• Home
  • Opini
  • 71 Tahun Polri : Polisi (Harus) Lebih Profesional

71 Tahun Polri : Polisi (Harus) Lebih Profesional

James P Pardede Rabu, 05 Juli 2017 14:33 WIB
James
Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho
Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kepolisian Republik Indonesia (Polri) harus disikapi dengan positif dan memanfaatkannya sebagai titik awal melakukan pembenahan secara internal dan eksternal agar Polri sebagai salah satu institusi penegakan hukum di negeri ini sesuai dengan harapan masyarakat dan semakin professional ke depan.

Oleh : James P. Pardede

Salah satu tugas Polri sebagai pengayom masyarakat, Polri harus benar-benar professional dalam menjalankan tugasnya. Polri harus melakukan sejumlah kemitraan dengan masyarakat. Polri juga harus mengembalikan kepercayaan publik terutama dalam membangun dukungan dan komitmen berbagai pemangku kepentingan publik seperti pemimpin partai politik, tokoh masyarakat, ormas, dan LSM.

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, sesungguhnya Polri sudah memiliki standart baku yang mengacu pada profesionalitas seluruh personilnya. Persoalan yang kemudian muncul adalah ada beberapa anggota justru kadang kontraproduktif dengan tugas tersebut. Contoh sikap yang seolah bertolak belakang di antaranya berlaku sewenang-wenang dan menunjukkan sikap arogan.

Di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, dimana internet sudah mudah diakses, masyarakat sudah banyak yang menggunakan sosial media menjadi sangat mudah bagi seseorang dalam melaporkan arogansi aparat kepolisian. Tidak jamannya lagi saat ini bersikap arogan dan membodohi masyarakat. Polisi ke depan harus menampilkan kepribadian yang rendah hati, tidak 'mentang-mentang' dengan seragam yang dipakainya jadi semena-mena terhadap rakyat kecil.


Kebiasaan-kebiasaan 'membodohi' masyarakat yang dilakukan oleh segelintir oknum aparat kepolisian di lapangan harus segera ditinggalkan, ke depan Polri akan menjadi institusi penegak hukum yang sesuai harapan seluruh elemen masyarakat.

Momentum HUT ke-71 Polri yang diperingati setiap tanggal 1 Juli bisa dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi, pembenahan ke dalam (internal) dan pembenahan ke luar (eksternal). Evaluasi sangat penting dilakukan agar bisa mendapatkan masukan dari berbagai elemen mana yang harus segera dibenahi dan mana yang tidak perlu diterapkan dalam operasional di lapangan.

Pembenahan Internal

Pembenahan ke dalam harus dilakukan secara simultan dan menyeluruh mulai dari pembenahan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun kelembagaannya. Pembenahan ke dalam harus dilakukan secara berkesinambungan mulai dari proses rekrutmen atau penerimaan calon anggota Polri. Dalam seleksi yang dilakukan Polri harus transparan dan terbuka, hal ini dilakukan untuk mendapatkan putra-putri terbaik bangsa yang mau mengabdikan dirinya menjadi pelayan masyarakat.

Pembenahan ke dalam juga perlu dilakukan terutama dalam menerapkan masalah kedisiplinan, kinerja, sikap dan perilaku. Anggota Polri yang terlibat dengan kejahatan, masalah narkoba dan jenis kejahatan lainnya, Polri pasti sudah punya aturan main untuk hal ini. Apalagi yang berurusan dengan masalah narkoba. Karena banyak juga kasus-kasus bandar narkoba dan pengguna narkoba yang mencuat ke permukaan melibatkan aparat kepolisian.

Tidak hanya masalah kedisiplinan, lembaga penegak hukum ini juga harus konsisten dalam mengapresiasi kinerja setiap anggotanya. Ada reward dan punishment bagi anggota Polri yang berprestasi. Masyarakat juga akan memberikan penilaian tersendiri kepada aparat kepolisian yang memberikan pelayanan dan 'tanpa pamrih' dalam mengayomi masyarakat. Untuk masalah pemberian penghargaan ini, pasti Polri sudah punya aturan main yang jelas. Permasalahannya adalah Polri harus benar-benar dalam menetapkan kriteria seseorang itu layak mendapatkan pernghargaan.


Pembenahan Eksternal

Untuk masalah pembenahan eksternal atau ke luar lembaga, Polri dalam prakteknya sudah banyak melakukan hubungan baik dan kerjasama dengan beberapa lembaga termasuk LSM dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara, memberikan rasa aman bagi masyarakatnya.

