• Home
  • Aceh
  • Lepas Penantian, Taufik Akhirnya Temukan Jenazah Istrinya Pasca 14 Tahun Silam Tsunami Aceh

Lepas Penantian, Taufik Akhirnya Temukan Jenazah Istrinya Pasca 14 Tahun Silam Tsunami Aceh

Mtc Rabu, 26 Desember 2018 16:30 WIB
google
Jenazah Sri Yunida akan dimakamkan kembali oleh pihak keluarga
MATATELINGA, Banda Aceh: Tatapan matanya kosong, menerawang jauh 14 tahun silam, tangannya bergetar sambil memengang kartu Surat Izin Mengemudi (SIM) atas nama Sri Yunida, yang hilang ditelan gelombang hitam bernama tsunami 26 Desember 2004 silam.

Sri Yunida kekasih hati Taufik Alamsyah, Istri yang ditunggu-tunggu berharap mukjizat akan kembali kepelukannya. Namun Tuhan berkehendak lain, 19 Desember 2018 Taufik menemukan istrinya telah terbungkus plastik hitam jenazah, di Dusun Lamseunong, Desa Kajhu, Kecamatan Baitusallam, Aceh Besar.



Jenazah Sri Yunida ditemukan pekerja bangunan bersama 46 jenazah korban tsunami lainnya dalam satu lahat secara tidak segaja, saat para tukang menggali tanah untuk pembuangan air perumahan.

Penantian Taufik Alamsyah, selama 14 tahun terjawab sudah, "Ya saya dianggap orang gila, karena masih mengharap mukjizat, ya mana taukan dia kembali lagi," ujar Taufik Alamsayah, menceritakan penantiannya.

Selain istri, ia juga kehilangan anak dan mertuanya saat tsunami. "Istri saya lari menyelamatkan diri bersama orang tuanya," kisahnya, seusai menemukan jenazah istrinya.



Saat tsunami menerjang, Taufik dan keluarga nya tinggal dikawasan Kajhu, Aceh Besar, ia dihatam gelombang tsunami dan terseret air dua ratus meter dari rumahnya.

Taufik kemudian memegang pondasi sebuah rumah untuk bertahan, sang buah hati terlepas dari genggamannya. Taufik telah mencari-cari istri, anak dan mertuanya kesegala penjuru, namun tak menemukannya, hingga membuatnya drepresi.

"Selama 14 tahun saya masih mengharap istri kembali walau dalam kondisi apapun, saya masih berharap untuk bisa dipertemukan," ujarnya.



19 Desember 2018 sore, Taufik mendapatkan informasi, jenazah isterinya telah ditemukan, SIM atas nama Sri Yunida sebagai bukti melekat dijenazah.

"Waktu itu saya lagi di mobil, ada yang telefon saya kirain soal tanah saya di Kajhu, rupanya dia bilang, Bang pulang terus kak Nida sudah dapat, kaget saya, untung bukan saya yang bawa mobil," tambahnya.

Kawasan pesisir pantai Banda Aceh dan Aceh Besar memang terdapat beberapa kuburan masal tanpa tanda, sebab pada saat itu kondisi Aceh sehabis diterjang gelombang tsunami masih porak poranda, beberapa jenazah tergeletak dibeberapa lokasi, hingga para relawan yang datang membatu Aceh saat itu bersama warga yang selamat berinisiatif menguburkan jenazah korban tsunami secara masal ditanah warga terdekat.



"Kalau lokasi ini bukan penemuan dan tapi pemindahan, karena 14 tahun silam saya juga yang menguburkannya," ujar Zulfikar, tokoh pemuda Kajhu Aceh Besar, Sabtu (24/12/2018) saat melakukan pemindahan 13 jezanah korban tsunami dari salah satu tanah warga yang akan dilakukan pembangnan.

