• Home
  • Aceh
  • Dua Kepala Daerah dan Delapan Orang, Masih Jalani Pemeriksaan KPK

Dua Kepala Daerah dan Delapan Orang, Masih Jalani Pemeriksaan KPK

Amrizal Rabu, 04 Juli 2018 08:46 WIB
Hand Over
MATATELINGA, Aceh:  Terkait dengan operasi tangkap tangan (OTT) oleh tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap  Gubernur Aceh, IY dan Bupati Bener Meriah, A, serta delapan orang lainnya, pada Selasa, 3 Juli 2018, masih jalani pemeriksaan.


Berdasarkan informasi yang dihimpun, ‎tim satgas KPK awalnya mengamankan Bupati Bener Meriah, Aceh, di daerah Kampung Paya Tumpi, Bebesan, Aceh Tengah, sekira pukul 18.45 WIB.

Sebelum ditangkap tangan, Bupati Meriah sempat menghadiri rapat internal Partai Golkar di Hotel Linge Land untuk menentukan pencalonan anggota DPRA Provinsi. Dia rampung menghadiri acara tersebut pukul 18.40 WIB.

Usai menghadiri rapat internal Golkar, Bupati A langsung menuju Pendopo Kabupaten Bener Meriah. Namun, di tengah perjalanan, Bupati  diberhentikan petugas KPK.


Kemudian, tim Satgas KPK langsung mengamankan Bupati beserta seorang sopir ke Mapolres Aceh Tengah, berikut kendaraan yang ditumpanginya. Bupati A menjalani pemeriksaan awal di Mapolres oleh sejumlah tim KPK.

Usai dilakukan pemeriksaan awal, Bupati bersama sejumlah pihak dijadwalkan diterbangkan ke Jakarta pagi ini. Para pihak yang tertangkap tangan dalam operasi senyap KPK akan kembali dilakukan pemeriksaan lanjutan setibanya di Gedung KPK, Jakarta.

Sementara itu, Gubernur Aceh, IY diamankan tim Satgas KPK di Pendoponya, di Kota Banda Aceh. Dia diamankan sekira pukul 20.15 WIB atau selang satu jam setengah setelah tim satgas mengamankan Bupati A.

Berbeda dengan Bupati A, Gubernur IY  diamankan di Mapolda Aceh. Gubernur pun langsung dilakukan pemeriksaan awal oleh tim penindakan di Mapolda Aceh.

Sebelum diamankan tim satgas KPK, Gubernur sempat berpesan kepada penjaga pendopo bahwa akan keluar untuk menikmati kopi bersama rekan-rekannya.


Juru Bicara KPK, Febri Diansyah belum mau membeberkan secara detail kronologi OTT di Aceh. Sebab, tim penindakan masih melakukan pemeriksaan awal di kantor kepolisian setempat.

"Setelah kita amankan, perlu kita periksa terlebih dahulu sampai nanti diputuskan misalnya berapa orang yang akan dibawa ke ‎Jakarta ke kantor KPK untuk proses lebih lanjut," kata Febri di kantornya, Jakarta Selatan.

Selain mengamankan sepuluh orang dalam OTT di daerah dengan julukan serambi mekah tersebut, KPK juga berhasil menyita uang ratusan juta dalam bentuk rupiah. Diduga, uang tersebut merupakan bagian dari komitmen fee antara Gubernur , Bupati, serta sejumlah pihak lainnya.

"Apakah (fee) ini merupakan penerimaan pertama atau penerimaan yang kesekian, nanti akan kami informasikan kembali karena ada sejumlah klarifikasi yang perlu dilakukan malam ini," sebutnya.

(Mtc)
Editor: Amrizal

Sumber: Okezone

T#g:KPKNADOperasi tangakap tanganTerkini
Komentar
Rabu, 26 Sep 2018 20:08Berita Sumut

Plt. Bupati Labuhanbatu Kunjungi Lorong KB Pannampu Di Kota Makassar

Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi, ST, MT didampingi Sekdakab Ahmad Muflih, SH, MM, Ketua TP. PKK Kabupaten Hj. Rosmanidar Hasibuan dan sejumlah Kepala OPD, Selasa (25/9/2018) telah mengunjungi Lorong KB Pannampu yang terketak di Kecamatan Tello Kota

Rabu, 26 Sep 2018 20:03Nasional

Mabes TNI Gelar MTQ Tingkat TNI Tahun 2018

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat TNI Tahun 2018 yang dilaksanakan mulai tanggal 26 s.d 27 September 2018 di Gedung Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI (IKKT) Tjut Nyak Dien, Mabes TNI Cila

Rabu, 26 Sep 2018 19:55Berita Sumut

CPO Ilegal Kembali Beroperasi di Sei Kanan

Setelah aktivitasnya menampung Crude Palm Oil (CPO) di Cikampak Kecamatan Torgamba baru-baru ini di tutup oleh Mapolsek setempat, oknum mafia yang disebut-sebut bermarga S masih membuka usaha yang sama di desa Padang Ri Kecamatan Sei Kanan, Labuhanbatu Se