Seperti yang dilakukan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melakukan kuliah umum atau bersilaturahmi ke berbagai universitas di Indonesia. Hal ini juga didelegasikan ke daerah. Dalam hal ini, Kepala Kepolisian Resort Kota Besar (Kapolrestabes) Medan Kombes Pol Sandi Nugroho, SH, SIK, MHum juga melakukan kunjungan ke beberapa universitas di Kota Medan.

Dalam kunjungan ke berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta, Polri membangun kepercayaan dan menunjukkan kepada semua elemen masyarakat bahwa tugas untuk menciptakan kemananan dan ketertiban masyarakat tidak hanya tugas Polri, tapi tugas semua warga negara.
"Itu sebabnya, kami sangat mengharapkan kerjasama warga masyarakat yang menemukan sesuatu yang mencurigakan atau melihat langsung bahwa warga dilingkungannya terlibat narkoba agar segera melapor. Identitas pelapor pasti dirahasiakan," demikian disampaikan Sandi Nugroho saat bersilaturahim dengan mahasiswa Universitas Methodist Indonesia Medan beberapa waktu lalu.

Silaturahim dengan mahasiswa dan civitas akademika, Polri juga berkesempatan untuk mensosialisasikan betapa pentingnya tertib lalu lintas. Angka kecelakaan lalu lintas yang masih tinggi perlu menjadi pelajaran bagi seluruh elemen masyarakat pengguna jalan agar tertib dan mematuhi aturan-aturan yang ada.

Tidak hanya dengan kalangan kampus, Polri juga membangun hubungan baik dengan para ulama dan tokoh agama, organisasi kepemudaan, pimpinan partai politik, organisasi masyarakat serta elemen lainnya. Untuk apa membangun hubungan baik dengan dunia luar?


Polri sebagai salah satu lembaga penegak hukum harus intens dalam melakukan sosialisasi terkait dengan upaya penegakan hukum. Itu yang menjadi hal penting mengapa Polri harus mengayomi dan merangkul masyarakat. Karena, di luar sana masih banyak masyarakat kita yang 'buta' dengan masalah hukum. Dengan adanya pertemuan dan silaturahim antara Polri dengan masyarakat, ini akan menjadi momentum yang sangat tepat dalam melakukan sosialisasi tentang penegakan hukum dan berbagai hal lainnya yang tujuannya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Harapan kita ke depan, dengan momentum HUT ke-71 Polri menjadi lebih profesional dan sangat dekat dengan masyarakat. Polisi sebagai pengayom masyarakat memiliki tekad memberikan pengabdian terbaik (tekadku pengabdian terbaik) bisa diaplikasikan ke semua anggota Polri agar anggota yang selama ini masih semena-mena terhadap masyarakat segera berbalik arah menjadi anggota Polri yang dirindukan masyarakat. Dirgahayu Polri!

* Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Karya Tulis Hari Bhayangkara yang ke-71.
Editor: Amrizal

T#g:PolrestabesSandiNugroho
Komentar
Kamis, 23 Nov 2017 15:45Berita Sumut

DPRD Medan Soroti Lemahnya Komitmen Pemko Soal Pengawasan Izin Bangunan

Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Medan akan memanggil Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKPPR) dan Satpol PP untuk menanyakan komitmen pengawasan izin pendirian bangunan yang saat ini menjamur melanggar aturan. Ini disampaik

Kamis, 23 Nov 2017 13:16Berita Sumut

Sensasi Kopi Mandailing Plus Martabak Kota Barat Tersaji Dalam Resepsi Ngunduh Mantu

Salah satu faktor yang sangat diperhatikan dalam resepsi ngunduh mantu Kahiyang Ayu-Bobby Nasution adalah persoalan jamuan untuk para tetamu. Berbagai hidangan lezat bakal tersaji dalam resepsi yang digelar mulai 25-26 November 2017 nanti.

Kamis, 23 Nov 2017 12:00Berita Sumut

Buka Sosialisasi dan Kejuaraan Panahan Tingkat SMP se-Sergai, Wabup Minta Anak Kampung Raih Prestasi Tingkat Internasional

Untuk meningkatkan prestasi dibidang olahraga, sudah selayaknya bidang tersebut ditekuni dan dipelajari sejak dini. Telah banyak kegiatan olahraga yang mampu menorehkan prestasi hingga tingkat Internasional yang atletnya berasal dari putra/putri daerah. S

Kamis, 23 Nov 2017 11:14Internasional

PM Lebanon Saad al-Hariri Tak jadi Mundur

Perdana Menteri Lebanon Saad al-Hariri menyatakan menunda keputusannya mundur dari jabatan Perdana Menteri Lebanon atas permintaan Presiden Michel Aoun, sehingga mengendurkan krisis yang sempat memperdalam ketegangan di Timur Tengah.

