• Home
  • Opini
  • 71 Tahun Polri : Polisi (Harus) Lebih Profesional

71 Tahun Polri : Polisi (Harus) Lebih Profesional

James P Pardede Rabu, 05 Juli 2017 14:33 WIB
James
Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho
Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kepolisian Republik Indonesia (Polri) harus disikapi dengan positif dan memanfaatkannya sebagai titik awal melakukan pembenahan secara internal dan eksternal agar Polri sebagai salah satu institusi penegakan hukum di negeri ini sesuai dengan harapan masyarakat dan semakin professional ke depan.

Oleh : James P. Pardede

Salah satu tugas Polri sebagai pengayom masyarakat, Polri harus benar-benar professional dalam menjalankan tugasnya. Polri harus melakukan sejumlah kemitraan dengan masyarakat. Polri juga harus mengembalikan kepercayaan publik terutama dalam membangun dukungan dan komitmen berbagai pemangku kepentingan publik seperti pemimpin partai politik, tokoh masyarakat, ormas, dan LSM.

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, sesungguhnya Polri sudah memiliki standart baku yang mengacu pada profesionalitas seluruh personilnya. Persoalan yang kemudian muncul adalah ada beberapa anggota justru kadang kontraproduktif dengan tugas tersebut. Contoh sikap yang seolah bertolak belakang di antaranya berlaku sewenang-wenang dan menunjukkan sikap arogan.

Di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, dimana internet sudah mudah diakses, masyarakat sudah banyak yang menggunakan sosial media menjadi sangat mudah bagi seseorang dalam melaporkan arogansi aparat kepolisian. Tidak jamannya lagi saat ini bersikap arogan dan membodohi masyarakat. Polisi ke depan harus menampilkan kepribadian yang rendah hati, tidak 'mentang-mentang' dengan seragam yang dipakainya jadi semena-mena terhadap rakyat kecil.


Kebiasaan-kebiasaan 'membodohi' masyarakat yang dilakukan oleh segelintir oknum aparat kepolisian di lapangan harus segera ditinggalkan, ke depan Polri akan menjadi institusi penegak hukum yang sesuai harapan seluruh elemen masyarakat.

Momentum HUT ke-71 Polri yang diperingati setiap tanggal 1 Juli bisa dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi, pembenahan ke dalam (internal) dan pembenahan ke luar (eksternal). Evaluasi sangat penting dilakukan agar bisa mendapatkan masukan dari berbagai elemen mana yang harus segera dibenahi dan mana yang tidak perlu diterapkan dalam operasional di lapangan.

Pembenahan Internal

Pembenahan ke dalam harus dilakukan secara simultan dan menyeluruh mulai dari pembenahan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun kelembagaannya. Pembenahan ke dalam harus dilakukan secara berkesinambungan mulai dari proses rekrutmen atau penerimaan calon anggota Polri. Dalam seleksi yang dilakukan Polri harus transparan dan terbuka, hal ini dilakukan untuk mendapatkan putra-putri terbaik bangsa yang mau mengabdikan dirinya menjadi pelayan masyarakat.

Pembenahan ke dalam juga perlu dilakukan terutama dalam menerapkan masalah kedisiplinan, kinerja, sikap dan perilaku. Anggota Polri yang terlibat dengan kejahatan, masalah narkoba dan jenis kejahatan lainnya, Polri pasti sudah punya aturan main untuk hal ini. Apalagi yang berurusan dengan masalah narkoba. Karena banyak juga kasus-kasus bandar narkoba dan pengguna narkoba yang mencuat ke permukaan melibatkan aparat kepolisian.

Tidak hanya masalah kedisiplinan, lembaga penegak hukum ini juga harus konsisten dalam mengapresiasi kinerja setiap anggotanya. Ada reward dan punishment bagi anggota Polri yang berprestasi. Masyarakat juga akan memberikan penilaian tersendiri kepada aparat kepolisian yang memberikan pelayanan dan 'tanpa pamrih' dalam mengayomi masyarakat. Untuk masalah pemberian penghargaan ini, pasti Polri sudah punya aturan main yang jelas. Permasalahannya adalah Polri harus benar-benar dalam menetapkan kriteria seseorang itu layak mendapatkan pernghargaan.


Pembenahan Eksternal

Untuk masalah pembenahan eksternal atau ke luar lembaga, Polri dalam prakteknya sudah banyak melakukan hubungan baik dan kerjasama dengan beberapa lembaga termasuk LSM dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara, memberikan rasa aman bagi masyarakatnya.

