• Home
  • Opini
  • Saling Klaim Suara Tertinggi, Tunggu Penghitungan Resmi KPU

Saling Klaim Suara Tertinggi, Tunggu Penghitungan Resmi KPU

James P Pardede Rabu, 24 April 2019 15:19 WIB
James P Pardede
Badan Pemenangan Nasional (BPN) dan Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon presiden dan wakil presiden mengklaim bahwa pasangan yang mereka usung akan menang pada pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden yang digelar 17 April 2019 ini. Baik pasangan nomor 01 Joko Widodo-Ma'aruf Amin dan pasangan nomor 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, menyampaikan siaran persnya ke berbagai media termasuk media elektronik bahwa pasangan 01 unggul di daerah A, sama halnya dengan pasangan 02 mengklaim unggul di provinsi B.

Menyikapi pernyataan masing-masing tim kampanye dari pasangan 01 dan 02, penentu akhirnya adalah tetap berada di tangan masyarakat sebagai pemilih. Yang paling penting dari semua ini adalah bagaimana pemerintah melalui penyelenggara Pemilu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyalurkan hak politiknya pada hari pelaksanaan Pemilu dan Pilpres nanti.



Para pendukung masing-masing pasangan calon juga secara 'vulgar' menyampaikan keunggulan masing-masing calon yang mereka dukung lewat media sosial. Perang urat syaraf terjadi di dunia maya ini ketika seseorang menulis di beranda medsosnya sebuah status terkesan provokatif. Begitu status itu ter-publish, puluhan bahkan ratusan komentar langsung bermunculan. Ada komentar positif dan tak jarang pula komentar negatif yang kalau dihitung jumlahnya malah lebih banyak.

Perang kata-kata yang terkadang melebihi norma-norma dan aturan adat ketimuran telah melompati pagar kesopanan. Kalimat kasar, kotor dan makian berseliweran di sana. Tanpa sadar, kita telah terbawa arus informasi yang salah dan ikut-ikutan berkomentar, yang (maaf) lebih kotor dari dari sampah. Emosi kita tanpa sadar ikut meluap-luap menanggapi perkataan orang lain yang notabene hanya sebagai oknum palsu atau akun palsu.



Beberapa akun yang menyampaikan kata-kata tidak terpuji dan dilaporkan oleh orang-orang yang tidak merasa senang sudah ditindaklanjuti. Puluhan orang bahkan sudah ratusan orang yang diproses ke ranah hukum karena "melompati pagar batas kesopanan" dengan menyebarkan fitnah, memaki orang lewat medsos dan menciptakan berita bohong (palsu) yang merugikan orang lain.

Dengan didukung teknologi yang semakin canggih, semakin mudah bagi oknum tertentu untuk melakukan rekayasa foto dan menjadikannya sebagai objek 'kampanye hitam' menjelekkan pasangan lain. Untuk kasus seperti ini sudah banyak kita temui di media sosial, bahkan media elektronik, media online dan media mainstream masih ada yang terkecoh dengan pemberitaan yang kalau ditelaah lebih lanjut bukan produk jurnalistik, tapi cenderung kepada produk jurnalistik yang ditunggangi oleh pemilik medianya (jurnalisme kuda).

Sangat miris rasanya ketika kita mendengar atau melihat sebuah berita yang terkesan digiring untuk mendukung salah satu pasangan calon dan mencoba mencari perbandingan dengan membongkar habis keburukan (kejelekan) pasangan lain. Padahal, kalau dalam pola pikir positif dan melihat kondisi kenyataan, apa yang disampaikan dalam berita tersebut sangat jauh dari fakta sesungguhnya.



