Redaksi Matatelinga Selamat hari Raya Idulfitri 1439 H
  • Home
  • Opini
  • 71 Tahun Polri : Polisi (Harus) Lebih Profesional

71 Tahun Polri : Polisi (Harus) Lebih Profesional

James P Pardede Rabu, 05 Juli 2017 14:33 WIB
James
Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho
Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kepolisian Republik Indonesia (Polri) harus disikapi dengan positif dan memanfaatkannya sebagai titik awal melakukan pembenahan secara internal dan eksternal agar Polri sebagai salah satu institusi penegakan hukum di negeri ini sesuai dengan harapan masyarakat dan semakin professional ke depan.

Oleh : James P. Pardede

Salah satu tugas Polri sebagai pengayom masyarakat, Polri harus benar-benar professional dalam menjalankan tugasnya. Polri harus melakukan sejumlah kemitraan dengan masyarakat. Polri juga harus mengembalikan kepercayaan publik terutama dalam membangun dukungan dan komitmen berbagai pemangku kepentingan publik seperti pemimpin partai politik, tokoh masyarakat, ormas, dan LSM.

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, sesungguhnya Polri sudah memiliki standart baku yang mengacu pada profesionalitas seluruh personilnya. Persoalan yang kemudian muncul adalah ada beberapa anggota justru kadang kontraproduktif dengan tugas tersebut. Contoh sikap yang seolah bertolak belakang di antaranya berlaku sewenang-wenang dan menunjukkan sikap arogan.

Di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, dimana internet sudah mudah diakses, masyarakat sudah banyak yang menggunakan sosial media menjadi sangat mudah bagi seseorang dalam melaporkan arogansi aparat kepolisian. Tidak jamannya lagi saat ini bersikap arogan dan membodohi masyarakat. Polisi ke depan harus menampilkan kepribadian yang rendah hati, tidak 'mentang-mentang' dengan seragam yang dipakainya jadi semena-mena terhadap rakyat kecil.


Kebiasaan-kebiasaan 'membodohi' masyarakat yang dilakukan oleh segelintir oknum aparat kepolisian di lapangan harus segera ditinggalkan, ke depan Polri akan menjadi institusi penegak hukum yang sesuai harapan seluruh elemen masyarakat.

Momentum HUT ke-71 Polri yang diperingati setiap tanggal 1 Juli bisa dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi, pembenahan ke dalam (internal) dan pembenahan ke luar (eksternal). Evaluasi sangat penting dilakukan agar bisa mendapatkan masukan dari berbagai elemen mana yang harus segera dibenahi dan mana yang tidak perlu diterapkan dalam operasional di lapangan.

Pembenahan Internal

Pembenahan ke dalam harus dilakukan secara simultan dan menyeluruh mulai dari pembenahan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun kelembagaannya. Pembenahan ke dalam harus dilakukan secara berkesinambungan mulai dari proses rekrutmen atau penerimaan calon anggota Polri. Dalam seleksi yang dilakukan Polri harus transparan dan terbuka, hal ini dilakukan untuk mendapatkan putra-putri terbaik bangsa yang mau mengabdikan dirinya menjadi pelayan masyarakat.

Pembenahan ke dalam juga perlu dilakukan terutama dalam menerapkan masalah kedisiplinan, kinerja, sikap dan perilaku. Anggota Polri yang terlibat dengan kejahatan, masalah narkoba dan jenis kejahatan lainnya, Polri pasti sudah punya aturan main untuk hal ini. Apalagi yang berurusan dengan masalah narkoba. Karena banyak juga kasus-kasus bandar narkoba dan pengguna narkoba yang mencuat ke permukaan melibatkan aparat kepolisian.

Tidak hanya masalah kedisiplinan, lembaga penegak hukum ini juga harus konsisten dalam mengapresiasi kinerja setiap anggotanya. Ada reward dan punishment bagi anggota Polri yang berprestasi. Masyarakat juga akan memberikan penilaian tersendiri kepada aparat kepolisian yang memberikan pelayanan dan 'tanpa pamrih' dalam mengayomi masyarakat. Untuk masalah pemberian penghargaan ini, pasti Polri sudah punya aturan main yang jelas. Permasalahannya adalah Polri harus benar-benar dalam menetapkan kriteria seseorang itu layak mendapatkan pernghargaan.


Pembenahan Eksternal

Untuk masalah pembenahan eksternal atau ke luar lembaga, Polri dalam prakteknya sudah banyak melakukan hubungan baik dan kerjasama dengan beberapa lembaga termasuk LSM dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara, memberikan rasa aman bagi masyarakatnya.

