• Home
  • Opini
  • EksisTeni TNI Dalam Pendidikan Karakter Bangsa

EksisTeni TNI Dalam Pendidikan Karakter Bangsa

Rilis Kamis, 27 September 2018 11:24 WIB
Matatelinga
                                                        EksisTeni TNI Dalam Pendidikan Karakter Bangsa

                                                                                   Oleh :

                                                          Mayor Inf Haryo Mustoko,S.Sos,M.M

                                                          (Kasubbidmedlek Penpas Puspen TNI)
 
Persoalan budaya dan karakter bangsa kini menjadi sorotan tajam masyarakat. Sorotan itu mengenai semua aspek kehidupan, tertuang dalam berbagai tulisan di media cetak, wawancara, dan dialog di media elektronik. Selain di media massa, para pemuka masyarakat, para ahli, dan para pengamat pendidikan, serta pengamat sosial berbicara mengenai persoalan budaya dan karakter bangsa di berbagai forum akademis, baik pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
 
Persoalan yang muncul di masyarakat seperti korupsi, kekerasan, kejahatan seksual, perusakan, perkelahian massa, kehidupan ekonomi yang konsumtif, kehidupan politik yang tidak produktif, tawuran pelajar dan sebagainya menjadi topik utama pembahasan.  Sejumlah alternatif penyelesaian diajukan seperti penyempurnaan peraturan, undang-undang dan peningkatan upaya pelaksanaan dan penerapan hukum yang lebih kuat, serta penyempurnaan kurikulum pendidikan.

Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Ahli

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, mendefinisikan pendidikan karakter adalah pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan seluruh warga sekolah untuk memberikan keputusan baik-buruk, keteladanan, memelihara apa yang baik dan mewujudkan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati.

Sedangkan  menurut pakar pendidikan, Gunawan (2012 ; 23),  mengutarakan bahwa pendidikan karakter adalah pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras dan sebagainya. Terdapat 18 nilai-nilai dalam pendidikan karakter menurut Diknas antara lain :  religius, jujur, toleransi,  disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial serta tanggung jawab.

Menurut UU RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;  Pendidikan Karakter adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana serta proses pemberdayaan potensi dan pembudayaan peserta didik guna membangun karakter pribadi dan/ atau kelompok yang unik baik sebagai warga negara. Karakter Bangsa adalah kualitas perilaku kolektif kebangsaan yang khas baik yang tercermin dalam kesadaran, pemahaman, rasa, karsa, dan perilaku berbangsa dan bernegara sebagai hasil olah pikir, olah hati, olah rasa, karsa dan perilaku berbangsa dan bernegara Indonesia yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila, norma UUD 1945, keberagaman dengan prinsip Bhineka Tunggal Ika, dan komitmen terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 

Eksistensi TNI

Eksistensi berasal dari bahasa latin yaitu existere yang memiliki arti : muncul, ada, timbul dan berada.  Menurut kamus bahasa Indonesia, eksistensi berarti : hal berada, keberadaan. Eksistensi TNI dalam Pendidikan Karakter Bangsa berarti keberadaan dan peran prajurit TNI yang mendorong  adanya penguatan karakter bangsa melalui pengerahan kemampuan personel dalam mengaktualisasikan potensi potensi yang dimilikinya melalui program rutin, seperti : TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang bersifat lintas sektoral maupun non program yang bersifat insidentil.

Program TMMD ke-101 dan 102 Tahun 2018  menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam upaya mewujudkan eksistensi/peran prajurit dalam membangun karakter bangsa untuk memperkuat pendidikan karakter dan kemandirian bangsa. Kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan TNI sudah berjalan sejak 2011 yang diperkuat dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Nomor 36/XXI/NK/2017 dan KERMA/45/XII/2017.

Nota Kesepahaman itu berisi sembilan butir, yaitu program layanan pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat, program layanan pendidikan dasar dan menengah, program layanan kebahasaan, dan program layanan pembinaan guru dan tenaga kependidikan. Selaras dengan tema TMMD tahun 2018 "TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa". Kasad Jenderal TNI Mulyono sangat berharap agar TMMD tidak hanya menghasilkan output berupa fisik semata, namun juga mampu membangun karakter Bangsa, khususnya generasi muda yang kompetitif dan mandiri.

Pelaksanaan program TMMD ke-101 dan 102  yang bersifat fisik terkait bidang pendidikan terutama di daerah terisolir yakni : pembangunan/rehab sekolah, rumah dinas kepala sekolah, jalan beton menuju sekolah, pembuatan perpustakaan sekolah, serta pembuatan jamban sekolah. Sedangkan Program  Non fisik diantaranya : Keterlibatan mahasiswa KKN di lokasi/sasaran bersama dengan prajurit TNI, Memberikan ceramah Belanegara/Wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, kenakalan remaja dan  pemutaran film sejarah perjuangan bangsa.