Seperti yang dilakukan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melakukan kuliah umum atau bersilaturahmi ke berbagai universitas di Indonesia. Hal ini juga didelegasikan ke daerah. Dalam hal ini, Kepala Kepolisian Resort Kota Besar (Kapolrestabes) Medan Kombes Pol Sandi Nugroho, SH, SIK, MHum juga melakukan kunjungan ke beberapa universitas di Kota Medan.

Dalam kunjungan ke berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta, Polri membangun kepercayaan dan menunjukkan kepada semua elemen masyarakat bahwa tugas untuk menciptakan kemananan dan ketertiban masyarakat tidak hanya tugas Polri, tapi tugas semua warga negara.
"Itu sebabnya, kami sangat mengharapkan kerjasama warga masyarakat yang menemukan sesuatu yang mencurigakan atau melihat langsung bahwa warga dilingkungannya terlibat narkoba agar segera melapor. Identitas pelapor pasti dirahasiakan," demikian disampaikan Sandi Nugroho saat bersilaturahim dengan mahasiswa Universitas Methodist Indonesia Medan beberapa waktu lalu.

Silaturahim dengan mahasiswa dan civitas akademika, Polri juga berkesempatan untuk mensosialisasikan betapa pentingnya tertib lalu lintas. Angka kecelakaan lalu lintas yang masih tinggi perlu menjadi pelajaran bagi seluruh elemen masyarakat pengguna jalan agar tertib dan mematuhi aturan-aturan yang ada.

Tidak hanya dengan kalangan kampus, Polri juga membangun hubungan baik dengan para ulama dan tokoh agama, organisasi kepemudaan, pimpinan partai politik, organisasi masyarakat serta elemen lainnya. Untuk apa membangun hubungan baik dengan dunia luar?


Polri sebagai salah satu lembaga penegak hukum harus intens dalam melakukan sosialisasi terkait dengan upaya penegakan hukum. Itu yang menjadi hal penting mengapa Polri harus mengayomi dan merangkul masyarakat. Karena, di luar sana masih banyak masyarakat kita yang 'buta' dengan masalah hukum. Dengan adanya pertemuan dan silaturahim antara Polri dengan masyarakat, ini akan menjadi momentum yang sangat tepat dalam melakukan sosialisasi tentang penegakan hukum dan berbagai hal lainnya yang tujuannya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Harapan kita ke depan, dengan momentum HUT ke-71 Polri menjadi lebih profesional dan sangat dekat dengan masyarakat. Polisi sebagai pengayom masyarakat memiliki tekad memberikan pengabdian terbaik (tekadku pengabdian terbaik) bisa diaplikasikan ke semua anggota Polri agar anggota yang selama ini masih semena-mena terhadap masyarakat segera berbalik arah menjadi anggota Polri yang dirindukan masyarakat. Dirgahayu Polri!

* Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Karya Tulis Hari Bhayangkara yang ke-71.
Editor: Amrizal

T#g:PolrestabesSandiNugroho
Komentar
Rabu, 21 Feb 2018 13:33Berita Sumut

Pedagang Pasar Gambir tentang Edy Rahmayadi: Biasanya Kami Lihat dari Kalender

Calon Gubsu nomor urut 1 Edy Rahmayadi kembali mengunjungi pasar tradisional. Yang dikunjungi kali ini adalah Pasar Gambir di Pasar 8 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Rabu (21/2/2018).

Rabu, 21 Feb 2018 12:46Berita Sumut

Kasus Pencemaran Nama Baik Bupati Asahan Masih Proses Penyidikan

Polres Asahan hingga saat ini masih mendalami kasus dugaan pencemaran nama baik Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang yang dilakukan akun facebook bernama Putra Hutasuhut. Polisi menyebutkan kasus ini sudah dalam tahap penyidikan.

Rabu, 21 Feb 2018 08:45Berita Sumut

Tepis Isu Tangkap Lepas, Polres Asahan Ringkus Kecubung Sang Bandar Narkoba Asahan

Satres Narkoba Polres Asahan kembali meringkus Samsul Arif Sitorus alias Bung Roma alias Kecubung, bandar narkoba yang kerap beraksi di wilayah hukum Polres Asahan. Penangkapan ini juga menepis isu tangkap lepas tersangka di Polres Asahan.

