• Home
  • Opini
  • Ditertibkan Salah, Nggak Ditertibkan Juga Salah

Masalah Penertiban Pedagang Kaki Lima

Ditertibkan Salah, Nggak Ditertibkan Juga Salah

James P Pardede Kamis, 01 Agustus 2019 16:00 WIB
Matatelinga/James P Pardede
Penertiban Pedagang Kaki Lima di Jalan H Misbah depan Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan, Kamis (1/8/2019)
Kebijakan Pemerintah Kota Medan menertibkan pedagang kaki lima di beberapa kawasan di Kota Medan perlu mendapat perhatian dan dukungan dari semua kalangan. Kenapa perlu dukungan? Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika sebuah kawasan sudah mulai berkembang dan menimbulkan multi efek kepada masyarakat dan pengguna jalan. Pemko Medan pun perlu mengambil tindakan. Seperti disampaikan salah seorang petugas di lapangan, pedagang kaki lima ini kalau ditertibkan salah, nggak ditertibkan juga salah.



Pertanyaan yang muncul adalah, seharusnya Pemko Medan melakukan pengawasan terhadap beberapa kawasan di Kota Medan yang diprediksi akan mengalami peningkatan. Seperti yang dilakukan Pemko Medan terhadap pedagang kaki lima di Jalan H Misbah depan Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. Kawasan ini sesungguhnya sudah berkali-kali ditertibkan, tapi tetap saja ada yang muncul dan akhirnya makin ramai.

Sama halnya dengan beberapa ruas jalan lainnya di Kota Medan. Seperti Jalan Dr Mansyur yang ramai dengan pedagang paket isi ulang internet dan kuliner. Kawasan ini sudah ratusan kali ditertibkan tapi tetap saja Pemko Medan kewalahan untuk menertibkan pedagang di sana. Kawasan Jalan STM juga ikut mendapat imbas dengan ditertibkannya pedagang kaki lima dikawasan tersebut.




Kawasan Jalan Gatot Subroto depan Plaza Medan Fair juga sudah berkali-kali ditertibkan, tapi tetap saja bermunculan pedagang kaki lima. Jalan Listrik depan Rumah Sakit Colombia Asia juga susah sangat sumpek dan membuat kawasan itu jadi kumuh dan tidak teratur. Keluhan yang muncul  sesungguhnya tidak hanya kesan kumuh, tapi menimbulkan kemacetan lalu litas terutama saat ada acara di gedung Selecta. Masalah parkir mobil akan menjadi biang kemacetan di kawasan ini.

Warung kopi dan tempat makan di Jalan Kartini samping kantor Gubernur Sumatera Utara juga perlu mendapat pertimbangan dari Pemko Medan, apakah ditertibkan atau ditata dengan sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan dampak kemacetan atau kesan kumuh.




Mengamati permasalahan pedagang kaki lima di Kota Medan, ada banyak hal sesungguhnya yang harus dipertimbangkan. Kalau dari sisi kemanusiaan, kita berharap Pemko memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan penghasilan dari usaha kecilnya. Akan tetapi, ketika kawasan itu sudah mulai ramai dan menumbulkan dampak bawaan seperti macet, kumuh dan mengganggu ketertiban umum, maka Pemko Medan perlu bertindak untuk menertibkannya.

Pedagang kaki lima di Kota Medan perlu mendapat perhatian agar mereka dibina dan diberi ruang untuk tempat berjualan. Permasalahannya saat ini adalah, Kota Medan sudah semakin sempit, ruas jalan tidak bertambah tapi kendaraan terus bertambah. Kawasan yang sudah sangat ramai dilintasi kendaraan sebaiknya dibuat aturan agar tidak ada pedagang kaki lima yang muncul. Antisipasi kemunculan pedagang perlu mendapat perhatian dari semua kalangan.




Masalah pedagang kaki lima dan penertiban pedagang kaki lima di Kota Medan harus mendapat perhatian dari semua kalangan. Siapa pun pasti sangat setuju kalau sebuah kawasan tertib, lancar dan bersih. Sekarang saatnya kita berbenah untuk melakukan evaluasi terhadap beberapa kawasan di Kota Medan yang mulai dipenuhi pedagang kaki lima. Pemko Medan ke depan perlu memikirkan ruang dan tempat yang pas untuk para pedagang dalam mencari uang lewat usaha dagangannya.
Editor: Amrizal

T#g:Jalan H MisbahPedagang Kaki LimaPemko MedanRSU Elisabeth
Komentar
Kamis, 23 Jan 2020 20:06Berita Sumut

Optimalkan Serapan Garam Negeri, Tataniaga Impor Garam Harus Diubah

Serapan garam dalam negeri hingga kini belum optimal, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pun menyarankan pemerintah melakukan perubahan tataniaga impor garam industri.

Kamis, 23 Jan 2020 19:47Berita Sumut

Sepuluh Kali Beraksi, Spesialis Curat Terkapat di Terjang Timah Panas

Polsek Medan Kota melakukan tindakan tegas terukur terhadap seorang tersangka spesialis pencurian dengan pemberatan (curat) sasaran sepeda motor yang sudah 10 kali beraksi.

