• Home
  • Opini
  • Bukan Hal Baru Kalau Ada Artis Terciduk Pakai Narkoba

Bukan Hal Baru Kalau Ada Artis Terciduk Pakai Narkoba

Mtc/mes Kamis, 25 Juli 2019 17:22 WIB
Matatelinga.com
James P Pardede
Pasca penangkapan artis komedian Nunung yang memiliki nama asli Tri Retno Prayudati karena kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu. Pada saat penangkapan Nunung di rumahnya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, jajaran Polda Metro Jaya juga mengamankan suaminya July Jan Sambiran. Berdasarkan pengakuannya, Nunung sudah mengonsumsi narkoba sejak 20 tahun lalu. Jenis narkoba yang dikonsumsi adalah ekstasi.


Deretan artis tertangkap aparat kepolisian karena mengonsumsi narkoba sudah sangat banyak, tapi tetap saja pengguna narkotika ini mengalami peningkatan setiap tahunnya. Banyak yang tertangkap akan tetapi banyak juga yang tidak tertangkap sama sekali. Seperti disampaikan Nunung, ia kembali mengonsumsi narkoba jenis sabu karena tuntutan pekerjaan.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah apakah dengan banyaknya aktivitas rekaman, shooting atau diundang ke berbagai acara tubuh kita yang terasa lelah dengan aktivitas tersebut harus diberi doping narkoba? Kalau mau jujur, sesungguhnya kita bisa saja melakukan banyak hal untuk mempertahankan stamina agar tetap fit dan bisa tampil di depan kamera.


Banyak sudah artis yang terciduk aparat kepolisian karena mengonsumsi berbagai jenis narkoba. Beberapa artis yang selama ini dianggap sebagai public figure yang disukai banyak fans, tiba-tiba merasa dibohongi karena  ternyata artis idolanya itu pengguna narkoba dan merasa bersalah (menyesal) setelah mengenakan baju tahanan kepolisian.

Menjalani hukuman akibat perbuatannya mengonsumsi narkoba seharusnya bisa menjadi momentum untuk melakukan refleksi diri, bahwa ternyata mengonsumsi narkoba yang peredarannya saat ini sudah sampai ke penjuru desa harus diredam. Upayanya adalah dari diri kita sendiri. Sekali mencoba, maka kita akan terseret semakin dalam.


Sejak beberapa tahun silam, ketika beberapa artis ditangkap aparat kepolisian karena menggunakan narkoba sebagai doping dan gaya hidup, membuat masyarakat semakin apatis dan tidak perduli dengan kondisi ini. Berita-berita artis saat terciduk menggunakan narkoba menjadi berita utama infotainment di beberapa stasiun televisi. Porsi pemberitaan dibuat dari berbagai sisi, yang pada intinya adalah upaya penyadaran agar masyarakat jangan sampai meniru idolanya ikut-ikutan pakai narkoba.



Ketika ada berita di berbagai media tentang artis terciduk pakai narkoba, sepertinya bukan lagi hal yang mengejutkan. Banyak kalangan menilai, ketika uang sudah tidak jadi masalah maka banyak orang yang akhirnya lupa diri dan 'bingung' untuk menghabiskan uangnya. Banyak orang yang merasa sudah berkecukupan, akan tetapi tidak mendapatkan ketenangan hidup. Jalan terakhir dan jalan yang salah ternyata banyak yang dipilih. Seperti ada anggapan narkoba bisa mengatasi masalahnya. Padahal, ketika residu atau candu dari narkoba yang dikonsumsi habis, maka tubuh akan terasa lemas dan ingin mengonsumsinya kembali agar fit.

Ini namanya sudah ketergantungan, sekali mencoba maka siap-siaplah untuk masuk dalam perangkap berkepanjangan dan ketergantungan dengan narkoba. Jangan pernah coba-coba pakai narkoba kalau tidak mau berurusan dengan hukum.
Editor: Amrizal

T#g:ArtiskomediannarkobaNunungTerkini
Komentar
Senin, 24 Feb 2020 09:45Berita Sumut

Pelajar SMP Tewas Tenggelam Saat Berenang di Danau Toba

Emerson Thefinus (15) pelajar SMP kelas IX, warga Desa Barus Jahe, Kecamatan Barus Jahe, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tewas tenggelam di pantai Pulo Paropo Danau Toba, tepatnya di Desa Paropo, Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi

Senin, 24 Feb 2020 09:30Nasional

Ini Profil Sukanto Tanoto Punya Harta Rp 19,7 T

Sukanto Tanoto, salah satu konglomerat Indonesia yang masuk daftar orang terkaya di dunia versi Forbes atau Forbes World's Billionaires 2019. Berdasarkan data Forbes, kekayaan Sukanto tercatat mencapai USD 1,4 miliar atau setara dengan Rp 19,7 triliu

Senin, 24 Feb 2020 09:15Lifestyle

Selain Patah Hati, Apa Alasan Orang Takut Menikah

Selain patah hati atau trauma akan kehidupan cinta, ada beberapa hal lain yang membuat seseorang takuk menikah. Mungkin alasan yang paling sering didengar adalah belum siap.

