• Home
  • Opini
  • 72 Tahun Kemerdekaan RI : Tanah Airku (Tetap) Indonesia

72 Tahun Kemerdekaan RI : Tanah Airku (Tetap) Indonesia

James P Pardede Rabu, 16 Agustus 2017 13:08 WIB
James P Pardede
Setelah Indonesia merdeka dan tahun ini Negara Kesatuan Republik Indonesia genap sudah 72 tahun merdeka dari penjajahan Belanda dan Jepang. Apakah yang sudah kita perbuat untuk mengisi kemerdekaan ini?

Kalau mengingat masa-masa kecil dulu, dan mungkin anak-anak Indonesia saat ini sangat senang ketika hari kemerdekaan ini dirayakan dengan penuh semangat. Ada banyak perlombaan yang digelar untuk memeriahkannya. Mulai dari balap karung, lomba lari, tarik tambang, panjat pinang serta perlombaan lainnya. Tanpa kita sadari, sesungguhnya setiap kali perayaan 17-an, beberapa permainan tradisional yang belakangan ini hampir punah bisa kita saksikan kembali. Tapi itu hanya di perayaan HUT Kemerdekaan RI.

Perkembangan teknologi telah menggusur permainan-permainan tradisional seperti gasing, petak umpet, enggrang, patok lele, bermain kasti dan permainan tradisional lainnya. Permainan ini telah dikalahkan teknologi komputer yang cenderung menciptakan egoisme dari setiap insan yang mencoba memainkan permainan di gadget atau komputer jinjingnya (laptop dan iPad).

Sikap kerja sama dan gotong royong semakin sirna karena manusia saat ini sudah lebih mementingkan diri sendiri, kelompok dan golongan. Terkadang merasa miris ketika melihat seorang anak sedang makan, kemudian disebelahnya ada anak kecil yang merengek minta makan. Tak ada kepedulian dan simpati, yang ada justri 'maki-maki' dan menganggap kehadiran anak kecil yang minta makan itu sebagai penganggu ketenangannya sedang makan.



Presiden RI Joko Widodo ketika baru dilantik dengan pasangannya Jusuf Kalla menggelontorkan tagline "REVOLUSI MENTAL" untuk menyadarkan kita bahwa mental generasi muda kita ke depan harus dibentuk dan dibenahi agar jangan sampai terjadi lost generation (kehilangan generasi) di masa yang akan datang.

Revolusi Mental menjadi sangat penting ketika peredaran narkoba di negeri ini semakin gencar dan sudah merambah sampai ke desa-desa. Lagi-lagi sangat miris rasanya ketika menyaksikan beberapa pemberitaan media massa cetak dan elektronik bahwa buruh sawit dan pekerja serabutan tertangkap tangan mengonsumsi sabu-sabu. Saat ditanya alasannya kenapa mengonsumsi sabu, jawabannya sangat simple. Kalau mengonsumsi sabu, pekejaan sebagai buruh sawit bisa lebih bersemangat dan hasil yang dicapai maksimal. Apa hubungannya ya?

Tanpa mengonsumsi sabu pun sebenarnya mereka bisa bekerja lebih maksimal asal menjaga pola hidup, pola pikir dan pola makannya. Yang ada justru sebaliknya, sudah tahu besok mau bekerja mereka justru begadang sampai pagi dan tidak ada tidur. Sampai di tempat kerja, yang mereka lakukan adalah bermalas-malasan dan tidur.

Kembali ke permasalahan pentingnya revolusi mental dalam membenahi sikap dan perilaku generasi kita ke depan. Peran semua elemen sangat menentukan dalam memperbaiki karakter bangsa ini di masa yang akan datang. Kalau tidak kita lakukan dari sekarang, maka siap-siaplah untuk mengelus dada ketika anak-anak kita nanti tidak lagi mengenal tanah airnya, tidak lagi mencintai kebudayaannya.



Sekarang saja sudah banyak muncul aliran-aliran yang mencoba menghapuskan keberadaan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. Penanaman nilai-nilai Pancasila yang mengendor selama ini, sekarang saatnya diaktifkan kembali. Pancasila sebagai dasar negara harus benar-benar bisa mempersatukan dan menjadikan semua insan yang mengakui NKRI mencintai tanah airnya, tanah air Indonesia.

Mari sama-sama dengan momentum HUT Kemerdekaan RI yang ke-72 ini kita bangun kembali rasa kebersamaan dalam keberagaman dan membuang sekat-sekat yang mencoba memisahkan kita sebagai warga negara, mencoba memecah belah kita dengan keragaman suku dan budaya. Indonesia sangat kaya, kenapa tidak kita jaga bersama. Seperti tema HUT Kemerdekaan tahun ini Indonesia Kerja Bersama. Sudah saatnya melepas egoisme dan mencoba untuk membangun kembali kebersamaan dalam menghadapi segala persoalan. Kebersamaan akan menjadikan kita satu, satu tujuan dan satu kepentingan. Memajukan bangsa dan negara Indonesia.

Sampai hari ini, ketika Anda ditanya apakah masih mencintai NKRI? Kalau saya secara jujur tetap akan menjawab bahwa Tanah Airku Tetap Indonesia. Bagimana dengan Anda? Kiranya tulisan ini dapat menginspirasi kita untuk lebih mencintai tanah air dan berbuat sesuatu yang membangun. Contoh kecilnya adalah : tidak membuang sampah sembarangan, tidak menerobos lampu merah atau tidak membuat status adu domba di akun media sosial. Dirgahayu Indonesiaku!