Seperti yang dilakukan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melakukan kuliah umum atau bersilaturahmi ke berbagai universitas di Indonesia. Hal ini juga didelegasikan ke daerah. Dalam hal ini, Kepala Kepolisian Resort Kota Besar (Kapolrestabes) Medan Kombes Pol Sandi Nugroho, SH, SIK, MHum juga melakukan kunjungan ke beberapa universitas di Kota Medan.

Dalam kunjungan ke berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta, Polri membangun kepercayaan dan menunjukkan kepada semua elemen masyarakat bahwa tugas untuk menciptakan kemananan dan ketertiban masyarakat tidak hanya tugas Polri, tapi tugas semua warga negara.
"Itu sebabnya, kami sangat mengharapkan kerjasama warga masyarakat yang menemukan sesuatu yang mencurigakan atau melihat langsung bahwa warga dilingkungannya terlibat narkoba agar segera melapor. Identitas pelapor pasti dirahasiakan," demikian disampaikan Sandi Nugroho saat bersilaturahim dengan mahasiswa Universitas Methodist Indonesia Medan beberapa waktu lalu.

Silaturahim dengan mahasiswa dan civitas akademika, Polri juga berkesempatan untuk mensosialisasikan betapa pentingnya tertib lalu lintas. Angka kecelakaan lalu lintas yang masih tinggi perlu menjadi pelajaran bagi seluruh elemen masyarakat pengguna jalan agar tertib dan mematuhi aturan-aturan yang ada.

Tidak hanya dengan kalangan kampus, Polri juga membangun hubungan baik dengan para ulama dan tokoh agama, organisasi kepemudaan, pimpinan partai politik, organisasi masyarakat serta elemen lainnya. Untuk apa membangun hubungan baik dengan dunia luar?


Polri sebagai salah satu lembaga penegak hukum harus intens dalam melakukan sosialisasi terkait dengan upaya penegakan hukum. Itu yang menjadi hal penting mengapa Polri harus mengayomi dan merangkul masyarakat. Karena, di luar sana masih banyak masyarakat kita yang 'buta' dengan masalah hukum. Dengan adanya pertemuan dan silaturahim antara Polri dengan masyarakat, ini akan menjadi momentum yang sangat tepat dalam melakukan sosialisasi tentang penegakan hukum dan berbagai hal lainnya yang tujuannya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Harapan kita ke depan, dengan momentum HUT ke-71 Polri menjadi lebih profesional dan sangat dekat dengan masyarakat. Polisi sebagai pengayom masyarakat memiliki tekad memberikan pengabdian terbaik (tekadku pengabdian terbaik) bisa diaplikasikan ke semua anggota Polri agar anggota yang selama ini masih semena-mena terhadap masyarakat segera berbalik arah menjadi anggota Polri yang dirindukan masyarakat. Dirgahayu Polri!

* Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Karya Tulis Hari Bhayangkara yang ke-71.
Editor: Amrizal

T#g:PolrestabesSandiNugroho
Komentar
Selasa, 19 Jun 2018 17:34Berita Sumut

Kemlompok Komunitas Vespa, Ikut Tenggelam

im gabungan diantaranya Tim SAR, Kepilisian, TNI AL serta yang lainnya terus melakukan penacaraian terhadap korban penumpang Kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam belum ditemukan. Hal tersebut dikatakan Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan.

Selasa, 19 Jun 2018 17:19Berita Sumut

Anggota DPD RI Asal Sumut Tinjau Langsung Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun

Para pejabat bayak "berbondong bondong" menuju lokasi kejadian dengan tenggelamnnya kapal KM Sinar Bangun, diantaranya Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI perwakilan Sumatera Utara, Parlindungan Purba meninjau langsung kondisi lokasi di Da

Selasa, 19 Jun 2018 17:04Berita Sumut

Kombatan dan Tim Kuasa Hukum Djoss Laporkan Penyebaran Fitnah ke Polda Sumut

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Komunitas Banteng Asli Nusantara (Kombatan) Sumatera Utara (Sumut) didampingi Tim Kuasa Hukum Djarot-Sihar (Djoss) menyambangi Polda Sumut untuk membuat laporan terhadap akun media Facebook bernama Kayla Kusmawati yang diduga

Selasa, 19 Jun 2018 16:49Berita Sumut

Trimedya Panjaitan: Warga Harus Bersama Awasi Tindakan Curang

Politisi senior dari PDI Perjuangan, Trimedya Panjaitan menegaskan bahwa pasangan Djarot dan Sihar Sitorus di Pemilihan Gubernur

Selasa, 19 Jun 2018 16:37Berita Sumut

Ombudsman Minta Pengawasan Kapal Laik Layar di Danau Toba Diperketat

Tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Senin (18/6/2018) sore mengundang keprihatinan dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara.

