Advetorial

Keluarga Besar DPRD Medan Gelar Buka Puasa Bersama

Amrizal Senin, 20 Mei 2019 20:19 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Medan:  Keluarga besar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan menggelar buka puasa bersama di Gedung DPRD Medan, Senin (20/5/2019).

Buka puasa bersama ini dihadiri oleh Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung SE SH MH, Wakil DPRD Medan Iswanda Ramli dan para wakil lainnya, Sekretaris DPRD Medan Abdul Aziz, Ketua Fraksi, Ketua Komisi serta seluruh anggota DPRD Kota Medan. Turut hadir Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman dan pejabat Pemko Medan, Forkopimda Medan, alim ulama, tokoh masyarakat, partai politik, organisasi kepemudaan serta wartawan Unit DPRD Medan.



Dalam sambutannya Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli mengatakan, buka puasa bersama ini diharapkan dapat semakin memperkuat iman sekaligus mempererat silaturahmi antara DPRD Kota Medan, Pemko Medan dan Forkopimda Kota Medan. Tujuannya, tak lain agar dapat mengambil kebijakan yang tepat untuk masyarakat sehingga pembangunan di Kota Medan berjalan lancar seperti yang diharapkan.

"Rasa toleransi sangat terhadap sesama umat beragama sangat penting. Apalagi, masyarakat Kota Medan memiliki ciri khas menjaga tolerasi antar umat beragama. Untuk itu, jadikan buka puasa bersama ini sebagai ajang silaturahmi dan semoga momentum ramadan tahun ini dapat meningkatkan kualitas ibadah serta menjaga kerukunan antar umat beragama di Kota Medan," ujar Iswanda Ramli.

Politisi Partai Golkar ini mengharapkan, hubungan silaturahmi yang terjalin selama ini dapat terus dipelihara untuk mencapai cita-cita menjadikan Kota Medan sebagai Rumah Kita yang maju sejahtera dan religius.



Menurut anggota dewan yang akrab dipanggil Nanda ini, puasa adalah ibadah yang istimewa karena memiliki banyak keutamaan, diantara keistimewaannya adalah menumbuhkan sifat sosial diantara sesama manusia. Ia menyebutkan, dalam puasa orang-orang kaya dapat merasakan penderitaan orang-orang miskin dalam menghadapi kekurangan- kekurangan dalam hidup.

Dengan begitu, orang kaya dapat merasakan bagaimana orang miskin harus menahan lapar disebabkan kekurangan uang untuk membeli makanan guna bertahan hidup. "Dalam ibadah puasa, mereka yang memiliki banyak harta, status sosial yang tinggi, memiliki dollar atau mempunyai sedikit rupiah dan lain sebagainya, ketika sedang berpuasa tetap merasakan hal yang sama yaitu lapar dan haus. Artinya, puasa melahirkan rasa kebersamaan diantara sesama baik yang kaya maupun miskin," tutur Nanda.

Ia menambahkan, dengan berpuasa dapat merasakan nikmat Allah sehingga menjadi dapat terhindar dari perangkap-perangkap setan yang ditujukan kepada manusia. "Puasa bisa melahirkan ketaqwaan kepada Allah dan dapat memperkuat hubungan antar individu serta masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan berbuka puasa yang mengutamakan silaturahmi bersama dengan berbagai elemen masyarakat.

"Bulan suci ramadan ini memiliki arti tersendiri karena bulan tersebut penuh dengan rahmat, ampunan dan barokah. Namun demikian, tentunya pada bulan yang suci ini banyak tantangan dan ujian yang datang untuk kita hadapi. Oleh karenanya, di sinilah iman kita benar-benar diuji oleh Allah apakah kita termasuk umat-umatnya yang bersabar dalam menjalankan perintahnya atau tidak," ujarnya.



Kata Eldin, acara buka puasa bersama ini merupakan salah satu bentuk ibadah sekaligus silaturahmi dalam meningkatkan kemitraan yang semakin kokoh dan komunikasi yang konstruktif. Hal ini guna mendukung berbagai agenda eksekutif dan legislatif serta berbagai pembangunan kota di berbagai bidang yang sampai saat ini dapat terlaksana dengan baik sebagaimana yang telah direncanakan.

"Kemitraan eksekutif dan legislatif maupun yudikatif serta semua kelembagaan pemerintah daerah dan lainnya yang berjalan cukup efektif ini, tidak terlepas dari komitmen utuh dari para pimpinan lembaga dan semua yang hadir disini. Untuk itulah Pemerintah Kota Medan mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada segenap pimpinan serta anggota lembaga dan lainnya khususnya dalam hal ini keluarga besar DPRD Kota Medan yang telah bersinergi satu sama lain untuk membangun Kota Medan," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, sambung Eldin, dia meminta maaf apabila pada beberapa forum konsultasi yang dilakukan bersama di berbagai bidang pembangunan ada hal-hal yang mungkin belum bisa berjalan optimal. Meski begitu, diyakini sudah banyak yang dihasilkan tetapi masih banyak juga tugas yang harus dilaksanakan dalam meningkatkan daya saing kota seperti meningkatkan pelayanan umum serta meningkatkan kesejahteraan agar dapat menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

"Sebagai mitra Kota Medan dalam menjalankan berbagai program pembangunan, tentunya saya mengharapkan kita dapat saling bergandengan tangan membangun sinergi yang lebih baik dalam rangka mencapai pembangunan kota. Semua ini tak lain dengan tujuan untuk mewujudkan Kota Medan, kota masa depan yang berdaya saing multikultural sejahtera dan religius," tandasnya.

Pada kegiatan itu buka puasa bersama ini, diisi juga tausiyiah dan ceramah singkat oleh Ustadz H Akhyar Nasution. Dalam tausiyahnya, disebutkan bahwa pentingnya menjaga metabolisme tubuh saat menjalankan ibadah puasa.
Editor: Amrizal

T#g:AdvetorialDPRD MedanMatatelingamatatelinga.commatatelinga comTerkini
Komentar
Senin, 03 Agu 2020 22:45Nasional

Titi Anggraini Minta KPU Lindungi Data Pemilih di Pilkada 2020

Menjelang akan digelarnya pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak di seluruh Indonesia, Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraeni meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melindungi data pemilih di Pilkada ser

Senin, 03 Agu 2020 22:30Nasional

Barang Mewah Mantu Nurhadi Tak Luput Dari Perhatian KPK

Dugaan korupsi yang menyeret eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi terus diusut oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Termasuk menantu Nurhadi, Riezky Herbiyono, yang juga merupakan tersangka di kasus ini, diusut terkait dengan kepemilikan barang mewah.

Senin, 03 Agu 2020 22:00Bola

Alisson Rasakan Musim Paling Melelahkan, Rebut Juara

Alisson tak menyangkal ia dan rekan-rekan telah terkuras secara fisik dan emosional demi mendapatkan gelar juara. Lebih dari itu, ia juga mengaku harus mengalami penantian panjang untuk mengamankan gelar Liga Inggris musim ini.

Senin, 03 Agu 2020 21:45Lifestyle

Demi Masa Depan Buah Hatinya, Rachel dan Edwin Menikah

Rachel Maryam dan suami Edwin Aprihandono meresmikan pernikahan atau isbat nikah di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Senin, 03 Agu 2020 21:30Nasional

Kali Ini Gempa Bumi Menguncang Sulawesi Utara

adan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya yang dipantau media di Jakarta,

Senin, 03 Agu 2020 21:15Nasional

Peserta Lakukan Daftar Ulang CPNS Kemenkeu di Mulai

Persiapan SKB Rekrutmen CPNS Kemenkeu dimulai dari peserta yang harus melakukan daftar ulang Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada tanggal 1 sampai dengann 7 Agustus 2020 di website SSCN BKN.

Senin, 03 Agu 2020 21:00Internasional

Baku Tembak di Penjara Afghanista, 24 Tewas dan Puluhan Luka Luka

Setidaknya 24 orang tewas, akibat terjadi baku tembak antara militan Negara Islam (IS) dan pasukan keamanan Afghanistan yang pecah di sebuah penjara di Kota Jalalabad, timur Afghanistan

Senin, 03 Agu 2020 20:45Internasional

Dr. Li Meng Yan Bongkar, Virus Corona Dibuat di Laboratorium Militer

Berbicara selama wawancara langsung dengan Lude Press, Dr Li mengklaim dia tidak dianggap serius ketika melaporkan temuan tersebut kepada bosnya.

Senin, 03 Agu 2020 20:30Internasional

Pembunuhan 50 Sopir Taksi Oleh Dokter di India

Lebih dari 50 supir taksi dibunuh dan membuang mayat mereka di perairan yang dipenuhi buaya sebelum menjual taksi korbannya, oleh seorang dokter pembunuhan berantai.

Senin, 03 Agu 2020 20:00Berita Sumut

Pangdam I/BB, Menerima Audensi Pengurus PD II GM FKPPI Sumut

Panglima Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah MA,MSc menerima audensi Pengurus Daerah II Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putra Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri, di Lantai III Makodam Jalan Medan Binjai Km 7,5,

Senin, 03 Agu 2020 19:47Berita Sumut

Penyalah Guna Narkoba ditangkap Tekab Polsek Sunggal

Tekab Polsek Sunggal, pada Sabtu (1/8/2020) sekira pukul 15.30 wib, di Jalan. Gatot Subroto Kel. Sei Sekambing C 2 Kec. Medan Helvetia berhasil mengamankan dua orang berinisial RD (38) warga Jalan Ibus Kec. Medan Baru dan S alias E (47) warga Desa Sawit R

Senin, 03 Agu 2020 19:30Berita Sumut

Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19 Tetap Dilengkapi APD

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Asisten Pemerintahan Umum Setdako Medan Renward Parapat memimpin rapat Pembahasan dan Tindak Lanjut Serta Klarifikasi Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) RI No HK 01.07/MENKES/41

Senin, 03 Agu 2020 19:15Berita Sumut

Polsek Medan Kota Gerebek Gubuk Tempat Pesta Sabu di Multatuli Medan

Petugas Polsek Medan Kota menggerebek sebuah gubuk yang sering digunakan tempat mengonsumsi narkotika jenis sabu-sabu di Jalan Multatuli Lingkungan 2 Kelurahan Hamdan, Kecamatan Medan Maimun

Senin, 03 Agu 2020 19:00Berita Sumut

Semoga Sinergitas Pemko Medan & Yonkav 6/NK Lebih Erat dan Meningkat Lagi

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kasatpol PP Kota Medan HM Sofyan menghadiri Acara Lepas Sambut Komandan Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata

Senin, 03 Agu 2020 18:00Berita Sumut

Memasuki Masa Purna Bhakti, Sekdakab Asahan Berpamitan dan Berbagi Rezeki

Memasuki masa purna bhakti, Sekdakab Asahan Taufik ZA Siregar berpamitan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) se jajaran Pemkab.Asahan dalam apel gabungan yang dilaksanakan di halaman Pemkab Asahan, Senin (3/8/2020)