HUT ke 8 Matatelinga.com - Hanura

Sumatera Utara Lahan Investasi yang Menggiurkan

Redaksi Rabu, 21 November 2018 19:12 WIB
Istimewa'
Gubernur Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajeckshah

Potensi sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusia yang luar biasa, sejatinya menjadikan Sumatera Utara (Sumut) sebagai kawasan paling menarik untuk dijadikan tempat berinvestasi. Namun, hal itu belum cukup, jika tidak dibarengi dengan kebijakan yang tepat dari para pemangku kepentingan di daerah ini.

Visi dan Misi Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah dengan jargon Sumut Bermartabat diyakini menjadi agenda yang baik untuk menciptakan daya tarik Sumut di mata investor. Meski baru seumur jagung kepemimpinan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah, sudah menunjukan tekad menjadikan Sumut sebagai destinasi paling menggiurkan bagi para investor.

Keseriusan dan kesungguhan Gubernur dan Wagub menjadikan Sumut sebagai kawasan layak bagi investor, setidaknya tergambar dalam Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumut 2019 yang disampaikan ke DPRD Sumut.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menghadiri sekaligus membuka Ya'ahowu Nias Festival 2018 yang diselenggarakan di Lapangan Orurusa, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sabtu (17/11/2018).

Dari pendapatan daerah yang ditargetkan sebesar Rp15,2 triliun, dengan usulan belanja daerah sebesar Rp15,4 triliun lebih, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut memfokuskannya untuk pencapaian visi misi Sumut Bermartabat, yakni lima poin penting seperti ketenagakerjaan, pendidikan, infrastruktur, kesehatan dan peningkatan daya saing dari sektor agraris dan pariwisata.

Untuk ketenagakerjaan misalnya, program peningkatan kesempatan kerja dan berusaha melalui penyediaan lapangan pekerjaan sebesar Rp 82,7 miliar atau 1,68 persen. Kemudian peningkatan dan pemenuhan akses pendidikan Rp1,3 triliun lebih atau 27,91 persen, dan pembangunan infrastruktur yang baik Rp1,4 triliun lebih atau 28,64 persen, adalah yang paling signifikan.
Sementara poin peningkatan layanan kesehatan berkualitas sebesar Rp 379 miliar lebih atau 7,73 persen. Serta peningkatan daya saing melalui sektor agraris dan pariwisata Rp 365 miliar lebih atau 7,43 persen, menjadi program yang terus mendapatkan tempat.

Melalui program pendidikan diharapkan akan lahir sumber daya manusia yang cerdas, memiliki keterampilan dan berdaya saing.  Pembangunan infrastruktur diharapkan dapat meningkatkan konektivitas, arus barang lebih efisien dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Begitu juga dengan  program ketenagakerjaan, kesehatan dan peningkatan daya saing dari sektor agraris dan pariwisata, seluruhnya diharapkan dapat mempermudah dan mendorong investor untuk berinvestasi di daerah ini.

Sumut Jendela Dunia

Program yang diluncurkan baru-baru ini, juga menjadi bukti kebulatan tekad menjadikan Sumut sebagai kawasan yang pantas untuk diperhitungkan. Pemprov Sumut segera melakukan proses pemetaan potensi daerah lewat program yang disebut Sumut Jendela Dunia.


Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah dan General Manager PLN Wilayah Sumut Feby Joko Priharto menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Layanan Satu Pintu di Balai Agung Astakona Kantor PLN Wilayah Sumut, Jalan Yos Sudarso Nomor 284 Medan, Senin (1/10/2018).

Yakni portal website berisi informasi audiovisual tentang data-data Sumber Daya Alam (SDA), wisata, pemerintahan, kemasyarakatan dan lainnya di Sumut. Portal ini akan terintegrasi dengan Sumut Smart Province.
Selain potensi SDA,  program Sumut Jendela Dunia juga berisi tentang prestasi-prestasi dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Sumut. Dicontohkannya, salah satunya berupa database atlet-atlet Sumut. Selain itu, bisa pula menampilkan hasil-hasil penelitian Balitbang dan Dewan Riset Daerah.

Data-data ini akan menjadi etalase paling penting bagi Sumatera Utara, dimana para investor akan memiliki data awal tentang Sumatera Utara yang lengkap dari program ini. Dengan daya dukung teknologi, investor yang ada di belahan bumi terjauh pun akan mampu mendapatkan informasi positif dan akurat lebih dini tentang Sumatera Utara, sebelum mereka menentukan pilihan.