Klaim pasangan 01 atau pasangan 02 memiliki persentasi perolehan suara di daerah A atau daerah B sah-sah saja disampaikan, asal dilakukan berdasarkan fakta-fakta yang jelas dan akurat. Karena, seperti diungkapkan di atas penentu akhirnya tetap berada di tangan warga masyarakat sebagai pemilih. Harapan kita pada Pemilu dan Pilpres tahun 2019 ini tingkat partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS dan menyalurkan hak suaranya bisa meningkat dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan data yang diolah dari berbagai sumber, tingkat partisipasi masyarakat memilih pada tahun 2014 mencapai 75,11 persen. Jika dibandingkan dengan pemilu legislatif 2009, maka tingkat partisipasi masyarakat terhadap pemilihan umum yang digelar lima tahunan meningkat dimana angka golput pada Pileg 2009 mencapai 29,01 persen dengan tingkat partisipasi 70,99 persen. Pada Pemilu dan Pilpres tahun 2019, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo optimis tingkat partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS dan menyalurkan hak politiknya akan meningkat hingga mencapai 78 - 80 persen.



Sebesar apa pun tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih akan menjadi pembuktian bahwa masyarakat benar-benar mendukung jalannya demokrasi di negeri ini. Jangan sampai tidak menyalurkan hak politik pada Pemilu dan Pilpres nanti (golput). Karena, hak suara yang kita miliki jika tidak digunakan bisa saja disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu yang menginginkan keuntungan.

Urusan klaim meng-klaim pasangan no 01 atau nomor 02 meraih suara terbanyak di provinsi A atau provinsi B, kalau masih dalam takaran prediksi mari kita sikapi dengan kepala dingin. Jangan mudah terpancing dengan hasutan, fitnah atau apa pun bentuknya dalam selebaran, pemberitaan, status di media sosial atau cerita dari mulut ke mulut yang fakta dan kebenarannya masih diragukan. Percaya saja jika memang sudah memiliki 'jagoan' dalam Pemilu dan Pilpres 2019 ini.

Proses penghitungan suara masih terus berlanjut, dan dilakukan secara berjenjang hingga akhirnya ditetapkan oleh KPU Kabupaten/Kota, KPU Provinsi dan KPU RI secara Nasional. Menunggu adalah pekerjaan yang sangat membosankan, tapi kalau kita ingin mendapatkan hasil yang pasti, berarti kita harus menunggu hasil resmi dari KPU.
Editor: Amrizal

T#g:kpu riPemiluPilpres
Komentar
Senin, 22 Jul 2019 22:45Internasional

Jamaah Haji Jangan Paksakan Diri Cium Hajar Aswad

Jamaah haji Indonesia diimbau tidak memaksakan diri untuk mencium hajar aswad.

Senin, 22 Jul 2019 21:32Berita Sumut

DPRD Terima LPJ APBD Kota Medan T.A 2108

DPRD Kota Medan menyetujui Ranperda Kota Medan tentang Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pelaksananaan APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2018 dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis

Senin, 22 Jul 2019 21:27Berita Sumut

Aspidum Edyward Kaban Terima Satyalancana Karya Satya 30 Tahun

Asisten Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Edyward Kaban, SH, MH menerima tanda penghargaan Satyalancana Karya Satya yang telah berbakti sebgai pegawai negeri sipil selama 30 tahun secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapa

Senin, 22 Jul 2019 21:05Berita Sumut

Kanimsus Medan Luncurkan Immigration Corner di KNIA

Kantor Imigrasi Klas 1 Khusus (Kanimsus) TPI Medan meluncurkan inovasi terbaru untuk melayani para warga negara asing (WNA) yang datang melalui Bandara Internasional Kualanamu . Inovasi yang dimaksud adalah dengan mendirikan Immigration Corner.

Senin, 22 Jul 2019 20:40Berita Sumut

Hanyut di Sungai Seruwai, Pemancing Ini Ditemukan Tewas

Seorang pria bernama Awi ,59, yang dilaporkan hanyut saat memancing di atas sampan di Sungai Seruwai pada Minggu (21/7) kemarin akhirnya ditemukan. Pria tua itu ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Senin (22/7/2019) sore.

Senin, 22 Jul 2019 20:14Berita Sumut

Jaksa Rayakan HUT Adhyaksa, PN Medan Sepi Persidangan

Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Adyaksa ke-59, Senin (22/7/2019) kembali mengakibatkan sepinya aktivitas persidangan di PN Medan. Pemandangan ini juga terjadi Senin pekan lalu berkaitan dengan acara pembukaan Pekan Olahraga (POr) yang diikuti ke

Senin, 22 Jul 2019 19:51Berita Sumut

Akhyar Jadi Narasumber KKLDN

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi memaparkan berbagai hal terkait Kota Medan dihadapan para Perwira Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad) di Markas Kodim 0201/BS, Jalan Pengadilan

Senin, 22 Jul 2019 19:36Nasional

UNSW Australia Kunjungi Mabes Bakamla RI/IDNCG

Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya Bakamla A. Taufiq R. menerima kunjungan delegasi University of New South Wales (UNSW) Australia, di Markas Besar Bakamla RI/IDNCG, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No.56, Jakarta Pusat,

Senin, 22 Jul 2019 19:21Berita Sumut

Wali Kota Medan Terima Penghargaan Indonesia Creative Leader

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima kunjungan jajaran redaksi Sindo Media di Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sudirman Medan, Senin (22/7). Selain bersilaturahmi, kedatangan tersebut dalam rangka menyerahkan langsung penghargaan Government

Senin, 22 Jul 2019 18:47Berita Sumut

Sudah Dinonaktifkan, Eks Kades di Tapteng Ini Harus Meringkuk di Penjara

Seorang eks kepala desa (Kades) di Kabupaten Tapanuli Tengah ditangkap polisi lantaran melakukan tindak pidana korupsi. Tersangka berinisial RS alias Roi ,34, disangka mengorupsi dana desa lebih dari Rp 280 juta saat menjabat Kades Ra

Senin, 22 Jul 2019 18:24Berita Sumut

Polsek Sunggal Ungkap Perdagangan Anak Dibawah Umur yang Libatkan Keluarga

Polsek Sunggal mengungkap kasus perdagangan perempuan di bawah umur yang melibatkan keluarga. Dalam kasus ini, polisi mengamankan dua orang pelaku.

Senin, 22 Jul 2019 18:00Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Bimtek PBMD

Pemko Medan melalui Badan Pengelolaan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Barang Milik Daerah (PBMD) di lingkungan Pemko Medan Tahun Anggaran 2019 di Hotel Polonia, Jalan Sudirman Medan, Senin (22/7).

Senin, 22 Jul 2019 17:41Berita Sumut

Pangdam Lepas Keberangkatan 73 Orang Calon Haji KBIH Kodam I/BB

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah melepas keberangkatan jama'ah calon haji KBIH Kodam I/BB ke Asrama Haji, pada Senin 22 Juli 2019 di Masjid At Taqwa Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan.

Senin, 22 Jul 2019 17:26Berita Sumut

57 Pati TNI Sandang Pangkat Baru

Sebanyak 57 prajurit Perwira Tinggi (Pati) TNI menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula. Kenaikan pangkat ini berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1720/VII/2019 tanggal 19 Juli 2019.

Senin, 22 Jul 2019 17:08Berita Sumut

Aneh, Wartawan Dilarang Liput Rapat Pansus DPRD Medan

Rapat tertutup mulai membudaya di DPRD Medan. Jika sebelumnya rapat tertutup saat pembahasan LPj Walikota terhadap penggunaan APBD TA 2018 diberlakukan. Kali ini rapat tertutup terulang saat pembahasan Pansus Ranperda Perusahaan Umum Daerah Pasar Pemko Me

Senin, 22 Jul 2019 16:39Berita Sumut

FPKS Dorong Pemko Medan Buat Early Warning Sistem untuk Warga Bantaran Sungai

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Kota Medan mengingatkan Pemerintah Kota Medan untuk mengantisipasi tumbangnya billboard dan baliho saat musim hujan ini.