• Home
  • Aceh
  • Bea Cukai Gagalkan Penyelundup Barang Impor Ilegal Senilai Rp 1 Miliar di Perairan Aceh Tamiang

Bea Cukai Gagalkan Penyelundup Barang Impor Ilegal Senilai Rp 1 Miliar di Perairan Aceh Tamiang

Tris/Ali Akbar Jumat, 16 Maret 2018 17:00 WIB
mtc/ali
Tim Patroli Kapal Bea Cuka BC 20004' berhasil menggagalkan penyelundupan barang impor campuran yarg diangkut oleh Kapal Motor (KM) Tuna I GT, 35 di Perairan ujung Aceh Tamiang, Rabu lalu.
MATATELINGA, Banda Aceh : Tim Patroli Kapal Bea Cuka BC 20004' berhasil menggagalkan penyelundupan barang impor campuran yarg diangkut oleh Kapal Motor (KM) Tuna I GT, 35 di Perairan ujung Aceh Tamiang, Rabu lalu.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Aceh, Agus Yulianto mengatakan, kapal berbendera Indonesia tersebut memuat barang impor berasal dari Satun, Thailand.

"Kapal yang berhasil kami amankan dengan muatan berisi barang campuran ini didominasi oleh bawang merah dengan total nilai barang  sebesar Rp 1 miliyar lebih. Kerugian negara di perkirakan mencapai Rp 231 juta lebih," kata Agus Yulianto kepada wartawan saat jumpa Pers yang di gelar di kantor DJBC Aceh, Jum'at (16/3/2018).

Menurutnya, keberhasilan penggagalan penyelundupan ini berawal dari informasi intelijen, hasil sinergi Bea Cukai dan Aparat Penegak Hukum (APH) lainnya. Berdasarkan informasi tersebut, petugas bea cukai menindaklajutinya dengan melakukan patroli laut menggunakan Kapal patroli BC20004.

Saat Kapal Patroli meintas di Perairan ujung Aceh Tamiang, tim patroli mencurigai  KM Tuna I yang penuh dengan muatan sedang menuju arah perairan itu. Tim patroli berusaha menghentikan laju kapal motor tersebut untuk dilakukan pemeriksaan.

Tetapi Kapal Motor yang di nakhodai oleh UH (40)tahun ini tidak mengindahkan peringatan petugas, sehingga dilakukan pengejaran  dan akhirnya kapal motor tersebut berhasil dihentikan di koordinat 04. 23.853 N 98 20.875E pukul 01.24 WIB.

Selanjutnya tim patroli melakukan pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan fisik terhadap muatan kapalnya. Saat diakukan pemeriksaan, 5 (lima) crew KM Tuna I termasuk nakhoda tidak dapat menunjukkan dokumen kepabeanan yang sah, sehingga diduga yang bersangkutan melakukan tindakan pidana penyelundupan.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, kapal tersebut ditarik ke Pangkalan Bea Cukai Belawan Sumatera Utara. Dari hasil pemeriksaan fisik, kedapatan barang berupa 950 karung bawang merah, 190 karung kelapa, 175 batang bibit pohon kurma: 26 ekor ayam hidup, dan 70 karton obat vitamin unggas, 75 karton teh, dan 2 karung pupuk.

Sedangkan dari hasil pemeriksaan dokumen, tidak ditemukan dokumen kepabeanan yang sah serta dokumen perizinan dari kementerian lembaga teknis terkait sebagai salah satu persyaratan importasi barang pembatasan.

"Saat ini muatan barang KM Tuna I telah dipindahkan ke Kanwil Bea Cukai Aceh guna diproses lebih lanjut sesuai ketentuan perundang-undangan," terangnya. (Mtc/Tris/Ali Akbar). 
Editor: Faeza

T#g:barang impor ilegalbea cukai
Komentar
Sabtu, 23 Mar 2019 23:00Berita Sumut

Kapolda Sumut Nobar Film Pohon Terkenal Bersama Jajaran dan Media

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menggelar nonton bareng film Pohon Terkenal bersama jajaran Polda Sumut, Aktifis dan Media

Sabtu, 23 Mar 2019 22:45Berita Sumut

Wakil Wali Kota Dukung Perkembangan Digitalisasi Ekonomi Kreatif

Rahasia seorang entrepreneur yang sukses adalah berani menciptakan peluang, terus berinovasi dan berani mengambil resiko berdasarkan berbagai pertimbangan yang rasional

Sabtu, 23 Mar 2019 22:30Nasional

Panglima TNI Apresiasi Prajurit TNI-Polri Bantu Korban Banjir di Jayapura

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. sangat mengapresiasi prajurit TNI-Polri yang telah melakukan bantuan kemanusiaan

Sabtu, 23 Mar 2019 22:15Nasional

Panglima TNI Tinjau Posko Pengungsi Korban Bencana Banjir di Sentani

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kapolri Jenderal Pol. Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D. dan Gubernur Papua Lukas Enembe