Keikutsertaan TNI dalam pendidikan karakter bangsa juga dalam kehidupan keseharian prajurit TNI di wilayah, melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial (Binter) dengan menerapkan metode Binter : (Komunikasi sosial, pembinaan ketahanan wilayah serta bakti TNI). Sehingga aparat Satkowil dituntut mampu dan mahir dalam mengaplikasikan ketiga metode Binter di wilayah binaannya disesuaikan dengan ciri dan corak kedaerahan dengan banyak inisiatif dan kreatifitas.

Eksistensi TNI dalam lingkungan  pendidikan diharapkan mampu memberikan wawasan dan motivasi  agar anak-anak mempunyai sikap disiplin dan tanggung jawab yang tinggi serta mempunyai karakter kebangsaan yang kuat. Salah satunya dilaksanakan di masing masing sekolah baik SLTP maupun  SLTA bagi siswa dan siswinya, dengan  narasumber dari Koramil maupun Kodim. Adapun materi yang diberikan diantaranya :  PBB, Pembekalan wawasan kebangsaan berupa bahaya aksi  terorisme, kenakalan remaja serta Bahaya Penyalahgunaan Narkoba, guna menyelamatkan generasi muda  dari penyalahgunaan narkoba.

Peran  TNI dalam dunia pendidikan tentu bukan hal baru, tak jarang komunikasi sosial yang dilakukan oleh prajurit tersebut bersifat spontanitas, kreatif dan inovatif, tak sedikit  anggota TNI yang mengajar di sekolah-sekolah di daerah terdepan, terpencil dan tertinggal. Selain itu, prajurit TNI juga berperan dalam membantu ribuan anak putus sekolah untuk kembali bersekolah yang merupakan kerja sama antara Babinsa dengan aparat pemerintah setempat.

Prajurit TNI juga membantu kelancaran akses bagi siswa sekolah, seperti yang dilakukan oleh seorang anggota  Babinsa yang bernama Serka Darwis  atas jasanya membantu anak-anak sekolah menyeberangi sungai dengan menggunakan gondola (Papan yang di gantung dengan tali) di Desa Maroko, Kec. Rante Angin Kab. Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.  Selain itu ada juga prajurit TNI membantu anak sekolah  dengan menggunakan perahu karet menyeberangi sungai di Kabupaten Aceh Barat,  karena jembatan yang biasanya digunakan rusak akibat banjir. Sejumlah sekolah juga  dibangun atas inisiatif dan kepedulian TNI bekerja sama dengan pemerintah daerah di banyak tempat di Indonesia.

Secara umum untuk mewujudkan pendidikan karakter bangsa dapat dilakukan melalui pendidikan formal dan informal yang saling melengkapi dan diatur dalam peraturan dan Undang-Undang. Contoh pendidikan formal :  pendidikan formal dilaksanakan secara berjenjang dan pendidikan tersebut mencangkup pada pendidikan umum, kejuruan, akademik, profesi, evokasi keagamaan dan khusus. Pendidikan non formal melalui pembentukan  karakter bangsa di sekolah yang diimplementasikan pada pendidikan pengembangan diri antara lain : pengurus OSIS, Pramuka, PMR, PKS, PIR, olah raga, seni, keagamaan dan lainnya sebagai perwujudan pendidikan karakter, kehadiran Babinsa dalam pendidikan pengembangan diri di sekolah  maupun di lokasi TMMD tentu berdampak positip dalam membangun karakter pelajar maupun mahasiswa.

 
(Mtc)
Editor: Amrizal

T#g:MatatelingaOpiniPuspen TNITerkini
Komentar
Senin, 17 Des 2018 14:25Berita Sumut

Parpol Ditenggat 16 Hari Lagi Untuk Serahkan LPSDK

Partai politik dan tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pemilu wajib menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) paling lama Rabu, 2 Januari 2019 pukul 18.00 WIB. Hal ini diungkap dalam Sosialisasikan

Senin, 17 Des 2018 13:57Nasional

Oesman Sapta Lantik Tujuh Anggota MPR RI Hasil PAW

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta melantik dan mengambil sumpah tujuh orang anggota MPR pengganti antar waktu (PAW) di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/12/2018). Dari tujuh anggota MPR PAW yang dilantik, enam di antaranya berasal dari Frak

Senin, 17 Des 2018 13:38Berita Sumut

Polrestabes Medan Tingkatkan Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru 2019

Polrestabes Medan meningkatkan pengamanan menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2018. Setiap personil Polrestbaes Medan akan all out memberikan kenyamanan bagi warga Medan.

Senin, 17 Des 2018 13:00Berita Sumut

Sidak ke OPD, Plt Labuhanbatu Temukan Kadis dan ASN Belum Masuk Kantor

Plt Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi dengan berjalan kaki melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Labuhanbatu, Senin (17/12/12).

