Advetorial

Keluarga Besar DPRD Medan Gelar Buka Puasa Bersama

Amrizal Senin, 20 Mei 2019 20:19 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Medan:  Keluarga besar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan menggelar buka puasa bersama di Gedung DPRD Medan, Senin (20/5/2019).

Buka puasa bersama ini dihadiri oleh Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung SE SH MH, Wakil DPRD Medan Iswanda Ramli dan para wakil lainnya, Sekretaris DPRD Medan Abdul Aziz, Ketua Fraksi, Ketua Komisi serta seluruh anggota DPRD Kota Medan. Turut hadir Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman dan pejabat Pemko Medan, Forkopimda Medan, alim ulama, tokoh masyarakat, partai politik, organisasi kepemudaan serta wartawan Unit DPRD Medan.



Dalam sambutannya Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli mengatakan, buka puasa bersama ini diharapkan dapat semakin memperkuat iman sekaligus mempererat silaturahmi antara DPRD Kota Medan, Pemko Medan dan Forkopimda Kota Medan. Tujuannya, tak lain agar dapat mengambil kebijakan yang tepat untuk masyarakat sehingga pembangunan di Kota Medan berjalan lancar seperti yang diharapkan.

"Rasa toleransi sangat terhadap sesama umat beragama sangat penting. Apalagi, masyarakat Kota Medan memiliki ciri khas menjaga tolerasi antar umat beragama. Untuk itu, jadikan buka puasa bersama ini sebagai ajang silaturahmi dan semoga momentum ramadan tahun ini dapat meningkatkan kualitas ibadah serta menjaga kerukunan antar umat beragama di Kota Medan," ujar Iswanda Ramli.

Politisi Partai Golkar ini mengharapkan, hubungan silaturahmi yang terjalin selama ini dapat terus dipelihara untuk mencapai cita-cita menjadikan Kota Medan sebagai Rumah Kita yang maju sejahtera dan religius.



Menurut anggota dewan yang akrab dipanggil Nanda ini, puasa adalah ibadah yang istimewa karena memiliki banyak keutamaan, diantara keistimewaannya adalah menumbuhkan sifat sosial diantara sesama manusia. Ia menyebutkan, dalam puasa orang-orang kaya dapat merasakan penderitaan orang-orang miskin dalam menghadapi kekurangan- kekurangan dalam hidup.

Dengan begitu, orang kaya dapat merasakan bagaimana orang miskin harus menahan lapar disebabkan kekurangan uang untuk membeli makanan guna bertahan hidup. "Dalam ibadah puasa, mereka yang memiliki banyak harta, status sosial yang tinggi, memiliki dollar atau mempunyai sedikit rupiah dan lain sebagainya, ketika sedang berpuasa tetap merasakan hal yang sama yaitu lapar dan haus. Artinya, puasa melahirkan rasa kebersamaan diantara sesama baik yang kaya maupun miskin," tutur Nanda.

Ia menambahkan, dengan berpuasa dapat merasakan nikmat Allah sehingga menjadi dapat terhindar dari perangkap-perangkap setan yang ditujukan kepada manusia. "Puasa bisa melahirkan ketaqwaan kepada Allah dan dapat memperkuat hubungan antar individu serta masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan berbuka puasa yang mengutamakan silaturahmi bersama dengan berbagai elemen masyarakat.

"Bulan suci ramadan ini memiliki arti tersendiri karena bulan tersebut penuh dengan rahmat, ampunan dan barokah. Namun demikian, tentunya pada bulan yang suci ini banyak tantangan dan ujian yang datang untuk kita hadapi. Oleh karenanya, di sinilah iman kita benar-benar diuji oleh Allah apakah kita termasuk umat-umatnya yang bersabar dalam menjalankan perintahnya atau tidak," ujarnya.



Kata Eldin, acara buka puasa bersama ini merupakan salah satu bentuk ibadah sekaligus silaturahmi dalam meningkatkan kemitraan yang semakin kokoh dan komunikasi yang konstruktif. Hal ini guna mendukung berbagai agenda eksekutif dan legislatif serta berbagai pembangunan kota di berbagai bidang yang sampai saat ini dapat terlaksana dengan baik sebagaimana yang telah direncanakan.

"Kemitraan eksekutif dan legislatif maupun yudikatif serta semua kelembagaan pemerintah daerah dan lainnya yang berjalan cukup efektif ini, tidak terlepas dari komitmen utuh dari para pimpinan lembaga dan semua yang hadir disini. Untuk itulah Pemerintah Kota Medan mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada segenap pimpinan serta anggota lembaga dan lainnya khususnya dalam hal ini keluarga besar DPRD Kota Medan yang telah bersinergi satu sama lain untuk membangun Kota Medan," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, sambung Eldin, dia meminta maaf apabila pada beberapa forum konsultasi yang dilakukan bersama di berbagai bidang pembangunan ada hal-hal yang mungkin belum bisa berjalan optimal. Meski begitu, diyakini sudah banyak yang dihasilkan tetapi masih banyak juga tugas yang harus dilaksanakan dalam meningkatkan daya saing kota seperti meningkatkan pelayanan umum serta meningkatkan kesejahteraan agar dapat menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

"Sebagai mitra Kota Medan dalam menjalankan berbagai program pembangunan, tentunya saya mengharapkan kita dapat saling bergandengan tangan membangun sinergi yang lebih baik dalam rangka mencapai pembangunan kota. Semua ini tak lain dengan tujuan untuk mewujudkan Kota Medan, kota masa depan yang berdaya saing multikultural sejahtera dan religius," tandasnya.

Pada kegiatan itu buka puasa bersama ini, diisi juga tausiyiah dan ceramah singkat oleh Ustadz H Akhyar Nasution. Dalam tausiyahnya, disebutkan bahwa pentingnya menjaga metabolisme tubuh saat menjalankan ibadah puasa.
Editor: Amrizal

T#g:AdvetorialDPRD MedanMatatelingamatatelinga.commatatelinga comTerkini
Komentar
Minggu, 18 Agu 2019 08:30Bola

Manchester City Telan Pil Pahit Gara-Gara VAR

Laga pekan keduanya di Liga Inggris 2019-2020 pada Minggu (18/8/2019) dini hari WIB

Minggu, 18 Agu 2019 08:15Bola

Pekan Ke-2 Liga Inggris 2019-2020, Berikut Hasil Laganya

Pekan kedua Liga Inggris 2019-2020 digelar pada Sabtu 17 Agustus malam. Sebanyak tujuh pertandingan

Minggu, 18 Agu 2019 08:00Nasional

WASI Pecahkan Rekor Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut

Pengibaran bendera Merah Putih seluas 1.014 meter persegi yang dilakukan oleh Wanita Selam Indonesia (WASI) di dasar Teluk Manado

Minggu, 18 Agu 2019 07:45Lifestyle

Kisah Saat Allah Menegur Sahabat Rasulullah

Imam Ibnu Katsir merujuk pada asbabun nuzûl (latar sejarah turunnya) ayat tersebut. Dalam sebuah kitab Tafsîr al-Qur’ân al-‘Adhîm-nya Imam Ibnu Katsir

Minggu, 18 Agu 2019 07:30Bola

Kontra Malaysia, Timnas Indonesia Kalah Lagi

Semifinal Piala AFF 2019, Sabtu 17 Agustus sore WIB. Tim Nasional (Timnas) Indonesia

Minggu, 18 Agu 2019 07:00Nasional

Geger, Upacara HUT RI Sedang Berlangsung, Warga Panjat Tiang Bendera

Upacara Hari Ulang Tahun Ke-74 RI di Lapangan Arena Ex MTQ, Kecamatan Tengah Ilir

Minggu, 18 Agu 2019 06:30Bola

Pekan Pertama Liga Spanyol 2019-2020, Berikut Hasil Pertandingannya

Pekan pertama Liga Spanyol 2019-2020 pada Sabtu 14 Agustus 2019. Sejumlah pertandingan menarik tersaji hingga Minggu (18/8/2019) dini hari WIB

Minggu, 18 Agu 2019 06:00Nasional

Peristiwa 18 Agustus: Soekarno-Hatta Jadi Presiden-Wapres RI Pertama Hingga UUD 1945 Disahkan

Pierre Jules César Janssen merupakan seorang astronom Prancis, yang bersama dengan ilmuwan Inggris Joseph Norman Lockyer, diakui sebagai penemu gas helium

Sabtu, 17 Agu 2019 23:30Nasional

Kibarkan Bendera Merah Putih, Tentara Malaysia Ikut Serta

Rasa persatuan di hari kemerdekaan RI ini bahkan tidak hanya dirasakan warga negara Indonesia

Sabtu, 17 Agu 2019 23:15Nasional

Mapolsek Wonokromo di Serang

Pasca penyerangan terhadap dua anggota Polsek Wonokromo, IM (30) warga asal Madura

Sabtu, 17 Agu 2019 23:00Bola

Luis Suarez Alami "Ganguan"

Luis Suarez Harus absen untuk waktu yang belum bisa ditentukan lantaran menderita cedera,

Sabtu, 17 Agu 2019 22:45Bola

Laga di Markas Southampton, Liverpool Raih Poin Penuh

Pada pekan kedua Liga Inggris 2019-2020, Sabtu (17/8/2019) malam WIB. Liverpool berhasil membawa pulang poin penuh dari markas Southampton

Sabtu, 17 Agu 2019 21:29Berita Sumut

Satu Begal Beraksi di Bandar Khalifah Tewas dihajar Massa

Satu orang kawanan begal saat beraksi di Jalan Pringgan/Jalan Bejo tepatnya di samping Gang Ridho Desa Bandar Khalipah, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, tewas dihajar massa, Sabtu (17/8/2019) dini hari.

Sabtu, 17 Agu 2019 21:09Berita Sumut

Nuansa kebersamaan antara Kodam I/BB dengan masyarakat dalam perlombaan

Dalam menyambut dan memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Kodam I/BB menggelar berbagai macam perlombaan, pada Sabtu (17/8/) 2019 di Lapangan bola Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan.

Sabtu, 17 Agu 2019 20:54Berita Sumut

Kepala Kepolisian Sumut Menjadi Irup HUT ke 74 RI

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Adrianto menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-74 tahun, bertempat di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut Sabtu (17/8/2019).

Sabtu, 17 Agu 2019 20:39Berita Sumut

Momen 17 Agustus Menjalin Kekompakan Antara Karyawan Dan Pimpinan

PT. Best Profit Futures merayakan hari jadi ke 74 Indonesia, pada momen 17 Agustus tersebut berjalan meriah yang berlangsung di depan halaman kantor PT BPF Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Sabtu (17/8/2019).