• Home
  • Opini
  • Alhamdulillah... Tatan, Anak Medan Labuhan Naik Pangkat Jadi Kombes

Alhamdulillah... Tatan, Anak Medan Labuhan Naik Pangkat Jadi Kombes

Irwansyah Nasution Selasa, 03 Juli 2018 13:12 WIB
mtc/ist
Pria bernama lengkap Tatan Dirsan Atmaja, SIK merupakan lululusan Akademi Kepolisian Tahun 1996 yang kini resmi naik pangkat menjadi Kombes dari sebelumnya AKBP. Tatan, putra asli Medan yang lahir di Medan Labuhan kini menjabat sebagai Kabid Humas Polda S
Oleh : 
(Irwansyah Putra Nasution, SH / Ibey Nasution).



MATATELINGA : Pria bernama lengkap Tatan Dirsan Atmaja, SIK merupakan lululusan Akademi Kepolisian Tahun 1996 yang kini resmi naik pangkat menjadi Kombes dari sebelumnya AKBP. Tatan, putra asli Medan yang lahir di Medan Labuhan kini menjabat sebagai Kabid Humas Polda Sumatera Utara.

Tatan pada masa kecil yang biasa disapa Atan, merupakan pribadi yang tegas, disiplin, ramah dan suka bercanda, sehingga membuat banyak dikenal banyak kalangan masyarakat, polisi, TNI maupun jurnalis.

Hari ini, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpaw menggelar upacara Korps Rapot Kenaikan Pangkat di halaman Mapolda Sumut, yang berarti Tatan Dirsan Atmaja resmi berpangkat Kombes atau melati tiga.

Selain sebagai polisi, Tatan juga aktif dikegiatan olah raga, sosial dan keagamaan seperti olah raga futsal menggelar perlombaan azan, Tahfiz Quran dan juga da'i cilik yang dilaksanakan di Masjid Raya Almashun Medan, dimana pesertanya mencapai seribu orang lebih pada saat menjabat Waka Polrestabes Medan dan membuat posko anti narkoba di kampung kubur, kota kisaran, Kabupaten asahan saat menjabat Kapolres Asahan. 

Sehingga sosok Tatan tak lagi asing dikalangan cendekiawan dan diangkat penjadi salah satu pembina di Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (Prima DMI) Wilayah Sumatera  Utara.

"Ya, Tatan itu sosok orangtua, abang dan juga pengayom. Saya mengenalnya sudah hampir 5 tahun, jadi selamat buat bang Tatan atas kenaikan pangkatnya," 
Kata Irwansyah Putra Nasution, SH, Ketua Prima DMI Sumut.

Sebelum berdinas di Sumatera Utara, Tatan menjabat sebagai Kapolsek Gambir dan juga Kasatreskrim Jakarta Pusat. Perjalanan karir yang panjang dan berliku sehingga saat ini ditempatkan di Polda Sumut dan hingga akhirnya naik pangkat.

Dalam menjalankan tugas, Tatan sosok yang loyal, royal dan bertanggung jawab terhadap pimpinan dan juga institusi tempat dia bekerja. Meski terkadang, disituasi yang sulit yaitu menjaga keseimbangan antara institusi dan kebutuhan publik yaitu konfirmasi rekan-rekan media. "Dia (tatan) selalu berupaya memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugas, meskipun pilihan itu sulit, tapi tetap dilaksanakannya dan menjaga kesimbangan kebutuhan publik," ucap Irwansyah yang biasa disapa Ibey yang juga Video Jurnalis NETTV wilayah Sumut.

Menjadi polisi, adalah cita cita Tatan. Namun tak mudah untuk mewujudkannya. Atan kecil harus tiga kali mencoba baru bisa bergabung dengan institusi Polri setelah sebelumnya menjalani pendidikan sebagai taruna. 

Selama proses mencoba untuk masuk ke akademi polisi, Atan kecil yang dari keluarga biasa dan (maaf, kurang mampu) harus menempah fisik dan mental dengan berlari setiap hari sejauh 30 kilometer. Prinsip yang ada dalam dirinya dahulu bagaimana merubah hidup menjadi lebih baik dan membuat keluarga tersenyum dan akhirnya alhamdulillah berkat kerja keras dan tangan tangan tuhan, Atan diterima dan kini menjadi Tatan sebagai kebanggaan keluarga dan masyarakat Sumatera Utara.


Dalam perjalanan tugasnya, Anak kampung Medan Labuhan ini selalu menyempatkan diri untuk membantu antara sesama (sedekah), tak pernah mengenal lelah dan putus asa dalam berkarya dan dalam menjalankan tugas. Tak hanya almarhum kedua orangtua, keluarga yang bangga samamu Bang Tatan Kami, kami juga teman mu senang atas kenaikan pangkat mu menjadi Kombes Tatan Dirsan Atmaja yang juga pembina di Sahabat Polisi Medan, semoga selalu memberikan yang terbaik dan rendah hati. (mtc)
Editor: faeza

T#g:
Komentar
Senin, 22 Apr 2019 15:30Berita Sumut

Sebar Hoax Bom Surabaya Pengalihan Isu, Oknum Dosen USU Dituntut 1 Tahun Penjara

Dosen USU Himma Dewiyana Lubis (45) dituntut setahun penjara akibat postingannya di media sosial yang dianggap melanggar UU ITE. Dia juga dituntut membayar denda sebesar Rp10 juta subsider 3 bulan kurungan.

