatan kesejahteraan anggota Polri.

Kemudian, (6) Tata kelembagaan, pemenuhan proporsionalitas anggaran dan kebutuhan Min Sarpras. (7) Bangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas. (8) Penguatan Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat). (9) Penegakan hukum yang lebih profesional dan berkeadilan. (10) Penguatan pengawasan dan terakhir (11) Quick Wins Polri.

Sebenarnya program Promoter telah dilaunching pada 2016 lalu. Yang tak kalah penting adalah membangun kembali mental aparat kepolisian.

'Kring Polisi'

Program 'Polisi Kita' yang kini dikatakan bisa membantu masyarakat patut diapresiasi. Dengan kata lain, 'Polisi Kita' atau untuk memudahkannya penulis menyebut 'Kring Polisi' memberi warna alias peningkatan keamanan serta kenyamanan masyarakat.

Yang jadi pertanyaan, akankah program ini berjalan? Satu sisi, ya, berjalan. Puaskah masyarakat? Nah, itu juga harus dipertanyakan. Namun sejauh ini hasilnya cukup positif. Cukup dengan menekan tombol aplikasi android, seketika polisi meluncur.

Bahkan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, baru-baru petugas Polsek Medan Baru menggendong seorang nenek bermarga Lubis. Saat itu sang nenek tersasar di Plaza Medan Fair. Seketika petugas Polsek Medan Baru berbincang dengan nenek yang katanya tinggal di kawasan Tembung.

Karena lelah, lalu polisi itu mengendong si nenek dan menaikkan ke dalam angkot. Kepada si supir angkot, sang polisi menitipkan si nenek dengan memberi alamat lengkapnya.
Tak kalah menarik pendekatan polisi dengan masyarakat untuk meningkatkan rasa kepercayaan serta kepedulian, seperti halnya dilakukan Polsek Sunggal.

Tepat dua hari Lebaran kemarin, petugas Polsek Sunggal bahu membahu bersama masyarakat memotong pohon tumbang yang melintang di Jalan TB Simatupang dekat Terminal Pinang Baris.
Nah, di situ tampak bahwa sikap polisi perlahan mulai berubah.

Tidak arogan dan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat sesuai profesionalisme. Padahal, selaiknya pohon tumbang tersebut merupakan tugas Dinas Pertamanan Kota Medan. Terbaru adalah seorang ibu yang melahirkan di Tol Cipali. Dengan sigap sejumlah polisi membantu sang ibu hingga akhirnya melahirkan buah hatinya. Hendaknya tindakan positif-positif itu patut ditiru. Penulis meyakini andai itu dilakukan tingkat kepercayaan kepada aparat berseragam coklat ini makin bertambah.

Di sisi lain, Polri memiliki keterbatasan sumber daya internal. Di luar persoalan dukungan anggaran dan sarana prasarana, ketersediaan jumlah personil Polri secara keseluruhan belumlah optimal.

Rasio polisi dan masyarakat berdasarkan data 2014 ialah 1:575, padahal rasio ideal menurut PBB ialah 1:300. Karena itu, partisipasi masyarakat melalui sistem atau jaringan kemitraan antara polisi dan masyarakat merupakan strategi utama dalam menjaga Kamtibmas. Upaya membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas memang merupakan salah satu program prioritas Kapolri terpilih. (***)

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba tulisan HUT POLRI KE-71




Editor: dongan

T#g:matatelinga.commatatelinga comOpiniPolisipromotertulisan
Komentar
Kamis, 23 Nov 2017 15:45Berita Sumut

DPRD Medan Soroti Lemahnya Komitmen Pemko Soal Pengawasan Izin Bangunan

Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Medan akan memanggil Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKPPR) dan Satpol PP untuk menanyakan komitmen pengawasan izin pendirian bangunan yang saat ini menjamur melanggar aturan. Ini disampaik

Kamis, 23 Nov 2017 13:16Berita Sumut

Sensasi Kopi Mandailing Plus Martabak Kota Barat Tersaji Dalam Resepsi Ngunduh Mantu

Salah satu faktor yang sangat diperhatikan dalam resepsi ngunduh mantu Kahiyang Ayu-Bobby Nasution adalah persoalan jamuan untuk para tetamu. Berbagai hidangan lezat bakal tersaji dalam resepsi yang digelar mulai 25-26 November 2017 nanti.

Kamis, 23 Nov 2017 12:00Berita Sumut

Buka Sosialisasi dan Kejuaraan Panahan Tingkat SMP se-Sergai, Wabup Minta Anak Kampung Raih Prestasi Tingkat Internasional

Untuk meningkatkan prestasi dibidang olahraga, sudah selayaknya bidang tersebut ditekuni dan dipelajari sejak dini. Telah banyak kegiatan olahraga yang mampu menorehkan prestasi hingga tingkat Internasional yang atletnya berasal dari putra/putri daerah. S

Kamis, 23 Nov 2017 11:14Internasional

PM Lebanon Saad al-Hariri Tak jadi Mundur

Perdana Menteri Lebanon Saad al-Hariri menyatakan menunda keputusannya mundur dari jabatan Perdana Menteri Lebanon atas permintaan Presiden Michel Aoun, sehingga mengendurkan krisis yang sempat memperdalam ketegangan di Timur Tengah.