Rabu, 26 Sep 2018 19:31Nasional

Direktorat Latihan Bakamla RI Gelar Latihan Menembak di Ambon

Riuh suara tembakan senjata api terdengar di Dusun Telaga Kodok. Pasalnya Direktorat Bakamla RI sedang menggelar latihan menembak bagi personel di jajaran Zona Maritim Timur, di Lapangan Tembak Lantamal IX, Dusun Telaga Kodok, Kec. Leihitu, Kab. Maluku T

Rabu, 26 Sep 2018 18:15Berita Sumut

Pemko Medan Bantu Tingkatkan Kemampuan SDM Pekerja Usaha Pariwisata

Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata berupaya membantu meningkatkan SDM seluruh pekerja usaha pariwisata yang ada di Kota Medan. Selain menambah wawasan dan kemampuan sehingga siap bersaing dengan tenaga kerja dari luar, juga diharap dapat membantu untu

Rabu, 26 Sep 2018 18:00Berita Sumut

DPRD Binjai Setuju Perubahan APBD TA 2018

DPRD Kota Binjai menyetujui penetapan Perubahan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (P-APBD) Kota Binjai Tahun Anggaran 2018. Persetujuan DRPD disampaikan pada rapat paripurna dipimpin wakil ketua HM Sajali, berlangsung di gedung DPRD Kota Binja

Rabu, 26 Sep 2018 17:45Berita Sumut

Paman Gery Ajak Orangtua Gunakan Gadget untuk Mendongeng

Sudah banyak diteliti anak yang sering didongengkan punya daya imajinasi yang lebih luas. Kekayaan kata dan bahasa akan lebih baik. Anak pun jadi lebih percaya diri.

Rabu, 26 Sep 2018 17:27Berita Sumut

Pentingnya Kota Pelabuhan Hadapi Landscape Global Yang Selalu Berubah

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi kembali menghadiri undangan untuk mengikuti Forum Global Harbor Cities di Kota Khaosiung, Taiwan, yang berlangsung mulai 25-27 September. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari forum yang telah digelar p

Rabu, 26 Sep 2018 17:00Berita Sumut

Polsek Lolowau Gagalkan Peredaran 140 Liter Tuak Suling

Petugas Kepolisian Resor Nias Selatan Sumatera Utara terus melakukan penertiban minuman keras yang tidak memiliki ijin di Kabupaten Nias Selatan. Kali ini, petugas kepolisian Sektor Lolowau Polres Nias Selatan kembali menggagalkan peredaran minuman keras

Rabu, 26 Sep 2018 16:21Berita Sumut

HMI Desak Kapolri Copot Polisi yang Bertindak Represif

Ratusan kader Himpunan Mahasiswa Islam di Sumatera Utara berunjuk rasa ke DPRD Sumut, Rabu (20/9). Massa yang terhimpun dalam Badko HMI Sumut ini mendesak Kapolri mencopot oknum polisi yang bertindak represif pada saat menghadapi pendemo dari mahasiswa, K

Rabu, 26 Sep 2018 15:56Berita Sumut

Sadis!!!! Istrinya Diselingkuhi, Bembeng Tikam Kerabatnya Hingga Tewas

Istrinya diselingkuhi membuat Bambang Irawandi alias Bembeng (28) gelap mata. Warga Dusun VI Desa Kota Tengah, Kecamatan Dolok Masihul, Serga menikam selingkuhan sang istri yang tak lain masih kerabat dekatnya.

Rabu, 26 Sep 2018 15:18Berita Sumut

Toko Besi di Jalan Kapten Muslim Nyaris Ludes Diamuk Si Jago Merah

Satu unit toko penjualan besi dan cet yang berada di Jalan Kapten Muslim nyaris ludes terbakar, Rabu (26/9). Api berasal dari tumpahan tiner yang mengenai dupa di dalam toko bernama Makmur tersebut.

Rabu, 26 Sep 2018 15:09Berita Sumut

Pangdam I/BB Kunjungan Kerja ke Walikota Binjai

Pangdam I/BB Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah melaksanakan Kunjungan Kerja ke Walikota Binjai, pada Selasa (25/9) di rumah Dinas Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota.

Rabu, 26 Sep 2018 15:00Berita Sumut

Wagub Musa Rajekshah Irup HAORNAS di Kabanjahe

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah menjadi inspektur upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2018 di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Rabu (26/9). Peringatan Haornas juga diisi dengan kegiatan gerak jalan dan pemberian

Rabu, 26 Sep 2018 14:30Berita Sumut

Tak Kelihatan Sehari, Doni Ditemukan Tewas di Atap Rumah

Seorang pegawai penjual sate bernama Doni Haryanto (34) ditemukan tewas di atap rumah bosnya Agustiar Amir di Jalan Karya Tani, Rabu (26/9). Korban tewas diduga akibat tersengat aliran listrik.

Rabu, 26 Sep 2018 13:29Berita Sumut

Ini Penjelasan KPK Soal Jemput Paksa Anggota DPRD Sumut M Faisal

Petugas KPK pada Rabu (26/9) menjemput paksa salah seorang anggota DPRD Sumut M Faisal dari kediamannya di Perumahan Villa Asoka A-9, Asam Kumbang, Kec. Medan Selayang, Medan. Faisal merupakan salah seorang tersangka yang ditetapkan KPK dalam kasus suap m