Kamis, 23 Jan 2020 19:19Berita Sumut

Empat Pelaku Pencurian di Tembak Petugas Unit Jatanras Polres Asahan

Empat pelaku bongkar rumah dan pencurian hp di kios ponsel dibekuk petugas Unit Jatanres Sat Reskrim Polres Asahan. Ke empat nya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas dibagian kakinya karena berusaha melawan petugas dan melarikan diri saat hendak ditan

Kamis, 23 Jan 2020 19:00Nasional

Kemendagri Serahkan DP4 ke KPU untuk Pilkada 2020

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) untuk Pilkada Serentak Tahun 2020. Penyerahan DP4 dilakukan langsung

Kamis, 23 Jan 2020 18:45Berita Sumut

Pengangkatannya Digugat di PTUN- kan, Ini Tanggapan Plt Dirut PD Pasar

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Umum (Dirut) PD Pasar Kota Medan Nasib menegaskan, dirinya bersama Plt Dirut Operasional Gelora KP Ginting akan tetap menjalankan tugas seperti biasanya di perusahaan milik Pemko Medan yang menangani seluruh pasar di Kota Me

Kamis, 23 Jan 2020 18:30Berita Sumut

Kantongi Sabu Paket Rp50 Ribu, Dua Pria Ini Berakhir di Jeruji Polsek Patumbak

Polsek Patumbak menyita barang bukti satu paket narkotika jenis sabu-sabu seharga Rp 50 ribu dari dua pria, masing-masing berinisial IS (34), warga Jalan Pasar X Tembung dan MR (35), warga Jalan Prof HM Yamin Gang Ulung, Medan Perjuangan, Senin (20/1) so

Kamis, 23 Jan 2020 18:15Berita Sumut

Pangdam I/BB Hadiri Rakorpim Kemhan RI TA 2020

Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah turut menghadiri Rapat Koordinasi Pimpinan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Rakorpim Kemhan RI) TA 2020 yang digelar di Gedung Kemhan RI, Jln Medan Merdeka Barat, Kamis (23/1/2020).

Kamis, 23 Jan 2020 18:00Berita Sumut

Jelang Imlek, MPW PP Sumut Beri Santunan ke Warga Asia Mega Mas

MPW PP Sumut menggelar bakti sosial (baksos) dalam rangka memperingati perayaan Imlek 2020 dengan membagikan 400 paket sembako kepada kaum dhuafa di Komplek Asia Mega Mas, Jln Asia Medan, Kamis (20/1/2020).

Kamis, 23 Jan 2020 17:45Berita Sumut

Seluruh Warga Medan Diminta Dukung Pelaksanaan SP 2020

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mendukung penuh pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) 2020 yang akan berlangsung mulai 15 Februari sampai 31 Maret mendatang. Untuk itu seluruh warga Kota Medan diajak ikut serta proaktif menduku

Kamis, 23 Jan 2020 17:00Berita Sumut

Seluruh Jaringan Kabel di Kota Medan Bakal Dipindahkan Ke Bawah Tanah

Apresiasi disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyusul akan ditertibkannya seluruh jaringan kabel yang ada di kota Medan. Seluruh jaringan kabel yang selama ini berada di udara akan dipindahkan ke bawah tanah denga

Kamis, 23 Jan 2020 16:30Berita Sumut

Penyandang Disabilitas Turut Serta Ramaikan Pendaftaran PPK Medan

Menjadi panitia pemilihan umum tak harus normal. Orang dengan kebutuhan khusus juga bisa menjadi panitia jika lulus seleksi.

Kamis, 23 Jan 2020 16:00Berita Sumut

Pemkab Sergai Sosialisasi Program Penghapusan Sanksi Administrasi PBB Tahun 2020

Pemkab Sergai menggelar sosialisasi Program Penghapusan Sanksi Administrasi PBB Tahun 2020 di Balai Karyawan Desa Sei Bamban Estate Kecamatan Sei Bamban, Kamis, 23 Januari 2020. Hadir dalam kegiatan itu Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman, Wakil Bupati

Kamis, 23 Jan 2020 15:35Berita Sumut

Kajatisu Amir Yanto Silaturahmi ke DPRD Sumut

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Dr Amir Yanto, SH, MM, MH bersilaturahmi dengan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting (F-PDI Perjuangan) di kantor DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis (23/1/2020).

Kamis, 23 Jan 2020 14:51Berita Sumut

Akhyar Dukung Pengembangan UINSU

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menerima rombongan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) di Rumah Dinas Wali Kota Medan Jl. Sudirman, Kamis (23/1). Kedatangan rombongan yang dipimpin Ketua Senat UINSU Prof DR H Mu

Kamis, 23 Jan 2020 13:45Berita Sumut

Kadis Dukcapil Asahan Telusuri Proses Pengajuan Dan Pembuatan e-KTP Warga Pakistan

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten Asahan Supriyanto berjanji menelusuri pengajuan dan proses pembuatan e-KTP yang dikeluarkan oleh Disdukcapil Asahan untuk atas nama Muhammad Firman yang ternyata warga negara Pakistan.

Kamis, 23 Jan 2020 13:30Berita Sumut

Pemkab Sergai Gelar Seminar dan Workshop Gizi Buruk dan Stunting pada Balita

Pemerintah Serdangbedagai menggelar seminar dan workshop gizi buruk dan stunting pada balita di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (23/1/2020). Hadir dalam kesempatan itu Bupati Sergai Ir H Soekirman, Wabup H Darma Wijaya, Sekd