Duka di Balik Pemilu 2019

James P Pardede Sabtu, 11 Mei 2019 13:27 WIB
Matatelinga.com
James P Pardede
Pemilihan umum legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 telah menyisakan duka yang sangat mendalam bagi sebagian masyarakat yang keluarganya menjadi penyelenggara pemilu. Jumlah penyelenggara pemilu yang meninggal dunia berdasarkan data dari KPU RI sudah mencapai  469 orang, sebanyak 4.602 lainnya dilaporkan sakit. Angka ini masih belum final sampai batas waktu akhir masa jabatan KPPS, PPS, PPK dan penyelenggara lainnya.

Seperti disampaikan Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting, penyelenggara yang dimaksud meliputi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Baik penyelenggara pemilu yang meninggal maupun sakit sebagian besar karena kelelahan dan kecelakaan. KPU memberikan santunan bagi penyelenggara pemilu yang meninggal dunia dan sakit. Rencana tersebut telah disetujui oleh Kementerian Keuangan.


Besaran santunan dikelompokan menjadi empat. Pertama, santunan bagi penyelenggara pemilu yang meninggal dunia adalah sebesar Rp 36 juta, selanjutnya santunan bagi penyelenggara pemilu cacat permanen Rp 36 juta. Besaran santunan untuk penyelenggara pemilu yang luka berat Rp 16,5 juta, dan untuk yang luka sedang sebesar Rp 8,25 juta.

Menyikapi banyaknya penyelenggara pemilu yang menjadi korban, baik meninggal dunia dan sakit, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa kejadian ini menjadi evaluasi pemerintah terhadap pelaksanaan pemilu.


"Saya sebagai Mendagri dan atas nama pemerintah sangat prihatin banyaknya musibah, wafatnya, sakitnya anggota KPPS dan anggota Polri serta TNI wafat, karena tanggung jawab yang berat di lapangan. Hal Ini tentunya akan menjadi catatan evaluasi pemerintah setelah selesainya pileg dan pilpres serentak tahun 2019 ini," kata Tjahjo Kumolo dalam sebuah kesempatan.

Pelaksanaan pemilu serentak, mulai dari persiapan, kampanye hingga hari pemungutan suara, dapat berjalan lancar berkat peran dan partisipasi seluruh pihak. Ratusan orang petugas pemilu tersebut diduga mengalami kelelahan ketika bertugas di hari pemungutan suara, hingga proses penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) dan kecamatan.


Terkait rekapitulasi penghitungan perolehan suara, Tjahjo meminta semua pihak  untuk menaruh kepercayaan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebagai lembaga yang dipercaya independen dalam menyelenggarakan pemilu.

"Kita harus percaya kepada KPU, tugasnya berat, diawasi semua pihak sehingga KPU sebagai lembaga independen bisa mandiri sebagaimana ketentuan undang-undang," ujar Tjahjo.

Pemilu serentak 2019 disebut sebagai pemilu paling rumit yang pernah diselenggarakan di Indonesia. Sebab dalam satu hari dilakukan pemungutan suara untuk lima pemilihan, yakni presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi dan anggota DPRD kabupaten/kota.


Berdasarkan wawancara dengan beberapa penyelenggara, pemilu tahun ini memang menjadi pemilu yang sangat melelahkan. Kalau tidak bisa mengendalikan diri, emosi dan menjaga kesehatan, pasti akan 'tumbang'. Evaluasi terhadap penyelenggaraan pemilu tahun ini harus dilakukan segera. Ide e-Voting atau pemilihan secara online perlu dipertimbangkan untuk lebih menghemat waktu, dana dan mengurangi angka jatuhnya korban penyelenggara pemilu. Semoga pemilu tahun ini menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kita.
Editor: Amrizal

T#g:DukaKPPSMeninggalduniaPPSPemilu 2019Pilpres
Komentar
Selasa, 28 Jan 2020 21:15Nasional

Kemenlu Akan Kirim Logistik untuk WNI di Provinsi Hubei

Sebanyak 243 warga negara Indonesia (WNI) di Provinsi Hubei, China terisolasi akibat virus korona yang mewabah di Negeri Tirai Bambu itu. Kini, kondisi cadangan logistik mereka sudah mulai menipis dan hanya tersisa hingga lima hari ke depan.

Selasa, 28 Jan 2020 20:56Berita Sumut

Satu Orang Tewas Akbat Kebakaran Rumah Di Desa Binjai Serbangan

Satu orang tewas terpanggang akibat kebakaran rumah yang di huni oleh korban Zainuddin alias Udin Tompel (46) warga lingkungan VIII desa Binjai Serbangan Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan, Selasa (28/01/2020) sekira pukul 18.00 Wib.

Selasa, 28 Jan 2020 20:45Berita Sumut

Kejari Limpahkan Perkara Dugaan Korupsi Disnaker Tobasa ke PN Tipikor Medan

Kasus dugaan korupsi kegiatan proyek Padat Karya tahun 2018 di Disnaker Tobasa bakal segera bergulir ke pengadilan. Pasalnya, Kejari Tobasa telah melimpahkan perkara yang diduga merugikan negara sebesar Rp 394 juta itu ke Pengadilan Tipikor pada Pengadila

Selasa, 28 Jan 2020 20:30Berita Sumut

Banmus DPRD Batubara Belajar Ke DPRD Medan

Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Medan menerima kunjungan kerja anggota DPRD Batubara, Selasa (28/1/2020) di Lantai II Ruangan Banmus DPRD Medan.

