• Home
  • Opini
  • Ditertibkan Salah, Nggak Ditertibkan Juga Salah

Masalah Penertiban Pedagang Kaki Lima

Ditertibkan Salah, Nggak Ditertibkan Juga Salah

James P Pardede Kamis, 01 Agustus 2019 16:00 WIB
Matatelinga/James P Pardede
Penertiban Pedagang Kaki Lima di Jalan H Misbah depan Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan, Kamis (1/8/2019)
Kebijakan Pemerintah Kota Medan menertibkan pedagang kaki lima di beberapa kawasan di Kota Medan perlu mendapat perhatian dan dukungan dari semua kalangan. Kenapa perlu dukungan? Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika sebuah kawasan sudah mulai berkembang dan menimbulkan multi efek kepada masyarakat dan pengguna jalan. Pemko Medan pun perlu mengambil tindakan. Seperti disampaikan salah seorang petugas di lapangan, pedagang kaki lima ini kalau ditertibkan salah, nggak ditertibkan juga salah.



Pertanyaan yang muncul adalah, seharusnya Pemko Medan melakukan pengawasan terhadap beberapa kawasan di Kota Medan yang diprediksi akan mengalami peningkatan. Seperti yang dilakukan Pemko Medan terhadap pedagang kaki lima di Jalan H Misbah depan Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. Kawasan ini sesungguhnya sudah berkali-kali ditertibkan, tapi tetap saja ada yang muncul dan akhirnya makin ramai.

Sama halnya dengan beberapa ruas jalan lainnya di Kota Medan. Seperti Jalan Dr Mansyur yang ramai dengan pedagang paket isi ulang internet dan kuliner. Kawasan ini sudah ratusan kali ditertibkan tapi tetap saja Pemko Medan kewalahan untuk menertibkan pedagang di sana. Kawasan Jalan STM juga ikut mendapat imbas dengan ditertibkannya pedagang kaki lima dikawasan tersebut.




Kawasan Jalan Gatot Subroto depan Plaza Medan Fair juga sudah berkali-kali ditertibkan, tapi tetap saja bermunculan pedagang kaki lima. Jalan Listrik depan Rumah Sakit Colombia Asia juga susah sangat sumpek dan membuat kawasan itu jadi kumuh dan tidak teratur. Keluhan yang muncul  sesungguhnya tidak hanya kesan kumuh, tapi menimbulkan kemacetan lalu litas terutama saat ada acara di gedung Selecta. Masalah parkir mobil akan menjadi biang kemacetan di kawasan ini.

Warung kopi dan tempat makan di Jalan Kartini samping kantor Gubernur Sumatera Utara juga perlu mendapat pertimbangan dari Pemko Medan, apakah ditertibkan atau ditata dengan sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan dampak kemacetan atau kesan kumuh.




Mengamati permasalahan pedagang kaki lima di Kota Medan, ada banyak hal sesungguhnya yang harus dipertimbangkan. Kalau dari sisi kemanusiaan, kita berharap Pemko memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan penghasilan dari usaha kecilnya. Akan tetapi, ketika kawasan itu sudah mulai ramai dan menumbulkan dampak bawaan seperti macet, kumuh dan mengganggu ketertiban umum, maka Pemko Medan perlu bertindak untuk menertibkannya.

Pedagang kaki lima di Kota Medan perlu mendapat perhatian agar mereka dibina dan diberi ruang untuk tempat berjualan. Permasalahannya saat ini adalah, Kota Medan sudah semakin sempit, ruas jalan tidak bertambah tapi kendaraan terus bertambah. Kawasan yang sudah sangat ramai dilintasi kendaraan sebaiknya dibuat aturan agar tidak ada pedagang kaki lima yang muncul. Antisipasi kemunculan pedagang perlu mendapat perhatian dari semua kalangan.




Masalah pedagang kaki lima dan penertiban pedagang kaki lima di Kota Medan harus mendapat perhatian dari semua kalangan. Siapa pun pasti sangat setuju kalau sebuah kawasan tertib, lancar dan bersih. Sekarang saatnya kita berbenah untuk melakukan evaluasi terhadap beberapa kawasan di Kota Medan yang mulai dipenuhi pedagang kaki lima. Pemko Medan ke depan perlu memikirkan ruang dan tempat yang pas untuk para pedagang dalam mencari uang lewat usaha dagangannya.
Editor: Amrizal

T#g:Jalan H MisbahPedagang Kaki LimaPemko MedanRSU Elisabeth
Komentar
Minggu, 20 Okt 2019 10:30Nasional

Undang Cibiran Warga Net, Dukun Ikut Amankan Pelantikan Presiden Viral

Viral di media sosial. Video Ki Sabdo Jagad Royo beraksi di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta

Minggu, 20 Okt 2019 10:00Nasional

Jangan Ketinggalan, ini Fakta Terkini Seleksi CPNS 2019

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dibuka Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) pada tahun ini

Minggu, 20 Okt 2019 09:30Lifestyle

Suka Terlena, ini Bahaya Menahan Buang Air Kecil

kebiasaan menahan buang air kecil sangatlah buruk, seseorang berisiko mengalami infeksi saluran kemih

Minggu, 20 Okt 2019 09:00Bola

Liga Spanyol 2019-2020, Sabtu 19 Okober 2019, ini Hasil Laganya

Laga lanjutan matchday kesembilan Liga Spanyol 2019-2020. Sejumlah pertandingan yang seru dan menarik tersaji semalam

Minggu, 20 Okt 2019 08:30Nasional

Kini Giliran Pulau Morotai Juga Dilanda Gempa

Guncang Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, Gempa dengan magnitudo 4,7

Minggu, 20 Okt 2019 08:00Berita Sumut

Soal Polemik Surat Edaran Gubsu, Kabiro Hukum Pemprovsu "Menang Banyak "

Polemik Surat Edaran (SE) Gubsu Edy Rahmayadi soal izin pemeriksaan dan pemanggilan lembaga penegak hukum ternyata membuat gerah Kepala Biro Hukum Pemprovsu Andy Faisal sebagai pihak yang mengusulkan dan mengkonsep surat tersebut.

Minggu, 20 Okt 2019 07:05Nasional

Detik Detik Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia

Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 terpilih dalam pesta demokrasi sebelumnya Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin hari ini dilantik. Pengukuhan sekaligus pengambilan sumpah jabatan berlangsung dalam Rapat Paripurna MPR RI di Gedung Nusa

Minggu, 20 Okt 2019 06:15Bola

Pertandingan Pertama Mempertemukan antara Lazio kontra Napoli

Menariknya, pertandingan-pertandingan yang dimainkan oleh tim-tim yang menghuni posisi atas klasemen Liga Italia saat ini. Pertandingan pertama mempertemukan antara Lazio kontra Napoli.

Minggu, 20 Okt 2019 06:00Berita Sumut

Surat Edaran Gubernur Bakal Jadi Ancaman Terjadinya Polemik di Sumut

Surat Edaran (SE) yang diterbitkan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, perihal kewajiban aparatur sipil negara (ASN) meminta izin pada Gubernur sebelum memenuhi panggilan aparat penegak hukum, bakal menjadi ancaman yang nantinya akan menuai polemik. M

Sabtu, 19 Okt 2019 23:55Lifestyle

Imbas Masalah Sang Suami, Zaskia Sungkar Kehilangan Pekerjaan

Berimbas pada pekerjaan sang istri, Zaskia Sungkar kakak Ipar Teuku Wisnu itu rmengaku kehilangan salah satu proyeknya

Sabtu, 19 Okt 2019 23:45Bola

Bermain Imbang Akhiri Laga Tottenham Hotspur vs Watford

Laga kesembilan Liga Inggris 2019-2020. Tottenham Hotspur hanya mampu bermain imbang 1-1 kala menjamu Watford

Sabtu, 19 Okt 2019 23:30Bola

Taklukkan Newcastle United, London Biru Petik Poin Penuh

Bermain sebagai tuan rumah di Stadion Stamford Bridge, Si London Biru harus menunggu hingga menit 73

Sabtu, 19 Okt 2019 23:15Nasional

Lagi, Maluku Diguncang Gempa Magnitudo 5,1

Dinyatakan tak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Gempa dengan magnitudo 5,1 mengguncang Maluku

Sabtu, 19 Okt 2019 23:00Internasional

Denmark Open 2019, Ahsan/Hendra Tantang Marcus/Kevin di Final

Usai kalahkan unggulan keempat asal Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonodam di semifinal Denmark Open 2019

Sabtu, 19 Okt 2019 22:45Lifestyle

Terkuak, Marion Jola Idap Penyakit

Dalam video berdurasi 13 menit. Marion Jola bercerita mengenai masa kecilnya melalui sebuah saluran YouTube

Sabtu, 19 Okt 2019 22:30Nasional

17 Kepala Negara Hadiri Pelantikan Presiden RI Besok

Ada 17 orang tamu undangan kepala negara sahabat serta duta besar (dubes) sebanyak 168 hadiri pelantikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi serta Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin