• Home
  • Opini
  • Ditertibkan Salah, Nggak Ditertibkan Juga Salah

Masalah Penertiban Pedagang Kaki Lima

Ditertibkan Salah, Nggak Ditertibkan Juga Salah

James P Pardede Kamis, 01 Agustus 2019 16:00 WIB
Matatelinga/James P Pardede
Penertiban Pedagang Kaki Lima di Jalan H Misbah depan Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan, Kamis (1/8/2019)
Kebijakan Pemerintah Kota Medan menertibkan pedagang kaki lima di beberapa kawasan di Kota Medan perlu mendapat perhatian dan dukungan dari semua kalangan. Kenapa perlu dukungan? Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika sebuah kawasan sudah mulai berkembang dan menimbulkan multi efek kepada masyarakat dan pengguna jalan. Pemko Medan pun perlu mengambil tindakan. Seperti disampaikan salah seorang petugas di lapangan, pedagang kaki lima ini kalau ditertibkan salah, nggak ditertibkan juga salah.



Pertanyaan yang muncul adalah, seharusnya Pemko Medan melakukan pengawasan terhadap beberapa kawasan di Kota Medan yang diprediksi akan mengalami peningkatan. Seperti yang dilakukan Pemko Medan terhadap pedagang kaki lima di Jalan H Misbah depan Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. Kawasan ini sesungguhnya sudah berkali-kali ditertibkan, tapi tetap saja ada yang muncul dan akhirnya makin ramai.

Sama halnya dengan beberapa ruas jalan lainnya di Kota Medan. Seperti Jalan Dr Mansyur yang ramai dengan pedagang paket isi ulang internet dan kuliner. Kawasan ini sudah ratusan kali ditertibkan tapi tetap saja Pemko Medan kewalahan untuk menertibkan pedagang di sana. Kawasan Jalan STM juga ikut mendapat imbas dengan ditertibkannya pedagang kaki lima dikawasan tersebut.




Kawasan Jalan Gatot Subroto depan Plaza Medan Fair juga sudah berkali-kali ditertibkan, tapi tetap saja bermunculan pedagang kaki lima. Jalan Listrik depan Rumah Sakit Colombia Asia juga susah sangat sumpek dan membuat kawasan itu jadi kumuh dan tidak teratur. Keluhan yang muncul  sesungguhnya tidak hanya kesan kumuh, tapi menimbulkan kemacetan lalu litas terutama saat ada acara di gedung Selecta. Masalah parkir mobil akan menjadi biang kemacetan di kawasan ini.

Warung kopi dan tempat makan di Jalan Kartini samping kantor Gubernur Sumatera Utara juga perlu mendapat pertimbangan dari Pemko Medan, apakah ditertibkan atau ditata dengan sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan dampak kemacetan atau kesan kumuh.




Mengamati permasalahan pedagang kaki lima di Kota Medan, ada banyak hal sesungguhnya yang harus dipertimbangkan. Kalau dari sisi kemanusiaan, kita berharap Pemko memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan penghasilan dari usaha kecilnya. Akan tetapi, ketika kawasan itu sudah mulai ramai dan menumbulkan dampak bawaan seperti macet, kumuh dan mengganggu ketertiban umum, maka Pemko Medan perlu bertindak untuk menertibkannya.

Pedagang kaki lima di Kota Medan perlu mendapat perhatian agar mereka dibina dan diberi ruang untuk tempat berjualan. Permasalahannya saat ini adalah, Kota Medan sudah semakin sempit, ruas jalan tidak bertambah tapi kendaraan terus bertambah. Kawasan yang sudah sangat ramai dilintasi kendaraan sebaiknya dibuat aturan agar tidak ada pedagang kaki lima yang muncul. Antisipasi kemunculan pedagang perlu mendapat perhatian dari semua kalangan.




Masalah pedagang kaki lima dan penertiban pedagang kaki lima di Kota Medan harus mendapat perhatian dari semua kalangan. Siapa pun pasti sangat setuju kalau sebuah kawasan tertib, lancar dan bersih. Sekarang saatnya kita berbenah untuk melakukan evaluasi terhadap beberapa kawasan di Kota Medan yang mulai dipenuhi pedagang kaki lima. Pemko Medan ke depan perlu memikirkan ruang dan tempat yang pas untuk para pedagang dalam mencari uang lewat usaha dagangannya.
Editor: Amrizal

T#g:Jalan H MisbahPedagang Kaki LimaPemko MedanRSU Elisabeth
Komentar
Rabu, 20 Nov 2019 08:17Bola

Siprus, Harus Mengakui Kelincahan Timnas Belgia dilapangan Hijau

Nikolas Ioannou berhasil menerabas pertahanan Belgia dan melepaskan tendangan saat hendak memasuki kotak penalti. Simon Mignolet tak bisa menghentikan sepakan tersebut. Siprus pun memimpin 1-0.

Rabu, 20 Nov 2019 08:02Lifestyle

Apa Yang dilakukan Dua Artis Ini Dalam Kolam Renang

Bintang Nenek Gayung ini tak ragu mengganti BH (Buste Houder atau bra) di dalam kolam renang dan disaksikan Billy Syahputra. Nikita Mirzani bukan hanya dikenal sebagai sosok yang kerap tampil seksi.

Rabu, 20 Nov 2019 07:47Nasional

Gempa Guncang Kuta Bali Selatan, Kekuatan M 5.2

Kabupaten Badung Bali, Kecamatan Kuta Selatan, Provinsi Bali diguncang gempa dengan magnitudo 5.2 mengguncang, pada Rabu (20/11/2019) dini hari. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Rabu, 20 Nov 2019 07:32Aceh

Cekcok Mulut Pasutri Berujung Maut

Bertengkar mulut pasangan suami istri di aceh Timur berujung maut

Rabu, 20 Nov 2019 07:17Lifestyle

Kenapa Makam Umar bin Khattab dan Rasulullah Berdampingan, Ingin Tahu Ceitanya.....

Amirul Mukminin Umar bin Khattab merasakan ajal akan menjemputnya, suatu ketika. Ia mempunyai sebuah keinginan terpendam di dalam hatinya, yakni dimakamkan di samping makam Rasulullah SAW yang sangat dicintainya.

Rabu, 20 Nov 2019 07:02Bola

Dianggap Gagal, Mauricio Pochettino di Pecat Mendadak

Pada lima laga terakhir di Liga Inggris 2018-2019, Tottenham Hotspur bahkan mencatatkan tiga kekalahan, sekali imbang, dan sekali menang. Harry Kane dan kawan-kawan nyaris gagal menembus empat besar Liga Inggris musim lalu karena hanya berjarak satu poin

Rabu, 20 Nov 2019 06:47Berita Sumut

Wagub Berpesan Publikasi Harus Gencar

Kegiatan tahunan Festival Danau Toba (FDT) akan kembali dilaksanakan pada 9 - 12 Desember 2019 di Parapat, Kabupaten Simalungun. Berbagai kegiatan menarik dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya pun dipersiapkan.

Rabu, 20 Nov 2019 06:32Berita Sumut

Gubernur Ajak Bergandengan Tangan Membangun Sumut

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengundang ratusan tokoh masyarakat Kristen se-Sumut, di Aula Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan,

Rabu, 20 Nov 2019 06:28Nasional

Friendship Tournament' antara Indonesian Coast Guard dan Indian Coast Guard

Selama kunjungannya ke Jakarta, delegasi Indian Coast Guard (ICG) khususnya kru kapal Shaurya yang sedang berlabuh di Dermaga Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok, melakukan olah raga dan pertandingan persahabatan bers

Rabu, 20 Nov 2019 06:13Ekonomi

Pelayanan Calon Investor Tahun 2020 di Manjakan

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan menjemput calon investor di Bandara kemudian mengantarnya ke lokasi investasi memasuki 1 Janurari 020. Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang baik.

Selasa, 19 Nov 2019 22:11Nasional

Perkokoh Sinergitas dan Silaturahmi, Pangdam I/BB Ramah Tamah dengan Kapolda Kepri

Guna memperkokoh sinergitas dan eratkan silaturahmi yang selama ini sudah terjalin dengan baik,Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah,menghadiri undangan ramah tamah dengan Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Rivianto

Selasa, 19 Nov 2019 21:51Berita Sumut

Keenakan Jambret di Jalanan,Dua Anak Baru Gede Ini Kesebelasnya Menuju Terali Besi

Dua penjahat jalan ini arus merasakan kerasnya pukulan massa, saat jambret Handphone milik korban yang kesebelas kalinya.

Selasa, 19 Nov 2019 21:44Nasional

Gowes Sinergitas Pangdam I/BB dan Kapolda Kepri di Lagoi Bintan

Sinergitas TNI-Polri sebagai benteng kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia terus dibangun Mayjen TNI MS Fadhilah di wilayah jajaran Kodam I/Bukit Barisan.

Selasa, 19 Nov 2019 21:39Berita Sumut

Polsek Medan Kota Lumpuhkan Pelaku Curas dengan Timah Panas

Petugas Unit Reskrim Polsek Medan Kota mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian dengan pemberatan (curat) di sejumlah tempat kejadian perkara (TKP) wilayah hukumnya.

Selasa, 19 Nov 2019 21:05Berita Sumut

Wagub Harapkan Objek Wisata dan Desa Jadi Prioritas

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah berharap General Manager (GM) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut yang baru M Irwansyah Putra dapat meningkatkan pelayanan kelistrikan di Sumut. Objek wisata dan desa diharapkan dapa

Selasa, 19 Nov 2019 20:55Berita Sumut

Pekerja Jl Jamin Ginting Tewas Dengan Luka Koyak Diwajah

Kembali kecelakaandi Jl Jamin Ginting menelan korban jiwa tewas. Kali ini yang menjadi korban nya, Sunarto (36) warga Dusun III, Desa Namo Simpur, Kec. Pancur Batu, Kab. Deli Serdang. Kecelakaan yang menewaskan korban tersebut