Selasa, 28 Jan 2020 20:15Nasional

'Ketidakpatuhan' Ombudsman Ditujukan Pada Permasalahan di Pemda, Bukan Kemendagri

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Hadi Prabowo memastikan tudingan Ombudsman RI terkait ketidakpatuhan Kemendagri dalam menjalankan rekomendasi adalah keliru.

Selasa, 28 Jan 2020 20:02Nasional

Mendagri Minta Semua Pihak Kawal Pelaksanaan Pilkada 2020

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D., menyampaikan pentingnya legitimasi masyarakat dalam Mendukung suksesnya Pilkada Serentak Tahun 2020 yang akan diselenggarakan di 270 daerah. Pemaparan dilakukan dalam Rapat Pimpinan TNI-Po

Selasa, 28 Jan 2020 19:45Berita Sumut

Aksi Mahasiswa Di DPRD Medan Menolak Kenaikan Tarif BPJS Kesehatan

Puluhan mahasiswa mengatasnamakan Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Medan berorasi di Balaikota Medan dan DPRD Medan, Selasa (28/1/2020). Massa menolak kenaikan tarif BPJS Kesehatan dan meminta tidak dicabut subsidi gas 3 kg.

Selasa, 28 Jan 2020 19:30Berita Sumut

Komisi I Minta Pemko Selesaikan Kegaduhan di PD Pasar

Ketua Komisi I DPRD Kota Medan, Rudiyanto Simangunsong S.Pd.I meminta Pemerintah Kota Medan segera menyelesaikan kegaduhan di Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar Kota Medan agar tidak mempengaruhi kinerja Pemko Medan di tahun 2020 ini.

Selasa, 28 Jan 2020 19:15Berita Sumut

Sepasang Insan Gol Miliki Narkotika

Lagi dan lagi Sat Narkoba Polres Tanah Karo mengamankan para pelaku narkotika. Kali ini dua insan berlainan jenis yang menjadi sasaran nya. Mereka diringkus

Selasa, 28 Jan 2020 19:00Berita Sumut

Bayar Gaji Tak Sesuai UMK, Komisi II Akan Laporkan RS Mitra Medica

Komisi II DPRD Medan akan segera melaporkan Managemen Rumah Sakit (RS) Mitra Medica di Jalan KL Yos Sudarso ke Kementerian Tenaga Kerja.

Selasa, 28 Jan 2020 18:45Berita Sumut

Kapolres Simalungun Tatap Muka Dengan Tokoh Agam, Masyarakat di Jorlang Hataran

Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, didampingi ibu ketua cabang Bhayangkari Polres Simalungun Ny. Cathy Heri Ompusunggu beserta PJU Polres Simalungun melaksanakan kunjungan kerja ke Polsek Balata sekaligus tatap muka dengan tokoh agama, tokoh

Selasa, 28 Jan 2020 18:30Berita Sumut

Kuasa Hukum Gomgom TP Siregar, Minta Laporan Kasus Penipuan Jangan "Mandek"

Kasus dugaan penipuan atau penggelapan uang ratusan juta rupiah dengan terlapor mantan calon legislatif (caleg) DPRD Sumut Dapil Sumut 2 Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, Inggrid Herlina Hutabarat, yang ditangani Polsek Medan Baru terkesan mandek.

Selasa, 28 Jan 2020 18:15Nasional

Ketum Dharma Pertiwi Buka "Rakor Dharma Pertiwi Tahun 2020"

Ketua Umum (Ketum) Dharma Pertiwi, Ny. Nanny Hadi Tjahjanto membuka secara resmi “Rakor Dharma Pertiwi Tahun Anggaran 2020”, bertempat di Gedung Balai Sudirman, Jl. Dr. Saharjo No. 268, Tebet, Jakarta Selatan

Selasa, 28 Jan 2020 18:00Berita Sumut

Gubernur Harapkan Pemuda Kreatif dan Inovatif

Para pemuda Sumatera Utara (Sumut) diharapkan dapat kreatif, inovatif dan terus berkarya demi kemajuan negara khususnya Provinsi Sumut. Apalagi di era perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat saat ini, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang b

Selasa, 28 Jan 2020 17:45Berita Sumut

Meski Licin Sebagai Pengedar Narkoba, Sat Narkoba Sergai Berhasil Meringkusnya

Satuan unit reskrim Narkoba Polres Sergai menghentikan kegiatan dua tersangka sebagai pengedar narkoba, yang kerap beraksi diwilayah hukum Polres Sergai. Tersangka Kan, 25, dan Dila,28, keduanya warga Dusun I, Desa Pantai Cermin Kiri, Kecamatan Pantai Cer

Selasa, 28 Jan 2020 17:30Berita Sumut

Pangdam I/BB Hadiri Rapim TNI - Polri Tahun 2020

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis didampingi Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri tahun 2020