• Home
  • Opini
  • 71 Tahun Polri : Polisi (Harus) Lebih Profesional

71 Tahun Polri : Polisi (Harus) Lebih Profesional

James P Pardede Rabu, 05 Juli 2017 14:33 WIB
James
Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho
Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kepolisian Republik Indonesia (Polri) harus disikapi dengan positif dan memanfaatkannya sebagai titik awal melakukan pembenahan secara internal dan eksternal agar Polri sebagai salah satu institusi penegakan hukum di negeri ini sesuai dengan harapan masyarakat dan semakin professional ke depan.

Oleh : James P. Pardede

Salah satu tugas Polri sebagai pengayom masyarakat, Polri harus benar-benar professional dalam menjalankan tugasnya. Polri harus melakukan sejumlah kemitraan dengan masyarakat. Polri juga harus mengembalikan kepercayaan publik terutama dalam membangun dukungan dan komitmen berbagai pemangku kepentingan publik seperti pemimpin partai politik, tokoh masyarakat, ormas, dan LSM.

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, sesungguhnya Polri sudah memiliki standart baku yang mengacu pada profesionalitas seluruh personilnya. Persoalan yang kemudian muncul adalah ada beberapa anggota justru kadang kontraproduktif dengan tugas tersebut. Contoh sikap yang seolah bertolak belakang di antaranya berlaku sewenang-wenang dan menunjukkan sikap arogan.

Di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, dimana internet sudah mudah diakses, masyarakat sudah banyak yang menggunakan sosial media menjadi sangat mudah bagi seseorang dalam melaporkan arogansi aparat kepolisian. Tidak jamannya lagi saat ini bersikap arogan dan membodohi masyarakat. Polisi ke depan harus menampilkan kepribadian yang rendah hati, tidak 'mentang-mentang' dengan seragam yang dipakainya jadi semena-mena terhadap rakyat kecil.


Kebiasaan-kebiasaan 'membodohi' masyarakat yang dilakukan oleh segelintir oknum aparat kepolisian di lapangan harus segera ditinggalkan, ke depan Polri akan menjadi institusi penegak hukum yang sesuai harapan seluruh elemen masyarakat.

Momentum HUT ke-71 Polri yang diperingati setiap tanggal 1 Juli bisa dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi, pembenahan ke dalam (internal) dan pembenahan ke luar (eksternal). Evaluasi sangat penting dilakukan agar bisa mendapatkan masukan dari berbagai elemen mana yang harus segera dibenahi dan mana yang tidak perlu diterapkan dalam operasional di lapangan.

Pembenahan Internal

Pembenahan ke dalam harus dilakukan secara simultan dan menyeluruh mulai dari pembenahan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun kelembagaannya. Pembenahan ke dalam harus dilakukan secara berkesinambungan mulai dari proses rekrutmen atau penerimaan calon anggota Polri. Dalam seleksi yang dilakukan Polri harus transparan dan terbuka, hal ini dilakukan untuk mendapatkan putra-putri terbaik bangsa yang mau mengabdikan dirinya menjadi pelayan masyarakat.

Pembenahan ke dalam juga perlu dilakukan terutama dalam menerapkan masalah kedisiplinan, kinerja, sikap dan perilaku. Anggota Polri yang terlibat dengan kejahatan, masalah narkoba dan jenis kejahatan lainnya, Polri pasti sudah punya aturan main untuk hal ini. Apalagi yang berurusan dengan masalah narkoba. Karena banyak juga kasus-kasus bandar narkoba dan pengguna narkoba yang mencuat ke permukaan melibatkan aparat kepolisian.

Tidak hanya masalah kedisiplinan, lembaga penegak hukum ini juga harus konsisten dalam mengapresiasi kinerja setiap anggotanya. Ada reward dan punishment bagi anggota Polri yang berprestasi. Masyarakat juga akan memberikan penilaian tersendiri kepada aparat kepolisian yang memberikan pelayanan dan 'tanpa pamrih' dalam mengayomi masyarakat. Untuk masalah pemberian penghargaan ini, pasti Polri sudah punya aturan main yang jelas. Permasalahannya adalah Polri harus benar-benar dalam menetapkan kriteria seseorang itu layak mendapatkan pernghargaan.


Pembenahan Eksternal

Untuk masalah pembenahan eksternal atau ke luar lembaga, Polri dalam prakteknya sudah banyak melakukan hubungan baik dan kerjasama dengan beberapa lembaga termasuk LSM dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara, memberikan rasa aman bagi masyarakatnya.