Kamis, 23 Nov 2017 10:30Berita Sumut

Seputaran Masjid Raya Al Mahsun Dibangun Pedestrian, Motor Dilarang Melintas

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menyambangi Masjid Raya Al Mashun Jalan Sisingamangaraja Medan tadi malam. Kedatangan Wali Kota untuk melihat renovasi yang tengah dilakukan terhadap masjid yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Ma’mun Al

Kamis, 23 Nov 2017 10:00Berita Sumut

Polda Sumut Bentuk Tim Pengurai Kemacetan Saat Resepsi Ngunduh Mantu

Dalam rangka mengantisi kemacetan arus lalu lintas resepsi pernikahan (ngunduh mantu ) Presiden RI di Kota Medan, Dit Lantas Polda Sumut membentuk Tim Pengurai Kemacetan (TPK) di seputaran Jalan MICC sampai ke tempat pelaksanaan resepsi ngunduh mantu Pre

Kamis, 23 Nov 2017 09:00Berita Sumut

Bus ALS Terjun Bebas ke Jurang, 3 Penumpang Tewas

Diduga supir mengantuk, bus ALS jurusan Mandailing Natal (Madina)- Medan dengan nomor polisi BK 7246 UA terjun bebas ke jurang sedalam 21 meter di Desa Marisi, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kamis (23/11/2017) pagi sekira pu

Rabu, 22 Nov 2017 21:38Berita Sumut

Sambut Hari Guru, Ratusan Guru SD dan SMP Ikuti Lomba Kreatifitas

Dalam rangka menyambut Peringatan Hari Guru Tahun 2017, Ratusan Guru SD dan SMP se-Kota Medan mengikuti Rangkaian Perlombaan Kreatifitas Guru Tingkat Kota Medan ke-72 di SMP Negeri 1 Medan

Rabu, 22 Nov 2017 21:32Berita Sumut

Peringatan Hari Tata Ruang Nasional 2017, Jadi Momentum Penataan Kota Lebih Baik

Pemerintah Kota Medan memperingati Hari Tata Ruang Nasional Tahun 2017 di Hotel Polonia Medan

Rabu, 22 Nov 2017 21:27Berita Sumut

Diklat Pim Tingkat IV Angkatan XIII Tahun 2017 Resmi Ditutup

Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tk. IV, Angkatan XIII Tahun 2017 resmi ditutup oleh Walikota Medan Dzulmi Eldin yang diwakili Asisten Umum Setda Kota Medan, Ikhwan H. Daulay

Rabu, 22 Nov 2017 21:20Berita Sumut

Tutup Expo Aksis 2017, Akhyar Sebut Pemko Medan Banyak Belajar Tentang Konservasi Lingkungan

Wakil Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution menyebutkan dengan digelarnya kegiatan Expo Aksi Konservasi Hutan Tropis Sumut (Expo Aksis) 2017, Pemko Medan banyak belajar tentang bagaimana caranya melakukan Konservasi dan Penyelamatan Lingkungan

Rabu, 22 Nov 2017 21:15Berita Sumut

Polsek Patumbak Bekuk Pengguna Narkoba

Personel Unit Reskrim Polsek Patumbak menangkap seorang pengguna narkoba jenis sabu dalam sebuah penggerebekan yang dilakukan di Jalan Balai Desa Pasar 12, Kecamatan Patumbak

Rabu, 22 Nov 2017 21:09Berita Sumut

Personil Polsek Medan Barat, Ditikam Bandar Narkoba Mulai Pulih

Untuk membangkitkan semangat Bripka Budi, anggota Unit Reskrim Polsek Medan Barat yang korban penikaman oleh bandar sabu saat melakukan penangkapan, yang masih menjalani perawatan di rumah sakit tak jauh dari markasnya Jalan Bilal, Medan Timur. Akibat ti

Rabu, 22 Nov 2017 21:02Berita Sumut

PGSU Tembus Gorong-Gorong Tersumbat Pemicu Banjir Di Belawan Bahari

Kerja keras yang dilakukan personil Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) Kecamatan Medan selama dua hari akhirnya membuahkan hasil. Selasa (21/11), mereka berhasil menembus gorong-gorong yang tersumbat dari Lingkunghan VII, Kelurahan

Rabu, 22 Nov 2017 20:59Berita Sumut

Wakil Walikota Puji Film Karya Remaja Medan

MATATELINGA, Medan: Wakil Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi memuji kreativitas pelajar dalam mengembangkan bakat dalam bidang perfilman. Pujian ini disampaikannya setelah menyaksikan karya rena

Rabu, 22 Nov 2017 20:53Berita Sumut

Team Rajawali Polres Labuhanbatu Bekuk 22 Tersangka Curas, Curat dan Curanmor

Team Rajawali Polres Labuhanbatu Bekuk 22 Tersangka Curas, Curat dan Curanmor