• Home
  • Opini
  • Untuk Efek Jera Tindak Pidana Korupsi Hukuman Harus di Perluas

Praktisi Hukum Kamaluddin Pane SH, MH;

Untuk Efek Jera Tindak Pidana Korupsi Hukuman Harus di Perluas

Rellis Sabtu, 10 Agustus 2019 11:18 WIB
Mtc/Ist
                                                    Praktisi Hukum Kamaluddin Pane   SH, MH;
 


Perbuatan korupsi tidak menunjukkan angkat penurunan baik dari segi jumlah orang atau pelaku yang  melakukan perbuatan perbuatan korupsi, maupun dari segi nilai rupiahnya. Setidaknya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hampir setiap minggu melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) dengan nilai yang bervariasi baik ditingkat Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Praktisi Hukum Kamaluddin Pane SH, MH menjelaskan bahwa untuk efek jera bagi para pelaku korupsi maka hukuman mati harus diperlakukan, apalagi saat ini perbuatan Korupsi tersebut merata dilakukan oleh para pejabat Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pejabata BUMN. Ada persepsi saat ini bahwa tidak terlalu masalah dipenjara beberapa tahun asalkan mendapatan keuntungan lebih dari perbuatan Korupsi tersebut.

"Hukum mati harus diperluas, dan hukuman penahanan badan yang selama ini diperlakukan sesuai UU Nomor 31 Tahun 1999 yang telah dirubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 ternyata tidak memberikan efek jera kepada para pelaku, seluruh elemen masyarakat saat ini harus mendorong pemberlakuan hukuman mati untuk tindak pidana korupsi tetapi tidak hanya pada kasus korupsi saat bencana nasional, negara dalam keadaan bahaya, negara dalam keadaan krisis ekonomi dan moneter sesuai pasal 2 ayat 2 UU No 31Tahun 1999" Ujar Kamal Pane.

Kasus yang mencuat selama tahun 2019 ini menjelaskan kepada publik bahwa perbuatan korupsi, suap, gratifikasi menjadi lumrah. Semuanya mencengangkan publik, ada kasus BUMN yang melibatkan mantan Direktur PLN Sofyan Basir beserta para pihak pemenang tender yang saat ini sedang dalam proses persidangan, ada pula Kasus Mantan Ketuam PPP Romahurmuzi  yang terkait suap jabatan di Kementerian Agama, Kasus maskapai penerbangan PT Garuda yang melibatkan Mantan Direktur Emirsyah Satar, dan puluhan kepala Daerah yang tangkap KPP dalam beberapa tahun belakangan ini.

" Ragam jabatan yang melakukan perbuatan diatas, memberikan kesimpulan bahwa para pelaku korupsi tidak pandang bulu, dari pejabat kelas atas, pejabat BUMN, pejabat daerah, seakan-akan semuanya aji mumpung, mumpung masih menjabat, mumpung masih bisa dilakukan, tentunya karena ada peluang, dan ada keyakinan bahwa perbuatan tersebut tidak berbahaya bagi kehidupan pribadinya" Terang Kamal Pane.  

Kamal juga menjelaskan, bahwa efek pemberitaan di media sebagai koruptor, efek menggunakan baju rompi berwarna dalam persidangan, sama sekali tidak berguna. Tetapi memberlakukan hukuman mati mungkin memiliki imbas "takut"  dan memang terbukti beberapa negara yang memberlakukan hukuman mati berhasil menekan angka tindak pidana korupsi.

Tentunya harus ada kajian mendalam sebelum perberlakukan hukuman mati, misalnya berapa jumlah kerugian negara dalam perbuatan korupsi, bila perbuatan tersebut suap berapa jumlah suap untuk memperoleh proyek dan jabatan sehingga dikenakan hukuman mati, termasuk pemberlakukan prinsip "pemutihan" sehingga sebelum perberlakukan hukum mati atas tindak pidana korupsi semua orang dianggap bersih.
Editor: Amrizal

T#g:blibliKamaluddin Pane SHkorupsiMHMatatelingamatatelinga.commatatelinga comPenegakan hukumpraktisi hukumTerkiniTraveloka
Komentar
Selasa, 04 Agu 2020 23:00Lifestyle

Tabungan Masa Pensiun Sudah di Persiapkan dengan Bangun Pesantren

Mantan Kasubbag Humas Polrestabes Semarang ini mengaku tidak bisa menargetkan kapan bangunan pesantren itu akan rampung dibangun. “Harapan kami secepatnya jadi.

Selasa, 04 Agu 2020 22:00Ekonomi

Nampaknya Terus 'Meroke't Harga Emas

Harga emas batangan yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) misalnya, telah mencapai Rp 1.028.000 per gram yang merupakan harga tertinggi sepanjang sejarah.