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah dan Seketaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekda Provsu) R. Sabrina menghadiri kegiatan pertemuan dengan investor Jepang yang tergabung dalam Asean Nagoya Club di Hotel Mandarin Jakarta, Minggu (21/10/2018). Dalam pertemuan ini dibahas rencana kerjasama di bidang Kesehatan, Pertanian dan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. 

Dalam program ini nantinya memuat kategori atau klasifikasi  tentang potensi satu daerah di Sumatera Utara. Kunci yang paling penting dari program ini adalah validnya informasi dari data yang tersedia.
Jika keberpihakan anggaran dan program yang akan digulirkan fokus menjadikan Sumut benar-benar diperhitungkan, maka pertanyaan selanjutnya, Sumatera Utara punya apa?

Maka, jawabannya sangatlah mudah.  Sumut selama ini sudah memiliki apa yang diinginkan investor, yang tidak ada dari Sumut adalah kesungguhan untuk menjadikan apa yang dimiliki benar-benar bermanfaat dan berguna bagi masyarakat Sumut.

Yang paling menggiurkan dari Sumut adalah soal potensi sumber daya alamnya yang melimpah. Wagub Musa Rajekshah pada beberapa kesempatan selalu mengajak para pengusaha dalam maupun luar negeri berinvestasi di Sumut, untuk pemenuhan kebutuhan energi untuk sektor industri, komersil maupun masyarakat. 

Berbicara di Asian Energy Forum baru-baru ini, Musa Rajekshah membeberkan keunggulan Sumut dan menyiratkan pesan penting bahwa para investor akan menyesal jika tidak memanfaatkannya. Saat ini, Sumut memiliki potensi energi terbarukan meliputi tenaga air, panas bumi, biomasa, biogas dan tenaga surya. 

Maka potensi energi terbarukan ini sangat mungkin dikembangkan lebih lanjut menjadi energi listrik sebagai upaya mendukung sistem kelistrikan di Sumut. Untuk tenaga air, Provinsi Sumut memiliki potensi sebesar 3.000 MW, sedangkan untuk panas bumi, Sumut memiliki potensi sebesar 2.000 MW.
Sumut saat ini telah memanfaatkan tenaga panas bumi untuk pembangkit listrik yang berada di PLTP Sibayak dan PLTP Sarulla, dan ini menjadi nilai lebih dari Sumut dimana kawasan ini memiliki ketersediaan enegeri listrik yang melimpah. Untuk potensi panas bumi yang akan dikembangkan berada di kawasan Pusuk Buhit Simbolong Samosir, kawasan Sorik Marapi, Mandailing Natal dan kawasan Ria-Ria Tapanuli Utara juga menjadi salah satu potensi energi menggiurkan di Sumut. Tidak kalah penting, dari potensi Sumatera Utara yang ada adalah Kelapa Sawit. 

Sumut yang tersohor akan perkebunan kelapa sawitnya, baik yang dikelola Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta dan masyarakat. Perkebunan kelapa sawit membentang di wilayah Timur dan pesisir barat Sumut, luas perkebunan kelapa sawit BUMN tercatat sekitar 300.000 hektar dan perkebunan sawit rakyat sekitar 400.000 hektar (data Dinas Perkebunan Provinsi Sumut). Produksi kelapa sawit menghasilkan limbah dengan komposisi 23 persen tandan kosong, 6,5 persen, cangkang dan 13 persen fiber sawit. Limbah-limbah tersebut dapat digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik biomassa. 

Potensi listrik yang dihasilkan dari limbah kelapa sawit Sumut diperkirakan sekitar 1,050 MW. Dan pada saat ini pemanfaatan biomassa menjadi energi listrik masih sekitar 100 MW. Sedangkan diantara pembangkit listrik tenaga biomassa (PLTB) PT Growth Sumut sebesar 30 MW, PLTB Growth Asia sebesar 30 MW dan PLTB Harkat Sejahtera 15 MW.

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah menerima kunjungan  pengusaha Korea di ruang kerjanya Lantai 9 Kantor Gubernur Sumatera Utara Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Senin (1/10/2018). Kunjungan ini dilaksanakan untuk membahas investasi usaha di Sumatera Utara.

