MARHABAN YA RAMADHAN

Keadilan (Pengawas) Pemilu

Aulia Andri Minggu, 29 Juli 2018 20:36 WIB
Matatelinga
                                                           Keadilan (Pengawas) Pemilu
                                                           
                                                                  Oleh: Aulia Andri


Beberapa kawan sempat datang menemui saya terkait seleksi pengawas pemilu di tingkat kabupaten/kota. Mereka bertanya pada saya terkait istilah "existing" yang dipakai dalam seleksi ini. Saya menangkap aura protes dari mereka, walau sungguh mereka tak berani mengungkapkannya secara terang. Apalagi mereka juga sedang mengikuti seleksi. Pasalnya sih sederhana, karena informasi intel rawa-rawa mengatakan bahwa existing sudah pasti akan dilantik secara permanen sebagai pengawas pemilu.

Bagi saya, apa yang dilakukan Bawaslu RI sudah bagus. Mereka membentuk tim seleksi (timsel), kemudian membuat jadwal serta mengumumkannya secara terbuka. Semua proses rekrutmen yang dilakukan Bawaslu tentu dilakukan secara transparan. Satau hal yang menurut saya menarik dan diapresiasi adalah penggunaan Computer Assesment Test (CAT) bagi peserta "baru" yang mengikuti seleksi. Ini tentu berbeda dengan kawan-kawan yang sudah masuk kategori existing. Mereka, walau tidak ikut CAT tapi diwajibkan mengikuti evaluasi yang dibuat Bawaslu RI dengan sistem yang mirip-mirip CAT. Bahkan, itu ditambahi lagi dengan penilaian dari para pimpinan di Bawaslu Provinsi yang merupakan atasan mereka. Sebauh langkah maju yang dilakukan Bawaslu RI.

Sebagai mantan anggota Bawaslu Provinsi, saya hanya ingin mengingatkan bahwa apa yang dilakukan Bawaslu RI saat ini masih on the track. Kinerja para timsel juga terukur dengan baik melalui berbagai tools yang sudah disiapka oleh Bawaslu RI. Terkait dengan dasar hukum, Bawaslu RI juga sudah melaksanakan amanat UU Nomor 7/2017 dengan membuat Perbawaslu Nomor 10/2018 tentang tata cara pembentukan pengawas pemilu.

Namun yang menjadi soal adalah terkait  Ketentuan Peralihan Pasal 565 UU 7/2017, yang berbunyi:
(1) Hasil seleksi berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum dapat ditetapkan menjadi anggota Bawaslu Kabupaten/Kota sepanjang memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini. (2) Tata cara pemenuhan persyaratan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Bawaslu.

Nah untuk menindaklanjuti hal ini, Bawaslu RI juga sudah mengeluarkan Perbawaslu 10/2018 dimana  pasal 37 ayat 3 dan 4 berbunyi sebagai berikut:
(3) Hasil seleksi Panwaslu Kabupaten/Kota berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum tidak mengikuti tes tertulis dan tes wawancara yang dilakukan oleh Tim Seleksi. (4) Bagi Panwaslu Kabupaten/Kota sebagaimana yang dimaksud pada ayat (3) dilakukan evaluasi melalui uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi.

Melihat sinkronisasi UU dan Perbawaslu, saya berharap Bawaslu RI atau Bawaslu Provinsi dapat dengan fair (adil) memberikan penilaian baik kepada yang sudah existing maupun "pendatang baru". Saya tak yakin 100 % pengawas pemilu yang berlabel existing itu punya kemampuan kepemiluan yang memadai.

Apalagi, ujicoba di Pilgub Sumut dan Pilkada di 8 Kabupaten/Kota di Sumut bisa dijadikan penilaian yang paling tidak mendekati akurat. Beberapa persoalan di kabupaten/kota menjadi tolak ukur yang harusnya menjadi pertimbangan membentuk Bawaslu Kabupaten/Kota di Sumut yang permanen.

Lalu, siang ini sambil duduk-duduk saya merenungi bahwa sejatinya, sesuai azas kepemiluan, Pengawas Pemilu harus bersikap adil seadil-adilnya. Bahwa rekrutmen terbuka yang sudah dilakukan secara baik dan transparan ini harus berujung manis dengan penentuan anggota Bawaslu Kabupaten/Kota yang benar-benar sesuai amanat UU dan Perbawaslu. Jadi tak sekedar "anggar jago" dengan judul existing dan merasa akan segera dilantik. Kalau itu yang terjadi agak susah membayangkan pengawas pemilu yang bisa bersikap adil pada Pemilu 2019. Demikian.

Editor: Amrizal

T#g:Aulia AndriKeadilan (Pengawas) PemiluKeadilan Pengawas PemiluTerkini
Komentar
Senin, 20 Mei 2019 19:00Berita Sumut

DPRD Medan Gelar Bukber Dengan Wartawan dan Ormas

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan melaksanakan buka puasa bersama yang dihadiri pimpinan dewan, Walikota dan jajarannya, segenap pegawai dan staf di lingkungan DPRD Medan, serta berbagai elemen masyarakat dan wartawan, Senin (20/5/2019).

Senin, 20 Mei 2019 18:45Berita Sumut

Kapolres Asahan bersama Ketua Bhayangkari Cabang Asahan Berbagi Takjil dan Gelar Buka Puasa Bersama

Kapolres Asahan AKBP Faisal F. Napitupulu, S.I.K., M.H. didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Asahan Ny. Dodot Faisal Napitupulu, membagikan takjil untuk berbuka puasa kepada warga di persimpangan tugu jalan imam bonjol kota Kisaran, Senin (20/5/2019).

Senin, 20 Mei 2019 18:30Berita Sumut

DPRD Kota Medan: Merger Sekolah Perlu Pengkajian

Komisi II DPRD Kota Medan minta Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Pendidikan untuk melakukan pengkajian yang matang dalam rencana Penggabungan (Regrouping) 12 Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kota Medan.

Senin, 20 Mei 2019 18:15Berita Sumut

Edy Rahmayadi Bakal Pugar dan Renovasi Taman Makam Pahlawan

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahyamadi bersama rombongan Forkopimda Sumut dan tokoh masyarakat mengadakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan SM Raja Medan, Senin (20/5/2019), dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke

Senin, 20 Mei 2019 18:15Berita Sumut

Pelabuhan Belawan Lama, Direndam Air

Dermaga milik PT Pelindo l Cabang Belawan dikawasan Jalan Stasiun tepatnya Pelabuhan Belawan Lama kopak kapik dan berlobang digenangi air pasang dan air hujan ini tanpa adanya perhatian.

Senin, 20 Mei 2019 18:00Berita Sumut

Pertama Kali Kunker ke Gunungsitoli, Ijeck : Semoga Memberikan Manfaat Pada Masyarakat

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah melakukan kunjungan kerja ke Gunungsitoli, Senin (20/5). Wagub bertatap muka dan bersilahturahmi dengan Forkopimda dan OPD Pemko Gunungsitoli.

Senin, 20 Mei 2019 17:45Berita Sumut

Gelar Operasi Pekat, Jajaran Polda Sumut Ringkus 1.239 Tersangka

Selama pelaksanaan Operasi Pekat Toba mulai 3 sampai dengan 17 Mei, jajaran Polda Sumut berhasil mengungkap 870 kasus tindak pidana dengan 1.239 tersangka.

Senin, 20 Mei 2019 17:30Berita Sumut

Belasan Anggota Geng Motor Penyerang SMAN 5 Medan Diciduk Polisi

Belasan anggota geng motor yang menyerang dan merusak SMA Negeri 5 Medan pada Rabu (8/5/2019) lalu berhasil diciduk polisi. Total ada 12 orang yang diringkus, termasuk ketua komplotan geng motor yang bernama 234SC Medan Area.

Senin, 20 Mei 2019 17:15Berita Sumut

Masyarakat Diimbau Tetap Bersatu Setelah Pesta Demokrasi

Seluruh rakyat Indonesia diimbau untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan setelah pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2019. Serta bersama-sama menunggu pengumuman hasil Pemilu pada 22 Mei 2019.

Senin, 20 Mei 2019 17:00Berita Sumut

Disisa Masa Jabatan, Irsal Fikri Dorong Pemko Medan Bangun Rumah Singgah bagi ODHA

Pemerintah Kota (Pemko) Medan diminta untuk membangun Rumah Singgah khusus bagi Orang Dengan Penderita HIV/AIDS (ODHA). Terkait penganggaranya, DPRD Medan siap untuk mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Rumah Singgah tersebut.

Senin, 20 Mei 2019 16:45Berita Sumut

Edy Imbau Masyarakat Dewasa Sikapi Hasil Pemilu

Jelang pengumuman hasil Pemilu pada 22 Mei 2019 mendatang, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengimbau seluruh masyarakat Sumut agar dewasa menyikapi apapun yang menjadi hasil nantinya. Bagaimanapun, Sumut merupakan rumah bersama yang harus di

Senin, 20 Mei 2019 16:30Berita Sumut

Soal Pembatalan PBI BPJS, DPRD Wacanakan Interpelasi Walikota Medan

Terkait proses pembatalan 12 ribu warga Medan menjadi peserta Program Bantuan Iuran Badan Penyelanggaran Jaminan Sosial (PBI BPJS) Kesehatan, Komisi II DPRD Medan berencana melakukan hak interpelasi kepada Walikota Medan.

Senin, 20 Mei 2019 16:15Berita Sumut

Irup Harkitas, Plt Bupati Asahan Sampaikan Pesan Menkominfo

Plt Bupati Asahan H.Surya, BSc bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 111, Senin (20/5/2019) di halalaman kantor bupati Asahan.

Senin, 20 Mei 2019 16:00Berita Sumut

Wali Kota Sahur Bersama Ratusan Masyarakat di Masjid Al Amin

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH kembali melaksanakan Safari Subuh, Senin (20/5/2019). Di dampingi Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM beserta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di

Senin, 20 Mei 2019 15:45Berita Sumut

Jadi Irup Harkitnas 2019, Gubsu Ajak Masyarakat Bangkitkan Semangat Gotong Royong

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019 menjadi momen bagi seluruh rakyat Indonesia untuk membangkitkan semangat persatuan dan gotong-royong. Hal itu penting dalam upaya mengisi pembangunan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indon

Senin, 20 Mei 2019 15:28Berita Sumut

Tanggapi Aksi 22 Mei, Polda Sumut : Masyarakat Jangan Resah, Kondisi di Sumut Kondusif

Polda Sumatera Utara memastikan kondisi di Sumatera Utara kondusif menjelang tanggal 22 Mei 2019 mendatang. Polisi memberikan jaminan kenyamanan bagi warga yang beraktifitas.