Senin, 22 Apr 2019 14:54Berita Sumut

HUT Ke-55 Dharma Pertiwi, Momentum Eratkan Persaudaraan, Kesejahteraan dan Kemajuan Organisasi

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Dharma Pertiwi Tahun 2019, diharapkan menjadi momentum untuk lebih mengeratkan ikatan persaudaraan untuk kesejahateraan anggota dan kemajuan organisasi.

Senin, 22 Apr 2019 14:32Berita Sumut

Ketua DPRD Madina Sebut Presiden Tolak Pengunduran Diri Bupati Lewat Bobby

Permohonan pengunduran diri Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution ditolak Presiden Jokowi. Penolakan itu disampaikan Presiden langsung via telepon menantu Jokowi, Bobby Nasution.

Senin, 22 Apr 2019 13:53Berita Sumut

Kawal Kotak Suara, Aiptu Martin Sembiring Kritis Alami Laka Lantas

Kapolda Sumatera Utara Irjen pol Agus Andrianto menjenguk Aiptu Martin Sembiring, anggota Babinkamtibmas Polres Padangsidimpuan yang kondisinya kritis dan tak sadarkan diri, pasca mengalami kecelakaan lalu lintas saat menjalankan tugas mengawal kotak suar

Senin, 22 Apr 2019 13:24Berita Sumut

Usai Pemilu, Eldin Berharap Istilah Cebong dan Kampret Dihilangkan

Walikota Medan Dzulmi Eldin berharap masyarakat menghilangkan istilah Cebong dan Kampret usai Pemilu. Kedua istilah ini dinilai sangat negatif dan telah mengkotak-kotakan masyarakat.

Senin, 22 Apr 2019 13:09Berita Sumut

Usai Bunuh Adik Ipar, Pria Sepuh Ini Serahkan Diri ke Polisi

Seorang pria tua berusia 76 tahun berinisial PS warga Dusun Bertungen Jehe I Desa Sukandebi Kecamatan Tigalingga, Dairi menyerahkan diri ke Kantor Polsek Tigalingga usai membunuh adik iparnya, Tiurmina Br Ginting (70) pada Minggu (22/4/2019).

Senin, 22 Apr 2019 12:46Berita Sumut

Ini Tanggapan Gubsu Soal Soal Surat Pengunduran Diri Bupati Madina

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi hingga saat ini mengaku belum menerima surat pengunduran ‎diri Bupati Mandailing Natal, Dahlan Hasan Nasution secara resmi. Sejauh ini dia hanya mengaku mendengar dari berita.

Senin, 22 Apr 2019 10:00Lifestyle

Deddy Corbuzier Peluk Lucinta Luna

Lucinta Luna terlibat adu argumen dengan Deddy Corbuzier yang terlihat melalui Instagram Live milik pelantun Jom Jom Manjalita itu, Minggu (21/4/2019)

Senin, 22 Apr 2019 09:45Internasional

Akui Kekalahan, Presiden Pertahana Ukraina Turun Tahta

Presiden Ukraina Petro Poroshenko menerima kekalahannya dalam pemilu presiden

Senin, 22 Apr 2019 09:30Ekonomi

Bergerak 2 Arah Rupiah Pagi Ini ke Rp14.062/USD

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak dua arah (mixed) pada pembukaan perdagangan pagi ini

Senin, 22 Apr 2019 09:15Ekonomi

Usai Long Weekend, IHSG Menguat Tipis ke Level 6.511

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan penguatan pada perdagangan pagi ini pasca-libur panjang

Senin, 22 Apr 2019 09:00Bola

Jadi Pahlawan, Zidane: Benzema Striker Terbaik Dunia

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mengaku sangat terpukau dengan aksi Karim Benzema ketika timnya mengalahkan Athletic Bilbao

Minggu, 21 Apr 2019 23:45Lifestyle

Begini Reaksi Deddy Corbuzier, Usai Ditantang Lucinta Luna

Lucinta Luna tiba-tiba saja murka di Insta Story dengan mentag akun Instagram milik Deddy Corbuzier.

Minggu, 21 Apr 2019 23:30Bola

Hantam 4-0, Everton Permalukan Manchester United

Everton memetik kemenangan telak dengan skor 4-0 kala menjamu Manchester United di Goodison Park dalam laga lanjutan Liga Inggris 2018-2019

Minggu, 21 Apr 2019 23:15Nasional

Gelar Coblos Ulang, Prabowo-Sandi Tetap Menang

Memiliki jumlah suara terbanyak di Banten pada hitungan versi quick count, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

Minggu, 21 Apr 2019 23:00Bola

Begini Pembelaan Valverde Usai Coutinho Kembali Dicemooh Penggemar Barcelona

Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho, kembali mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari penggemar di Stadion Camp Nou di laga kontra Real Sociedad,