Senin, 17 Des 2018 12:45Berita Sumut

Polres Batubara Amankan Tiga Kapal Pukat Grandong di Perairan Tanjung Tiram

Sebanyak tiga unit kapal pukat grandong yang tengah mengambil ikan di Perairan Tanjung Tiram, Batubara diamankan polisi, Senin (17/12). Selain itu, polisi juga menangkap 7 orang anak buah kapal (ABK) serta alat tangkap dan ikan hasil tangkapan ketiga kap

Senin, 17 Des 2018 12:36Berita Sumut

Rudy Hermanto Prihatin Narkoba Sudah Sampai ke Pelosok Desa

Badan Narkotika Nasional menyatakan peredaran narkoba sudah sampai hingga ke Desa di seluruh Indonesia. Hal ini menunjukkan ada pihak yang sengaja ingin menghancurkan generasi penerus bangsa ini hingga terjadi lost generation pada suatu waktu nanti.

Senin, 17 Des 2018 12:15Berita Sumut

Personil dan PNS Babinminvetcad Kodam I/BB Gelar Tes Urine

Sebanyak 128 personel militer dan PNS di lingkungan Badan Pembinaan Administrasi Veteran dan Cadangan TNI (Babinminvetcad) Kodam I/Bukit Barisan mengikuti sosialisasi dan Uji Petik Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4G

Senin, 17 Des 2018 12:00Berita Sumut

Ungkap Kasus Pembunuhan dan Narkoba, 36 Personil Polres Asahan Peroleh Penghargaan

Guna meningkatkan kinerja dan prestasi kerja personil, Kapolres Asahan AKBP Faisal F. Napitupulu, S.I.K., M.H. memberikan Piagam Prestasi (reward) kepada 36 orang personil berprestasi di Mapolres Asahan. Pemberian piagam penghargaan ini dilakukan saat mel

Senin, 17 Des 2018 09:30Berita Sumut

Kembali, Gunung Merapi Keluarkan Lava Pijarnya Hingga ke Kali Gendol

Aktivitas Gunung Merapi terus mengalami peningkatan. Guguran lava pijar selama ini banyak jatuh ke kawah puncak, kini sudah jatuh ke arah hulu Kali Gendol. Adanya perkembangan arah guguran tersebut tertayang, Minggu (16/12/2018) malam dalam video pemantau

Senin, 17 Des 2018 09:00Lifestyle

Masa Iya Sih, Mencampurkan Bir Kedalam Maksakan Bikin Masakan Makin Lezat, ini Fakta Uniknya !

Memasak bukan lagi menjadi kegiatan yang biasa tetapi bagi sebagian orang sudah menjadi hobi. Jangan salah hobi memasak bukan hanya untuk para wanita saja karena sekarang sudah banyak para pria yang mempunyai hobi memasak. Dengan memasak kita bisa menyalu

Senin, 17 Des 2018 08:30Ekonomi

Harga Emas Antam Kembali Turun

Harga emas yang dijual oleh PT Aneka Tambang (Antam) hari ini turun Rp1.000 per gram.

Senin, 17 Des 2018 08:00Berita Sumut

Pemkab Asahan Buka Lelang Jabatan Tinggi Pratama

Pemerintah kabupaten Asahan kembali membuka kesempatan untuk mengisi jabatan tinggi pratama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah memenuhi pangkat dan golongan di lingkup kerja Pemerintah Kabupaten, hal tersebut tertuang dalam surat panitia seleksi

Senin, 17 Des 2018 07:30Nasional

Panglima TNI, Pangkalan Kapal Selam di Natuna Akan Resmikan

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan meresmikan Pangkalan Kapal Selam TNI AL di Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), pada Selasa 18 Desember 2018. Dalam menyambut peresmian itu, prajurit TNI menggelar gladi bersih upacara dengan par

Senin, 17 Des 2018 07:15Internasional

Kisah Perempuan Korban Perdagangan Manusia Jadi Pelaku

"Saya menangis. Itu tidak adil. Saya 'diperkenalkan' kepada banyak pria, meski saya sudah punya suami dan anak-anak di Korea Utara. Saya merasa karena saya lahir di negara yang salah, saya masuk ke dalam kekacauan ini."

Senin, 17 Des 2018 07:00Bola

Arsenal Menelan Pil Pahit Usia Kalah Tipis Dari Southampton 2-3 Minggu Malam

Arsenal harus menelan pil pahit saat melakoni partai tandang ke markas Southampton karena kalah tipis 2-3 pad Minggu 15 Desember 2018, pukul 20.30 WIB. Kekalahan itu pun sekaligus memutus rekor tak terkalahkan Arsenal dalam 14 pertandingan terakhir di Lig

Senin, 17 Des 2018 06:45Bola

Barcelona Pesta Gol Kala Bertandang Ke Markas Levante Tadi Malam

Barcelona pesta gol kala bertandang ke markas Levante di Stadion Ciutat de Valencia, dalam rangka laga lanjutan pekan ke-16 Liga Spanyol 2018-2019, pada Senin (17/12/2018) dini hari WIB. Di pertandingan tersebut Barcelona mampu menang lima gol tanpa balas