Menurut Zulfikar kondisi saat itu sangat kacau, banyak jenazah yang tergelat dipinggiran jalan berhari - hari, hingga pihaknya bersama relawan bersjibaku menguburkan jenazah ditanah - tanah warga.

"Seingat saya ada tujuh lokasi kuburan masal di sekitaran Kajhu ini, dan yang harus segera direlokasi itu yang dipinggiran sungai Lamnyong, tempat latihan mobil, itu juga banyak jenazah di situ," tambahnya.



Kebanyakan jenzah yang dimakamkan tersebut merupakan jenazah tampa identitas, dan tidak ditemukan oleh keluarganya.

Sementara di Banda Aceh dan Aceh Besar terdapat beberapa kuburan masal tsunami resmi, diantaranya kuburan masal Siron, Aceh Besar, Lhokga, Peukan Bada, dan kuburan Masal Ulhe Lheu Banda Aceh.

Hampir setiap tahun lokasi kuburan masal ini pada 26 Desember ramai dikunjungi warga yang kehilangan sanak saudaranya pada 26 Desember 14 tahun silam, untuk memanjatkan doa.

(Mtc/Okz)
Editor: Fjr

Sumber: Okezone

T#g:14 Tahun SilamblibliMatatelingaTerkiniTsunami Acaeh
Komentar
Sabtu, 16 Feb 2019 22:45Lifestyle

Menurut Primbon Jawa, Berikut 5 Tafsir Mimpi Bertemu Tuhan

Mimpi adalah bunga tidur, saat orang tidur maka mimpi ini akan muncul. Biasanya orang dapat memimpikan hal yang mereka cemaskan sehingga terbawa mimpi, bahkan ada juga orang yang mimpinya tersebut menjadi sebuah pertanda akan datangnya sesuatu.

Sabtu, 16 Feb 2019 22:30Lifestyle

Berikut 9 Mimpi Rasulullah SAW yang Menakjubkan

Mimpi adalah segala kejadian alam bawah sadar yang melibatkan indra manusia saat tidur. Mimpi yang singgah sebagai bunga tidur manusia bisa berupa mimpi indah mau pun mimpi buruk.

Sabtu, 16 Feb 2019 22:15Lifestyle

Sering Mimpi Orang Sudah Meninggal, Berikut Penjelasan anak Indigo

Mimpi adalah sebuah kondisi dimana seseroang akan melihat visualisasi di alam bawah sadar mereka. Mimpi adalah hal yang lumrah dan sering dialami oleh semua orang.

Sabtu, 16 Feb 2019 22:05Berita Sumut

Menkumham: Indonesia Kejar Uang Hasil Kejahatan di Luar Negeri

Pemerintah Republik Indonesia saat ini terus melakukan inventarisasi uang hasil kejahatan yang disimpan di luar negeri. Pemerintah bahkan akan memberikan hadiah bagi masyarakat yang membantu memberikan data terkait hal tersebut.

Sabtu, 16 Feb 2019 22:00Nasional

Kembali Maskapai Penerbangan Bersimbol Singa ini Kejutkan Penumpangnya

Seorang penumpang Pesawat Lion Air yang tergelincir di landas pacu Bandara Internasional Supadio Pontianak di Kubu Raya, Kalimantan Barat, mengalami trauma dan masih dirawat di rumah sakit.

Sabtu, 16 Feb 2019 21:45Berita Sumut

Menteri Hukum dan HAM Memungut Sampah

Seribuan warga Fun Walk Bersama Bersama Yasonna Hamonangan Laoly Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) di Medan, Sabtu (16/2/2019).

