• Home
  • Aceh
  • Napi Rutan Cabang Lhoksukon 73 Kabur, 20 NapiSudah di tangkap

Napi Rutan Cabang Lhoksukon 73 Kabur, 20 NapiSudah di tangkap

Mtc Senin, 17 Juni 2019 06:48 WIB
Hand Over
MATATELINGA, Lhoksukon:  "Jumlah yang kabur semuanya 73 orang, 20 di antaranya sudah ditangkap lagi, sementara yang lain masih dalam pengejaran,"  Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Cabang Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Yusnal, Minggu malam (16/6/2019)



Menurut Yusnal, kaburnya napi tersebut tanpa disangka-sangka, karena sebelumnya tidak ada gelagat mencurigai dan warga binaan terlihat adem-adem saja.

Atas dasar itu, dia membantah keras terkait adanya rumor bahwa kaburnya napi Rutan setempat karena adanya selisih paham dengan petugas Sipir atau kendala lainnya yang terjadi di rumah tahanan itu.

"Penyebabnya ya mau lari saja, gak ada selisih paham, di sini (Rutan) sudah seperti keluarga, makanya saya kesal. Gak disangka-sangka, secara tiba-tiba mereka lari," jelas Yusnal.



Yusnal mencurigai, kaburnya para napi ini disebabkan oleh termakannya provokasi dua napi kasus dengan hukaman berat. Meski demikian, kasus ini masih dalam penyelidikan dan penyidikan pihak kepolisian.

Dia menjelaskan, kejadian ini berawal saat para napi yang masih berada di kamar masing-masing keluar sekitar pukul 16.00 WIB, sekaligus untuk mengantre mendapatkan makan malam.

Sekitar pukul 16.25 WIB, tiba-tiba ada beberapa napi yang berusaha mendobrak pintu bagian dalam Rutan setempat, sehingga ikut memicu napi lainnya untuk ikut mendobrak pintu itu, sehingga tidak terkendali.



Petugas Sipir dan napi pendamping yang ada di pintu kedua Rutan itu juga ikut dikasari para napi yang hendak kabur, karena keduanya mencoba menghalau warga binaan tersebut agar tidak melarikan diri.

Mereka berhasil mendobrak pintu kedua, kemudian masuk ke ruang tamu kantor itu dan memecahkan kaca jendela bagian depan, sebelum akhirnya juga berhasil membobol pintu utama Rutan setempat.

Baca juga: Puluhan Napi Rutan Lhoksukon melarikan diri

Menurut keterangan, para warga binaan ini membobol pintu Rutan itu dengan alat seadanya yang ada di lokasi, seperti kursi besi dan lainnya.

Sementara petugas jaga yang ada di rumah tahanan tersebut juga tidak bisa berbuat banyak, karena situasi sudah memanas.

Para warga binaan itu langsung melarikan diri usai membobol pintu utama Rutan. Mereka kabur ke pemukiman padat penduduk dan persawahan di kawasan tersebut.

Yusnal menyebutkan, saat kejadian itu dia baru saja keluar dari Rutan untuk pulang ke rumahnya yang juga berdekatan dari lokasi. Lalu tiba-tiba ada petugas Sipir yang mengabarinya, sehingga dia langsung ke lokasi.

Dalam keadaan panik, dia juga berusaha mengejar para napi dibantu petugas Sipir dan polisi yang bertugas di Rutan itu. Yusnal menyebutkan, saat itu juga dia yang dibantu petugas berhasil menangkap 5 orang warga binaan.

Yusnal menambahkan, saat ini masih ada sekitar 53 warga binaan yang belum tertangkap. Dia mengaku belum mendata lebih lanjut, apakah yang melarikan diri itu adalah narapidana atau tahanan.

Saat ini jumlah warga binaan di Rutan Cabang Lhoksukon mencapai 447 orang, 17 orang di antaranya adalah wanita.
Editor: Amrizal

Sumber: Antaranews

T#g:20 Napi Sudah di tangkapMatatelingamatatelinga.commatatelinga comNapi Kabur sedag dikejarNapi Rutan Cabang Lhoksukon 73 KaburTerkini
Komentar
Selasa, 16 Jul 2019 20:00Berita Sumut

Lakalantas Truk di Tol Tebingtinggi, Satu Tewas

Kecelakaan maut terjadi di Jalan Tol Tebing Tinggi- Medan KM 59 Senin (15/7) kemarin. Satu orang dikabarkan tewas.

Selasa, 16 Jul 2019 19:45Nasional

Kepala Pusat Sejarah TNI Kunjungi Korem 032/Wirabraja

Korem 032/Wirabraja terima kunjungan dari Kepala Pusat Sejarah TNI (Kapusjarah TNI) Brigjen TNI Prantara Santosa, S. Sos., M.Si., M.Tr.(Han) bersama tim dalam rangka melaksanakan penelitian dan pengumpulan data/dokumen sejarah dilingkungan jajaran Korem 0

Selasa, 16 Jul 2019 19:30Berita Sumut

Ini Alasan PEDA KTNA ke-IV Provsu Tahun 2019 Digelar di Desa Melati II

Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-IV Provsu Tahun 2019 resmi digelar di Lapangan Desa Melati II Kecamatan Perbaungan, Selasa (16/7). Informasi dari panitia, kegiatan ini dihadiri sekitar 1.500 peserta dari berbagai daerah.

