MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Aceh
  • Kenali Lebih Dekat Alat Pantau Kamla di SPKKL Aceh

Kenali Lebih Dekat Alat Pantau Kamla di SPKKL Aceh

Amr/rel Rabu, 14 November 2018 19:00 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Aceh:  Sejumlah pelajar dan taruna dan taruni dari beberapa sekolah dan akademi berkunjung ke SPKKL Aceh untuk melihat dan mengenal lebih dekat tugas yang dijalankan Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Aceh, di Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Besar, Prov. Aceh, Rabu (14/11/2018).



Puluhan pelajar dan taruna-taruni bersama guru pendamping itu berasal dari Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Ladong, SMKN 1 Mesjid Raya, SMAN 1 dan Balai Pendidikan Ilmu Pelatihan dan Pelayaran (BP2IP). Mereka datang atas ajakan SPKKL Aceh kepada para siswa beberapa waktu lalu, Jumat (9/11), untuk menuangkan pengetahuan yang dimiliki kedalam cerita bergambar bertema "Bakamla Sang Penjaga Laut Nusantara". Bagi yang bisa menggambarkan dengan baik dalam bentuk cerita bergambar, mendapatkan undangan untuk mendapatkan pelatihan singkat tentang alat pemantauan SPKKL Aceh.



Kedatangan para pelajar tersebut diterima Kepala SPKKL Aceh Dony Nova R., S.Kom., M.Si (Han) bersama stafnya. Dony mengawali sesi pagi itu dengan memaparkan materi tentang radar, AIS, dan GMDSS. Dijelaskannya, radar merupakan salah satu peralatan navigasi elektronik, Radar singkatan dari "Radio Detection and Ranging" adalah peralatan navigasi elektronik terpenting dalam pelayaran. Pada dasarnya radar berfungsi untuk mendeteksi dan mengukur jarak suatu obyek di sekeliling kapal. AIS atau Automatic Identification System adalah sistem pelacakan kapal otomatis yang digunakan untuk pencegahan tabrakan di laut, Informasi yang tersedia dari AIS seperti identifikasi tentang kapal, posisi kapal, haluan, dan kecepatan dapat ditampilkan pada layar atau sebuah ECDIS. Selanjutnya dijelaskannya pula tentang Global Maritime Distress Safety System (GMDSS), yang merupakan suatu sistem komunikasi yang terintegrasi dengan menggunakan satelit dan komunikasi radio terrestrial untuk memastikan bahwa tidak peduli di mana sebuah kapal berada dalam kesusahan, bantuan dapat dikirim.



Rupanya, imajinasi pelajar di Aceh terbilang cukup tinggi. Pasalnya muncul pertanyaan yang cukup kritis tentang cara mendeteksi objek-objek yang dicurigai sebagai kapal selam dan diketahui sering muncul diwilayah Perairan Aceh. Dengan kedatangan para siswa yang umumnya adalah anak nelayan, maka Kepala SPKKL Aceh mengarahkan untuk melaporkan posisi objek yang dicurigai tersebut sehingga bisa dilakukan deteksi lebih lanjut tentang kepastian objek yang dimaksud.

Tidak hanya berkaitan dengan keamanan laut, kata Dony, Bakamla juga bertugas menjaga keselamatan bagi para pengguna laut. Untuk itu, staf SPKKL Aceh yaitu Mukhlis dan Ibrahim memperagakan cara penggunaan life jacket atau alat keselamatan laut dengan benar, yang diikuti pula oleh para siswa.

Untuk memuaskan keingintahuan siswa dan guru, pada sesi terakhir dilakukan pula kunjungan ke ruang pemantauan secara bergantian, dimana didalamnya dapat dilihat dan dipelajari fungsi dan cara mengoperasionalkan peralatan yang sudah dijelaskan. Terlihat antusiasme yang tinggi baik dari siswa maupun guru pendamping untuk mempelajari segala peralatan yang ada.

Pertemuan hari itu diwarnai pula dengan penyerahan Piagam Penghargaan kepada siswa dengan kreasi cerita bergambar terbaik yaitu Nazaruddin dan Satria Maulana dari SMKN 1 Mesjid Raya, serta Rizky Pratama dari SUPM Ladong, dan ditutup dengan foto bersama.
Editor: Amrizal

Sumber: Kasubbag Humas Bakamla RI, Mardiono

T#g:blibliKamla di SPKKL AcehMatatelingapilpres 2019PrabowoTerkini
Komentar
Minggu, 26 Mei 2019 16:19Nasional

Manfaatkan SMS Gateway, SPKKL Tual Bakamla Dorong Peran Masyarakat Labetawi Jaga Laut

SPKKL Tual Bakamla mendorong peran masyarakat Tual untuk menjaga keamanan di laut melalui pemanfaatan aplikasi ‘SMS Gateway’. Untuk itu dilaksanakan sosialisasi tentang Pentingnya Informasi Masyarakat untuk Penegakan Hukum di laut Berbasis Aplikasi “SMS

Minggu, 26 Mei 2019 16:04Berita Sumut

Libur Lebaran RSUP H Adam Malik Tetap Melayani

Guna memastikan pelayanan tetap berjalan, Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUPHAM) menyiagakan sebanyak lima orang dokter di rumah sakit milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tersebut.