Sabtu, 16 Feb 2019 21:40Berita Sumut

Cipayung Plus Kota Medan Tolak Hoax dan Politisi Agama

Menyikapi ancaman perpecahan antar umat beragama dan kerukunan dalam kehidupan masyarakat di Indonesia, khususnya di Kota Medan, Kelompok Cipayung Plus Kota Medan, Sabtu (16/2/2019) menggelar deklarasi anti hoax dan politisasi agama dalam mengejar kepen

Sabtu, 16 Feb 2019 21:30Lifestyle

Penyakit Jantung Tidak Berbahaya Terhadap Hubungan Seks, Berikut Penjelasanya

Penyakit jantung memang sangat ditakuti oleh semua orang karena keganasannya. Penyakit ini juga dapat merenggut nyawa orang penderitanya. Oleh karena itu, banyak orang yang belum terkena penyakit ini lebih menjaga kesehatan dengan berbagai cara. Lalu, yan

Sabtu, 16 Feb 2019 21:15Nasional

BPPTKG: Kembali Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar, Begini Kondisinya

Gunung Merapi kembali memuntahkan lava pijar ke arah Kali Gendol hingga sejauh 800 meter. Aktivitas vulkanik Merapi masih cukup tinggi dan radius tiga kilometer dari puncak harus steril dari kegiatan warga.

Sabtu, 16 Feb 2019 21:00Internasional

AS Lakukan Sabotase Peluncuran Satelit Iran

Menteri luar negeri Iran mengatakan ada upaya sabotase Amerika Serikat di balik gagalnya dua peluncuran satelit milik Iran dalam beberapa bulan terakhir.

Sabtu, 16 Feb 2019 20:45Nasional

Kasum TNI Ikuti Kejurnas Menembak Pangdam Jaya 2019

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Mayjen TNI Joni Supriyanto menghadiri pembukaan dan mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Lomba Menembak Pangdam Jaya 2019 di Lapangan Tembak Rakca Jaya Den Arhanud 003/1/F Kodam Jaya, Cikupa, Tangerang, Provinsi Banten, Sa

Sabtu, 16 Feb 2019 20:01Berita Sumut

Polsek Medan Baru Tali Asih Bagi Warga Kurang Mampu

Wujud dari keperdulian Polri terhadap warga yang kurang mampu, Kepolisian Sektor (Polsek) Medan Baru berbagi Tali Asih kepada warga binaannya yang kurang mampu, Sabtu (16/2/2019).

Sabtu, 16 Feb 2019 19:23Berita Sumut

Pangdam I/BB Hadiri Rakor Antisipasi Permasalahan/Hambatan pada Pileg dan Pilpres TA. 2019

Panglima Kodam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah menghadiri rapat koordinasi (Rakor) Antisipasi Permasalahan/Hambatan pada Pileg dan Pilpres TA. 2019,Jumat (15/2/2019) bertempat di di Ruang Rapat Raja Inal Siregar Lantai II Kantor Gubernur Sumut Jln Pangeran Di

Sabtu, 16 Feb 2019 18:51Berita Sumut

Caleg Hanura Rianto SH Sebagai Anak Boru Hima Lubis Untuk Didukung Maju DPRD Medan

Yang menarik dalam Rakerwil Pertama Hima Lubis Dohot Boruna, yang berlangsung di Hotel Garuda Plaza Sabtu (16/2/2019) yabg dihadiri para sesepuh dan toko bermagra lubis.

Sabtu, 16 Feb 2019 17:53Berita Sumut

Kapoldasu Melepas 2000 NgeGas Bareng Komunitas Trail Polda Sumut 2019

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto melepas 2.000 rider dalam acara NgeGas Bareng Komunitas Trail Polda Sumut 2019, bertempat di Lapangan KS Tubun Markas Polda Sumut, Jalan Sisingamangaraja KM 10,5 Medan, Sabtu (16/2/2019)

Sabtu, 16 Feb 2019 17:28Berita Sumut

Belasan Rumah Terbakar di Dairi, Warga Harap Bantuan Pemerintah

Sebanyak 14 unit rumah warga di Desa Lae Parira, Kecamatan Lae Parira, Kabupaten Dairi pada Jumat (15/2/2019) siang ludes diamuk si jago merah. Saat ini korban kebakaran mengharapkan bantuan dari pemerintah.