Editor: Amrizal

T#g:
Komentar
Jumat, 27 Apr 2018 09:20Berita Sumut

Wali Kota Apresiasi Road Show Komunitas Penulis Donasi 1.000 Buku

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengapresiasi dan mendukung penuh Komunitas Penulis Kota Medan yang memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap dunia perbukuan dan literasi di Kota Medan.

Jumat, 27 Apr 2018 09:13Nasional

Polisi Bekuk Pria Pembuat Video Hina Nabi Muhammad

Polda Jawa Timur bersama Polres Mojokerto menangkap seorang warga diduga menghina Nabi Muhammad S.A.W., Rendra Hadi Kurniawan (39). Lelaki itu juga sempat membikin heboh jagat media sosial karena video yang berisi hinaannya terhadap ulama dan Nabi Muhamm

Jumat, 27 Apr 2018 09:05Berita Sumut

Jajaki Kerjasama, Wagubsu dan Asosiasi Tiongkok Langsung Road Show

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menyambut baik kerjasama mutualisme yang dilakukan oleh Asosiasi One Belt One Road Si Chuan. Bahkan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Dr Hj Nurhajizah Marpaung, SH MH yang menerima rombongan dalam aud

Jumat, 27 Apr 2018 09:02Ekonomi

BPKM Janji Perketat Pengawasan Jumlah TKA

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berjanji bakal memperketat pengawasan terkait jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang diajukan oleh pemberi kerja di Indonesia.

Jumat, 27 Apr 2018 08:52Ekonomi

Rupiah Sekarat IHSG Merosot

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan sesi satu anjlok 1,85 persen hingga jatuh ke level 5.967, seiring masih adanya kekhawatiran pelemahan rupiah.

Jumat, 27 Apr 2018 08:50Berita Sumut

Wali Kota Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Toba 2018 di Lapangan KS Tubun Mapoldasu,

Jumat, 27 Apr 2018 08:40Ekonomi

Utang Indonesia Tembus 4 Triliun, Rizal Ramli Tantang Sri Mulyani Debat Terbuka

Mantan Menteri Koordinator bidang Maririm dan Sumber Daya Rizal Ramli mengaku siap gelar debat terbuka terkait utang luar negeri dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI).

Jumat, 27 Apr 2018 08:35Berita Sumut

Wali kota Ajak Umat Kristiani Kota Medan Hadiri Paskah Oikumene Pemko Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Medan Hanalore Simanjuntak mengajak seluruh umat Kristiani di Kota Medan untuk menghadiri perayaan Paskah Oikumene Pemko Medan

Jumat, 27 Apr 2018 08:31Ekonomi

Harga Minyak Dunia Mulai Menguat

Harga minyak dunia menanjak pada perdagangan Kamis (27/4), waktu Amerika Serikat (AS), meski kurs dolar AS menguat. Kenaikan harga dipicu oleh risiko pengenaan sanksi AS terhadap Iran, menurunnya produksi Venezuela, serta penguatan permintaan minyak glob

Jumat, 27 Apr 2018 08:22Ekonomi

Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Resiko Utang Indonesia Bakal Menumpuk

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro mengingatkan risiko utang RI usai menjadi tuan rumah di ajang olah raga Asian Games 2018. Jika tidak hati-hati, ekonomi Indonesia akan terbebani oleh tumpukan utang dan saran

Jumat, 27 Apr 2018 08:20Nasional

Bakamla RI-Bapeten Tindak Kapal Penyelundup Zat Radio Aktif

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) melakukan penindakan terhadap kapal penyelundup Zat Radioaktif (ZRA), di Perariran Batam, Kepulauan Riau

Jumat, 27 Apr 2018 08:17Lifestyle

Kontrol Konsumsi Gulamu Agar Terhindar Dari Penyakit Ini

Gula tidak bisa lepas dari kehidupan kita, di mana bahan satu ini selalu dibutuhkan. Baik untuk bahan makanan, maupun sebagai pelengkap minuman.

Jumat, 27 Apr 2018 08:05Berita Sumut

Wali Kota Terima Audiensi Pengurus DPD Partai Nasdem Kota Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima audiensi pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kota Medan di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan

Jumat, 27 Apr 2018 07:50Berita Sumut

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Nasional

Pemerintah Kabupaten Karo menggelar peringatan hari kesiapsiagaan nasional 2018, di halaman kantor Bupati Karo,

Jumat, 27 Apr 2018 07:35Nasional

Panglima TNI : Antisipasi Dampak Negatif Kemajuan Teknologi Terhadap Persatuan dan Kesatuan

Kemajuan teknologi membawa dampak positif mempercepat arus informasi dan mempermudah akses terhadap informasi

Jumat, 27 Apr 2018 07:20Berita Sumut

Istri Wapres Kagumi & Apresiasi Stand Dekranasda Kota Medan

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan mengikuti pameran produk kerajinan internasional atau Internasional Handicraft Trade Fair (INACRAFT) ke-20 tahun 2018 di Jakarta Convention Center