Sabtu, 23 Mar 2019 18:29Berita Sumut

Baksos Mata Katarak dan Hernia Gratis Dibuka Secara Resmi oleh Jaksa Agung

Agung Republik Indonesia HM Prasetyo beserta isteri selaku Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Ros Ellyana Prasetyo melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara sekaligus membuka secara resmi bakti sosial operasi mata katarak dan hernia gratis di

Sabtu, 23 Mar 2019 17:06Berita Sumut

UAS Sempat Pikir HUT H Anif Pakai Tiup Lilin

Ustad Abdul Somad (UAS) menjadi orang-orang yang ditunggu-tunggu oleh ribuan masyarakat yang telah memadati halaman Mesjid Al Musanif Jalan Cemara, Medan Estate, Deli Serdang, Sabtu (23/3)

Sabtu, 23 Mar 2019 16:00Berita Sumut

Dadang Darmawan : Semua Caleg Harusnya Miliki Visi yang Sama

Pengamat politik, Dadang Darmawan Pasaribu, menyebut jika semua calon legislatif baik DPR maupun DPD harusnya memiliki visi yang sama. Yaitu seperti yang termaktub dalam alinea kedua Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, bahwa tujuan bangsa Indonesia adalah

Sabtu, 23 Mar 2019 15:38Berita Sumut

Edy Rahmayadi : Ulang Tahun Biasanya Tiup Lilin, Masya Allah Ini Malah Membuat MTQ

Pelaksanaan MTQ ke 1 yang digelar Yayasan H Anif membuat Gubsu Edy Rahmayadi kagum. Kekaguman itu timbul lantaran pelaksanaan MTQ ini digelar juga untuk memperingati HUT H Anif.

Sabtu, 23 Mar 2019 15:21Berita Sumut

Kebakaran Siang Bolong Hanguskan 4 Rumah Warga di Kelurahan Babura

Sebanyak 4 unit rumah kontrakan warga di Jalan Sei Wampu Baru Dalam Pasar II Kelurahan Babura Kecamatan Medan Baru, terbakar, Sabtu (23/03/2019).

Sabtu, 23 Mar 2019 14:33Advertorial

Klinik dr. Geeta Terbaik di Medan

Klinik dr. Geeta adalah salah satu klinik terbaik dan terkenal di Kota Medan yang sudah berdiri Sejak 20 Tahun lamanya. Di klinik dr.Geeta, konsumen juga dapat berkonsultasi tentang perawatan apa yang cocok. Selain itu disini juga ditangani oleh dokte

Sabtu, 23 Mar 2019 14:15Berita Sumut

Besok, Slank Meriahkan Deklarasi Milenial Anti Narkoba di Sumut

Deklarasi Milenial Anti Narkoba yang digelar DPP Granat Pusat bekerjasama dengan Ditresnarkoba Poldasu pada Minggu (24/3) pagi akan dimeriahkan grup band Slank. Acara deklarasi ini akan dipusatkan di Lapangan Benteng dengan berbagai kegiatan.

Sabtu, 23 Mar 2019 12:55Berita Sumut

Hadiri KSI 4.0 di Jaktim, Soekirman Sampaikan Komitmen Perbaiki Sungai yang "Sakit"

Lebih dari seribuan orang dari berbagai daerah terdiri dari berbagai elemen dan komunitas pencinta sungai se-Indonesia tumpah ruah di Lokasi Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur untuk menghadiri acara Kongres Sungai Indonesia

Sabtu, 23 Mar 2019 12:38Berita Sumut

Sembari Terisak, Ijeck Minta Doakan MTQ Yayasan H. Anif Terus Terlaksana Hingga Akhir Hayat

Musa Rajekshah, Wakil Gubernur Sumatera Utara tak kuat lagi menahan emosinya ketika menyampaikan kata sambutan di gelaran acara Yayasan Haji Anif di Mesjid Al Musanif jalan Cemara, Deli Serdang, Sabtu (23/2/2019).

Sabtu, 23 Mar 2019 12:16Nasional

Ini Tindak Lanjut Penanganan Mobil Pajero Ber-plat Nomor Dinas TNI 3005-00

Setelah melakukan penyelidikan awal di lingkungan internal TNI, POM TNI mengembangkan penyelidikan terhadap pihak-pihak terkait di lapangan. Tidak ditemukan indikasi keterlibatan prajurit TNI dalam kasus ini.

Sabtu, 23 Mar 2019 11:55Berita Sumut

Wagub Sumut Jamu Makan Malam UAS

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah menjamu makan malam Ustad Abdul Somad (UAS), di kediamannya komplek Cemara Asri, Jumat malam (22/3).

Sabtu, 23 Mar 2019 09:15Nasional

Danpuspom TNI Klarifikasi Video Mobil Plat Dinas 3005-00

Komandan Polisi Militer (Danpom) TNI, Mayjen TNI Dedy Iswanto, S.E. didampingi Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Sisriadi menggelar jumpa pers