Selasa, 16 Jul 2019 19:15Berita Sumut

Bentuk Karakter Generasi, Kodim 0201/BS Bekali Wasbang dan Pelatihan PBB Saat MPLS

Untuk mewujudkan generasi penerus bangsa Indonesia yang berkarakter dan memiliki inovasi guna kemajuan bangsa dan negara, Kodim 0201/BS Kodam I/Bukit Barisan tidak ada henti-hentinya untuk terus mensosialisasikan wawasan kebangsaaan (Wasbang) dan bela neg

Selasa, 16 Jul 2019 19:00Berita Sumut

Pembina Upacara di SDN 060873, Akhyar Sampaikan Hal Ini Untuk Siswa

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi kembali menjadi pembina upacara, Selasa (15/7). Kali ini di SDN 060873, Jalan Gunung Krakatau, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur. Lagi, orang nomor dua di Pemko Medan menekankan akan pentin

Selasa, 16 Jul 2019 18:43Berita Sumut

PKK Kota Medan Peringati HUT HKG ke 47 Tahun

Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai unsur pembangunan bangsa memiliki misi mulia dalam memberi dukungan terhadap peningkatan kualitas hidup keluarga dengan mengutamakan sumber daya manusia sejak dalam kandungan, hingga tumbuh dan berkembang

Selasa, 16 Jul 2019 18:28Berita Sumut

Truk Pengangkut Ternak Kecelakaan di KIM 2, Belasan Ekor Babi Berhamburan

Truk pengangkut hewan ternak terguling usai terlibat kecelakaan di Jalan Pulau Karimun 2 Daerah Kawasan Industri Medan (KIM) 2, Selasa (16/7/2019). Akibatnya belasan ekor babi yang diangkut truk bernopol BK 8522 DJ itu berhamburan ke jalan.

Selasa, 16 Jul 2019 18:13Berita Sumut

Wali Kota Binjai Ikuti Pekan Olahraga Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke 59

Wali kota Binjai, H.M.Idaham mengikuti acara Pekan Olah Raga dalam peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke - 59 tahun 2019 dan HUT IAD ke - XIX tahun 2019 di Kantor Kejaksaan Negeri Binjai, Jl. Tengku Amir Hamzah No.378, Kel. Jati Makmur, Kec. Binjai Utara, Se

Selasa, 16 Jul 2019 17:52Berita Sumut

Akhyar : Latih Anak Didik Tanggung Jawab Atas Sampah Yang Dihasilkannya

Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution berharap kepada seluruh sekolah untuk menanamkan karakter peduli lingkungan dan kebersihan kepada para siswanya, sehingga bertanggung jawab penuh terhadap sampah yang mereka hasilkan. Apabila seluruh siswa mampu me

Selasa, 16 Jul 2019 17:50Berita Sumut

Kabid Pengaduan Inspektorat Pemprovsu Dipanggil Poldasu

Kepala Bidang Pengaduan Inspektorat Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) Yilpipa Minanda dipanggil penyidik Subdit IV / Renakta Polda Sumut untuk dimintai keterangannya sebagai saksi terkait jual beli kasus pemerikasaan.

Selasa, 16 Jul 2019 17:48Berita Sumut

Kapolrestabes Pimpin Wisuda Purna Bhakti Personel Polri

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto,SH,SIK,MSi Pimpin Wisuda Purna Bhakti Personel Polri dan ASN Polri Tahun 2019 Sejajaran Polrestabes Medan yang dilaksanakan di loby Gedung utama Polrestabes Medan Jalan H M Said, Medan,Selasa (16/7/2019).

Selasa, 16 Jul 2019 17:37Berita Sumut

317 Jamaah Calon Haji Binjai Siap Diberangkatkan

Wali kota Binjai, H.M. Idaham membuka acara Manasik Haji dan Pelaksanaan Tepung Tawar bagi Jamaah Calon Haji kota Binjai tahun 2019/1440H di Pendopo Umar Baki, Senin (15/07/2019).

Selasa, 16 Jul 2019 17:33Nasional

Pebulu Tangkis Gregoria Melenggang Mulus ke Babak Kedua Indonesia Open 2019

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, melenggang mulus ke babak kedua Indonesia Open 2019 Super 1000. Kepastian ini didapat setelah Gregoria menumbangkan wakil Thailand, Pornpawee Chochuwong, dengan skor 21-10 dan 21-8 pada lag

Selasa, 16 Jul 2019 17:22Berita Sumut

OIF UMSU Nobar dan Shalat Gerhana Bulan Parsial di Medan

Bagi warga Medan yang ingin menyaksikan fenomena alam itu, Observatorium Ilmu Falaq (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara bakal membuat nonton bareng (nobar) gerhana. Kegiatan ini digelar di Kampus Pascasarjana, Jalan Denai, Kecamatan Medan Denai,

Selasa, 16 Jul 2019 17:15Berita Sumut

Kodim 0201/BS jadi Gadik di Acara PLS SMP dan SMA

Kodim 0201/BS melaksanakan kegiatan Serbuan Teritorial ke beberapa Sekolah SMP, SMA dan SMK Sederajat yang ada di Kota Medan, kegiatan Serbuan Teritorial dilakukan dalam rangka Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) tingkat SMP, SMA, SMK sederajat bagi Siswa

Selasa, 16 Jul 2019 17:07Berita Sumut

Gelapkan Uang Perusahaan Puluhan Juta, Wanita Muda Ini Berakhir di Penjara

Wanita muda bernama Jennyfer (22) ini harus menikmati dinginnya sel penjara. Dia dijebloskan ke Lapas Wanita Tanjung Gusta Medan karena menggelapkan uang perusahaan hingga puluhan juta rupiah.