Senin, 24 Feb 2020 08:45Internasional

Selalu Tercepat dalam Tes, Quartararo Akui Belum Siap Balapan

Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, mulai menunjukkan tajinya pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2020 di Qatar. Ia keluar sebagai yang tercepat setelah mencatatkan waktu 1 menit 54,038 detik.

Senin, 24 Feb 2020 08:15Bola

Ini Hasil Liga Inggris 2019-2020

Beberapa pertandingan pekan ke-27 Liga Inggris musim 2019-2020 telah rampung dilangsungkan tepatnya pada, Minggu 23 Februari 2020. Dari tiga pertandingan yang dimainkan, nyaris tidak ada kejutan berarti yang terjadi.

Senin, 24 Feb 2020 08:00Berita Sumut

Pelaksanaan Pengajian Berkala Muhammadiyah Mendapat Pujian Pemerintah

Pelaksanaan pengajian berkala yang dilaksanakan oleh Muhammadiyah mendapatkan pujian dari Pemerintah Kabupaten Asahan, pengajian berkala yang dilaksanakan organisasi Muhammdiyah diharapkan dapat dilaksanakan bukan semata hanya untuk acara seremoial.

Senin, 24 Feb 2020 07:45Nasional

Remaja di temukan Tewas Bersimbah Darah, di Bunuha apa Tidak..?

Warga dan pihak kepolisian setempat digemparkan dengan tewasnya Remaja putri ,12, bersimbah darah di pinggir jalan bilangan Simpang Lima Palagimata, Kelurahan Waborobo, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara

Senin, 24 Feb 2020 07:30Internasional

Pria Jepang Terjangkit Virus Korona, Pa Benar Pulang dari Indonesia..?

Terbukti positif mengidap penyakit akibat virus korona alias Covid-19, pria jepang sepulangnya dari Indonesia, demikian dilaporkan media nasional Jepang, NHK.

Senin, 24 Feb 2020 07:15Nasional

Hujan Turun Semalam, Petugas PLN Padamkan Aliran Listrik

Sejak Sabtu malam hingga Minggu dini hari Jakarta memang terus diguyur hujan. Pihak PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya memadamkan aliran listrik imbas sebagian daerah Jakarta terendam banjir

Senin, 24 Feb 2020 07:00Ekonomi

Ingin Tahu Pergerakan Ru[iah, Bertahan Atau Melemah..?

Berdasar pasar spot Jumat (21/2/2020), nilai rupiah menurun sebesar 0,07% di Rp 13.760 per dolar AS. Sementara, kurs tengah BI mencatat rupiah ditutup melemah 0,30% di posisi Rp 13.777 per dolar AS.

Senin, 24 Feb 2020 06:45Nasional

Ini Kata Survei: Prabowo dan Anies Capres Terkuat 2024

Hasil survei, Prabowo Subianto dan Anies Rasyid Baswedan, masuk sebagai calon Presiden RI terkuat untuk Pemilu Presiden 2024. Khusus Anies, ia tetap kokoh dalam survei Indo Barometer sebagai calon presiden dibanding kepala daerah lain.

Senin, 24 Feb 2020 06:30Bola

Apa Tanggapan Arteta Laga Arsenal VS Everton

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, memberikan komentar soal kemenangan yang didapat tim besutannya saat menghadapi Everton di matchday ke-27 Liga Inggris musim 2019-2020

Senin, 24 Feb 2020 06:15Bola

Liga Spanyol Menarik Antara Atletico Madrid VS Villarreal

Pertandingan menarik terjadi antara Atletico Madrid yang mempertemukan Villarreal. Sebanyak lima laga Liga Spanyol 2019-2020 yang dipertandingkan pada Minggu 23 Februari 2020 telah usai digelar.

Senin, 24 Feb 2020 06:00Berita Sumut

Beraksi 5 Kali, Dua Tersangka Curas Dikirim ke RS Bhayangkara

Kabar terbaru terkait maraknya aksi perampokan di Medan, Satuan Reskrim Polrestabes Medan, berhasil mengungkap pelaku perampokan seorang wanita pengendara mobil yang terjadi persis di depan Grapari Telkomsel Jalan Wahidin, Kecamatan Medan Area pada Selasa

Minggu, 23 Feb 2020 23:35Nasional

Ini Kata KPK Terkait 36 Perkara yang Dihentikan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghentikan 36 perkara di tingkat penyelidikan. Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri memastikan, 36 perkara yang dihentikan adalah penyelidikan tertutup yang biasanya jika ditemukan alat bukti cukup, akan ditingk

Minggu, 23 Feb 2020 23:15Nasional

250 Kepala Keluarga Mengungsi, Akibat Banjir Bandang

Sebanyak dua ratus lima puluh jiwa, terpaksa mengungsi, akibat terjadi banjir bandang di Dusun Melempo, Desa obel-obel, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat