Advetorial

Keluarga Besar DPRD Medan Gelar Buka Puasa Bersama

Amrizal Senin, 20 Mei 2019 20:19 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Medan:  Keluarga besar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan menggelar buka puasa bersama di Gedung DPRD Medan, Senin (20/5/2019).

Buka puasa bersama ini dihadiri oleh Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung SE SH MH, Wakil DPRD Medan Iswanda Ramli dan para wakil lainnya, Sekretaris DPRD Medan Abdul Aziz, Ketua Fraksi, Ketua Komisi serta seluruh anggota DPRD Kota Medan. Turut hadir Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman dan pejabat Pemko Medan, Forkopimda Medan, alim ulama, tokoh masyarakat, partai politik, organisasi kepemudaan serta wartawan Unit DPRD Medan.



Dalam sambutannya Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli mengatakan, buka puasa bersama ini diharapkan dapat semakin memperkuat iman sekaligus mempererat silaturahmi antara DPRD Kota Medan, Pemko Medan dan Forkopimda Kota Medan. Tujuannya, tak lain agar dapat mengambil kebijakan yang tepat untuk masyarakat sehingga pembangunan di Kota Medan berjalan lancar seperti yang diharapkan.

"Rasa toleransi sangat terhadap sesama umat beragama sangat penting. Apalagi, masyarakat Kota Medan memiliki ciri khas menjaga tolerasi antar umat beragama. Untuk itu, jadikan buka puasa bersama ini sebagai ajang silaturahmi dan semoga momentum ramadan tahun ini dapat meningkatkan kualitas ibadah serta menjaga kerukunan antar umat beragama di Kota Medan," ujar Iswanda Ramli.

Politisi Partai Golkar ini mengharapkan, hubungan silaturahmi yang terjalin selama ini dapat terus dipelihara untuk mencapai cita-cita menjadikan Kota Medan sebagai Rumah Kita yang maju sejahtera dan religius.



Menurut anggota dewan yang akrab dipanggil Nanda ini, puasa adalah ibadah yang istimewa karena memiliki banyak keutamaan, diantara keistimewaannya adalah menumbuhkan sifat sosial diantara sesama manusia. Ia menyebutkan, dalam puasa orang-orang kaya dapat merasakan penderitaan orang-orang miskin dalam menghadapi kekurangan- kekurangan dalam hidup.

Dengan begitu, orang kaya dapat merasakan bagaimana orang miskin harus menahan lapar disebabkan kekurangan uang untuk membeli makanan guna bertahan hidup. "Dalam ibadah puasa, mereka yang memiliki banyak harta, status sosial yang tinggi, memiliki dollar atau mempunyai sedikit rupiah dan lain sebagainya, ketika sedang berpuasa tetap merasakan hal yang sama yaitu lapar dan haus. Artinya, puasa melahirkan rasa kebersamaan diantara sesama baik yang kaya maupun miskin," tutur Nanda.

Ia menambahkan, dengan berpuasa dapat merasakan nikmat Allah sehingga menjadi dapat terhindar dari perangkap-perangkap setan yang ditujukan kepada manusia. "Puasa bisa melahirkan ketaqwaan kepada Allah dan dapat memperkuat hubungan antar individu serta masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan berbuka puasa yang mengutamakan silaturahmi bersama dengan berbagai elemen masyarakat.

"Bulan suci ramadan ini memiliki arti tersendiri karena bulan tersebut penuh dengan rahmat, ampunan dan barokah. Namun demikian, tentunya pada bulan yang suci ini banyak tantangan dan ujian yang datang untuk kita hadapi. Oleh karenanya, di sinilah iman kita benar-benar diuji oleh Allah apakah kita termasuk umat-umatnya yang bersabar dalam menjalankan perintahnya atau tidak," ujarnya.



Kata Eldin, acara buka puasa bersama ini merupakan salah satu bentuk ibadah sekaligus silaturahmi dalam meningkatkan kemitraan yang semakin kokoh dan komunikasi yang konstruktif. Hal ini guna mendukung berbagai agenda eksekutif dan legislatif serta berbagai pembangunan kota di berbagai bidang yang sampai saat ini dapat terlaksana dengan baik sebagaimana yang telah direncanakan.

"Kemitraan eksekutif dan legislatif maupun yudikatif serta semua kelembagaan pemerintah daerah dan lainnya yang berjalan cukup efektif ini, tidak terlepas dari komitmen utuh dari para pimpinan lembaga dan semua yang hadir disini. Untuk itulah Pemerintah Kota Medan mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada segenap pimpinan serta anggota lembaga dan lainnya khususnya dalam hal ini keluarga besar DPRD Kota Medan yang telah bersinergi satu sama lain untuk membangun Kota Medan," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, sambung Eldin, dia meminta maaf apabila pada beberapa forum konsultasi yang dilakukan bersama di berbagai bidang pembangunan ada hal-hal yang mungkin belum bisa berjalan optimal. Meski begitu, diyakini sudah banyak yang dihasilkan tetapi masih banyak juga tugas yang harus dilaksanakan dalam meningkatkan daya saing kota seperti meningkatkan pelayanan umum serta meningkatkan kesejahteraan agar dapat menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

"Sebagai mitra Kota Medan dalam menjalankan berbagai program pembangunan, tentunya saya mengharapkan kita dapat saling bergandengan tangan membangun sinergi yang lebih baik dalam rangka mencapai pembangunan kota. Semua ini tak lain dengan tujuan untuk mewujudkan Kota Medan, kota masa depan yang berdaya saing multikultural sejahtera dan religius," tandasnya.

Pada kegiatan itu buka puasa bersama ini, diisi juga tausiyiah dan ceramah singkat oleh Ustadz H Akhyar Nasution. Dalam tausiyahnya, disebutkan bahwa pentingnya menjaga metabolisme tubuh saat menjalankan ibadah puasa.
Editor: Amrizal

T#g:AdvetorialDPRD MedanMatatelingamatatelinga.commatatelinga comTerkini
Komentar
Minggu, 20 Okt 2019 11:00Internasional

Tak ingin Jemawa, Marc Marquez Waspadai Dua Pembalap ini

Melakoni sesi kualifikasi MotoGP Jepang 2019. Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, tampil sebagai yang tercepat

Minggu, 20 Okt 2019 10:45Lifestyle

Suguhan Hotel Gantung Jadi Incaran Wisatawan Lokal dan Mancanegara

Pesona Gunung Parang Purwakarta memang tidak pernah habisnya. Selain menyuguhkan pemandangan dengan nuansa alam terbuka

Minggu, 20 Okt 2019 10:30Nasional

Undang Cibiran Warga Net, Dukun Ikut Amankan Pelantikan Presiden Viral

Viral di media sosial. Video Ki Sabdo Jagad Royo beraksi di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta

Minggu, 20 Okt 2019 10:00Nasional

Jangan Ketinggalan, ini Fakta Terkini Seleksi CPNS 2019

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dibuka Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) pada tahun ini

Minggu, 20 Okt 2019 09:30Lifestyle

Suka Terlena, ini Bahaya Menahan Buang Air Kecil

kebiasaan menahan buang air kecil sangatlah buruk, seseorang berisiko mengalami infeksi saluran kemih

Minggu, 20 Okt 2019 09:00Bola

Liga Spanyol 2019-2020, Sabtu 19 Okober 2019, ini Hasil Laganya

Laga lanjutan matchday kesembilan Liga Spanyol 2019-2020. Sejumlah pertandingan yang seru dan menarik tersaji semalam

Minggu, 20 Okt 2019 08:30Nasional

Kini Giliran Pulau Morotai Juga Dilanda Gempa

Guncang Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, Gempa dengan magnitudo 4,7

Minggu, 20 Okt 2019 08:00Berita Sumut

Soal Polemik Surat Edaran Gubsu, Kabiro Hukum Pemprovsu "Menang Banyak "

Polemik Surat Edaran (SE) Gubsu Edy Rahmayadi soal izin pemeriksaan dan pemanggilan lembaga penegak hukum ternyata membuat gerah Kepala Biro Hukum Pemprovsu Andy Faisal sebagai pihak yang mengusulkan dan mengkonsep surat tersebut.

Minggu, 20 Okt 2019 07:05Nasional

Detik Detik Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia

Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 terpilih dalam pesta demokrasi sebelumnya Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin hari ini dilantik. Pengukuhan sekaligus pengambilan sumpah jabatan berlangsung dalam Rapat Paripurna MPR RI di Gedung Nusa

Minggu, 20 Okt 2019 06:15Bola

Pertandingan Pertama Mempertemukan antara Lazio kontra Napoli

Menariknya, pertandingan-pertandingan yang dimainkan oleh tim-tim yang menghuni posisi atas klasemen Liga Italia saat ini. Pertandingan pertama mempertemukan antara Lazio kontra Napoli.

Minggu, 20 Okt 2019 06:00Berita Sumut

Surat Edaran Gubernur Bakal Jadi Ancaman Terjadinya Polemik di Sumut

Surat Edaran (SE) yang diterbitkan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, perihal kewajiban aparatur sipil negara (ASN) meminta izin pada Gubernur sebelum memenuhi panggilan aparat penegak hukum, bakal menjadi ancaman yang nantinya akan menuai polemik. M

Sabtu, 19 Okt 2019 23:55Lifestyle

Imbas Masalah Sang Suami, Zaskia Sungkar Kehilangan Pekerjaan

Berimbas pada pekerjaan sang istri, Zaskia Sungkar kakak Ipar Teuku Wisnu itu rmengaku kehilangan salah satu proyeknya

Sabtu, 19 Okt 2019 23:45Bola

Bermain Imbang Akhiri Laga Tottenham Hotspur vs Watford

Laga kesembilan Liga Inggris 2019-2020. Tottenham Hotspur hanya mampu bermain imbang 1-1 kala menjamu Watford

Sabtu, 19 Okt 2019 23:30Bola

Taklukkan Newcastle United, London Biru Petik Poin Penuh

Bermain sebagai tuan rumah di Stadion Stamford Bridge, Si London Biru harus menunggu hingga menit 73

Sabtu, 19 Okt 2019 23:15Nasional

Lagi, Maluku Diguncang Gempa Magnitudo 5,1

Dinyatakan tak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Gempa dengan magnitudo 5,1 mengguncang Maluku

Sabtu, 19 Okt 2019 23:00Internasional

Denmark Open 2019, Ahsan/Hendra Tantang Marcus/Kevin di Final

Usai kalahkan unggulan keempat asal Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonodam di semifinal Denmark Open 2019