Selasa, 04 Agu 2020 21:46Ekonomi

Kompak, Rupiah di kurs Tengah Bank Indonesia

Kompak, rupiah di kurs tengah Bank Indonesia (BI) juga berhasil menutup hari ini dengan penguatan. Mata uang Garuda tercatat naik 0,11% ke level Rp 14.697 per dolar AS.

Selasa, 04 Agu 2020 21:30Internasional

Satu Keluarga Majikan,Diduga Aniaya Pembantu IRT Asal Indonesia

Tiga anggota keluarga yang dicurigai menganiaya pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia di sebuah rumah Pantai Remis, dekat Manjung, Perak, Malaysia, telah ditahan Polisi Malaysia.

Selasa, 04 Agu 2020 21:15Berita Sumut

WBC Serang Padi di 5 Kecamatan di Serdang Bedagai, 1,6 Hektare Puso

Kabupaten Serdang Bedagai merupakan salah satu sentra produksi padi di Sumatera Utara (Sumut). Ada 5 kecamatan yang saat ini terdapat serangan wereng batang coklat (WBC) namun masih di bawah ambang kendali.

Selasa, 04 Agu 2020 21:00Berita Sumut

Pangdam I/BB Terima Audiensi PT. Kereta Api Indonesia Vice President Divisi Regional I Sumut

Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah, MA.,MSc., menerima Audiensi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Vice President Divisi Regional I Sumut, Bapak Daniel Johanes Hutabarat Selaku Vice President Divisi Regional I Sumut

Selasa, 04 Agu 2020 20:45Nasional

Perlindungan: Data Pribadi Perlu Dipertimbangkan

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta mengatakan, persoalan perlindungan data pribadi adalah yang perlu dipertimbangkan, apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berkali-kali bicara soal pentingnya data.

Selasa, 04 Agu 2020 20:30Berita Sumut

Pangdam I/BB Terima Audiensi Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumut

Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah, MA.,MSc., menerima Audiensi Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumut, El Adrian Shah, S.E Selaku Ketua

Selasa, 04 Agu 2020 20:15Berita Sumut

PDAM Tirtanadi Sumut Perbaiki Pompa dan Pipa Suction IPA Limau Manis

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan perbaikan pompa dan pipa suction di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Limau Manis guna peningkatan pelayanan.

Selasa, 04 Agu 2020 20:00Berita Sumut

Polsek Patumbak Terus Menyentuh Warga Kurang Mampu

Polsek Patumbak terus menyentuh warga kurang mampu yang terdampak wabah Covid-19.

Selasa, 04 Agu 2020 19:45Ekonomi

Stok Elpiji 3 Kg Aman, H Mahmuzar Apresiasi Pertamina

Gas Elpiji ukuran 3 kilogram bersubsidi, untuk kebutuhan masyarakat terbilang aman.Distribusinya selama pandemi covid 19 terbilang berjalan lancar. Karena itu, masyarakat jangan khawatir soal ketersedian gas elpiji bersubsidi ukuran 3 kilogram.

Selasa, 04 Agu 2020 19:30Nasional

Kasetukpa Lemdiklat Polri Melaksanakan Kunjungan ke Yasayan PASIM

Kasetukpa Lemdiklat Polri melaksanakan kunjungan ke Yasayan PASIM (Pengembangan Sistem Informasi dan Manajemen) Jalan Prana no 8A. Kecamatan cikole, kelurahan cikole kota sukabumi.

Selasa, 04 Agu 2020 19:15Berita Sumut

Pemko Medan Dukung Pemprovsu Lakukan Pendisiplinan Masyarakat Atasi Covid 19

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Arjuna Sembiring menghadiri Rapat Evaluasi Penerapan Tatanan Baru Produktif dan Aman Covid-19 di Kota Medan.

Selasa, 04 Agu 2020 19:00Berita Sumut

Mari Sukseskan Pilkada Kota Medan 2020

Jelang Pilkada Kota Medan 2020, Pemko Medan terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh unsur terkait.

Selasa, 04 Agu 2020 18:30Nasional

Kabaharkam Polri: Pekerjaan Polisi Sesungguhnya Adalah Sholat

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, mengibaratkan tugas Polri yang utama itu seperti fungsi sholat dalam agama Islam.

Selasa, 04 Agu 2020 18:02Berita Sumut

Polsek Medan Kota Ringkus Kaek Bawa 1 Kg Ganja

Tim Tekab Unit Reskrim Polsek Medan Kota berhasil menangkap seorang pria karena diduga kepemilikan ganja seberat 1 kilogram (Kg).