• Home
  • Advertorial
  • Membangun Sinergitas Penanganan Kebakaran dan Pembakaran Melalui Penguatan Antar Pemangku Kepentingan di Wilayah Hukum Polda Sumut

Membangun Sinergitas Penanganan Kebakaran dan Pembakaran Melalui Penguatan Antar Pemangku Kepentingan di Wilayah Hukum Polda Sumut

AKBP Drs. Simon Paulus Sinulingga Kamis, 17 Oktober 2019 17:00 WIB
Hand Over
AKBP Drs. Simon Paulus Sinulingga
Terjadinya sebuah peristiwa kebakaran/pembakaran, biasanya akan membutuhkan waktu untuk melakukan penyelidikannya (investigasinya). Yang seringkali terjadi kendala dalam penanganan kasus pengungkapan tindak pidana kebakaran/pembakaran ini disebabkan karena stakeholder terkait masalah kebakaran masih melakukan tugasnya sendiri-sendiri belum terkoordinir.

Oleh : AKBP Drs. Simon Paulus Sinulingga

Dalam setiap kasus kebakaran, pihak berwenang selalu berusaha mengidentifikasi penyebab terjadinya kebakaran. Terkadang disebutkan bahwa kasus kebakaran disebabkan oleh adanya hubungan arus pendek listrik, kompor meledak, obat nyamuk bakar yang tidak disengaja membakar tempat lain, ledakan charger handphone dan sebagainya.

Melalui beberapa contoh di atas, masyarakat perlu menyadari bahwa begitu banyak fire hazard yang ada disekeliling kita. Hal ini perlu ditangani secara serius sebab bila kebakaran telah terjadi, dapat merugikan pihak terkait dalam banyak sisi seperti ekonomi, psikologis, termasuk pendidikan dan politik.


Menyikapi permasalahan yang dihadapi dalam pengungkapan kasus tindak pidana kebakaran/pembakaran, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut Subdit I TP Kamneg Unit 5 spesialis dalam menangani kasus kebakaran/pembakaran yang terjadi di wilayah hukum Polda Sumut menyampaikan pentingnya sinergi dan kerjasama antar stakeholder dalam pengungkapan penyelidikan dan penyidikan.

Strategi dalam penanganan tindak pidana kebakaran/pembakaran yang terjadi antar stakeholder (Ditreskrimum, Bidang Labfor, Kabiddokkes, RS Bhayangkara Medan dan Identifikasi) adalah satu kesatuan antar pemangku kepentingan dalam pengungkapan kasus kebakaran.

Mengingat salah satu sampel yang ditangani oleh Polres Labuhan Batu Polda Sumut telah terjadi kebakaran gudang barang bekas milik ASR, namun terdapat hambatan di penyidikan karena berdasarkan hasil pemeriksaan di tempat kejadian perkara (TKP) oleh Labfor Cabang Medan, yang mana setelah kejadian lokasi kebakaran langsung dibersihkan dan dibangun kembali oleh korban, sehingga penyebab teknis terjadinya api pertama penyebab kebakaran tidak dapat ditentukan secara teknis kriminalistik (TKP tidak status Quo) karena pada saat kejadian Labfor Cabang Medan tidak mengetahui sehingga tidak langsung ke TKP.

Dari permasalahan yang telah diuraikan di atas, maka dalam penanganan tindak pidana kebakaran/pembakaran yang terjadi harus memiliki strategi dalam suatu pendekatan yang saling berkaitan dengan gagasan, perencanaan serta eksekusi dalam aktivitas yang memiliki kurun waktu tertentu dan masih menemui beberapa hambatan secara langsung.

Oleh karena itu, dalam mendukung peningkatan kinerja Kepolisian Daerah Sumatera Utara dalam membantu penanganan tindak pidana kebakaran/pembakaran di Wilayah Hukum Polda Sumut guna terungkapnya kasus tersebut dengan proses akselerasi. Dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XVII Tahun 2019, Kasubdit I TP Kamneg telah membuat sebuah terobosan yang diharapkan mampu memberikan nilai tambah dalam meningkatkan penanganan tindak pidana kebakaran/pembakaran guna terciptanya kondisi ideal baik sarana prasarana serta mekanisme penanganan dalam memberikan kepastian hukum.

Dari uraian permasalahan yang dihadapi, maka secara tidak langsung memberikan motivasi yang lebih baik lagi dalam membuat terobosan secara nyata dan bermanfaat, serta berbudaya guna dalam proses pengungkapan kasus kebakaran dalam percepatan mewujudkan Jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utara yang profesional, modern dan terpercaya (Promoter).

Setelah berkonsultasi dengan Pimpinan Polda Sumut, project leader (penulis) diberikan arahan untuk merancang suatu proyek perubahan berupa inovasi dalam membangun sinergi penanganan kebakaran dan pembakarn melalui penguatan antar pemangku kepentingan di wilayah hukum Polda Sumut.

Proyek perubahan berupa inovasi dalam membangun sinergi penanganan kebakaran, tujuan jangka pendeknya adalah terwujudnya Tim Terpadu guna akselesari penanganan kebakaran dan pembakaran secara sinergi antar pemangku kepentingan di Wilayah Hukum Polda Sumut serta memberikan kepastian hukum kepada masyarakat dalam setiap pengungkapannya.

Tujuan jangka menengah, melanjutkan implementasi proyek perubahan dengan mensosialisasikannya ke Polres-Polres di wilayah hukum Polda Sumut dalam menangani kasus kebakaran yang ada dan membentuk Tim Terpadu di Polres se-jajaran Polda Sumut.

Tujuan jangka panjang, membangun tim terpadu dalam penanganan kasus kebakaran dan pembakaran secara permanen yang didukung dengan anggaran serta sarana dan prasarana yang memadai saat turun langsung ke lapangan.

Manfaat yang diperoleh dari proyek perubahan berupa inovasi dalam membangun sinergi penanganan kebakaran dan pembakarn melalui penguatan antar pemangku kepentingan di wilayah hukum Polda Sumut ini adalah terwujudnya pengungkapan kasus yang dilakukan oleh penyidik dengan cepat, tepat dan akuntabel tanpa adanya kendala dan hambatan dalam penanganannya.



Dengan program dan pembentukan tim terpadu ini, maka akan tercipta sinergi dalam penanganan antar stakeholder dengan memberikan pelayanan yang terbaik sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing stakeholder.

Program ini juga diharapkan terwujudnya tata laksana organisai, berupa penanganan kasus kebakaran dengan cepat, tepat dan akuntabel dalam meningkatkan kepercayaan publik, terwujudnya sumber daya anggota Polri jajaran Polda Sumut yang profesional, proporsional dan humanis, dalam
pelaksanaan tugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat khususnya pada lingkup Polda Sumut serta terwujudnya perubahan budaya kerja (kultur set dan mind set) yang berorientasi pelayanan prima dengan ikhlas dan bertanggungjawab.

Dalam mengoptimalkan pelaksanaan proyek perubahan terkait dengan "Membangun Sinergi Penanganan Kebakaran dan Pembakaran Melalui Penguatan Antar Pemangku Kepentingan di Wilayah Hukum Polda Sumut", penulis telah menetapkan tata kelola proyek perubahan dan menjalankannya selama beberapa bulan.

Tata kelola proyek perubahan ini didukung oleh mentor Kombes Pol Andi Rian Djajadi, SIK, MH, coach Gugum Gumelar, SH,MH dan didukung Tim Kerja I (Administrasi), Tim Kerja II (Sosialisasi, Monitoring dan Evaluasi) serta stakeholder internal (Kapolda Sumut, Wakapolda Sumut, Inspektorat Pengawasan Daerah Polda Sumut dan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut)-eksternal (Kabid Labfor Polda Sumut, Kabiddokkes, Kepala RS Bhayangkara Medan, Kepala BPBD Prov Sumut, Kadis Sosial Provsu, Kepala DP2K Medan, LSM, Pengusaha, Industri, Wartawan/Media dan Masyarakat).


Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut Kombes Pol Andi Rian Djajadi, SIK, MH, menyambut baik program ini. Dengan adanya program ini, ke depan ada upaya untuk membentuk sebuah tim terpadu yang bisa menangangi masalah kebakaran/pembakaran secara terpadu.

"Membangun sinergi dan komunikasi antar pemangku kepentingan perlu sosialisasi dan kerjasama yang erat. Hanya dengan komunikasi dan sinergi yang erat antar pemangku kepentingan yang disatukan dalam sebuah tim akan memudahkan proses pengungkapan sebuah kasus kebakaran/pembakaran," kata Kombes Pol Andi Rian Djajadi, SIK, MH.

Untuk pencapaian kesamaan persepsi dalam menjalankan proyek/program ini, perlu dibangun sinergi antar pemangku kepentingan dan melakukan pembagian tugas fleksibel dan melakukan pendekatan secara pribadi dan komunikasi kepada anggota tim agar dapat membagi waktu dalam tugas rutin, serta dalam tugas tim efektif untuk mengimplementasikan proyek perubahan.

Melakukan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan stake holders dan menyesuaikan jadwal koordinasi dalam mengimplementasikan proyek perubahan serta memberikan peran yang besar kepada stake holders untuk terlibat secara langsung dalam proyek perubahan, diselaraskan dengan kegiatan rutin lainnya, sehingga dapat selaras dan tercapai target pelaksanaan tugas dan dalam implementasi proyek perubahan.

*) Penulis adalah Kasubdit I TP Kamneg Ditreskrimum Polda Sumatera Utara
Editor: James P Pardede

T#g:
Komentar
Kamis, 28 Mei 2020 17:45Berita Sumut

Tak Ada Kata Berhenti, Polres Sergai Tetap Himbau Masyarakat Cegah Corona

Banyak hal dilakukan oleh jajaran Kepolisian Polres Serdang Bedagai dalam melakukan himbauan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Serdang Bedagai.

Kamis, 28 Mei 2020 17:15Berita Sumut

Ini Tanggapan GTPP Covid-19 Sumut Terkait Hilangnya Sampel Swab Anak PDP

Menanggapi hilangnya sampel swab anak PDP, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut menganggap wajar hilangnya spesimen swab test anak 12 tahun yang menjadi PDP di RS Pirngadi tersebut.

Kamis, 28 Mei 2020 17:00Berita Sumut

Kapolsek Medan Baru Bagikan Face Mask Kepada Personil

Kapolsek Medan Baru Kompol Martuasah H.Tobing SIK MH, membagikan face mask kepada personil Polsek Medan Baru yang melaksanakan tugas di lapangan, Kamis, 28 Mei 2020.

Kamis, 28 Mei 2020 16:45Berita Sumut

Saling Tikam, Pengendara dan Pengidap Gangguan Jiwa di Sunggal Tewas

Seorang pengendara sepeda motor terlibat aksi saling tikam dengan seorang pengidap gangguan jiwa di Sunggal, Deli Serdang, Sumut, Kamis (28/5) siang. Akibat pertarungan itu pengendara motor dan pengidap gangguan jiwa tersebut meninggal dunia.

Kamis, 28 Mei 2020 16:30Berita Sumut

Polda Sumut Perpanjang Masa Operasi Ketupat Toba 2020

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara memperpanjang masa Operasi Ketupat Toba 2020 hingga 7 Juni mendatang.

Kamis, 28 Mei 2020 16:15Berita Sumut

Kepala Ombudsman RI : Kerja Tenaga Kesehatan Ceroboh, Sampel Anak PDP Untuk Tes Swab Hilang

Kepala Ombudsman RI (ORI) Perwakilan Sumatera Utara (Sumut), Abyadi Siregar merasa kaget luar biasa, begitu mendapat penjelasan tentang hilangnya sampel atau specimen untuk swab test seorang anak PDP yang dirawat di RS Pirngadi Medan. Hal ini menjadi peny

Kamis, 28 Mei 2020 16:00Berita Sumut

Sidak Kantor Satpas Satlantas, Kapolres Simalungun: Masyarakat Harus Dilayani dengan Baik dan Humanis

Kapolres Simalungun AKBP.Agus Waluyo, S.I.K., melaksanakan Sidak mengawali tugas Pagi hari ini di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polres Simalungun, Jl.Sangnawaluh, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur Kota Pematangintar, K

Kamis, 28 Mei 2020 15:49Berita Sumut

Liason Officer BNPB Pusat Kunjungi Posko Gugus Tugas Sergai

Liason officer (LO) BNPB Pusat Mayjend (Purn.) Darlan Harahap mengunjungi Posko Gugus Tugas Sergai yang bertempat di Rumah Dinas Bupati di Sei Rampah, Kamis, 28 Mei 2020. Kedatangan LO BNPB Mayjend (Purn.) Darlan Harahap disambut langsung Ketua Tim Gugus

Kamis, 28 Mei 2020 15:00Nasional

Sudah Siapkah Kita Menerapkan Tatanan Hidup Normal Baru ?

Penerapan PSBB di beberapa daerah ternyata belum mendapat respon positif dari sebagian besar masyarakatnya, ada saja yang melanggar aturan-aturan yang disepakati bersama. Sekarang, kita sedang memperbincangkan penerapan 'New Normal' dengan berba

Kamis, 28 Mei 2020 14:35Berita Sumut

Bupati dan Wabup Sergai Monitoring Pos Pengamanan Operasi Ketupat Toba 2020

Dalam rangka melihat kondisi dan kesiapan personil sekaligus melakukan koordinasi serta memberikan untuk meningkatkan pelayanan pasca Lebaran Idul Fitri 1441 H/2020 M, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman didampingi Wabup H Darma Wijaya melakuka

Kamis, 28 Mei 2020 14:20Berita Sumut

Pemkab Asahan Segera Salurkan Dana Bansos Corona

Pemerintah Kabupaten Asahan segera menggulirkan dana bantuan sosial Covid 19 kepada warga masyarakat Asahan terdampak Covid 19, Kamis (29/05/2020). Bantuan dikhususkan bagi masyarakat yang belum mendapatkan bantuan tersebut baik yang berasal dari Pemerint

Kamis, 28 Mei 2020 13:50Berita Sumut

Dalam Dua Pekan, Polres Labuhanbatu Ciduk 15 Pelaku Narkoba dan Sita 329 Gram Sabu

Dalam kurun waktu dua minggu, Polres Labuhanbatu dan polsek jajaran berhasil menangkap 15 pelaku tindak pidana narkotika. Dari para pelaku, polisi juga menyita narkotika sabu seberat 329,65 gram.

Kamis, 28 Mei 2020 13:15Berita Sumut

Personil Polsek Medan Kota Bebas Covid-19

Polsek Medan Kota menggelar rapid test kepada seluruh personil. Hasilnya semua personil yang bertugas di Polsek Medan Kota bebas Covid 19.

Kamis, 28 Mei 2020 13:00Berita Sumut

Pulang dari Persembuyian, Pelaku Curanmor Ini Diciduk Polsek Patumbak

Mhd Ali Nasution alias Bolot (25) tak berkutik saat diciduk personil Polsek Patumbak. Warga Desa Patumbak II Gang Bandrek Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deliserdang ini diciduk lantaran terlibat kasus curanmor.

Kamis, 28 Mei 2020 12:40Berita Sumut

Sepeda Motor Dikunci Ganda, Aksi Pelaku Curanmor Ini Gagal Total

Apes benar nasib pelaku curanmor ini. Niat hati hendak mencuri namun lantaran sepeda motor yang akan dicuri dilengkapi dengan kunci ganda, aksi pelaku punn gagal total. Pelaku bernama Edi Susanto (38), warga Jalan Pertahanan Gang Karya Dusun I, Desa Patum

Kamis, 28 Mei 2020 12:10Berita Sumut

150 Kendaraan Diputar Balik Saat Hendak Mudik di Kabupaten Simalungun

Pihak Kepolisian Resor Simalungun memutar balik 150 kendaraan yang hendak mudik di Kabupaten Simalungun. Kendaraan tersebut diminta putar balik ke wilayah asal masing-masing