Sumut juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Banyak destinasi wisata di daerah ini yang keindahannya patut disejajarkan dengan destinasi wisata kelas dunia. Di sini ada Danau Toba, Pulau Samosir, Pantai Nias, Taman Nasional Gunung Leuser, Salju Panas Dolok Tinggi Raja, Gunung Sibayak, Air Terjun Sipiso-piso dan lainnya, sehingga Gubernur Edy Rahmayadi sering menyebut Sumut sebagai Surga Kecil pemberian dari Allah SWT.

Untuk pengembangan potensi pariwisata di daerah ini, Pemprov Sumut membuka peluang investasi selebar-lebarnya. Bahkan, Pemprov berkomitmen untuk mempermudah para investor yang ingin berinvastasi di Sumut, tentu tetap mengacu pada aturan yang berlaku.

Bukan hanya isapan jempol. Pertengahan Oktober 2018, Sumut memperoleh komitmen investasi Rp 6,1 triliun atau sekitar US$ 400 juta untuk pengembangan pariwisata Danau Toba dari tujuh calon investor. Komitmen itu diteken, di sela-sela IMF-WB di Bali, oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba bersama tujuh calon investor, yaitu PT Gaia Toba Mas, PT Agung Concern, PT Alas Rimbawan Lestari, PT Gamaland Toba Properti, PT Crystal Land Development, PT Asset Pacific, Dan PT Arcs House - Jambuluwuk.
Selain itu, investor dari berbagai negara juga sudah banyak yang datang ke Sumut dan menyatakan berminat untuk berinvestasi di berbagai sektor di daerah ini. Diantaranya dari Jepang, Malaysia, Singapura, China, Kazakshtan, Tajikistan, Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Maka salah besar jika para investor menyingkirkan Surga Kecil Sumut dari daftar kawasan paling menggiurkan untuk berinvestasi. Sumatera Utara dengan daya dukung yang dimiliki layak disebut sebagai Lahan Investasi yang Menggiurkan
Editor: James P Pardede

T#g:Advetorialedy rahmayadiGubsuInvestasiMusa RajeckshahPemprovsuwagubsu
Komentar
Kamis, 17 Okt 2019 17:39Berita Sumut

Dugaan Penyimpangan PBB Labura dan Labusel Tergantung Gelar Perkara di Mabes Polri

Kelanjutan penanganan perkara dugaan penyimpangan Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Bumi Bangunan (PBB) Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Labusel) dan Labuhan Batu Utara (Labura) tergantung dari gelar perkara di Mabes Polri.

Kamis, 17 Okt 2019 16:45Berita Sumut

Terima Audiensi Tim SSQ XVII Tingkat Kabupaten Sergai, Bupati Sampaikan Hal Ini

Bupati Soekirman menerima audiensi Tim Seleksi Seni Qasidah (SSQ) XVII Tingkat Provsu Tahun 2019 dan Sergai yang Meraih Juara Umum Tingkat Provsu. Mereka diterima di Ruang Rapat Bupati Komplek Kantor Bupati Sergai, Kamis (17/10).

Kamis, 17 Okt 2019 16:40Advertorial

Membangun Sinergitas Penanganan Kebakaran dan Pembakaran Melalui Penguatan Antar Pemangku Kepentingan di Wilayah Hukum Polda Sumut

Terjadinya sebuah peristiwa kebakaran/pembakaran, biasanya akan membutuhkan waktu untuk melakukan penyelidikannya (investigasinya). Yang seringkali terjadi kendala dalam penanganan kasus pengungkapan tindak pidana kebakaran/pembakaran ini disebabkan karen

Kamis, 17 Okt 2019 16:27Berita Sumut

Pemkab Simalungun Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Untuk Masyarakat

Tingkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemkab Simalungun memprogramkan pelayanan Kesehatan, KB dan Dokumen Kependudukan untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang secara rutin dilakukan ke setiap Nagori di 32 Kecamatan Simalungun.

Kamis, 17 Okt 2019 15:58Berita Sumut

Sergai Gelar Deklarasi Sekolah Peternakan Rakyat

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai mendeklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR). Deklarasi digelar pada Kamis, 17 Oktober 2019 di Aula Theme Park Resort Kec Pantai Cermin.

Kamis, 17 Okt 2019 15:26Berita Sumut

DPRD Sahkan APBD Sergai TA 2020

DPRD mengesahkan APBD TA 2020 Sergai. Pengesahan dilakukan melalui Rapat Paripurna Pengesahan Ranperda Tentang R-APBD TA 2020 di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Desa Firdaus Kec Sei Rampah, Kamis (17/10/2019).

Kamis, 17 Okt 2019 15:11Berita Sumut

IRT Babak Belur Dianiaya Perampok di Kawasan Jalan Thamrin

Seorang ibu rumah tangga bernama Jafline babak belur usai dianiaya pria yang berusaha merampoknya di kawasan Jalan Thamrin Kelurahan Panda Hulu Kec. M. Area, Kamis (17/10). Korban mengalami luka di bagian wajah, paha, tangan dan kaki.

Kamis, 17 Okt 2019 14:48Berita Sumut

HUT Kuad ke-74 Kudam I/BB Anjangsana ke Panti Sosial

Keuangan Kodam I/BB (Kudam I/BB) melaksanakan kegiatan anjangsana ke panti sosial Tresna Werdha Abdi Binjai Jl. Perintis Kemerdekaan Binjai, dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Keuangan Angkatan Darat, Kamis (17/10/2019).

Kamis, 17 Okt 2019 14:33Berita Sumut

Bea Cukai Kualanamu Gagalkan Penyeludupan Sabu 46 Gram dalam Anus

Personil Bea Cukai Bandara Kualanamu berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu dari Malaysia, Sabtu (13/10/2019). Tidak seperti biasanya, penyeludupakn itu dilakukan pelaku berinisial AM dalam anus. Total ada 46,5 gram sabu-sabu dari

Kamis, 17 Okt 2019 14:18Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Rapat Bahas Konektivitas Drainase

Sebagai upaya mengatasi genangan air maupun banjir di sejumlah kecamatan di Kota Medan, Pemko Medan menggelar Rapat Koordinasi Pembahasan Konektivitas Drainase Yang Berhubungan Dengan Jalan & Lintasan Rel Kereta Api (KA) di Balai Kota Medan, Kamis (1

Kamis, 17 Okt 2019 14:03Berita Sumut

Pemko Medan Bantu Cari Pegawai yang Jadi Buronan KPK

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Wirya Al Rahman menegaskan pihaknya akan membantu untuk mencari tahu keberadan AND, pegawai yang menjadi buronan KPK. AND yang merupakan staf Subbagian Protokoler Pemko Medan itu berhasil kabur dan nyaris menabrak mo

Kamis, 17 Okt 2019 13:47Berita Sumut

Pemkab Sergai Gelar Kegiatan Evaluasi dan Pengembangan Tata Kelola BUM Desa

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdangbedagai menggelar kegiatan Evaluasi dan Pengembangan Tata Kelola BUM Desa di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai, Kamis (17/10).

Kamis, 17 Okt 2019 13:32Nasional

Marwah dan Nama Baik NKRI Dipertaruhkan Dalam Pelantikan Presiden RI

Marwah dan nama baik Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dipertaruhkan dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. Dengan demikian, seluruh komponen bangsa harus turut serta dalam menjamin keberhasilan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden ter

Kamis, 17 Okt 2019 13:17Berita Sumut

Pemko Medan Siapkan Bantuan Hukum untuk Eldin

Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan menyiapkan bantuan hukum untuk Wali Kota Dzulmi Eldin yang saat ini tengah berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Saat ini, Pemko tengah berusaha berkomunikasi dengan Dzulmi Eldin yang saat ini sudah bersta

Kamis, 17 Okt 2019 13:02Berita Sumut

Bupati Asahan Apresiasi Kegiatan KTNA di Rawang Panca Arga

Bupati Asahan H.Surya.BSc memberikan apresiasi atas terselenggaranya Temu Karya Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) kabupaten Asahan di dusun IX desa Rawang Lama kecamatan Rawang Panca Arga , Rabu (16/10/2019).

Kamis, 17 Okt 2019 12:48Berita Sumut

BPJS Ketenagakerjaan Raih 2 Penghargaan Tertinggi "Certificate of Excellence"

BPJS Ketenagakerjaan meraih dua penghargaan tertinggi dari ISSA dalam hal pengembangan dan pemanfaatan Sistem Teknologi Informasi (TI) dan pelaksanaan program Return to Work dalam pertemuan institusi jaminan sosial sedunia (World Social Security Forum /WS