Kamis, 23 Nov 2017 10:30Berita Sumut

Seputaran Masjid Raya Al Mahsun Dibangun Pedestrian, Motor Dilarang Melintas

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menyambangi Masjid Raya Al Mashun Jalan Sisingamangaraja Medan tadi malam. Kedatangan Wali Kota untuk melihat renovasi yang tengah dilakukan terhadap masjid yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Ma’mun Al

Kamis, 23 Nov 2017 10:00Berita Sumut

Polda Sumut Bentuk Tim Pengurai Kemacetan Saat Resepsi Ngunduh Mantu

Dalam rangka mengantisi kemacetan arus lalu lintas resepsi pernikahan (ngunduh mantu ) Presiden RI di Kota Medan, Dit Lantas Polda Sumut membentuk Tim Pengurai Kemacetan (TPK) di seputaran Jalan MICC sampai ke tempat pelaksanaan resepsi ngunduh mantu Pre

Kamis, 23 Nov 2017 09:00Berita Sumut

Bus ALS Terjun Bebas ke Jurang, 3 Penumpang Tewas

Diduga supir mengantuk, bus ALS jurusan Mandailing Natal (Madina)- Medan dengan nomor polisi BK 7246 UA terjun bebas ke jurang sedalam 21 meter di Desa Marisi, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kamis (23/11/2017) pagi sekira pu

Rabu, 22 Nov 2017 21:38Berita Sumut

Sambut Hari Guru, Ratusan Guru SD dan SMP Ikuti Lomba Kreatifitas

Dalam rangka menyambut Peringatan Hari Guru Tahun 2017, Ratusan Guru SD dan SMP se-Kota Medan mengikuti Rangkaian Perlombaan Kreatifitas Guru Tingkat Kota Medan ke-72 di SMP Negeri 1 Medan

Rabu, 22 Nov 2017 21:32Berita Sumut

Peringatan Hari Tata Ruang Nasional 2017, Jadi Momentum Penataan Kota Lebih Baik

Pemerintah Kota Medan memperingati Hari Tata Ruang Nasional Tahun 2017 di Hotel Polonia Medan

Rabu, 22 Nov 2017 21:27Berita Sumut

Diklat Pim Tingkat IV Angkatan XIII Tahun 2017 Resmi Ditutup

Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tk. IV, Angkatan XIII Tahun 2017 resmi ditutup oleh Walikota Medan Dzulmi Eldin yang diwakili Asisten Umum Setda Kota Medan, Ikhwan H. Daulay

Rabu, 22 Nov 2017 21:20Berita Sumut

Tutup Expo Aksis 2017, Akhyar Sebut Pemko Medan Banyak Belajar Tentang Konservasi Lingkungan

Wakil Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution menyebutkan dengan digelarnya kegiatan Expo Aksi Konservasi Hutan Tropis Sumut (Expo Aksis) 2017, Pemko Medan banyak belajar tentang bagaimana caranya melakukan Konservasi dan Penyelamatan Lingkungan

Rabu, 22 Nov 2017 21:15Berita Sumut

Polsek Patumbak Bekuk Pengguna Narkoba

Personel Unit Reskrim Polsek Patumbak menangkap seorang pengguna narkoba jenis sabu dalam sebuah penggerebekan yang dilakukan di Jalan Balai Desa Pasar 12, Kecamatan Patumbak

Rabu, 22 Nov 2017 21:09Berita Sumut

Personil Polsek Medan Barat, Ditikam Bandar Narkoba Mulai Pulih

Untuk membangkitkan semangat Bripka Budi, anggota Unit Reskrim Polsek Medan Barat yang korban penikaman oleh bandar sabu saat melakukan penangkapan, yang masih menjalani perawatan di rumah sakit tak jauh dari markasnya Jalan Bilal, Medan Timur. Akibat ti

Rabu, 22 Nov 2017 21:02Berita Sumut

PGSU Tembus Gorong-Gorong Tersumbat Pemicu Banjir Di Belawan Bahari

Kerja keras yang dilakukan personil Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) Kecamatan Medan selama dua hari akhirnya membuahkan hasil. Selasa (21/11), mereka berhasil menembus gorong-gorong yang tersumbat dari Lingkunghan VII, Kelurahan

Rabu, 22 Nov 2017 20:59Berita Sumut

Wakil Walikota Puji Film Karya Remaja Medan

MATATELINGA, Medan: Wakil Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi memuji kreativitas pelajar dalam mengembangkan bakat dalam bidang perfilman. Pujian ini disampaikannya setelah menyaksikan karya rena

Rabu, 22 Nov 2017 20:53Berita Sumut

Team Rajawali Polres Labuhanbatu Bekuk 22 Tersangka Curas, Curat dan Curanmor

Team Rajawali Polres Labuhanbatu Bekuk 22 Tersangka Curas, Curat dan Curanmor