HUT ke 8 Matatelinga.com - Hanura
  • Home
  • Opini
  • Untuk Efek Jera Tindak Pidana Korupsi Hukuman Harus di Perluas

Praktisi Hukum Kamaluddin Pane SH, MH;

Untuk Efek Jera Tindak Pidana Korupsi Hukuman Harus di Perluas

Rellis Sabtu, 10 Agustus 2019 11:18 WIB
Mtc/Ist
                                                    Praktisi Hukum Kamaluddin Pane   SH, MH;
 


Perbuatan korupsi tidak menunjukkan angkat penurunan baik dari segi jumlah orang atau pelaku yang  melakukan perbuatan perbuatan korupsi, maupun dari segi nilai rupiahnya. Setidaknya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hampir setiap minggu melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) dengan nilai yang bervariasi baik ditingkat Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Praktisi Hukum Kamaluddin Pane SH, MH menjelaskan bahwa untuk efek jera bagi para pelaku korupsi maka hukuman mati harus diperlakukan, apalagi saat ini perbuatan Korupsi tersebut merata dilakukan oleh para pejabat Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pejabata BUMN. Ada persepsi saat ini bahwa tidak terlalu masalah dipenjara beberapa tahun asalkan mendapatan keuntungan lebih dari perbuatan Korupsi tersebut.

"Hukum mati harus diperluas, dan hukuman penahanan badan yang selama ini diperlakukan sesuai UU Nomor 31 Tahun 1999 yang telah dirubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 ternyata tidak memberikan efek jera kepada para pelaku, seluruh elemen masyarakat saat ini harus mendorong pemberlakuan hukuman mati untuk tindak pidana korupsi tetapi tidak hanya pada kasus korupsi saat bencana nasional, negara dalam keadaan bahaya, negara dalam keadaan krisis ekonomi dan moneter sesuai pasal 2 ayat 2 UU No 31Tahun 1999" Ujar Kamal Pane.

Kasus yang mencuat selama tahun 2019 ini menjelaskan kepada publik bahwa perbuatan korupsi, suap, gratifikasi menjadi lumrah. Semuanya mencengangkan publik, ada kasus BUMN yang melibatkan mantan Direktur PLN Sofyan Basir beserta para pihak pemenang tender yang saat ini sedang dalam proses persidangan, ada pula Kasus Mantan Ketuam PPP Romahurmuzi  yang terkait suap jabatan di Kementerian Agama, Kasus maskapai penerbangan PT Garuda yang melibatkan Mantan Direktur Emirsyah Satar, dan puluhan kepala Daerah yang tangkap KPP dalam beberapa tahun belakangan ini.

" Ragam jabatan yang melakukan perbuatan diatas, memberikan kesimpulan bahwa para pelaku korupsi tidak pandang bulu, dari pejabat kelas atas, pejabat BUMN, pejabat daerah, seakan-akan semuanya aji mumpung, mumpung masih menjabat, mumpung masih bisa dilakukan, tentunya karena ada peluang, dan ada keyakinan bahwa perbuatan tersebut tidak berbahaya bagi kehidupan pribadinya" Terang Kamal Pane.  

Kamal juga menjelaskan, bahwa efek pemberitaan di media sebagai koruptor, efek menggunakan baju rompi berwarna dalam persidangan, sama sekali tidak berguna. Tetapi memberlakukan hukuman mati mungkin memiliki imbas "takut"  dan memang terbukti beberapa negara yang memberlakukan hukuman mati berhasil menekan angka tindak pidana korupsi.

Tentunya harus ada kajian mendalam sebelum perberlakukan hukuman mati, misalnya berapa jumlah kerugian negara dalam perbuatan korupsi, bila perbuatan tersebut suap berapa jumlah suap untuk memperoleh proyek dan jabatan sehingga dikenakan hukuman mati, termasuk pemberlakukan prinsip "pemutihan" sehingga sebelum perberlakukan hukum mati atas tindak pidana korupsi semua orang dianggap bersih.
Editor: Amrizal

T#g:blibliKamaluddin Pane SHkorupsiMHMatatelingamatatelinga.commatatelinga comPenegakan hukumpraktisi hukumTerkiniTraveloka
Komentar
Kamis, 17 Okt 2019 18:15Berita Sumut

Terlibat Tawuran, 10 Pelajar Diamankan Polsek Medan Baru

Polsek Medan Baru mengamankan puluhan pelajar yang terlibat tawuran di Jalan Gelas, Ayahanda, Kecamatan Medan Petisah, Kamis 17 Oktober 2019.

Kamis, 17 Okt 2019 18:00Berita Sumut

Kapolda Sumut Ajak Personel Lebih Semangat Bertugas

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto mengajak seluruh personel polisi untuk lebih bersemangat bekerja melayani masyarakat Sumut. Polisi yang fisik dan rohaninya sehat, tetapi kurang bersemangat bekerja, katanya, seharusnya malu menyaksikan kaum difabel yang

Kamis, 17 Okt 2019 17:45Berita Sumut

Grebek Kampung Narkoba Sei Mati, Polsek Medan Labuhan Ciduk 10 Warga

Sat Narkoba Polres Pelabuhan Belawan dan Sat Reskrim Polsek Medan Labuhan secara bersama sama menggerebek Kampung Narkoba dikawasan Sei Mati Kelurahan Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan.

Kamis, 17 Okt 2019 17:30Berita Sumut

Kain Ulos 500 Meter Meriahkan Hari Ulos 2019 di Sumut

Peringatan Hari Ulos Nasional 2019 yang digelar di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (17/10/2019) berlangsung meriah. Karnaval kain ulos sepanjang 500 meter, mulai dari Wisma Benteng, Jalan Kapten Maulana Lubis dan berakhir di Lapangan Merdeka Medan, Jalan Ba

Kamis, 17 Okt 2019 17:15Berita Sumut

Dugaan Penyimpangan PBB Labura dan Labusel Tergantung Gelar Perkara di Mabes Polri

Kelanjutan penanganan perkara dugaan penyimpangan Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Bumi Bangunan (PBB) Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Labusel) dan Labuhan Batu Utara (Labura) tergantung dari gelar perkara di Mabes Polri.

Kamis, 17 Okt 2019 17:00Advertorial

Membangun Sinergitas Penanganan Kebakaran dan Pembakaran Melalui Penguatan Antar Pemangku Kepentingan di Wilayah Hukum Polda Sumut

Terjadinya sebuah peristiwa kebakaran/pembakaran, biasanya akan membutuhkan waktu untuk melakukan penyelidikannya (investigasinya). Yang seringkali terjadi kendala dalam penanganan kasus pengungkapan tindak pidana kebakaran/pembakaran ini disebabkan karen

Kamis, 17 Okt 2019 16:45Berita Sumut

Terima Audiensi Tim SSQ XVII Tingkat Kabupaten Sergai, Bupati Sampaikan Hal Ini

Bupati Soekirman menerima audiensi Tim Seleksi Seni Qasidah (SSQ) XVII Tingkat Provsu Tahun 2019 dan Sergai yang Meraih Juara Umum Tingkat Provsu. Mereka diterima di Ruang Rapat Bupati Komplek Kantor Bupati Sergai, Kamis (17/10).

Kamis, 17 Okt 2019 16:27Berita Sumut

Pemkab Simalungun Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Untuk Masyarakat

Tingkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemkab Simalungun memprogramkan pelayanan Kesehatan, KB dan Dokumen Kependudukan untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang secara rutin dilakukan ke setiap Nagori di 32 Kecamatan Simalungun.

Kamis, 17 Okt 2019 15:58Berita Sumut

Sergai Gelar Deklarasi Sekolah Peternakan Rakyat

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai mendeklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR). Deklarasi digelar pada Kamis, 17 Oktober 2019 di Aula Theme Park Resort Kec Pantai Cermin.

Kamis, 17 Okt 2019 15:26Berita Sumut

DPRD Sahkan APBD Sergai TA 2020

DPRD mengesahkan APBD TA 2020 Sergai. Pengesahan dilakukan melalui Rapat Paripurna Pengesahan Ranperda Tentang R-APBD TA 2020 di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Desa Firdaus Kec Sei Rampah, Kamis (17/10/2019).

Kamis, 17 Okt 2019 15:11Berita Sumut

IRT Babak Belur Dianiaya Perampok di Kawasan Jalan Thamrin

Seorang ibu rumah tangga bernama Jafline babak belur usai dianiaya pria yang berusaha merampoknya di kawasan Jalan Thamrin Kelurahan Panda Hulu Kec. M. Area, Kamis (17/10). Korban mengalami luka di bagian wajah, paha, tangan dan kaki.

Kamis, 17 Okt 2019 14:48Berita Sumut

HUT Kuad ke-74 Kudam I/BB Anjangsana ke Panti Sosial

Keuangan Kodam I/BB (Kudam I/BB) melaksanakan kegiatan anjangsana ke panti sosial Tresna Werdha Abdi Binjai Jl. Perintis Kemerdekaan Binjai, dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Keuangan Angkatan Darat, Kamis (17/10/2019).

Kamis, 17 Okt 2019 14:33Berita Sumut

Bea Cukai Kualanamu Gagalkan Penyeludupan Sabu 46 Gram dalam Anus

Personil Bea Cukai Bandara Kualanamu berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu dari Malaysia, Sabtu (13/10/2019). Tidak seperti biasanya, penyeludupakn itu dilakukan pelaku berinisial AM dalam anus. Total ada 46,5 gram sabu-sabu dari

Kamis, 17 Okt 2019 14:18Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Rapat Bahas Konektivitas Drainase

Sebagai upaya mengatasi genangan air maupun banjir di sejumlah kecamatan di Kota Medan, Pemko Medan menggelar Rapat Koordinasi Pembahasan Konektivitas Drainase Yang Berhubungan Dengan Jalan & Lintasan Rel Kereta Api (KA) di Balai Kota Medan, Kamis (1

Kamis, 17 Okt 2019 14:03Berita Sumut

Pemko Medan Bantu Cari Pegawai yang Jadi Buronan KPK

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Wirya Al Rahman menegaskan pihaknya akan membantu untuk mencari tahu keberadan AND, pegawai yang menjadi buronan KPK. AND yang merupakan staf Subbagian Protokoler Pemko Medan itu berhasil kabur dan nyaris menabrak mo

Kamis, 17 Okt 2019 13:47Berita Sumut

Pemkab Sergai Gelar Kegiatan Evaluasi dan Pengembangan Tata Kelola BUM Desa

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdangbedagai menggelar kegiatan Evaluasi dan Pengembangan Tata Kelola BUM Desa di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai, Kamis (17/10/2019).