Selasa, 19 Jun 2018 16:34Berita Sumut

Tangkap Pelaku Money Politics, Dapat Hadiah Dari Timses Eramas

Perkumpulan Pokja Humas Sumatera Utara himbau relawan dan masyarakat pendukung paslon Gubsu dan Wagubsu nomor urut satu, H. Edi Rahmayadi dan H. Musa Rajekshah untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilgubsu pada hari Rabu tanggal 27 Juni 2018. Bahkan Pokja Hum

Selasa, 19 Jun 2018 16:23Nasional

94 Orang Penumpang KM Sinar Bangun Belum Ditemukan, Ini Identitasnya

Sebanyak 94 orang penumpang KM Sinar Bangun yang karam di Perairan Danau Toba hingga kini masih belum ditemukan. Sedangkan 18 orang dinyatakan selamat dan satu dinyatakan meninggal dunia.

Selasa, 19 Jun 2018 16:19Berita Sumut

Sihar Janji Akan Perhemat Anggaran, Dialokasikan untuk Kesejahteraan Warga

Penggunaan Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) Sumatera Utara (Sumut) saat ini lebih dominan digunakan untuk gaji dan belanja pegawai. Hal itu menurut Sihar Sitorus harus dapat ditekan dan menambah anggaran untuk kesejahteraan warga

Selasa, 19 Jun 2018 16:04Berita Sumut

Wali Kota Rayakan Lebaran Bersama Masyarakat Melalui Open House

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama istri Hj Rita Maharanai Dzulmi Eldin SH beserta keluarga menggelar open house di hari pertama Hari Raya Idu Fitri 1 Syawal 1439 H bertempat di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan

Selasa, 19 Jun 2018 15:49Berita Sumut

Pawai Takbiran Kenderaan Hias Berlangsung Meriah

Diiringi lantunan gema takbir, Gubsu Ir H T Erry Nuriadi bersama Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut dan Kota Medan melepas pawai takbiran kenderaan hias dalam menyambut datangnya H

Selasa, 19 Jun 2018 15:34Berita Sumut

Wali Kota Shalat Ied Bersama Ribuan Warga

MATATELINGA, Medan:  Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama ribuan masyarakat melaksanakan Shalat Idul Fitri  1439 H di Lapangan Merdeka Medan, Jumat (15/6) pagi. Bertindak seb

Selasa, 19 Jun 2018 15:19Lifestyle

Terungkap Hobi 'Unik' Rihana, Curi Gelas Wine

Penyanyi Rihanna baru saja memamerkan bakatnya berakting sebagai peretas di film Ocean's 8. Namun siapa sangka, tindak pencurian itu ternyata turut dilakoninya di kehidupan nyata.

Selasa, 19 Jun 2018 15:10Berita Sumut

Kapolda Akan Bentuk Tim Terpadu untuk Lidik Kasus Kapal Tenggelam

Terkiat dengan tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di perairan Danau Toba,hingga menimbulkan keprihatinan dari orang nomor satu Kepolisian Polda Sumatera Utara Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw

Selasa, 19 Jun 2018 15:04Ekonomi

Invansi Ke Indonesia, Korsel Akan Bangun Pabrik Kabel Listrik

Perusahaan asal Korea Selatan (Korsel), LS Cable & System (LS C&S) akan membangun pabrik kabel listrik seluas 64 ribu meter persegi dengan nilai investasi mencapai US$50 juta atau setara Rp703 juta di Artha Industrial Hill, kawasan industri Karawa

Selasa, 19 Jun 2018 14:59Ekonomi

Mahathir Tinjau Ulang Proyek Kerjasama Dengan China di Era Najib

Malaysia pernah menjadi mitra setia China dalam mengembangkan infrastuktur global, tapi pemerintahan baru kini berjanji untuk meninjau ulang proyek-proyek yang disokong negeri Tirai Bambu tersebu

Selasa, 19 Jun 2018 14:49Ekonomi

Indeks Hangseng dan Shanghai Composite Terjun Bebas Akibat Perang Dagang

Bursa saham Asia terdampak perang dagang yang dilakukan Amerika Serikat dan China, terutama bursa saham China. Indeks Hang Seng dan Shanghai Composite menunjukkan penurunan lebih dari dua persen sejak diperdagangkan pagi hari hingga hari penutupan, Selasa