Rabu, 21 Feb 2018 06:55Berita Sumut

DKPP Gelar Sidang Tiga Kasus Etik Pilkada Di Bawaslu Sumut

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu( DKPP) menggelar sidang tiga berkas aduan ( laporan ) pelanggaran etika Pilkada di Bawaslu Sumut

Rabu, 21 Feb 2018 06:48Berita Sumut

Wagubsu : Walikota dan BPN Segera Terbitkan Sertifikat Tanah di Seluruh Kota Sibolga

Wagubsu Dr. Hj. Nurhajizah Marpaung SH, MH mengatakan agar Pemerintah Kota dan BPN membuat semua bidang tanah yang ada di Kota Sibolga khususnya bersertifika

Rabu, 21 Feb 2018 04:39Berita Sumut

Bupati Karo Secara Resmi Membuka Rapat Harmonisasi Program Kerja TP. PKK

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH membuka secara resmi rapat harmonisasi program kerja TP. PKK se Kabupaten Karo Tahun 2018, di jambur Pemkab Karo

Selasa, 20 Feb 2018 22:54Berita Sumut

Antisipasi Bentrokan Antar Warga, Kapolres Tapsel Gelar Bakti Sosial

Petugas Polres Tapanuli Selatan, Detasemen C Brimob Poldasu, Prajurit Kodim 0212/TS, beserta warga Kecamatan Batang Angkola

Selasa, 20 Feb 2018 22:51Berita Sumut

Bupati Ir H Soekirman : Pentingnya Kesehatan Bagi Masa depan

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menerima 324 Mahasiswa yang akan melakukan Pengalaman Belajar Lapangan

Selasa, 20 Feb 2018 22:46Berita Sumut

Walikota Medam Terima Kunker Komisis II DPRD Kota Jambi

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin diwakili Kepala BPKAD Kota Medan Ir. Irwan Ritonga menerima kunjungan kerja Komisi II DPRD

Selasa, 20 Feb 2018 22:40Nasional

Kegiatan Super Medical Camp Indobatt XXIII-L Mendapat Tempat Dihati Masyarakat Lebanon

Pasukan Garuda Satgas Indobatt (Indonesian Battalion) Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon)

Selasa, 20 Feb 2018 22:31Berita Sumut

Dua Karyawan RM Padang Raya Disekap dan Babak Belur Dianiaya Gerombolan Preman

aksi kekerasan dan penganiayaan yang dilakukan sekelompok preman masih kerap terjadi dan terkesan tidak tersentuh hukum

Selasa, 20 Feb 2018 16:30Berita Sumut

Kapolres Asahan Jadi Irup Peringatan HKN 2018

Pemerintah Kabupaten Asahan memperingati Hari Kesadaran Nasional (HKN) 2018 di alun alun kota Kisaran, Senin (19/2/2018). Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kapolres Asahan AKBP.Qobul Syahrin Ritonga,SIK.M.Si.

Selasa, 20 Feb 2018 16:15Berita Sumut

KJRI Dengan Kapoldasu Bahas TPPO

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching, Jahar Gultom audensi di Poldasu langsung diterima Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw

Selasa, 20 Feb 2018 16:00Berita Sumut

Antisipasi Kejadian di Jawa, Orang Gila di Medan Juga Dirazia Polisi

Polsek Sunggal bersama Dinas Sosial Pemko Medan menggelar razia gelandangan pengemis (gepeng) dan orang gila, Selasa (20/2/2018). Razia ini melibatkan 30 an orang petugas gabungan.

Selasa, 20 Feb 2018 15:45Berita Sumut

Bupati Asahan Serahkan 80 Unit Kendaraan Dinas Kepala Desa

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Simatupang,MAP menyerahkan 80 unit kendaraan roda dua kepada 80 orang kepala desa. Bantuan ini dari bantuan hibah Pemerintah Propinsi Sumatera Utara, Senin (19/2/2018) di rumah dinas Bupati Asahan.

Selasa, 20 Feb 2018 15:00Berita Sumut

Sidang Sengketa Pilgub JR Saragih Dikawal 557 Polisi

Untuk mengamankan jalannya sidang perdana terkait gugatan sengketa Pemilihan Gubernur Sumut (Pilgubsu) terhadap pasangan Jopinus Ramli (JR) Saragih dan Ance Selian di Kantor Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Sumut, Jalan Adam Malik, Medan. Ratusan persone