Seperti yang dilakukan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melakukan kuliah umum atau bersilaturahmi ke berbagai universitas di Indonesia. Hal ini juga didelegasikan ke daerah. Dalam hal ini, Kepala Kepolisian Resort Kota Besar (Kapolrestabes) Medan Kombes Pol Sandi Nugroho, SH, SIK, MHum juga melakukan kunjungan ke beberapa universitas di Kota Medan.

Dalam kunjungan ke berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta, Polri membangun kepercayaan dan menunjukkan kepada semua elemen masyarakat bahwa tugas untuk menciptakan kemananan dan ketertiban masyarakat tidak hanya tugas Polri, tapi tugas semua warga negara.
"Itu sebabnya, kami sangat mengharapkan kerjasama warga masyarakat yang menemukan sesuatu yang mencurigakan atau melihat langsung bahwa warga dilingkungannya terlibat narkoba agar segera melapor. Identitas pelapor pasti dirahasiakan," demikian disampaikan Sandi Nugroho saat bersilaturahim dengan mahasiswa Universitas Methodist Indonesia Medan beberapa waktu lalu.

Silaturahim dengan mahasiswa dan civitas akademika, Polri juga berkesempatan untuk mensosialisasikan betapa pentingnya tertib lalu lintas. Angka kecelakaan lalu lintas yang masih tinggi perlu menjadi pelajaran bagi seluruh elemen masyarakat pengguna jalan agar tertib dan mematuhi aturan-aturan yang ada.

Tidak hanya dengan kalangan kampus, Polri juga membangun hubungan baik dengan para ulama dan tokoh agama, organisasi kepemudaan, pimpinan partai politik, organisasi masyarakat serta elemen lainnya. Untuk apa membangun hubungan baik dengan dunia luar?


Polri sebagai salah satu lembaga penegak hukum harus intens dalam melakukan sosialisasi terkait dengan upaya penegakan hukum. Itu yang menjadi hal penting mengapa Polri harus mengayomi dan merangkul masyarakat. Karena, di luar sana masih banyak masyarakat kita yang 'buta' dengan masalah hukum. Dengan adanya pertemuan dan silaturahim antara Polri dengan masyarakat, ini akan menjadi momentum yang sangat tepat dalam melakukan sosialisasi tentang penegakan hukum dan berbagai hal lainnya yang tujuannya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Harapan kita ke depan, dengan momentum HUT ke-71 Polri menjadi lebih profesional dan sangat dekat dengan masyarakat. Polisi sebagai pengayom masyarakat memiliki tekad memberikan pengabdian terbaik (tekadku pengabdian terbaik) bisa diaplikasikan ke semua anggota Polri agar anggota yang selama ini masih semena-mena terhadap masyarakat segera berbalik arah menjadi anggota Polri yang dirindukan masyarakat. Dirgahayu Polri!

* Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Karya Tulis Hari Bhayangkara yang ke-71.
Editor: Amrizal

T#g:PolrestabesSandiNugroho
Komentar
Selasa, 26 Sep 2017 18:20Berita Sumut

Gubernur : Pesparawi Salah Satu Kebanggaan Sumut

Pestival Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Wanita Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) merupakan Kebanggaan Sumatera Utara

Selasa, 26 Sep 2017 18:01Berita Sumut

Gubsu Tengku Erry Minta Kab/Kota Bersinergi dengan Provinsi

Gubernur Sumatera Utara Dr H T Erry Nuradi meminta kepada seluruh Bupati/walikota agar selalu berkoordinasi

Selasa, 26 Sep 2017 17:39Berita Sumut

Pemprovsu Siap Lakukan Kerjasama dengan Innovam Netherlands

Langkah Innovam Netherlands membuka Kantor perwakilan di Sumatera Utara diapresiasi Wakil Gubernur Sumut Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH. Wagubsu pun berharap Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu)

Selasa, 26 Sep 2017 17:25Berita Sumut

Wakil Walikota Medan Buka Festival Nasyid/Seni Qasidah Tingkat Kota Medan

Wakil Walikota Medan, Ir.H.Akhyar Nasution MSi secara resmi membuka festival nasyid/seni qasidah tingkat Kota Medan tahun 2017, di Lap. Bola Rengas Pulau, Kec.Medan Marelan

Selasa, 26 Sep 2017 17:10Bola

Bertandang Ke Moscow, Liverpool Pincang

Klub Inggris, Liverpool bertekad untuk meraih puncak klasemen grup E Liga Champions. Untuk itu mereka harus meraih tiga poin saat menyambangi markas Spartak Moscow pada hari Rabu (27/09/2017) dini hari WIB.

