• Home
  • Aceh
  • Dua Kepala Daerah dan Delapan Orang, Masih Jalani Pemeriksaan KPK

Dua Kepala Daerah dan Delapan Orang, Masih Jalani Pemeriksaan KPK

Amrizal Rabu, 04 Juli 2018 08:46 WIB
Hand Over
MATATELINGA, Aceh:  Terkait dengan operasi tangkap tangan (OTT) oleh tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap  Gubernur Aceh, IY dan Bupati Bener Meriah, A, serta delapan orang lainnya, pada Selasa, 3 Juli 2018, masih jalani pemeriksaan.


Berdasarkan informasi yang dihimpun, ‎tim satgas KPK awalnya mengamankan Bupati Bener Meriah, Aceh, di daerah Kampung Paya Tumpi, Bebesan, Aceh Tengah, sekira pukul 18.45 WIB.

Sebelum ditangkap tangan, Bupati Meriah sempat menghadiri rapat internal Partai Golkar di Hotel Linge Land untuk menentukan pencalonan anggota DPRA Provinsi. Dia rampung menghadiri acara tersebut pukul 18.40 WIB.

Usai menghadiri rapat internal Golkar, Bupati A langsung menuju Pendopo Kabupaten Bener Meriah. Namun, di tengah perjalanan, Bupati  diberhentikan petugas KPK.


Kemudian, tim Satgas KPK langsung mengamankan Bupati beserta seorang sopir ke Mapolres Aceh Tengah, berikut kendaraan yang ditumpanginya. Bupati A menjalani pemeriksaan awal di Mapolres oleh sejumlah tim KPK.

Usai dilakukan pemeriksaan awal, Bupati bersama sejumlah pihak dijadwalkan diterbangkan ke Jakarta pagi ini. Para pihak yang tertangkap tangan dalam operasi senyap KPK akan kembali dilakukan pemeriksaan lanjutan setibanya di Gedung KPK, Jakarta.

Sementara itu, Gubernur Aceh, IY diamankan tim Satgas KPK di Pendoponya, di Kota Banda Aceh. Dia diamankan sekira pukul 20.15 WIB atau selang satu jam setengah setelah tim satgas mengamankan Bupati A.

Berbeda dengan Bupati A, Gubernur IY  diamankan di Mapolda Aceh. Gubernur pun langsung dilakukan pemeriksaan awal oleh tim penindakan di Mapolda Aceh.

Sebelum diamankan tim satgas KPK, Gubernur sempat berpesan kepada penjaga pendopo bahwa akan keluar untuk menikmati kopi bersama rekan-rekannya.


Juru Bicara KPK, Febri Diansyah belum mau membeberkan secara detail kronologi OTT di Aceh. Sebab, tim penindakan masih melakukan pemeriksaan awal di kantor kepolisian setempat.

"Setelah kita amankan, perlu kita periksa terlebih dahulu sampai nanti diputuskan misalnya berapa orang yang akan dibawa ke ‎Jakarta ke kantor KPK untuk proses lebih lanjut," kata Febri di kantornya, Jakarta Selatan.

Selain mengamankan sepuluh orang dalam OTT di daerah dengan julukan serambi mekah tersebut, KPK juga berhasil menyita uang ratusan juta dalam bentuk rupiah. Diduga, uang tersebut merupakan bagian dari komitmen fee antara Gubernur , Bupati, serta sejumlah pihak lainnya.

"Apakah (fee) ini merupakan penerimaan pertama atau penerimaan yang kesekian, nanti akan kami informasikan kembali karena ada sejumlah klarifikasi yang perlu dilakukan malam ini," sebutnya.

(Mtc)
Editor: Amrizal

Sumber: Okezone

T#g:KPKNADOperasi tangakap tanganTerkini
Komentar
Selasa, 19 Mar 2019 22:30Berita Sumut

Polres Belawan & FKUB Medan Gelar "Pembinaan Kerukunan Umat Beragama"

Pemko Medan melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bekerjasama dengan Polres Pelabuhan Belawan

Selasa, 19 Mar 2019 22:15Berita Sumut

Dua Anak Balita Tewas Terbakar Dalam Mobil Rongsokan

Dua anak yang masih di bawah umur masing masing “MP” (2,5) dan “DAP” (5) kedua putri kecil

Selasa, 19 Mar 2019 22:00Bola

McGregor: Solskjaer Orang yang Spesial

Petarung gaya bebas, Conor McGregor, dikenal sebagai pendukung Manchester United.

Selasa, 19 Mar 2019 21:45Bola

Lionel Messi Dikabarkan Hengkang Dari Barcelona

Lionel Messi merupakan salah satu pemain terbaik dunia dalam sedekade terakhir bersama Cristiano Ronaldo.

Selasa, 19 Mar 2019 21:30Berita Sumut

Pemko Medan Dan Kodam I/BB Bersih-Bersih Sungai Bedera

Pemko Medan bersama Kodam I/BB akan menggelar kegiatan bersih-bersih Sungai Bedera, Jumat (22/3/2019) mendatang. Selain itu, aksi bersih-bersih tersebut juga melibatkan unsur Polda Sumut, Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II, pihak kecamatan, organisas

Selasa, 19 Mar 2019 21:15Nasional

Mutasi Jabatan dan Promosi 72 Pati TNI

Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi

Selasa, 19 Mar 2019 21:00Berita Sumut

Pemko Medan & BNNP Sumut Bersinergi Berantas Narkoba

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH berharap Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatra Utara terus membantu Pemko Medan dalam menangani masalah narkoba yang ada di Kota Medan. Selain itu, Wali Kota juga mengapresiasi kinerja BNNP Sumut s

Selasa, 19 Mar 2019 20:45Berita Sumut

Wali Kota Dinobatkan Sebagai Indonesia Visioner Leader

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH bersama sejumlah kepala daerah di Indonesia akan menerima penghargaan Indonesia Visioner Leader dalam Acara Silaturahmi Nusantara yang akan berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta, Jumat (29/3/2019) mendatang.

Selasa, 19 Mar 2019 20:35Nasional

Lagi-Lagi Gunung Merapi Tunjukkan "Kemarahannya"

Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panas

Selasa, 19 Mar 2019 20:30Berita Sumut

Sekdaprov Sumut Buka Musrenbang Kabupaten Deli Serdang

Sekertaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprov Sumut), Dr Ir Hj R Sabrina MSi membuka musyarawah perencanaan pembangunan (Musrenbang ) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) daerah Kabupaten Deli Serdang tahun 2020, Selasa (19/3/2019) di Prime Plaza Hotel K

Selasa, 19 Mar 2019 20:15Berita Sumut

Penampilan Debat Cawapres No 1, Mahfud MD Memberi Tanggapan

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD memberi tanggapan dengan penampilan Cawapres Nomor Urut 01 KH Ma'ruf Amin di acara Debat Cawapres beberapa malam lalu.

Selasa, 19 Mar 2019 20:00Berita Sumut

Polsek Medan Baru Musnahkan Barang Bukti Narkoba Jenis sabu sabu

Polsek Medan baru melakukan pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 1,5 kilo gram, yang dilaksankan di halaman Apel Mapolsek Medan Baru Selasa (19/3/ 2019) siang

Selasa, 19 Mar 2019 19:45Berita Sumut

Mahfud MD: Jauh Jauh Hari Sudah Kita Ingatkan Ketum DPP Romahurmuziy

Jauh-jauh hari sudah Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD sudah mengingatkan Ketua Umum DPP PPP Romahurmuziy yang kerap disapa Romi sebelum terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Selasa, 19 Mar 2019 19:30Berita Sumut

Supir Mobil yang Nyemplung ke Danau Toba Ditemukan Meninggal

Tim SAR gabungan akhirnya menemukan Bukti Siregar (70), pengemudi mobil yang terjun ke Danau Toba, Selasa (19/3). Korban ditemukan dalam kondisi meninggal di dalam mobilnya yang tenggelam.

Selasa, 19 Mar 2019 19:15Berita Sumut

Buron Hampir Setahun, Perampok Sadis di Tol H Anif Dibedil Polisi

Seorang pelaku perampokan sadis yang nyaris merenggut nyawa pengemudi Gojek, Fakri Husaini (23) di Jalan Cemara/Tol H Anif, Rabu (30/5/2018) tahun lalu, dibekuk Tim Pegasus Polrestabes Medan. Polisi terpaksa melumpuhkan kedua kaki tersangka berinisial Yus

Selasa, 19 Mar 2019 19:00Berita Sumut

Umat Islam Sumut Kutuk Aksi Teroris di Dua Mesjid di Selandia Baru

Ribuan umat Islam di Sumatera Utara menggeruduk Kantor Australia Centre Medan di Jalan Kartini, Selasa (19/3/2019). Mereka mengutuk keras serangan di dua mesjid di Selandia Baru yang menyebabkan puluhan jamaah meninggal dunia.