Minggu, 26 Mei 2019 15:49Berita Sumut

Diduga Arus Pendek Listrik, Satu Rumah Dilalap Sijago Merah

Satu unit rumah dilalap si jago merah di Jl Lama dusun III, Desa Lama, Kec. Pancurbatu, Kab. Deli Serdang, Minggu (26/5/2019) sekitar pukul 14.30 Wib. Kebakaran yang alhamdulillah tidak sempat menelan korban jiwa luka dan tewas tersebut diduga akibat arus

Minggu, 26 Mei 2019 15:34Berita Sumut

Wali Kota Harapkan Dinas Kesehatan Terus Melaksanakan Tugas Pelayanan dengan Prima

Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S, mengajak seluruh jajaran Dinas Kesehatan Kota Medan untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik walaupun dalam suasana bulan suci dan menjalankan ibadah puasa. Terutama pada faskes tingkat pertama yakni puske

Minggu, 26 Mei 2019 15:19Lifestyle

Penyalahan Kartu Kesehatan, Bukan Pemiliknya Langsung Saat Berobat

Salah satu yang jadi sorotan yakni bentuk kecurangan penyalahgunaan kartu peserta yang bukan miliknya. Faktanya di beberapa daerah, masyarakat banyak yang berobat pakai kartu dengan nama orang lain.

Minggu, 26 Mei 2019 15:04Berita Sumut

Sebanyak 2621 Jiwa Penumpang, Tiba di Belawan

KM Doro Londa kapal bantuan dari PT Pelni untuk memgangkut penumpang mudik ke Propinsi Sumatera Utara saat tiba didermaga Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan Minggu (26/05/2019) membawa penumpang sebanyak 2621 jiwa.

Minggu, 26 Mei 2019 14:49Berita Sumut

Wali Kota Ajak Warga Medan Johor Dukung Pembangunan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengajak seluruh masyarakat Kota Medan, terkhusus warga Kecamatan Medan Johor untuk memperkuat komitmen dan terus meningkatkan partisipasinya dalam mendukung seluruh program pembangunan yang tengah di laksan

Minggu, 26 Mei 2019 14:34Internasional

Sadarkan diri dari Mabuk, Lihat Penisnya Secara Misterius Terpotong

Pria bermarga Tan , 44, bangun dengan rasa sakit dan pendarahan serius sebelum dia merasakan alat kelaminnya telah dipotong oleh seseorang dengan alat yang tajam.

Minggu, 26 Mei 2019 14:19Berita Sumut

Keluarga Besar Pemuda Pancasila Sumut, Buka Puasa Bersama

Keluarga besar Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila dibawah komando Ketua H Kodrat Shah melakukan buka puasa bersama dengan seluruh kader pemuda pancasila se Kabupaten/Kota , DPD Partai Hanura Sumut, Asprov PSSI Sumut di Komplek Cemara Asri Me

Minggu, 26 Mei 2019 14:04Ekonomi

Menhub: Warga Dapat Memproleh Tiket Dengan Menggunakan Online

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Kesehatan Nila Moeloek meninjau Stasiun Gambir, Jakarta yaitu ke area peron stasiun, posko kesehatan dan menyambangi penumpang kereta api.

Minggu, 26 Mei 2019 13:23Berita Sumut

Polres Pelabuhan Belawan Masih Selidiki Kasus di SPBU

Pasca viral running teks penghinaan nama Jokowi dan Megawati di SPBU pasar 3 Marelan.Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP.Ikhwan Lubis SH.MH didampingi Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan AKP.Jerico Lavian Chandra, SH memberikan penjelasan kepada wartawan,S

Minggu, 26 Mei 2019 12:13Lifestyle

Hilangkan Rasa Nyeri Menstruasi, Oleskan Cairan Menstruasi Sendiri

Seorang wanita asal Melbourne bernama Yazmina Jade Adler mencari cara mengatasi Menstruasi yang dialami wanita kerap membuat perut terasa nyeri.

Minggu, 26 Mei 2019 11:08Internasional

Presiden AS Bertemu dengan Puluhan Pemimpin Bisnis Jepang

Jepang di kunjungi Presiden Amerika Serikat Donald Trump selama empat hari kunjungan kenegaraan, yang umumnya bersifat seremonial, meskipun seorang pejabat Gedung Putih berjanji "akan ada beberapa hal substantif yang akan diumumkan."

Minggu, 26 Mei 2019 10:26Bola

Tottenham Sekarang Ini Butuh Bantuan Semua Pemainnya

Pemain Tottenham bisa memberikan energi positif baik di atas lapangan ataupun dari bangku cadangan. Tottenham memang butuh semua bantuan dari para pemainnya untuk bisa menang dari Liverpool di Stadion Wanda Metropolitano, Minggu 2 Juni 2019, dini hari WI

Minggu, 26 Mei 2019 10:09Bola

Kasat Mata Bercelona Unggul, Tapi dilapangan Hijau Valencia Terbaik

Secara kualitas Barcelona lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan tetapi laga berjalan tak sesuai prediksi banyak orang. Barcelona berkesempatan untuk menambah koleksi trofinya akhir musim 2018-2019 andaikan menang atas Valencia di final Copa del Rey ya

Minggu, 26 Mei 2019 09:18Nasional

Sedang Bertugas, Bupati NTT Meninggal Dunia

Kapan ajal kita berakhir di Dunia ini, hanya pencipta langit yang tahu (Tuhan). Seperti Bupati Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Marselinus Y.W Petu saat sedang melaksanakan tugas kedinasan di Kupang, Nusa Tenggara Timur, meninggal dunia Minggu