Selasa, 26 Sep 2017 16:59Bola

Klik Di Sini...Oret-oret Kans Pertandingan Champions Dini Hari WIB

Sejumlah pertandingan kembali digelar Rabu (27/09/2017) dini hari WIB. Dari sembilan laga yang dihelat, ada tiga pertarungan yang jadi perhatian. Di antaranya Dortmund vs Real Madrid (0 : 0), Man City vs Shaktar Donetsk (0 : 2) dan Spartak Moscow vs Liver

Selasa, 26 Sep 2017 16:51Bola

Data & Fakta Dortmund Vs Real Madrid, Penampilan 150 CR7

Walau handicap 0:0, namun Borussia Dortmund lebih diunggulkan saat meladeni laga ke sembilan mereka melawan Real Madrid. Bahkan, pertarungan ini merupakan penampilan ke-150 sang mega bintang El Real, Cristiano Ronaldo.

Selasa, 26 Sep 2017 16:43Bola

Live SCTV, Dortmund Vs Real Madrid, Dulang Point

Real Madrid berhadapan dengan Borussia Dortmund pada laga Grup H Liga Champions di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Rabu (27/9/2017) dini hari WIB, disiarkan live SCTV.

Selasa, 26 Sep 2017 16:45Berita Sumut

Dihadapan Kapolrestabes, Keluarga Tersangka Pembunuhan Driver Grab Car Minta Hal Ini

Ada pemandangan berbeda saat Kapolda Sumut memaparkan kasus pembunuhan driver Grab di RS Bhayangkara Medan pada Selasa (26/9/2017). Sejumlah kerabat dari salah seorang tersangka hadir disana dan meminta agar polisi segera mengembalikan jenajah tersangka b

Selasa, 26 Sep 2017 16:30Berita Sumut

Sergai Serahkan Hibah Tanah Petapakan Untuk Pembangunan Gedung PN dan PA

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman, Selasa (26/9) melakukan Penandatanganan Penyerahan Hibah Tanah Petapakan untuk Pembangunan Gedung Pengadilan Negeri (PN) dan Pengadilan Agama (PA) bertempat di Ruang VIP Bandara Kuala Namu Kecamatan Berin

Selasa, 26 Sep 2017 16:15Berita Sumut

Ungkap Kasus Pembunuhan Rekannya, Driver Grab Bike di Medan Apresiasi Kinerja Polisi

Driver Grab di Medan mengapresiasi kinerja polisi yang cepat mengungkap kasus pembunuhan dua rekannya, Ridwan Limbong dan David Juhler Simanjuntak.

Selasa, 26 Sep 2017 16:10Berita Sumut

Wabup Darma Wijaya : Tingkatkan Pelayanan dan Jaga Kekompakan Dalam Melaksanakan Tugas

Akreditasi Rumah Sakit merupakan suatu jalan untuk meningkatkan mutu pelayanan, karena didalamnya terdapat standar-standar yang dipergunakan untuk membangun, membuat alur pelayanan yang memperhatikan keselamatan pasien rumah sakit

Selasa, 26 Sep 2017 15:55Berita Sumut

63 Petani Kelapa Sawit UD Lestari Terima Sertifikasi RSPO

Kelompok Petani Kelapa Sawit Mandiri, UD Lestari menerima sertifikasi sawit berkelanjutan atau RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil) yang pertama di Sumatera Utara. Penyerahan sertifikasi RSPO itu dilakukan di Sei Suka, Batu Bara pada Rabu, 20 Septe

Selasa, 26 Sep 2017 15:40Berita Sumut

Walikota Medan: Kita Dipersatukan oleh Bhineka Tunggal Ika

Kita dipersatukan oleh Bhineka Tunggal Ika. Ungkapan tersebut ditegaskan Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si diwakili Kepala Badan Kesbang Pol Kota Medan Ceko Wakhda Ritonga,SH ketika secara resmi membuka Seminar Penguatan Pemahaman Bhineka Tungga

Selasa, 26 Sep 2017 15:29Berita Sumut

Dinas PU Normalisasi Gorong Gorong Jalan Bilal

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan menormalisasi gorong-gorong di Jalan Bilal, Medan, Selasa (26/9). Normalisasi ini dilakukan dalam bentuk pengorekan gorong-gorong yang selama ini tersumbat oleh lumpur dan sampah. Tak pelak penyumbatan itu menyebabk

Selasa, 26 Sep 2017 15:17Berita Sumut

Pemkab Sergai Terima Bantuan Hibah 4 Unit Micro Bus

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya dan Kadis Perhubungan Drs. Herlan Panggabean menerima bantuan hibah berupa kenderaan jenis Micro Bus sebanyak 4 (empat) unit dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertingg