Merawat Keberagaman Pasca Lebaran

James P Pardede Senin, 10 Juni 2019 15:17 WIB
Hand Over
Merawat Keberagaman
Lebaran adalah momen paling tepat untuk menjaga tali silaturahmi antar sesama dan upaya kita dalam merawat keberagaman yang ada di negeri ini. Saat takbir Lebaran berkumandang, ucapan selamat Idulfitri berseliweran lewat media sosial Facebook, WA, Twitter dan Instagram.

Di era serba teknologi sekarang untuk mengucapkan selamat lebaran atau sekadar meminta maaf dilengkapi dengan foto diri sudah bisa dilakukan dalam waktu yang sangat singkat. Tak bisa bertemu dan tatap muka karena jarak yang berjauhan, sekarang sudah bisa dilakukan dengan video call atau menghubungi kerabat, saudara, teman dan kolega lewat fasilitas telepon selular.


Kebersamaan dalam keberagaman memang harus dirawat agar generasi penerus kita ke depan tetap mengenal yang namanya keberagaman sebagai bagian dari hidup. Keberagaman menjadi sebuah upaya kita dalam mengenal adanya perbedaan, perbedaan dalam banyak hal termasuk dalam pendapat dan tujuan hidup yang akan dicapai. Hanya lewat kebersamaan yang didukung rasa solidaritas, rasa saling menghargai dan menghormati yang bisa membuat keberagaman dan perbedaan itu bisa menjadi satu dan tak pernah mempermasalahkannya.

Merawat keberagaman pasca momen lebaran bisa kita lakukan lewat halal bi halal atau silaturahmi kepada sesama demi untuk menjaga kekerabatan, kekeluargaan dan kebersamaan. Jangan pernah merusak tali persahabatan atau tali persaudaraan dengan ujaran kebencian, kalimat yang membuat orang lain sakit hati atau menyebarkan status yang bisa melukai orang lain.


Prinsipnya adalah jangan mudah terpancing dengan isu apa pun terutama yang berseliweran di media sosial. Belum tentu sebuah berita atau status yang mendeskreditkan seseorang itu benar adanya. Cek dulu kebenarannya dan jangan langsung menyebarkan berita yang tidak jelas. Ada baknya berita yang masuk atau terbaca dalam dinding media sosial kita disaring terlebih dahulu. Setelah disaring dengan benar, dan dianggap perlu diberitakan kepada teman boleh lah di sharing dengan syarat jangan sampai mengurangi atau menambahi status tersebut dengan kata-kata yang berbau negatif.


Dalam upaya merawat keberagaman dan kebersamaan seperti yang terjalin selama ini, mari merenungkan kembali PANCASILA sebagai dasar negara kita. Dalam PANCASILA ini sudah diatur sedemikian rupa bagaimana kita merawat keberagaman dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita adalah Indonesia, Kita adalah Pancasila dan Kita adalah warga negara yang menjunjung tinggi keberagaman dalam mewujudkan tujuan bersama, menjadikan negeri ini aman dan damai dan mewariskannya kepada anak cucu dalam kondisi terawat.
Editor: Amrizal

T#g:lebaranMerawat KeberagamanpancasilaSilaturahmi
Komentar
Jumat, 15 Nov 2019 19:01Berita Sumut

Mayarakat Kota Medan, Beri Dukungan Kinerja Kepolisian Jajaran Poldasu

Masyarakat Kota Medan terus memberikan dukungan terhadap kinerja kepolisian untuk melawan paham radikal dan terorisme, pasca terjadinya bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan.

Jumat, 15 Nov 2019 18:30Berita Sumut

Bawaslu Kabupaten Asahan Sosialisasikan Pilkada Serentak ke Jurnalis

Guna merajut sinergitas Bawaslu Kabupaten Asahan bersama jurnalis menggelar acara Sosialisasi Pengawasan dan Pencegahan Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Asahan Tahun 2020, Jum'at (15/11/2019) di hotel Marina Kisaran .

Jumat, 15 Nov 2019 18:15Berita Sumut

Bom Bunuh Diri di Maporestabes Medan, Kakak Beradik di Sicanang Diamankan Polisi

Dua orang warga lingkungan 20 Jalan Sentosa Barat Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan yang diduga terkait dengan pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan diamankan petugas Polda Sumatera pada Kamis malam (14/11/2019) sekitar pukul 22.30 wib. Sa

Jumat, 15 Nov 2019 18:01Berita Sumut

Tuahman Purba Prihatin Dengan Pembuangan Bangkai Babi ke Sungai

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sumut dr.Tuahman F Purba menyampaikan keprihatinannya terhadap sikap oknum-oknum yang membuang bangkai babi ke sungai, ke danau dan info terbaru ada yang buang bangkai babi ke pinggir jalan dengan cara membungkusnya dalam goni.

Jumat, 15 Nov 2019 18:00Lifestyle

Chef Renata Buat Saksang Guiness di Medan

Saksang identik dengan makanan yang dibuat dengan babi dan anjing. Namun oleh chef Renata Moeloek, Saksang dibuat dari daging sapi.

Jumat, 15 Nov 2019 17:45Nasional

Momen saat Panglima TNI Jadi Juri Lomba Memasak Nasi Goreng

Ada hal unik dan menarik pada pelaksanaan Gebyar Karya Pertiwi dan Military Attache Spouses Culture Tahun 2019 yaitu “Lomba Memasak Nasi Goreng” yang diikuti oleh para Atase Pertahanan dan Isteri dari negara-negara sahabat.

Jumat, 15 Nov 2019 17:28Berita Sumut

Hasil Pra Studi Kelayakan PLTGU Diserahkan, Gubsu Harap Groundbreaking Terlaksana Secepatnya

Menindaklanjuti penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) pada Agustus 2019 lalu, PT Hanlim Power Indonesia (HPI) telah

Jumat, 15 Nov 2019 17:14Berita Sumut

16 Pelajar Kota Medan Ikuti Program Pertukaran Pelajar Ke Gwangju

Sebanyak 16 pelajar asal Kota Medan akan mengikuti program pertukaran pelajar (student exchange program) ke kota Gwangju, Korea Selatan . Kegiatan ini digelar dalam rangka mempererat hubungan sister city antara Kota Medan dengan Kota Gwangju. Rencananya,

Jumat, 15 Nov 2019 16:36Berita Sumut

Polsek Medan Baru Sosialisasikan Larangan Ternak Kaki Empat

Kapolsek Medan Baru yang diwakili oleh Wakapolsek AKP Uli Lubis SH, bersama tiga pilar menyampaikan sosialisasi tentang larangan pemeliharaan ternak kaki empat. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Lurah Sei Putih Tengah Kec. Medan Petisah, Jumat (1

Jumat, 15 Nov 2019 15:59Berita Sumut

Bupati Soekirman Resmikan BUMDes Bersama Kecamatan Bintang Bayu

BUMDes Bersama " Bintang Harapan" Kecamatan Bintang Bayu diresmika langsung Bupati Sergai Soekirman, Jumat, 15 November 2019.

Jumat, 15 Nov 2019 15:14Berita Sumut

Medan Bersih Sampah Bukan Mimpi

Masalah pentingnya menjaga kebersihan kembali menjadi salah satu topik utama yang ditekankan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi ketika melaksanakan Safari Jumat di Masjid Baabul Falah Jalan Karya Bakti Lingkungan IX, Kelurahan

Jumat, 15 Nov 2019 14:57Berita Sumut

Bupati Soekirman Buka Rakerda PKK Sergai

Bupati Soekirman membuka Rakerda PKK Sergai di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat 15 November 2019.

Jumat, 15 Nov 2019 14:30Berita Sumut

Polda Sumut dan 3 Perguruan Tinggi di Medan Jalin Kerjasama Peningkatan SDM

Polda Sumatera Utara dan rektor dari tiga perguruan tinggi di Medan menjalin kerjasama dalam upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM). Tiga universitas yang terlibat dalam kerjasama itu yakni, USU, UNIMED dan UMSU.

Jumat, 15 Nov 2019 14:15Berita Sumut

Kepergok Korban, Maling Motor di Kos-kosan Berhasil Diringkus Polisi

Seorang maling sepeda motor yang beraksi di kos-kosan Jalan Jati III Gang Ampera, Kelurahan Teladan Timur, Kecamatan Medan Kota berhasil diringkus polisi. Namun seorang rekannya berhasil kabur dan kini tengah diburu pihak kepolisian.

Jumat, 15 Nov 2019 14:00Berita Sumut

Korupsi Anggaran HUT Pemkab, Kaban Kesbangpol Paluta Dituntut 2 Tahun Penjara

Kaban Kesbang Pol Kabupaten Paluta Mahlil Rambe (58) dituntut dua tahun penjara oleh penuntut umum Tipikor Kejari Paluta dalam persidangan di Ruang Cakra1 Pengadilan Tipikor Medan, Kamis (14/11). Selain Mahlil, Juntan Harahap selaku Pejabat Pelaksana Tekn

Jumat, 15 Nov 2019 12:40Berita Sumut

Polri Selidiki Keterlibatan Istri Bomber di Polrestabes Medan

Polri terus mendalami kasus teror bom bunuh diri yang dilakukan oleh ‎Rabbial Muslim Nasution (24) di Markas Komando Polrestabes Medan, Rabu (14/11). Teranyar, tim gabungan Polri tengah menyelidiki dugaan keterlibatan DA, istri pelaku dalam insi